Ragam Cara Mengasihi Orang Tua yang Masih Hidup

Ketika kita dilahirkan ke dunia, orang tua merupakan orang-orang pertama yang kita kenal, yang menyambut kehadiran kita. Kandung maupun bukan, orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak.

Dalam proses tumbuh-kembangnya, seorang anak diajarkan untuk menghormati dan menyayangi orang tuanya, bahkan menghormati dan menyayangi orang tua hukumnya adalah wajib dalam agama. Menghormati, menyayangi, serta berbakti kepada orang tua adalah salah satu amalan yang disukai oleh Tuhan.

Ketika orang tua kita sudah meninggal, akan sedikit berbeda tata caranya dalam menghormati mereka. Oleh karena itu, ketika mereka masih hidup, hendaknya kita memperbanyak dan lebih sering memperlihatkan rasa cinta dan hormat kita kepada mereka.

Cara-Cara Menghormati dan Menyayangi Orang Tua yang Masih Hidup dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebagai seorang anak, ada banyak cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menghormati dan menyayangi kedua orang tua kita, terutama ketika mereka masih hidup dan masih bersama-sama dengan kita. Bahkan hal yang paling sederhana pun akan terasa sangat istimewa apabila kita melakukannya demi orang tua kita.

Foto oleh Joice Kelly di Unsplash

Kali ini Xamux akan memberikan beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam menghormati serta mengasihi orang tua kita yang masih hidup melalui daftar di bawah ini.

  1. Membantu Orang Tua Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang kita kepada orang tua adalah dengan membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Cara ini bisa dimulai dari yang paling sederhana, seperti membantu mencuci piring, menyapu sekeliling rumah, menyirami tanaman yang ada di halaman, mencuci kendaraan, dan mengepel lantai ruangan-ruangan di dalam rumah.

Cara ini, walaupun mungkin tidak bisa setiap hari kita lakukan, akan menjadi bantuan kecil yang maknanya besar sekali bagi orang tua kita.

  1. Meluangkan Waktu untuk Mengobrol Bersama Orang Tua

Ketika orang tua kita masih ada, kita memiliki kesempatan untuk mengobrol tentang apa saja bersama mereka. Nah, inilah cara kedua yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada mereka.

Luangkanlah waktu sejenak untuk duduk bersama orang tua sambil bercerita tentang apa saja, entah bercerita tentang kesibukan kita atau meminta mereka menceritakan apa saja yang ada di dalam hati dan pikiran mereka.

Letakkan sejenak perangkat elektronik jauh dari jangkauan kita dan berikan mereka perhatian penuh kita.

  1. Hindari Berbicara Kepada Orang Tua dengan Nada Tinggi dan Kata Kasar

Di dalam sebuah keluarga, perbedaan pendapat bukanlah sebuah hal yang tidak biasa. Baku bantah dan adu argumentasi pasti sering terjadi antara orang tua dan anak, tentang apapun itu yang menjadi pusat dari sebuah argumen.

Apabila sebuah adu argumentasi dengan orang tua tidak dapat dihindari, kita sebagai anak sebaiknya menghindari menggunakan nada suara yang tinggi serta ucapan-ucapan yang kasar.

Adu argumen akan berakhir ketika waktunya tiba, tetapi butuh waktu yang lama untuk mengobati hati orang tua yang tersakiti atau tersinggung dengan nada bicara kita yang tinggi dan kata-kata kasar yang kita ucapkan.

  1. Mendoakan Orang Tua Kita dengan Doa-Doa yang Baik

Cara keempat dalam menghormati dan berbakti kepada orang tua yang masih hidup adalah dengan memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Pengasih yang ditujukan untuk orang tua kita.

Mintalah pada Tuhan agar orang tua kita senantiasa diberikan kesehatan, umur yang panjang, rezeki yang baik dalam bentuk apapun, serta kesempatan agar mereka bisa terus hadir dalam hidup kita dan menyaksikan saat-saat penting dalam hidup kita.

  1. Bersyukur Akan Kehadiran Orang Tua dan Katakan Pada Mereka

Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kita menyayangi orang tua kita adalah dengan mensyukuri kehadiran mereka di sisi kita.

Temukan waktu yang tepat dan katakan secara langsung di hadapan kedua orang kita bahwa kita bersyukur atas kehadiran mereka dan bahwa kita berterima kasih karena masih diberikan kesempatan untuk bersama-sama mereka.

Gestur ini, meskipun terkesan sederhana, namun bisa memberikan efek positif yang besar terhadap hubungan kita dengan orang tua kita.

  1. Bersikap Sopan Kepada Orang Tua Kapan Saja dan Di Mana Saja

Selain menjaga tutur kata tetap halus dan menghindari menggunakan kata-kata kasar, menghormati dan berbakti kepada orang tua juga dapat kita tunjukkan melalui sikap yang sopan kepada mereka.

Menjaga sikap sopan terhadap orang tua dapat kita tunjukkan dengan mengucapkan salam ketika kita hendak masuk ke atau keluar dari rumah atau menyalami tangan mereka.

Menjaga kesopanan kepada orang tua, selain dianjurkan dalam agama, juga memiliki kaitan yang erat dengan salah satu budaya ketimuran kita, yaitu menghormati orang-orang yang lebih tua.

  1. Menahan Amarah Terhadap Orang Tua dan Bersabar Terhadap Mereka

Kita pasti sering mendengar perkataan dari orang-orang sekitar bahwa ‘semakin bertambah usia, orang tua akan kembali rewel seperti anak kecil.’ Hal ini bisa jadi disebabkan faktor usia atau kondisi kesehatan yang sudah tidak seprima dulu, yang membuat orang tua cenderung menjadi lebih sensitif.

Apabila kita menemui kondisi ini, yang harus kita lakukan adalah pelan-pelan menahan amarah dan mengusahakan yang terbaik untuk bersikap sabar terhadap perilaku mereka. Jangan langsung memarahi mereka ketika mereka ‘rewel’. Bicaralah kepada mereka dengan tutur kata yang lembut.

  1. Memberikan Bingkisan atau Hadiah Kepada Orang Tua

Tidak ada yang salah dengan menyenangkan hati orang tua melalui bingkisan atau hadiah. Ini adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada mereka.

Hadiah atau bingkisan yang kita berikan tidak perlu mahal, namun tetap menunjukkan makna tersendiri bahwa kita menyayangi dan mencintai mereka. Apapun hadiah itu, selama itu dari anak-anaknya, orang tua akan merasa sangat bahagia.

  1. Menghargai Usaha dan Kerja Keras Orang Tua

Untuk menghidupi dan mencukupi kebutuhan kita anak-anaknya, orang tua sanggup untuk bekerja keras tanpa kenal lelah. Semuanya demi melihat senyum bahagia kita. Penting bagi kita untuk menunjukkan bahwa kita menghargai dan menghormati kerja keras mereka.

Bagaimana cara kita menunjukkannya? Kita bisa menunjukkannya lewat belajar yang rajin atau bekerja dengan giat atau mematri kisah perjuangan mereka di dalam hati dan pikiran kita sebagai pengingat bahwa kita bisa ada sekarang ini, dengan kebutuhan yang tercukupi, berkat mereka.

Itulah 9 cara menghormati dan berbakti kepada orang tua yang masih hidup dan yang bisa teman-teman terapkan dalam kehidupan sehari-hari.