Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Pembahasan serta Contoh Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Inggris

Grammar, Writing,

Dalam tata Bahasa Inggris atau English grammar, kata kerja merupakan bagian dari bentuk kata Bahasa Inggris. Kata-kata kerja sendiri memiliki 5 properti. Kelima properti tersebut adalah:

  1. Person (orang). Properti dari kata kerja ini mengekspresikan nama orang dari subyek dalam kalimat. Selain nama orang, properti juga mengandung kata ganti orang yang banyak digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris: first person (orang pertama), second person (orang kedua), dan third person (orang ketiga).
  2. Number (angka atau nomor). Properti dari kata kerja yang satu ini mengekspresikan apakah subyek berupa subyek tunggal atau hanya satu (singular subject) atau subyek jamak atau lebih dari satu (plural subject).
  3. Voice (suara atau nada). Properti dari kata kerja ini menunjukkan hubungan antara partisipan, dalam hal ini subyek (subjects) dan obyek (objects), dalam sebuah kalimat atau narasi. Ada dua jenis atau tipe properti suara dalam kata kerja: suara atau kalimat aktif dan suara atau kalimat pasif.
  4. Mood or mode (perasaan atau modus). Properti kata kerja ini memperlihatkan penekanan serta mengindikasikan apakah sebuah kalimat adalah pernyataan atau fakta (indicative mood), perintah atau komando (interative mood), atau merupakan sebuah pernyataan tentang kemungkinan atau dugaan (subjunctive mood).
  5. Tense (kala atau waktu). Properti atau bagian kata kerja yang satu ini mengindikasikan waktu dari sebuah kejadian, kegiatan, atau pernyataan yang diekspresikan oleh kata-kata kerja. Waktu yang dimaksud dalam properti ini adalah waktu masa kini (present time), waktu atau masa lalu (past time), dan waktu atau masa depan (future time).
Picture by Pew Nguyen on Pexels

Setelah kita mengetahui 5 macam properti dari kata kerja, kali ini kita akan membahas dua jenis dari salah satu properti kata kerja, yaitu suara (voice). Properti kata kerja suara terdiri dari 2 tipe: “active sentence or voice (kalimat aktif)” dan “passive sentence or voice (kalimat pasif)” beserta contoh-contoh kalimatnya.

  1. Penjelasan serta Contoh-Contoh Kalimat Aktif (Active Sentences or Voices) dalam Bahasa Inggris

Di bagian A ini, kita secara khusus dan terpisah akan mempelajari terlebih dahulu apakah kalimat aktif itu.

Kalimat aktif dalam tata Bahasa Inggris merupakan kalimat yang menunjukkan subyek yang banyak melakukan aktivitas ketimbang obyeknya dalam suatu kalimat. Kalimat aktif juga memiliki kesan yang lebih kuat, langsung atau lugas, dan nada yang jelas.

Perhatikan rumus atau formula dari kalimat aktif di bawah ini:

Subject of a sentence (subyek kalimat) + main verbs (kata-kata kerja utama) + object of a sentence (obyek kalimat)

Dari formula atau rumus di atas, kita dapat melihat bahwa seperti pengertian dari kalimat aktif sendiri, subyek selalu berada di depan kalimat karena subyek-lah yang lebih banyak mendominasi tindakan atau perbuatan berdasarkan kata kerja yang digunakan dalam kalimat aktif yang kita buat.

Lalu, adakah waktu-waktu atau kesempatan khusus yang baik bagi kita menggunakan kalimat aktif dalam Bahasa Inggris?

Kita dapat menggunakan atau membuat kalimat aktif dalam Bahasa Inggris apabila:

  1. Kalimat dalam tulisan yang akan kita buat memiliki urgensi atau keperluan yang tergolong tinggi. Apabila tingkat urgensinya tinggi, maka kalimat aktif yang kita buat haruslah dapat dengan mudah dan cepat dipahami serta diproses oleh otak kita. Jenis kalimat aktif dengan keperluan tinggi antara lain larangan dan instruksi.
  2. Menuliskan karya yang bersifat ilmiah atau akademik. Ketika menuliskan karya atau tulisan ilmiah, sebaiknya kita lebih banyak menggunakan kalimat aktif agar fakta atau pernyataan yang kita tuliskan lebih jelas dan dapat dimengerti. Penggunaan kalimat pasif dalam sebuah tulisan ilmiah cenderung dihindari karena memberi kesan pernyataan yang lemah serta memberi kesan memutarbalikkan fakta.
  3. Kita perlu atau butuh untuk menghemat spasi ketika mengetikkan kalimat-kalimat yang kita buat, seperti menulis untuk surat kabar. Karena sifatnya yang lugas dan jelas, kalimat aktif cenderung lebih disukai untuk menulis dan akan lebih menghemat jumlah halaman dalam perangkat mengetik yang kita gunakan.
  4. Kalimat-kalimat dalam tulisan kita mengandung beragam variabel atau fakta, terutama untuk tulisan atau dokumen yang bersifat akademik. Sebaiknya kita menghindari penggunaan kalimat pasif dan lebih banyak menggunakan kalimat aktif.

