Ragam Contoh Kalimat Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata Kerja Pertama

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, materi tentang kata kerja (verbs) selalu menjadi salah satu materi yang setidaknya harus kita kuasai. Kata kerja memiliki banyak macam, salah satunya adalah kata kerja pertama (verb 1).

Kata kerja pertama (verb 1 or present verb) adalah jenis kata kerja yang di mana semua kata kerja yang termasuk ke dalam tipe ini adalah bentuk asli atau asal (infinitive form) yang digunakan ketika kita akan membuat kalimat masa kini sederhana (simple present tense).

Picture by Siora Photography on Unsplash

Kumpulan Contoh Kalimat Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata Kerja Pertama (English Sentences Examples Using Verb 1 (V1))

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari beberapa contoh kalimat berbahasa Inggris yang mengandung kata kerja bentuk pertama di dalamnya.

  1. One of the points in the employment contract that confused Rayyan is that he has to abide to all of his superior’s orders without asking any further questions.

(Salah satu poin dalam kontrak kerja yang membuat Rayyan bingung adalah ia harus mematuhi semua perintah atasannya tanpa bertanya lebih jauh.)

  1. It is still so hard for me to accept the fact that my husband will no longer be by my side and that I have to live tomorrow without him.

(Masih sangat sulit bagiku untuk menerima kenyataan bahwa suamiku takkan lagi berada di sisiku dan bahwa aku harus menjalani hari esok tanpa dirinya.)

  1. “I agree if you want to study at Yale University, but you have to work as a part-timer in my restaurant to earn your own money,” said her father when Maureen insisted on attending Yale, one of the world’s best universities.

(“Ayah setuju apabila kau ingin berkuliah di Universitas Yale, namun kau harus bekerja sebagai pekerja paruh waktu di restoranku untuk mendapatkan uangmu sendiri,” kata ayahnya ketika Maureen bersikeras ingin masuk ke Yale, salah satu universitas terbaik dunia.)

  1. The best way to beat fever is to rest, drink warm water, and take medication regularly as directed by the doctor.

(Cara terbaik untuk mengalahkan demam adalah dengan beristirahat, minum air hangat, dan minum obat dengan teratur sesuai petunjuk dokter.)

  1. Everyone present in the room is shocked when Mr. Williams bids a very high price for the old painting.

(Semua orang yang hadir di dalam ruangan itu terkejut ketika Tn. Williams menawar harga yang sangat tinggi untuk lukisan tua itu.)

  1. Jerry, my dog, loves it when I brush his thick fur. He would lie down next to me and start falling asleep.

(Jerry, anjingku, sangat suka ketika aku menyisir bulu-bulunya yang tebal itu. Dia akan berbaring di dekatku dan mulai tertidur.)

  1. Chess is a game where even if you sit still, you calculate every strategy that your opponent might take.

(Catur adalah permainan di mana walaupun kau duduk diam, kau menghitung setiap strategi yang mungkin saja diambil oleh lawanmu.)

  1. One of the uncles of Stephen and Stephanie likes to compare the two of them in every way. Stephen and Stephanie both hate it and they cannot stand their uncle’s attitude.

(Salah satu paman dari Stephen dan Stephanie senang membandingkan mereka berdua dari segi apa saja. Stephen dan Stephanie sama-sama membenci hal tersebut dan mereka tidak tahan dengan sikap paman mereka itu.)

  1. It is indeed difficult to create a masterpiece that people will adore throughout the ages and those who succeed in doing so are great people and dedicated to their work.

(Memang susah menciptakan sebuah maha karya yang akan dipuja orang-orang sepanjang masa dan mereka yang berhasil melakukannya adalah orang-orang hebat dan berdedikasi dalam pekerjaannya.)

  1. There are certain songs that make my grandparents dance with joy. They say that those songs reminded them of the day the got married.

(Ada lagu-lagu tertentu yang membuat kakek dan nenekku berdansa dengan bahagia. Kata mereka lagu-lagu itu mengingatkan mereka pada hari mereka menikah.)

