Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Mengenal Ragam Kosa Kata Dunia Otomotif dalam Bahasa Inggris

Vocabulary, Writing,

Dalam kehidupan sehari-hari teman-teman pasti sudah akrab dengan kendaraan seperti bis, sepeda motor, mobil, atau truk. Bahkan mungkin di antara teman-teman ada yang mengendarai kendaraan sendiri. Semua kendaraan yang disebutkan barusan termasuk ke dalam sesuatu yang dikenal dengan istilah otomotif.

Dikutip dari kamus daring Collins, otomotif (automotive dalam Bahasa Inggris) memiliki definisi:

  • Everything that is related to vehicles that are run by various fuels or machines (segala sesuatu yang berhubungan dengan berbagai jenis kendaraan yang dijalankan dengan menggunakan berbagai macam bahan bakar atau mesin).
  • Everything that is closely related to the parts of a vehicle (segala sesuatu yang berhubungan erat dengan bagian-bagian pada sebuah kendaraan).

Kali ini kita akan secara khusus mempelajari beragam kosa kata dalam Bahasa Inggris yang secara umum berhubungan dengan dunia otomotif dan secara khusus membahas mengenai bagian-bagian pada mobil.

Menguasai perbendaharaan kata otomotif dalam Bahasa Inggris sangat diperlukan. Ketika teman-teman bekerja atau tinggal di luar negeri, kejadian seperti ban mobil atau motor yang bocor tentu akan menjadi suatu masalah besar apabila teman-teman tidak menguasai perbendaharaan kata otomotif Bahasa Inggris.

Karena itu, dengan belajar lewat artikel ini, teman-teman bisa meminimalisir agar tidak ada kejadian seperti itu dan agar kosa kata Bahasa Inggris teman-teman semakin bertambah dan berkembang luas.

Picture by Malte Luk on Pexels

Daftar Perbendaharaan kata Bahasa Inggris Tentang Otomotif (English Vocabulary List about Automotive)

Pada bagian ini telah disiapkan daftar kosa kata otomotif dalam Bahasa Inggris yang akan sangat bagus untuk teman-teman pelajari dan pahami.