Baiklah, mari sekarang kita perhatikan contoh-contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang termasuk kalimat aktif berikut ini:

  1. Gakuto ate a plate of corn pizza this morning.

(Gakuto memakan sepiring pizza jagung pagi ini).

  1. When Erin and her parents visit the zoo, Erin feeds some ducks at a pond and an elephant. She feels excited and cannot stop screaming in joy.

(Ketika Erin dan kedua orang tuanya mengunjungi kebun binatang, Erin memberi makan beberapa ekor bebek dan seekor gajah. Dia merasa sangat gembira dan tidak bisa berhenti berteriak kegirangan).

  1. Bruno the dog chases Lily the cat because he wants to befriend the cat, causing so much ruckus and laughter from the elders.

(Bruno si anjing mengejar Lily si kucing karena dia ingin berteman dengan kucing tersebut, yang menyebabkan banyak keributan dan tawa dari para nenek dan kakek).

  1. The elephant roams around the pond inside the zoo to drink a lot of water. Joey, who witnessed that, laughed and clapping his hands.

(Sang gajah mengelilingi kolam di dalam kebun binatang untuk meminum banyak air. Joey, yang menyaksikannya, tertawa dan bertepuk tangan).

  1. Yusuke and Erika paint their house light blue because they want something different and bright for their new house.

(Yusuke dan Erika mengecat rumah mereka dengan warna biru terang karena mereka menginginkan sesuatu yang berbeda dan terang untuk rumah baru mereka).

  1. Hilary drew a painting of herself and her older sister, Rosie, for her final Art project in college.

(Hilary melukis lukisan dirinya dan kakak perempuannya, Rosie, untuk proyek final Seni di kampusnya).

  1. Nunung cooks some of her specialty foods for her relatives who come to visit her new house. They say that all her foods taste amazing.

(Nunung memasak beberapa masakan istimewanya untuk para kerabat yang datang mengunjungi rumah barunya. Mereka berkata bahwa semua masakan Nunung rasanya luar biasa).

  1. Suzanne cleans her studio apartment every weekend because she has a thing for a super clean apartment.

(Suzanne membersihkan apartemen studio miliknya setiap akhir pekan karena ia menyukai apartemen yang super bersih).

  1. Penjelasan serta Contoh-Contoh Kalimat Pasif (Passive Sentences or Voices) dalam Tata Bahasa Inggris

Setelah kita membahas dan melihat contoh-contoh kalimat aktif, kini kita akan beralih membahas saudara dari kalimat aktif dalam Bahasa Inggris, yaitu kalimat pasif.

Kalimat pasif, sama seperti saudaranya, adalah properti dari kata kerja suara di mana obyek dan kata kerja lebih dipertegas ketimbang subyeknya atau suatu aktivitas ‘dikerjakan atau dilakukan’ pada obyek dalam kalimat oleh subyeknya.

Untuk lebih jelasnya, alangkah baiknya kita perhatikan rumus kalimat pasif di bawah berikut ini:

Object of a sentence (obyek dalam suatu kalimat) + main or central verbs (kata kerja utama) by (preposisi oleh) + subject of a sentence (subyek dalam kalimat)

Merujuk pada rumus kalimat pasif di atas, kita dapat melihat bahwa sederhananya, subyek dan obyek kalimat mengalami perubahan penempatan. Di dalam kalimat pasif, obyek kalimat berada di depan, diikuti oleh kata kerja, diikuti oleh preposisi ‘oleh (by)’, dan diakhiri dengan subyek kalimat. Kita pun bisa menambahkan kata keterangan (adverbs) dalam kalimat pasif. Kata keterangan dalam sebuah kalimat pasif dapat ditempatkan di awal kalimat sebelum obyek atau di akhir kalimat setelah subyek.

Selain itu, ada sedikit perubahan yang dialami oleh sebuah kalimat pasif. Ketika kalimat aktif hanya menggunakan kata kerja utama seperti biasanya, kata kerja dalam kalimat pasif menggunakan kata-kata kerja bentuk ketiga (past participle) dan kata-kata kerja bantu (auxiliary verbs). Biasanya, penggunaan kata kerja bantu dalam kalimat pasif mengikuti perubahan bentuk kata (tense) dalam kalimat.

