Ragam Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris untuk Presentasi

Suatu hari, teman-teman diminta memaparkan tugas atau pekerjaan di hadapan teman-teman sekelas atau kolega dan atasan di tempat kerja. Pemaparan tugas atau proposal di hadapan orang banyak dikenal dengan istilah presentasi.

Lalu, apa definisi dari presentasi itu sendiri?

Presentasi (presentation dalam Bahasa Inggris) adalah kegiatan atau aktivitas di mana kita menyampaikan tugas, informasi, pendapat, proposal, atau topik tertentu kepada orang lain dalam jumlah banyak. Orang yang membawakan presentasi disebut dengan pembicara atau presentator.

Adakah tujuan khusus dari dilaksanakannya sebuah presentasi? Tentu saja ada!

Tujuan dari dilakukannya sebuah presentasi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menyampaikan informasi tentang berbagai macam aspek, misalnya tentang ekonomi atau presentasi tentang materi tertentu di sekolah dan di kampus.
  • Meyakinkan hadirin (audience) tentang topik presentasi kita.
  • Untuk memberikan motivasi kepada para pendengar untuk melakukan sesuatu sesuai topik presentasi yang kita bawakan.
  • Mempromosikan suatu produk atau jasa, apabila kita mempresentasikan produk atau jasa dari tempat kita bekerja.
  • Presentasi juga bertujuan untuk memperkenalkan diri kita, baik ketika kita bekerja secara mandiri atau ketika kita mewakili tempat kerja kita.

Setelah kita mengetahui apa itu presentasi dan apa saja tujuan dari sebuah presentasi, waktunya bagi kita untuk membahas serta mempelajari contoh-contoh kalimat dalam Bahasa Inggris apa saja yang umum digunakan dalam sebuah presentasi.

Picture by fauxels on Pexels

A. Contoh Kalimat Perkenalan Perkenalan Diri dan Pembuka (Introductory and Opening Sentences Examples)

Di bagian A ini kita akan mempelajari terlebih dahulu kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris perkenalan sebelum memulai presentasi.

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh and good morning. Thank you for giving us the chance to present our topic today. We are from group 1 and I, Luki Brahman, will be my group’s presenter.

(Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan selamat pagi. Terima kasih telah memberi kami kesempatan untuk mempresentasikan topik kami hari ini. Kami dari kelompok 1 dan saya, Luki Brahman, akan menjadi pembicara kelompok saya.)

  1. Good morning and hello, ladies and gentlemen. My name is Jake Randall and I am the operational manager of ILH Expedition Company, a company engaged in the delivery of goods between states in America. On behalf of my company, I will be the presenter for today.

(Selamat pagi dan halo, para hadirin sekalian. Terima kasih telah menyempatkan hadir pada presentasi kami hari ini. Nama saya Jake Randall dan saya merupakan manajer operasional dari Perusahaan Ekspedisi ILH, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang antar negara bagian di Amerika ini. Mewakili perusahaan saya, saya akan menjadi pembicara untuk hari ini.)

  1. Good afternoon, classmates and Mrs. du Maurier. My name is Harold McCarthy and I will represent my group in presenting our group project this afternoon via Zoom video call.

(Selamat siang, teman-teman sekelas semua dan Bu du Maurier. Nama saya Harold McCarthy dan saya akan mewakili kelompok saya mempresentasikan proyek kelompok kami pada siang hari ini melalui panggilan video Zoom.)

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, good afternoon, and best wishes for all of us in this room. First of all, I thank you for coming to this afternoon’s presentation session. My name is Lafina Tajudin and I am the owner of Halo Sumbawa, a West Nusa Tenggara traditional cuisine restaurant.

(Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat siang, dan salam sejahtera bagi kita semua yang berada di dalam ruangan ini. Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih kepada Anda semua yang telah datang pada sesi presentasi siang ini. Nama saya Lafina Tajudin dan saya merupakan pemilik dari Halo Sumbawa, sebuah restoran masakan tradisional Nusa Tenggara Barat.)

B. Contoh Kalimat Tentang Perkenalan Topik Presentasi (Presentation Topic Introduction Sentences Examples)

Berikutnya, pada bagian B ini kita akan membahas contoh-contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk memperkenalkan topik dalam suatu presentasi.

