Menggunakan Kata “Elect” dalam Ragam Kalimat Bahasa Inggris

Ketika mempelajari Bahasa Inggris, teman-teman akan banyak diminta membuat kalimat dari satu kata sederhana. Salah satu kata yang digunakan dalam kalimat-kalimat berbahasa Inggris adalah “elect”. Apakah pengertian dari kata “elect”?

“Elect”, dikutip dari kamus daring Merriam-Webster, memiliki makna “someone or a group that is selected carefully in a particular matter (seseorang atau suatu kelompok yang secara hati-hati dipilih untuk suatu hal tertentu)” atau “choose one of several options that feel right for a problem (memilih satu dari beberapa pilihan yang dirasa tepat untuk suatu perkara).”

Kata “elect” sendiri dapat ditambahkan imbuhan akhir (suffix). Dua imbuhan akhir yang sering digunakan bersama kata “elect” adalah:

  • Elect + -ed = elected (terpilih atau dipilih)
  • Elect + -ion = election (pemilihan)
  • Elect + -ing = electing (memilih)
Picture by Public Domain Picture on Pexels

Contoh-Contoh Kalimat Bahasa Inggris yang Mengandung Kata “Elect” (English Sentence Examples Containing the Word “Elect”)

Baiklah, sekarang kita akan membahas mengenai kalimat-kalimat Bahasa Inggris dengan kata “elect” termuat di dalamnya.

  1. Witnessing how they elect the next Pope that is broadcast live from the Vatican City back in 2013 was Jericho’s first experience.

(Menyaksikan bagaimana mereka memilih Paus selanjutnya yang disiarkan langsung dari Kota Vatikan pada tahun 2013 yang lalu adalah pengalaman pertama bagi Jericho.)

  1. In her first year at university, Poppy and the other students are free to elect the foreign languages course they like. Poppy chooses to take Spanish class.

(Di tahun pertamanya di universitas, Poppy dan para mahasiswa lainnya bebas memilih mata kuliah bahasa asing yang mereka senangi. Poppy memilih untuk mengambil kelas Bahasa Spanyol.)

  1. The majority of my townspeople cannot accept the fact that only certain people have the right to elect the next mayor.

(Mayoritas orang-orang di kotaku tidak dapat menerima fakta bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki hak untuk memilih walikota berikutnya.)

  1. Blendstone University board members agree to elect Mr. Kirk as the new president of the university.

(Para anggota dewan Universitas Blendstone setuju untuk memilih Tn. Kirk sebagai rektor universitas yang baru.)

  1. Each class is required to elect one student to be nominated as the new student council president candidate.

(Setiap kelas diharuskan memilih satu orang siswa untuk dicalonkan sebagai kandidat ketua OSIS yang baru.)

  1. To Dakota’s surprise, her boss elects her to tackle this large exhibition project because he is confident in Dakota’s abilities.

(Yang membuat Dakota terkejut, atasannya memilih dirinya untuk menangani proyek pameran besar ini karena dia percaya pada kemampuan yang dimiliki Dakota.)

  1. Next year will be the time for me to elect the mayor of my city because at that time, I will officially turn 20 years old.

(Tahun depan akan menjadi waktu bagiku untuk memilih walikota kotaku karena pada saat itu, aku akan secara resmi berusia 20 tahun.)

  1. Every year, my office will hold an activity where we employees will elect one big project that must be handled together and also involve local residents.

(Setiap tahun, kantorku akan mengadakan suatu kegiatan di mana kami para karyawan akan memilih satu proyek besar yang harus ditangani bersama dan juga melibatkan penduduk sekitar.)

  1. Of course you can elect which one you feel is the best for you. Your father and I will support you in whatever you choose.

(Tentu saja kau bisa memilih mana yang kau rasa terbaik untukmu. Ayahmu dan aku akan mendukungmu dengan apapun yang kau pilih.)

  1. Having a social media account is actually not a necessity. You can elect whether you want to have the account or not.

(Memiliki akun jejaring sosial sebenarnya bukan suatu keharusan. Kau bisa memilih apakah kau ingin memiliki akun tersebut atau tidak.)

  1. I decide that I would elect Mrs. Tucker as the new principal. I feel that the vision and mission that Mrs. Tucker said last week is very in line with the vision and mission that I have always held as a teacher.

(Aku memutuskan bahwa aku akan memilih Bu Tucker sebagai kepala sekolah yang baru. Aku merasa bahwa visi dan misi yang disampaikan Bu Tucker minggu lalu sangat sesuai dengan visi dan misi yang selalu aku pegang sebagai seorang guru.)

  1. A job will not run smoothly without a supervisor. Therefore, we must first elect a supervisor who is able to protect and work with all of us while ensuring the job is done properly.

(Sebuah pekerjaan tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya seorang pengawas. Karena itu, kami terlebih dahulu harus memilih seorang pengawas yang mampu mengayomi dan bekerja dengan kami semua sembari memastikan pekerjaan tersebut selesai dengan baik.)

  1. Two weeks is the limit given to all of us in this town to elect a deputy mayor who will work with the mayor in building this small town of ours.

(Dua minggu adalah batas yang diberikan kepada kami di kota ini untuk memilih wakil walikota yang akan bekerja bersama walikota dalam membangun kota kecil kami ini.)

  1. Mr. Randall is a highly celebrated politician and many people elect him as a governor during the election season. However, no one thought that in the middle of his tenure, Mr. Randall was involved in a corruption case in the construction of a government building.

(Pak Randall adalah politikus yang sangat dielu-elukan dan banyak orang memilihnya sebagai gubernur selama musim pemilihan. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa di tengah masa jabatannya, Pak Randall terlibat kasus korupsi pembangunan sebuah gedung pemerintahan.)

  1. I have to be careful and elect a major that I really like. I have heard so many cases where people choose the wrong major at university and end up changing majors or, even, dropping out of university.

(Aku harus berhati-hati dan memilih jurusan yang benar-benar kusukai. Aku sudah banyak mendengar kasus di mana orang-orang salah memilih jurusan di universitas dan berakhir dengan berpindah jurusan atau, bahkan, keluar dari universitas.)

Demikian 15 contoh-contoh kalimat Bahasa Inggris yang di dalamnya menggunakan kata “elect”.