  1. Air Conditioner/AC Compressor : kompresor pendingin udara. Merupakan salah satu bagian sebuah mobil yang berfungsi untuk memompa freon yang nantinya disalurkan ke seluruh sistem pendingin.
  2. Accelerator pedal : pedal akselerator. Suatu pedal pada mobil yang memiliki fungsi untuk membantu kita mengendalikan laju mobil yang kita setir.
  3. Airbag : kantong udara. Bantalan pada kendaraan yang dapat mengembang dan terisi dengan udara untuk mencegah pengemudi dan penumpang cedera saat ada benturan atau tubrukan.
  4. Anti-theft immobilizer : perangkat anti pencuri. Perangkat elektronik pada sebuah kendaraan yang dihubungkan dengan kunci kendaraan untuk mendeteksi pencurian melalui alarm yang menyala kencang.
  5. Backup assistance : bantuan/asisten cadangan kendaraan. Sebuah sistem atau perangkat sensor atau kamera yang berfungsi membantu pengemudi mengendalikan mobilnya saat mobil akan dimundurkan.
  6. Blind spot detection : deteksi titik buta. Sebuah sistem elektronik yang berfungsi memperingatkan kita ketika ada kendaraan lain yang berada pada titik buta kendaraan kita.
  7. Brake : rem. Bagian dari kendaraan yang memiliki fungsi memperlambat kecepatan kendaraan dan menghentikan putaran pada roda kendaraan.
  8. Bumper : bemper. Salah satu perangkat pada mobil yang memiliki fungsi melindungi badan kendaraan dari kemungkinan kerusakan apabila terjadi tubrukan.
  9. Cabin lighting : cahaya pada bagian dalam mobil. Lampu halogen atau LED (light-emitting diode; dioda yang memproduksi cahaya) yang berada di bagian atas kursi pengemudi dan penumpang untuk menerangi seluruh bagian dalam mobil.
  10. Carburetor : karburator kendaraan. Perangkat yang digunakan pada kendaraan untuk mengumpulkan serta mencampurkan udara dan bahan bakar kendaraan, dan kemudian digunakan di mesin pembakar bagian dalam. Merupakan salah satu perangkat kendaraan yang penting.
  11. Catalytic converter : konverter atau pengendali emisi kendaraan. Perangkat yang berfungsi mengubah gas serta polutan yang beracun menjadi gas buangan melalui proses katalisasi.
  12. Child seat : kursi untuk anak-anak. Kursi dan pengaman tambahan yang dipasang di dalam mobil sebagai tempat duduk anak-anak kecil. Memiliki sabuk pengaman sendiri dan dirancang untuk keselamatan anak-anak selama mobil berjalan.
  13. Dashboard : dasbor dalam mobil. Bagian interior mobil yang memiliki fungsi sebagai rumah atau pelindung beragam bagian mobil serta panel indikator. Merupakan batas antara pengemudi dan kaca depan.
  14. Daylight control : kontrol pencahayaan siang hari. Merupakan sistem sensor pada kendaraan untuk mengontrol pencahayaan pada siang hari pada tingkat tertentu.
  15. Diesel engine : mesin diesel kendaraan. Mesin ini digunakan pada kendaraan yang menggunakan diesel sebagai bahan bakar atau pengapian pada kompresi.
  16. Dual-mode hybrid : hibrida model ganda. Merujuk pada kendaraan hibrida yang memiliki dua sistem penggerak yang berbeda: berjalan dengan mode listrik yang dijalankan oleh baterai kendaraan dan menggunakan mesin bertenaga bensin.
  17. E85 fuel : bahan bakar E85. Bahan bakar kendaraan berupa bensin atau bahan bakar lain yang dicampur dengan etanol yang terdenaturasi (terpecah) sebesar 85%.
  18. Emergency brake/hand brake : rem darurat/rem tangan. Rem pada mobil yang digunakan untuk membuat roda belakang mobil langsung mengunci saat mobil disetir dengan cepat.
  19. Engine auto stop/start : mesin berhenti/mulai otomatis. Sistem otomatis kendaraan yang mematikan mesin saat kendaraan dalam keadaan berhenti selama beberapa saat.
  20. Engine oil : oli mesin. Zat berupa oli yang memiliki fungsi sebagai pelumas kendaraan untuk mengurangi pengeroposan dan korosi pada bagian-bagian mesin kendaraan.
  21. Factory-installed equipments : peralatan kendaraan yang dipasang oleh pabrik. Berbagai peralatan pada kendaraan yang sudah terlebih dahulu dipasang oleh pabrik pembuat kendaraan tersebut.