  1. The presentation topic that our group will bring in today’s Biology discussion lesson is about “cells that work inside a human’s body” and why these cells are so important to the human body. We will also present the topic in the form of writing, pictures, and short videos.

(Topik presentasi yang akan kelompok kami bawakan dalam diskusi pelajaran Biologi hari ini adalah tentang “sel-sel yang bekerja dalam tubuh manusia” dan mengapa sel-sel ini begitu penting bagi tubuh manusia. Kami juga akan memaparkan topik ini dalam bentuk tulisan, gambar-gambar, serta video-video singkat.)

  1. On this occasion, I would like to present the good reasons as to why all of you can use and entrust the goods that you want to send to your family and friends through us, ILH Expedition Company.

(Pada kesempatan ini, saya ingin mempresentasikan alasan-alasan baik mengapa Anda semua dapat menggunakan dan memercayakan barang-barang yang ingin Anda kirimkan kepada keluarga dan teman-teman melalui kami, Perusahaan Ekspedisi ILH.)

  1. My classmates and also Mrs. du Maurier, I would like to take this opportunity to talk about my group’s project about reasons why we should be more supportive of local businesses in difficult times, like this current pandemic.

(Teman-teman sekelas dan juga Bu du Maurier, saya ingin mengambil kesempatan untuk membicarakan tentang proyek kelompok saya mengenai alasan-alasan mengapa kita harus lebih mendukung usaha-usaha lokal dalam masa-masa sulit, seperti pandemi sekarang ini.)

  1. I am extremely delighted to be here this afternoon to tell you about my restaurant, which has been established since 2019 and, I am grateful for this, has begun to be known as one of the restaurants serving traditional and typical foods from West Nusa Tenggara.

(Saya senang sekali bisa ada di sini siang hari ini untuk memaparkan kepada Anda semua tentang restoran saya, yang didirikan sejak tahun 2019 dan, saya mengucap syukur akan hal ini, telah mulai dikenal sebagai salah satu restoran yang menyajikan makanan-makanan tradisional dan khas dari Nusa Tenggara Barat.)

C. Contoh-Contoh Kalimat Pembahasan Topik Utama Presentasi (Examples of Sentences for Discussion of Presentation Main Topics)

Sekarang, kita akan berpindah ke bagian C artikel ini. Pada bagian C ini kita akan secara khusus melihat contoh-contoh kalimat dalam Bahasa Inggris tentang pembahasan dari sebuah topik pada presentasi.

  1. The presentation from our group will take approximately 20 minutes. Therefore, we will divide this presentation into 3 sessions: 2 explanatory sessions for 15 minutes about the cells that are actively working inside human’s body and 1 question and answer session for 5 minutes for other groups who want to ask questions. Very well, I firstly will explain to you about the names of cells inside our body while playing a video.

(Presentasi dari kelompok kami akan memakan waktu kurang lebih selama 20 menit. Oleh karena itu, kami akan membagi presentasi ini ke dalam 3 sesi: 2 sesi pertama untuk penjelasan tentang sel-sel yang aktif bekerja dalam tubuh manusia selama 15 menit dan 1 sesi tanya-jawab selama 5 menit bagi kelompok-kelompok lain yang ingin mengajukan pertanyaan. Baiklah, pertama saya akan menjelaskan kepada kalian tentang nama-nama sel yang ada dalam tubuh kita sambil memutar satu video)

  1. The first reason you can use and entrust your goods to our service is you do not have to spend so much money because the prices we offer are very affordable. The second reason is we offer several types of shipping depending on your needs, which will definitely save you more time in sending and receiving goods. Now, we move to the third reason, which is…

(Alasan pertama Anda bisa menggunakan dan memercayakan barang-barang Anda pada layanan kami adalah Anda tidak perlu menghabiskan uang banyak karena harga yang kami tawarkan sangat terjangkau. Alasan kedua adalah kami menawarkan beberapa tipe pengiriman sesuai kebutuhan Anda, yang pasti akan menghemat waktu Anda dalam mengirim dan menerima barang. Sekarang kita akan berpindah ke alasan ketiga, yaitu…)

  1. In the midst of pandemic that is still around us to this very day, many local businesses have had to close their businesses, ranging from the lack of customers to debts that cannot be repaid. Now, I will present things that we can do to support local entrepreneurs.