Kemudian, adakah waktu-waktu atau syarat-syarat khusus untuk kita membuat kalimat pasif dengan menggunakan Bahasa Inggris?

Kita dapat membuat kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dengan ketentuan atau syarat sebagai berikut:

  1. Apabila subyek dalam kalimat, atau dikenal juga dengan pelaku/aktor, tidak diketahui siapa secara pasti sehingga terkadang tidak disebutkan atau dicantumkan dalam kalimat.
  2. Ketika pelaku atau subyek dalam sebuah kalimat pasif tidak relevan atau tidak memiliki koneksi apapun dengan kalimat itu sendiri. Biasanya, pembuat atau penulis kalimat ini seperti tidak memiliki ketertarikan untuk membahas aktivitas yang terjadi dalam kalimat.
  3. Ketika penulis atau kita sendiri tidak menyebutkan atau menunjukkan subyek kalimat secara jelas atau transparan. Umumnya, kalimat pasif seperti ini ditemukan dalam tulisan-tulisan yang bersifat birokratis.
  4. Apabila kalimat pasif yang kita buat membahas atau menyinggung sesuatu yang memiliki kebenaran mutlak atau absolut (general or absolute truth).
  5. Ketika kita ingin memberi penekanan tentang siapa (orang atau benda) yang menjadi target atau pusat dari kegiatan dalam kalimat pasif tersebut.
  6. Apabila kita ingin membuat suatu karya sains tradisional yang lebih sering menggunakan kalimat-kalimat pasif di dalamnya.

Sekarang, setelah kita mengenal pengertian tentang kalimat pasif dan aturan-aturannya, mari kita perhatikan contoh-contoh kalimat pasif berbahasa Inggris di bawah ini:

  1. One of Katy Perry’s songs, “Firework” was sung by Madeleine for her high school graduation ceremony. Her voice was giving us an angelic vibe.

(Salah satu dari lagu-lagu milik Katy Perry, “Firework”, dinyanyikan oleh Madeleine untuk upacara kelulusan SMA-nya. Suaranya memberikan aura seperti malaikat kepada kita).

  1. The bank’s contact number was dialed by Samantha because she wanted to ask the bank about an error in her banking application.

(Nomor kontak bank dihubungi oleh Samantha karena dia ingin menanyakan kepada bank tersebut mengenai kesalahan dalam aplikasi perbankan miliknya).

  1. According to the recent news, several houses in the neighborhood city were engulfed by the flames. The firefighters are still trying to extinguish the large flames.

(Menurut berita terkini, beberapa rumah di kota tetangga dilahap si jago merah. Para pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api yang besar tersebut).

  1. The mayor of my city was forced to step down from his position by most of the residents because he was deemed not quick to respond to some of the city’s long-standing problems.

(Walikota kotaku dipaksa turun dari posisinya oleh sebagian besar masyarakat karena dinilai tidak cepat menanggapi beberapa permasalahan kota yang sudah lama ada).

  1. Specifically for the fundraising event next month, several kinds of pastries will be made by Yara and her mother. Yara and her mother are well known by the people for making amazingly delicious pastries.

(Khusus untuk acara penggalangan dana bulan depan, beberapa jenis kue akan dibuat oleh Yara dan ibunya. Yara dan ibunya telah dikenal oleh orang-orang karena mampu membuat kue-kue yang lezatnya luar biasa).

  1. To keep the house solid, several changes were made by the current owner of the big mansion. The mansion repairs were also carried out at the request of their great-grandmother, who has owned the house since World War II.

(Untuk menjaga agar rumah tersebut tetap kokoh, beberapa perubahan dilakukan oleh pemilik rumah besar yang sekarang. Perbaikan rumah tersebut juga dilakukan atas dasar permintaan nenek buyut mereka, yang telah memiliki rumah itu sejak Perang Dunia II).

  1. After completion, the will is signed by the grandfather, his trusted assistant and his trusted chef as witnesses to make the will valid.

(Setelah selesai, surat wasiat itu ditandatangani oleh kakek, asisten kepercayaannya, dan koki kepercayaan kakek sebagai para saksi untuk membuat surat wasiat tersebut sah).

  1. The broken bed was repaired by Becky alone because no one could help her and she was alone inside her apartment.

(Ranjang yang rusak itu diperbaiki sendirian oleh Becky karena tak ada yang bisa menolongnya dan dia sendirian di dalam apartemennya).

  1. Some of the soaps in Gian’s house were eaten by the rats, which made him confused and also feel funny.

(Beberapa sabun di rumah Gian dimakan oleh tikus-tikus, yang membuatnya bingung dan juga merasa lucu).

Demikian penjelasan serta contoh-contoh kalimat aktif dan juga kalimat pasif dalam Bahasa Inggris.