  22. Flexible fuel engine/flex-fuel engine : kendaraan bahan bakar yang fleksibel. Merupakan tipe mesin kendaraan yang bisa dijalankan menggunakan lebih dari satu jenis bahan bakar.
  23. Fog lights : lampu kabut. Properti kendaraan yang berupa satu pasang lampu mengemudi yang fungsinya memberikan sinar atau cahaya yang lebar dan rendah untuk mengurangi kabut saat berkendara.
  24. Fuel capacity : kapasitas bahan bakar kendaraan. Jumlah bahan bakar yang mampu ditampung pada suatu tangki bahan bakar kendaraan.
  25. Gas/electric hybrid machine : mesin hibrida (gabungan) gas/listrik. Mesin yang menggunakan gas dan listrik secara bersamaan dengan bahan bakar bensin atau diesel pada kendaraan.
  26. Greenhouse gas : gas rumah kaca. Gas yang dihasilkan suatu kendaraan menggunakan bahan bakar seperti karbon monoksida atau karbon dioksida yang berkontribusi besar terhadap menipis atau hilangnya panas atmosfer bumi.
  27. Gross vehicle weight rating (GVWR) : peringkat berat kotor kendaraan. Mengacu pada berat, kapasitas berat kargo, dan berat penumpang sebuah kendaraan.
  28. Gyroscope/gyro sensor : sensor giroskop. Perangkat pada kendaraan yang berfungsi memberi petunjuk (navigasi) untuk menentukan ke mana arah kendaraan menghadap.
  29. Head unit : perangkat utama. Sebuah perangkat kendaraan yang berupa kontrol pusat untuk sistem hiburan (contoh: pemutar musik).
  30. Headlight : lampu depan. Satu buah lampu depan yang agak besar untuk motor dan satu pasang lampu depan untuk mobil yang memberikan penerangan jika berkendara di malam hari.
  31. Horse power : tenaga kuda. Satuan ukuran untuk mengukur tenaga mesin, yang seperti namanya, diadopsi dari kecepatan kuda saat berlari.
  32. Idle speed : kecepatan kendaraan saat tidak melaju. Suatu keadaan di mana RPM (revolusi per menit) kendaraan bebas dari beban dan memiliki suhu operasi normal atau netral.
  33. In-car cellular phone : telepon seluler di dalam mobil. Inovasi otomotif dimana kendaraan dilengkapi dengan telepon seluler di dalam mobil untuk memudahkan pengendara menghubungi nomor tujuannya tanpa harus sibuk memegang ponsel dan konsentrasi berkendaranya terganggu.
  34. Integrated turn signal : sinyal belok yang terintegrasi. Lampu sein kendaraan yang dipasang di kaca samping kendaraan.
  35. Interior trim : trim bagian dalam. Bahan-bahan, seperti kayu atau komposit, yang digunakan untuk melengkapi keindahan interior kendaraan.
  36. Keyless ignition : sistem pengapian tanpa kunci. Sistem kendaraan yang memungkinkan pemilik kendaraan memulai kendaraannya apabila sensor jarak menangkap kunci elektronik yang ada di dalam kendaraan.
  37. Knee airbag : kantong udara lutut. Kantong udara kecil yang dapat mengembang yang letaknya ada di bawah dasbor di dekat lutut atau di bagian kolom kemudi.
  38. Lane departure warning system : sistem peringatan jalur keberangkatan. Sistem yang mendeteksi dan memperingatkan pengemudi apabila kendaraan sudah menyimpang dari jalurnya.
  39. Leg room : ruang untuk kaki. Ruang dalam mobil untuk kaki yang jaraknya mulai dari lantai kendaraan hingga ke garis tengah tempat duduk pengemudi atau penumpang.
  40. Limited warranty : garansi terbatas. Garansi kendaraan yang memiliki masa berlaku hanya beberapa tahun tertentu saja atau dalam jarak tempuh tertentu.
  41. Luggage capacity : kapasitas bagasi. Pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui kapasitas bagasi/kargo dan semua kursi di dalam mobil.
  42. Manual extending mirrors : kaca ekstensi manual. Kaca spion di samping mobil yang dapat dipindahkan secara manual lebih jauh dari kendaraan.
  43. Manual transmission : transmisi manual. Transmisi kendaraan dengan menggunakan kopling alat untuk mengubah gigi yang digerakkan dengan tangan.
  44. Manufacturer’s engine code : kode mesin pabrik. Kode berupa alfanumerik yang diberikan kepada setiap mesin kendaraan oleh pabrik pembuatnya untuk membedakan mesin yang satu dengan mesin lainnya.
