Menggunakan Kata “Meanwhile” dalam Ragam Kalimat Berbahasa Inggris

Apa kabar, teman-teman sekalian? Semoga teman-teman selalu dalam keadaan sehat dan sejahtera dalam lindungan Tuhan Yang Maha Pemurah.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana membuat kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan kata “meanwhile” di dalamnya. Tapi, pertama-tama teman-teman harus mengetahui apa itu kata “meanwhile”.

Kata “meanwhile” memiliki makna “sementara itu…” ketika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Kata “meanwhile” memiliki fungsi sebagai kata keterangan (adverb) untuk menyambungkan dua kata.

Dalam menggunakan kata “meanwhile”, karena posisinya yang masuk ke dalam kata keterangan, teman-teman bisa meletakkan kata ini di depan atau di tengah kalimat.

Picture by Daria Shevtsova on Pexels

Untuk lebih memudahkan teman-teman, di bawah ini telah disiapkan beberapa contoh kalimat Bahasa Inggris yang di dalamnya terdapat kata “meanwhile”.

  1. Lisa and Brenda are eating their breakfast before heading to school. Meanwhile, mom is busy making a cup of black coffee for dad.

(Lisa dan Brenda menyantap sarapan mereka sebelum berangkat ke sekolah. Sementara itu, ibu sedang sibuk membuat secangkir kopi hitam untuk ayah.)

  1. Sally said she would be here in a minute. Meanwhile, the minutes are changing and they will miss the train if Sally is late.

(Sally berkata bahwa dia akan tiba sebentar lagi. Sementara itu, menit demi menit terus berganti dan mereka akan ketinggalan kereta kalau Sally terlambat.)

  1. Meanwhile, we are here fighting so that our houses are not destroyed by the contractors.

(Sementara itu, kami disini berjuang agar rumah-rumah kami tidak dihancurkan oleh para kontraktor.)

  1. Meanwhile, I am here alone trying hard to change my life, even though many people, including my family, say my efforts are useless.

(Sementara itu, aku sendirian di sini berusaha keras mengubah hidupku, walaupun banyak orang, termasuk keluargaku, yang berkata bahwa usahaku sia-sia belaka.)

  1. The offer given by the boutique owner is very tempting for Barbara. Meanwhile, the boutique owner tries to make an even more tempting offer so that Barbara, who has a keen eye for clothing styles, will work for her.

(Tawaran yang diberikan sang pemilik butik sangat menggiurkan bagi Barbara. Sementara itu, sang pemilik butik itu mencoba membuat penawaran yang lebih menggiurkan agar Barbara, yang memiliki mata yang tajam tentang gaya-gaya berpakaian, mau bekerja untuknya.)

  1. Grandpa and grandma will be arriving soon from the airport. Meanwhile, mom and I make fruit soup and serve it together with cheesecake to welcome them.

(Kakek dan nenek sebentar lagi akan tiba dari bandara. Sementara itu, ibu dan aku membuat sup buah dan menyajikannya bersama kue keju untuk menyambut mereka.)

  1. Meanwhile, as the demonstration heated up, a fight broke out between a police officer and a university student.

(Sementara itu, ketika demonstrasi semakin memanas, terjadi sebuah perkelahian antara seorang petugas polisi dan seorang mahasiswa.)

  1. The public eye, meanwhile, is on the singer whose name was mentioned in the affair scandal of a famous company director.

(Mata publik, sementara itu, tertuju pada penyanyi yang namanya disebut-sebut dalam skandal perselingkuhan seorang direktur perusahaan ternama.)

  1. Meanwhile, Marcell’s body condition worsened after he underwent chemotherapy. Marcell was vomiting violently and did not want to eat at all, which made his body thinner day by day.

(Sementara itu, kondisi tubuh Marcell semakin memburuk setelah dia menjalani kemoterapi. Marcell muntah-muntah hebat dan sama sekali tidak mau makan, yang membuat tubuhnya semakin kurus dari hari ke hari.)

  1. Danny keeps wasting his parents’ money on unnecessary things. Meanwhile, his parents just found out that Danny has a lot of debt to several people. This makes them both furious and they do not want to help Danny pay off all his debts.

(Danny terus saja membuang-buang uang kedua orang tuanya untuk hal-hal yang tidak berguna. Sementara itu, orang tuanya baru saja mengetahui bahwa Danny memiliki banyak hutang kepada beberapa orang. Hal ini membuat mereka berdua marah besar dan mereka tidak mau membantu Danny melunasi semua hutangnya.)

  1. My friends really talk about other people, for some reason. Meanwhile, I am the type of person who thinks talking about people behind their backs is something bad. I guess, these friends of mine are not good for me.

(Teman-temanku sangat suka membicarakan tentang orang lain, entah mengapa. Sementara itu, aku adalah tipe orang yang berpikir kalau membicarakan orang lain di belakang punggung mereka adalah sesuatu yang buruk. Kurasa, teman-temanku ini tidak baik untukku.)

  1. My mother, meanwhile, wept over her decision to divorce my father. I do not know anymore what will happen to this family if dad grants that wish.

(Ibuku, sementara itu, menangisi keputusannya yang meminta cerai pada ayahku. Aku tak tahu lagi apa yang akan terjadi pada keluarga ini bila ayah mengabulkan permintaan itu.)

  1. I work as a culinary consultant and I am happy with my job. My friends, meanwhile, are always making fun of me by saying my job is not classy.

(Aku bekerja sebagai seorang konsultan kuliner dan aku bahagia dengan pekerjaanku. Teman-temanku, sementara itu, mengolok-olokku dengan mengatakan bahwa pekerjaanku tidak berkelas.)

  1. My brother really likes to stay up late. Meanwhile, my grandmother really does not like this one habit of his and always demands my brother to go to bed early.

(Abangku sangat suka begadang. Sementara itu, nenekku sangat tidak menyukai kebiasaannya yang satu itu dan selalu menuntut abangku untuk tidur lebih awal.)

  1. Nina tries hard so that all the problems that arise do not interfere with her exams. Meanwhile, there is a new problem between her parents which is enough to make Nina’s big family dizzy.

(Nina berusaha keras agar semua masalah yang muncul tidak mengganggu ujiannya. Sementara itu, ada masalah baru di antara kedua orang tuanya yang cukup membuat pusing keluarga besar Nina.)

Itulah 15 contoh kalimat-kalimat Bahasa Inggris yang di dalamnya terkandung kata “meanwhile”.