  1. Every year when Eid arrives, my family and I have this habit that has survived to this day: we will decorate and clean our house.

(Setiap tahun ketika Idul Fitri tiba, keluargaku dan aku memiliki satu kebiasaan yang bertahan hingga hari ini: kami akan mendekorasi dan membersihkan rumah kami.)

  1. Because of the many cosmetics that are rarely used, Miranda decides to donate some of her new cosmetics to some corpse make-up artists in her city.

(Karena banyaknya kosmetik yang jarang digunakan, Miranda memutuskan untuk mendonasikan beberapa kosmetiknya yang masih baru kepada beberapa perias jenazah di kotanya.)

  1. Women should empower their fellow women, not insult and demean the self-esteem of other women.

(Wanita seharusnya memberdayakan sesama wanita, bukannya menghina dan menjatuhkan harga diri wanita lainnya.)

  1. If Todd still wants to marry his poor girlfriend, his father will erase his name from the list of beneficiaries.

(Jika Todd tetap ingin menikahi kekasihnya yang miskin itu, ayahnya akan menghapus namanya dari daftar penerima warisan.)

  1. Before we go to our next destination, it would be great for us to explore Santa Fe a little bit.

(Sebelum kita pergi ke tujuan kita yang berikutnya, akan bagus bagi kita untuk sedikit menjelajahi Santa Fe.)

  1. I fail to live up to my parents’ expectations and I do not dare to go home and come face to face with them.

(Aku gagal memenuhi ekspektasi kedua orangtuaku dan aku tak berani pulang ke rumah dan bertatapan muka dengan mereka.)

  1. I will still fight for my rights, but I will not use methods that only used by a coward.

(Aku tetap akan memperjuangkan hak-hakku, namun aku tidak akan menggunakan cara-cara yang hanya digunakan seorang pengecut.)

  1. When I was little, I liked to imagine what it would be like if humans could fly high in the sky.

(Ketika aku masih kecil, aku suka membayangkan apa jadinya bila manusia bisa terbang tinggi di langit.)

  1. The advantage of being a special member of the library is that I can gain access to lots of books in the special library section.

(Keuntungan menjadi anggota istimewa dari perpustakaan adalah aku bisa mendapatkan akses ke banyak buku yang ada di seksi khusus perpustakaan.)

  1. They only glance briefly at each other, but suddenly there is a strange feeling in both of their hearts.

(Mereka hanya saling bertatapan sekilas, namun mendadak ada perasaan yang aneh di dalam hati mereka berdua.)

  1. It is the duty of the head of the family to guard and to protect his family from all dangers.

(Adalah tugas seorang kepala keluarga untuk menjaga dan melindungi keluarganya dari segala mara bahaya.)

  1. I hate not being able to eat shrimp because of this allergy, even though I like shrimp a lot.

(Aku benci tidak bisa memakan udang karena alergi ini, padahal aku sangat menyukai udang.)

  1. Jeff did not want to hear any explanation that could potentially soften his heart anymore, because he had already made up his mind.

(Jeff tidak ingin lagi mendengarkan penjelasan apapun yang berpotensi melunakkan hatinya, karena dia telah menetapkan keputusannya.)

  1. When Irene wins the marathon, her teammates run over to her and give her a tight team hug.

(Ketika Irene memenangkan lomba lari maraton, semua teman setimnya berlari ke arahnya dan memberinya pelukan tim yang erat.)

  1. When her best friend told Penelope about her trip from Arkansas to Pennsylvania, she could only imagine how exciting the trip was.

(Ketika sahabatnya bercerita kepada Penelope tentang perjalanannya dari Arkansas ke Pennsylvania, dia hanya bisa membayangkan betapa serunya perjalanan itu.)

  1. According to the rumors, the new version of this virus can infect humans more quickly.

(Menurut rumor yang beredar, versi baru dari virus ini dapat menginfeksi manusia dengan lebih cepat.)