  45. Manufacturer’s suggested retail price (MSRP) : harga yang disarankan pabrik. Harga sebuah kendaraan yang dipatok oleh pabrik dan harus diikuti dealer-dealer penjual kendaraan tersebut.
  46. Navigation system : sistem navigasi. Perangkat yang menangkap sinyal satelit pemosisian global yang berfungsi menentukan lokasi kendaraan dan merencanakan jalur yang ditempuh menggunakan informasi dari peta yang tersimpan.
  47. Nightvision : kamera penglihatan malam hari. Kamera di bagian luar mobil yang memberikan visibilitas saat berkendara di malam hari dengan bantuan inframerah.
  48. Number of speed : angka kecepatan. Rasio penggerak berbeda yang dapat dipilih oleh transmisi pada kendaraan.
  49. Off-road ready : kendaraan siap off-road. Kendaraan dengan badan dan roda yang besar dan digunakan untuk berkendara di jalanan yang tidak rata. Sering dianggap sebagai olahraganya dunia otomotif.
  50. Off the road : nilai jual kendaraan. Harga nilai jual suatu kendaraan tanpa dikenakan biaya administrasi, seperti pembayaran pajak dan kelengkapan dokumen kendaraannya.
  51. Oil filter : saringan oli. Tabung saring berisi katrid yang ada di sistem pelumasan mesin untuk menyaring kotoran serta bahan-bahan yang bersifat merusak (abrasif) dari oli.
  52. Optional equipments : peralatan-peralatan tambahan. Berbagai peralatan yang tidak termasuk ke dalam peralatan yang sudah dipasang oleh pabrik.
  53. Parking assist : bantuan parkir. Sistem elektronik pada kendaraan yang menggunakan laser, radar, atau sonar untuk membantu kendaraan memarkir otomatis.
  54. Pedal adjustment : penyesuaian pedal. Mekanisme kendaraan yang fungsinya mengatur posisi pedal, rem, atau kopling sesuai keperluan pengendaranya.
  55. Plus size wheels : roda ukuran besar. Roda atau ban kendaraan yang memiliki diameter lebih besar dari perlengkapan standar kendaraan.
  56. Premium audio : perangkat suara premium. Sistem suara yang dipasang oleh pabrik kendaraan dengan nama merk dari pabrik audio tertentu.
  57. Radiator core and air conditioner condenser : inti radiator dan kondensor pendingin ruangan. Bagian kendaraan dan sistem pendingin utara dalam bentuk tabung berdiameter kecil dengan rangkaian penghantar panas di dalamnya.
  58. Rear seat type : jenis-jenis kursi belakang. Tempat duduk belakang yang berfungsi sebagai tempat duduk penumpang dan dapat diutak-atik (contoh: kursi dilepaskan atau diubah menjadi tempat tidur).
  59. Rebate : potongan harga. Insentif tunai yang kadang-kadang ditawarkan pabrik kendaraan kepada pembeli untuk mengurangi harga bersih dari kendaraan yang akan dibeli.
  60. Repair kit : kotak alat-alat perbaikan. Peralatan yang digunakan untuk memperbaiki kendaraan dalam keadaan darurat.
  61. Scheduled maintenance warranty : garansi perbaikan terjadwal. Jaminan yang diberikan pabrik kepada konsumen agar kendaraan mereka diservis dalam waktu yang telah ditentukan sebagai bentuk pemeliharaan kendaraan.
  62. Seat belt : sabuk keselamatan. Sabuk berupa harness yang dipasang di sisi kursi pengemudi dan penumpang untuk mengamankan pengemudi dan penumpang dari tabrakan.
  63. Shield and under-hood insulation : pelindung dan insulasi bawah kap. Suatu panel serta bantalan yang tahan panas untuk melindungi mesin-mesin yang ditutupi oleh kap mobil dari panas, terutama panas berlebihan.
  64. Tachometer : takometer. Meteran yang berfungsi memberitahu pengemudi kecepatan mesin berjalan, mulai dari kecepatan minimum hingga maksimum.
  65. Tire : ban. Peranti berbahan karet yang amat kuat yang fungsinya untuk melindungi roda kendaraan.
  66. Under seat closet : tempat penyimpanan di bawah kursi. Tempat yang digunakan untuk menyimpan barang-barang di bawah kursi mobil.
  67. Wheel : roda. Komponen atau bagian kendaraan yang fungsinya menahan berat kendaraan dan berputar mengikuti putaran roda yang dikendalikan pengemudi.
Picture by Gerd Altmann on Pexels

Demikian, teman-teman, berbagai macam kosa kata dalam Bahasa Inggris tentang sesuatu yang berhubungan otomotif.