(Di tengah pandemi yang masih ada di sekitar kita sampai hari ini, banyak usaha-usaha lokal yang harus menutup usaha mereka, mulai dari kurangnya pelanggan hingga hutang-hutang yang tak dapat dilunasi. Sekarang, akan saya presentasikan hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mendukung para pengusaha lokal ini.)

  1. As I have said, the specialty of my restaurant is a variety of West Nusa Tenggara cuisines. The reason why I chose to sell foods from there is because I think West Nusa Tenggara cuisines deserve a special place in people’s hearts,because the foods are very delicious and able to spoil your tongues. Another thing that made me decide to open this restaurant is because…

(Seperti yang telah saya katakan, spesialisasi dari restoran saya adalah aneka masakan Nusa Tenggara Barat. Alasan mengapa saya memilih untuk menjual makanan-makanan dari sana adalah karena saya merasa masakan-masakan Nusa Tenggara Barat layak mendapatkan tempat istimewa di hati orang-orang karena makanan-makanannya sangat enak dan mampu memanjakan lidah Anda. Hal lain yang membuat saya memutuskan untuk membuka restoran ini adalah karena…)

D. Contoh-Contoh Kalimat untuk Menyilahkan Pendengar Memberi Pertanyaan (Sentences Examples to Get the Audience to Ask Questions)

Pada bagian D ini kita akan melihat beberapa contoh kalimat dalam presentasi Bahasa Inggris yang mempersilakan para hadirin untuk mengajukan pertanyaan.

  1. That was all of our presentation about cells that work inside the human’s body. Now, we enter the third session, which is the question and answer session for approximately 5 minutes. If there is a group that want to give us a question, the group representatives may raise their hand and ask their question.

(Demikian presentasi kami tentang sel-sel yang bekerja di dalam tubuh manusia. Sekarang, kita masuk ke sesi ketiga, yaitu sesi tanya-jawab selama kurang lebih 5 menit. Jika ada kelompok yang ingin memberikan kami pertanyaan, perwakilan kelompok bisa mengangkat tangan mereka dan menanyakan pertanyaan mereka.)

  1. This is the end of my presentation about why you need to use the services we at ILH Expedition Company offer. Now, I would like to invite the audience to give me questions regarding my presentation today or general matters regarding my company. For the first session, I only accept 3 different questions.

(Inilah akhir dari presentasi saya tentang mengapa Anda perlu menggunakan layanan yang kami di Perusahaan Ekspedisi ILH tawarkan. Sekarang, saya ingin mengundang para hadirin untuk memberikan saya pertanyaan terkait presentasi saya hari ini atau tentang hal-hal umum tentang perusahaan saya. Untuk sesi pertama, saya hanya menerima 3 pertanyaan berbeda.)

  1. That is all I have to say about my presentation about supporting local businesses and now, if someone has a question they want to ask, this is the right time. Please raise your hand and give me your question.

(Demikian yang dapat saya katakan tentang presentasi saya tentang mendukung usaha-usaha lokal dan sekarang, jika seseorang memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan, inilah waktunya. Silakan angkat tangan kalian dan berikan pertanyaan kalian.)

  1. Ladies and gentlemen, that is all from me presenting my restaurant and I would be glad to answer some of your questions you might have for me.

(Hadirin sekalian, demikian presentasi saya tentang restoran saya dan saya akan senang menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin Anda punya untuk saya.)

Yang terakhir yang harus kita ingat adalah menutup presentasi setelah sesi pembahasan dan sesi tanya-jawab selesai. Contoh kalimat yang dapat kita gunakan untuk menutup presentasi kita adalah:

Thank you all for your attention and also the questions given in my presentation. I wish you good morning/afternoon and back to our moderator/teacher/lecturer. (Terima kasih atas perhatian Anda dan juga pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam peresentasi saya. Semoga pagi/siang hari Anda menyenangkan dan kembali pada moderator/guru/dosen kita.)

Picture by ICSA on Pexels

Demikian contoh-contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa kita gunakan dalam presentasi.