  1. Do not carelessly inject any drugs into your body. Ask someone or a nurse who is an expert.

(Jangan sembarangan menyuntikkan obat apapun ke dalam tubuhmu. Mintalah bantuan kepada seseorang atau kepada perawat yang memang ahlinya.)

  1. It would be better for me to read my book in the corner of the classroom than to join other girls and to gossip about other people.

(Akan lebih baik bagiku membaca bukuku di sudut kelas ketimbang bergabung dengan para gadis lain dan menggosipkan orang lain.)

  1. Although his height is not as tall as most of his friends, Elvis is able to jump way higher than them.

(Walaupun tinggi badannya tidak setinggi teman-temannya yang lain, Elvis mampu melompat lebih tinggi daripada mereka semua.)

  1. Her aunt’s defense could not justify the crime Vivian and her husband had committed.

(Pembelaan bibinya tidak bisa membenarkan kejahatan yang Vivian dan suaminya telah lakukan.)

  1. Bagas finds a way to kick the current manager out of her position. However, to do that, he needs a loyal accomplice who would not tell his plans to anyone.

(Bagas menemukan cara untuk menendang manajer yang sekarang dari posisinya. Namun, untuk melakukan hal itu, ia memerlukan kaki tangan yang setia yang tidak akan membocorkan rencananya pada siapapun.)

  1. Who cares if I kill my cousin, Joanna? She will only become a hindrance to my glorious future!

(Siapa yang peduli jika aku membunuh sepupuku, Joanna? Dia hanya akan jadi penghalang bagi masa depanku yang gemilang!)

  1. I know that in the end, my parents will prioritize my sister more than me.

(Aku tahu bahwa pada akhirnya, orang tuaku akan lebih mengutamakan adikku ketimbang aku.)

  1. They may laugh as they like, but I will prove that I will be someone who is successful in the field I love.

(Mereka boleh tertawa sesuka hati mereka, tapi akan kubuktikan bahwa aku akan jadi seseorang yang sukses dalam bidang yang aku senangi.)

  1. Although this is scary, you can slowly learn to trust someone. No need to trust so many people, but trust one person who you are sure will keep all your secrets.

(Walaupun hal ini menakutkan, kau bisa perlahan belajar memercayai orang lain. Tidak perlu memercayai banyak orang, namun percayalah pada satu orang yang kau yakini akan menjaga semua rahasiamu.)

  1. Ever since the doctor stated that my father had severe back pain, he could no longer lift heavy weights.

(Sejak dokter menyatakan bahwa ayahku menderita sakit punggung yang parah, beliau tidak boleh lagi mengangkat beban yang berat.)

  1. Being a freelance worker makes it easier for Tiara to maintain a balance between work and her family.

(Menjadi seorang pekerja lepas membuat Tiara lebih mudah menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarganya.)

  1. To be able to make good clothes, the first and the most important thing to do is we have to measure our bodies.

(Agar dapat membuat pakaian yang bagus, hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah kita harus mengukur badan kita.)

  1. My mother and grandmother often motivate me not to give up when I encounter obstacles, but stop for a moment to think of the best way out of those obstacles.

(Ibu dan nenekku sering memotivasi diriku untuk tidak menyerah ketika aku menemui hambatan, namun berhenti sejenak untuk memikirkan jalan keluar terbaik dari semua hambatan tersebut.)

  1. Your work will increase if you neglect them and go to the places you usually go to instead.

(Pekerjaanmu akan bertambah banyak jika kau mengabaikannya dan malah pergi ke tempat-tempat yang biasa kau datangi.)

  1. We always notify the doctor who handles my father’s heart surgery about his progress or pain that my father feels every 2 days.

(Kami selalu memberitahu dokter yang menangani operasi jantung ayahku mengenai perkembangnnya atau sakit yang dirasakan ayahku setiap 2 hari sekali.)

Picture by Surface on Unsplash

Demikian 41 contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata kerja bentuk atau tipe pertama dalam Bahasa Inggris.