Ragam Cara Menghormati dan Mematuhi Guru-Guru Kita

Ketika kita mulai mengenal pentingnya ilmu pendidikan dan pengetahuan, kita juga mulai mengenal sebuah tempat untuk menimba ilmu yang bernama sekolah.

Sekolah merupakan lembaga yang terkadang dikelola baik oleh pemerintah maupun swasta dengan tujuan sebagai lembaga pengajaran murid atau siswa di bawah bimbingan staf pengajar yang dikenal dengan sebutan guru.

Nah, definisi atau pengertian dari guru sendiri adalah orang-orang yang tugas utamanya adalah mengajar, mendidik, melatih, mengarahkan, dan membimbing siswa/murid mereka secara profesional serta mengevaluasi siswa/murid mereka atas ilmu yang telah mereka peroleh.

Tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, para guru juga mengajarkan tata krama serta budi pekerti kepada para siswanya. Hal ini termasuk dianggap penting untuk diajarkan agar para siswanya memiliki tata krama yang luhur hingga mereka dewasa nanti.

Oleh karena itu, untuk menghargai apa yang para guru telah lakukan, setidaknya kita harus membalasnya dengan cara mematuhi dan menghormati mereka.

Tetapi, bagaimana cara kita menghormati dan mematuhi guru-guru kita yang ada di sekolah?

Foto oleh Taylor Wilcox di Unsplash

Cara-Cara Untuk Kita Menghormati dan Mematuhi Para Guru di Sekolah

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa guru adalah salah satu pihak yang selain mengajarkan ilmu pengetahuan, juga mengajarkan tentang budi pekerti kepada para siswanya.

Nah, untuk membalas jasa para guru kita, salah satu hal paling baik yang dapat kita lakukan adalah dengan menghormati para guru. Bagaimana caranya melakukan hal yang demikian?

Melalui daftar di bawah ini, Xamux akan menjelaskan cara-cara yang bisa kita tempuh untuk menaruh rasa hormat terhadap guru-guru kita.

  1. Mendengarkan dan Menjalankan Arahan atau Instruksi yang Baik dari Guru

Cara pertama yang bisa kita lakukan sebagai bentuk rasa hormat terhadap para guru kita adalah dengan mendengarkan serta menjalankan arahan atau instruksi yang baik dari para guru kita.

Sebagai contoh, ibu atau bapak guru ingin kita segera mengerjakan tugas dari mata pelajaran yang mereka pegang atau ampu. Sebagai siswa, sebaiknya kita segera melakukan apa yang diminta bapak atau ibu guru tanpa menunda-nunda.

Mendengarkan instruksi atau arahan, selama itu hal yang baik dan positif, dari para guru tidak hanya menunjukkan bahwa kita menghormati mereka, namun juga untuk membentuk karakter kita menjadi seseorang yang disiplin.

  1. Menyapa dengan Sopan dan Mengucapkan Salam Ketika Berpapasan dengan Guru

Cara kedua yang kita bisa lakukan untuk menghormati dan berbakti kepada guru adalah dengan mengucapkan salam dan menyapa mereka dengan sopan.

Ketika kita berpapasan atau bertemu dengan guru kita, di luar sekolah sekalipun, sapalah guru kita dengan sapaan yang sopan serta mengucapkan salam.

  1. Berikan Perhatian Penuh Ketika Guru Sedang Mengajar

Cara ketiga untuk menunjukkan rasa hormat kita kepada para guru adalah dengan memberikan perhatian penuh selama mereka mengajar.

Terkadang, memperhatikan topik tertentu dari suatu mata pelajaran dapat membuat rasa jenuh atau kantuk datang mengganggu. Tapi, ketahuilah bahwa ada ilmu yang sedang dibagikan oleh guru kita kepada kita, yang ditujukan sebagai bekal kita di masa depan.

