Penggunaan Kata “Economic” dalam Ragam Kalimat Bahasa Inggris

Ketika mempelajari Bahasa Inggris, kita sering mendengar kata “economy” dan “economic”. Mungkin ada dari teman-teman yang sedikit bingung dan bertanya apakah ada perbedaan dari kedua kata ini?

Ada, kedua kata ini memiliki sedikit perbedaan.

Economy (ekonomi): termasuk kata benda (noun) yang, dikutip dari KBBI, memiliki makna: pemanfaatan tenaga, waktu, barang, jasa, distribusi, produksi, pasokan uang, dan hal-hal lainnya yang termasuk berharga.

Economic (ekonomi): termasuk kata sifat (adjective). Memiliki makna “ekonomis” atau “memiliki keterkaitan (hubungan) dengan ekonomi”.

Picture by Jason Leung on Unsplash

Contoh-Contoh Kalimat yang Menggunakan Kata “Economic” (Sentence Examples Using the Word “Economic”) dalam Bahasa Inggris

Nah, setelah kita bisa membedakan antara “economy” dan “economic”, dalam artikel ini kita akan mempelajari beberapa daftar contoh kalimat Bahasa Inggris yang menggunakan kata “economic” di dalamnya.

  1. During unfavorable economic times and also due to the pandemic, Surya’s bakery does not generate as much profit as in previous years.

(Dalam masa ekonomi yang kurang bagus dan juga dikarenakan pandemi, toko roti milik Surya tidak menghasilkan banyak keuntungan seperti di tahun-tahun sebelumnya.)

  1. The economic situation at Baruna’s company seems to be getting worse. Many of the employees chose to resign because their salaries for 4 consecutive months were not paid by the company. A minority of employees chose to demonstrate and demanded that Baruna and his company pay their salaries immediately.

(Situasi perekonomian di perusahaan milik Baruna tampaknya semakin parah. Banyak dari para karyawan yang memilih untuk mengundurkan diri karena gaji mereka selama 4 bulan berturut-turut tidak dibayarkan oleh perusahaan. Sebagian kecil karyawan memilih berdemonstrasi dan menuntut agar Baruna dan perusahaannya segera membayarkan gaji mereka.)

  1. The corruption committed by the city treasurers turned the economic situation in my city into a very messy one. They have been jailed, but it will take a long time to restore this economic situation back to normal.

(Korupsi yang dilakukan oleh para bendahara kota mengubah situasi perekonomian kotaku menjadi sangat berantakan. Mereka memang telah dipenjara, namun akan memakan waktu yang lama untuk memulihkan situasi perekonomian menjadi kembali normal.)

  1. The economic uncertainty caused by the pandemic has made many traders, especially small traders, choose not to sell their stuff anymore.

(Ketidakpastian ekonomi yang disebabkan oleh pandemi telah membuat banyak pedagang, terutama para pedagang kecil, memilih untuk tidak menjual dagangan mereka lagi.)

  1. Some of the economic change plans made by the provincial government confused many people, including my parents. The new governor is known as a person with so many plans in mind, but this plan is the most confusing one.

(Beberapa rencana perubahan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah provinsi membuat banyak orang bingung, termasuk orangtuaku. Gubernur yang baru memang dikenal sebagai seseorang dengan banyak rencana dalam pikirannya, namun rencana ini adalah yang paling membingungkan.)

  1. My mother is very desperate because of the economic condition that seems to never change. I cannot bear seeing my mother in such a phase, so I decide to help her rebuild her sewing business by taking advantage of the power of social networks.

(Ibuku sudah sangat putus asa karena kondisi ekonomi yang seperti tidak pernah berubah. Aku tidak sanggup melihat ibuku berada pada fase seperti itu, sehingga aku memutuskan membantu beliau membangun lagi usaha menjahitnya dengan memanfaatkan kekuatan jejaring sosial.)

  1. The economic policy that enacted last year was finally abolished by the government. The policy is considered to be burdensome for the public and it has caused many contradictions since its enactment.

(Kebijakan ekonomi yang diberlakukan tahun lalu akhirnya dihapuskan oleh pemerintah. Kebijakan itu dinilai memberatkan masyarakat dan telah menimbulkan banyak kontradiksi sejak pengesahannya.)

  1. Sometimes, we people who live in small areas are very jealous of the economic growth in bigger areas that seems good and stable.

(Terkadang, kami orang-orang yang tinggal di daerah kecil sangat iri dengan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang lebih besar yang terlihat baik dan stabil.)

  1. The economic approach done by the ministry of economy is arguably a new approach and it looks better for the people.

(Pendekatan ekonomi yang dilakukan oleh kementerian ekonomi bisa dibilang merupakan pendekatan yang baru dan terlihat lebih baik bagi rakyat.)

  1. More money given to the health and education sectors will increase economic growth, said my uncle who is an economist.

(Lebih banyak uang yang diberikan ke sektor kesehatan dan pendidikan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, begitu kata pamanku yang merupakan seorang pengamat ekonomi.)

  1. As an economics faculty student, one of the things I have to learn is economic literature. That course is one of the most enjoyable subjects.

(Sebagai seorang mahasiswa fakultas ekonomi, salah satu hal yang harus aku pelajari adalah literatur ekonomi. Mata kuliah itu adalah salah satu mata kuliah yang paling menyenangkan.)

  1. I was surprised to hear my 11 year old son says that tax is the most troublesome economic invention ever.

(Aku terkejut mendengar putraku yang berusia 11 tahun mengatakan bahwa pajak adalah penemuan ekonomi paling menyusahkan yang pernah ada.)

  1. Inflation, which is a condition where goods have increased in price continuously, is one of the criteria of a poor economic performance.

(Inflasi, yang merupakan kondisi dimana barang-barang mengalami kenaikan harga secara terus-menerus, adalah salah satu kriteria performa ekonomi yang kurang baik.)

  1. There will be an economic crisis if the country is unable to solve the various economic problems that already exist and are getting worse.

(Akan ada krisis ekonomi apabila negara tidak mampu menuntaskan berbagai masalah ekonomi yang telah ada dan semakin parah.)

  1. The economic improvement is no longer determined by the number of cocoa beans exported outside the region, but by the amount of cocoa oil that has been successfully exported.

(Peningkatan ekonomi tidak lagi ditentukan dari banyaknya biji kakao yang diekspor ke luar daerah, namun dari banyaknya minyak kakao yang berhasil diekspor.)

Demikian 15 contoh kalimat berbahasa Inggris dengan kata “economic” termuat di dalamnya.