Dengan memperhatikan guru ketika mereka sedang mengajar, kita tidak hanya akan menambah ilmu pengetahuan, namun juga telah menunjukkan rasa hormat dan bakti kita kepada guru-guru kita.

  1. Menunjukkan Sikap Antusias Ketika Mendengarkan Penjelasan Guru

Kiat atau cara keempat yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan hormat dan bakti kepada guru adalah dengan memperlihatkan antusiasme ketika mendengarkan guru menjelaskan mata pelajaran yang mereka ajarkan.

Kita bisa menunjukkannya dengan mendengarkan penjelasan guru dan duduk dengan tenang tanpa mengobrol dengan teman sebangku. Apabila ada yang kita tidak pahami, maka kita mengangkat tangan dengan sopan untuk meminta izin menanyakan sesuatu yang terkait dengan pelajaran yang sedang diajarkan.

  1. Mengerjakan dan Menyelesaikan Tugas dari Guru dengan Penuh Tanggung Jawab

Kiat kelima yang dapat kita lakukan sebagai perwujudan rasa hormat kepada guru adalah mengerjakan serta menyelesaikan tugas dari guru dengan penuh tanggung jawab.

Ketika diberikan tugas oleh para guru, sebagai seorang siswa kita harus menyelesaikannya dengan potensi dan kecerdasan yang kita miliki. Serta jangan lupa untuk menyelesaikannya dengan tepat waktu.

Selain sebagai bentuk rasa hormat kita terhadap para guru kita, mengerjakan dan menyelesaikan tugas dari guru juga akan mengajarkan kita tentang rasa tanggung jawab sebagai seorang pelajar yang baik.

  1. Mengikuti Aturan di Lingkungan Sekolah yang Diterapkan Oleh Guru

Aturan diciptakan untuk ditaati dan dijalankan, begitu juga dengan aturan yang diterapkan di lingkungan sekolah. Aturan di lingkungan sekolah disusun untuk dipatuhi semua orang yang ada di dalam sekolah tersebut.

Mematuhi aturan yang telah diterapkan oleh para guru di sekolah merupakan salah satu cara kita menunjukkan rasa hormat dan bakti kita kepada mereka.

Selain itu, dengan mematuhi aturan-aturan yang ada di kelas dan di sekolah, kita akan menjadi orang-orang yang telah terbiasa dengan mematuhi aturan sehingga melanggar sebuah aturan di tempat-tempat lain akan membuat kita merasa malu.

  1. Mempersiapkan Diri dengan Belajar di Rumah

Cara ketujuh untuk menunjukkan bahwa kita menghargai dan menghormati guru adalah dengan mempersiapkan diri dengan belajar di rumah.

Hal ini akan membuat para guru kita bangga karena tandanya kita sebagai siswa mereka memahami dan menerima ilmu yang mereka ajarkan dengan baik.

  1. Mendoakan yang Terbaik Bagi Para Guru Kita

Guru-guru yang setiap harinya kita temui memang bukanlah orang tua kandung kita. Tetapi, ketika kita sedang berada di sekolah, mereka-lah orang tua kita. Oleh karena itu, akan sangat baik sekali apabila sebagai siswanya, kita mendoakan guru-guru kita.

Doakanlah agar para guru kita diberikan kesehatan, umur yang panjang, serta rezeki dan jalan hidup yang baik.

  1. Mendengarkan Nasihat Guru dan Menyimpannya dalam Hati Kita

Sama seperti orang tua kita di rumah, para guru kita di sekolah menginginkan yang terbaik untuk masa depan kita. Maka, tidaklah mengherankan ketika mereka memberikan nasihat atau wejangan kepada kita para siswanya.

Yang bisa kita lakukan adalah dengan mendengarkan nasihat guru serta mengingat dan menyimpannya dalam hati kita sebagai bekal di masa depan.

Demikian, teman-teman, 9 cara yang bisa teman-teman terapkan untuk menunjukkan sikap bakti dan hormat kepada para guru yang ada di sekolah.