Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Ragam Contoh Kalimat dengan Istilah Hukum dalam Bahasa Inggris

General, Writing,

Ketika mendengar kata “hukum”, yang terbayang dalam benak kita adalah aturan-aturan serta proses peradilan dengan hakim, pengacara, dan tersangka yang diadili dengan pasal dan dakwaan tertentu. Lalu, apakah pengertian dari hukum itu sendiri?

Hukum (law dalam Bahasa Inggris) adalah peraturan-peraturan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam suatu negara tertentu yang sifatnya mengikat. Hukum yang telah dikeluarkan harus dipatuhi oleh setiap warga negara, tidak peduli apapun pekerjaan mereka, termasuk para pejabat dan penguasa yang mengeluarkan hukum tersebut.

Pada umumnya, hukum dikeluarkan untuk beberapa tujuan, antara lain:

  • Menciptakan keamanan dan ketenteraman masyarakat.
  • Melindungi hak asasi yang dimiliki setiap individu.
  • Menjaga agar tidak adanya tindakan main hakim sendiri terhadap suatu tindak kriminal.
  • Menyelenggarakan dan menjaga agar keadilan terus ditegakkan tanpa mengenal kasta.
  • Di Indonesia, hukum ditegakkan demi memelihara sila ke-5 dari Pancasila.

Contoh Kalimat Bahasa Inggris yang Mengandung Istilah Hukum (Examples of English Sentences Containing Law Terms)

Picture by RODNAE Productions on Pexels

Setelah mengetahui apa pengertian dan tujuan hukum, teman-teman akan mempelajari beberapa contoh kalimat Bahasa Inggris yang memuat istilah-istilah hukum di dalamnya.

  1. During his 20-year career in law field, this is the first time Mr. Mars gets a complicated case like the one he is currently working on.

(Selama 20 tahun berkarir dalam ranah hukum, baru kali ini Tn. Mars mendapatkan kasus yang rumit seperti kasus yang sedang ditanganinya kini.)

  1. Natasha is indeed a young attorney who is at the beginning of her career, but in handling a case she can be very intense just like her seniors.

(Natasha memanglah seorang pengacara muda yang sedang berada di awal perjalanan karirnya, namun dalam menangani sebuah kasus dia bisa menjadi sangat intens seperti para seniornya.)

  1. It was in this marble-colored courthouse that Patricia who was a little girl at the time witnessed her father being sentenced to prison for a crime he did not commit.

(Di gedung pengadian berwarna pualam inilah Patricia yang waktu itu masih kecil menyaksikan ayahnya dijatuhi hukuman penjara untuk tindak kriminal yang tidak dia lakukan.)

  1. Jordan was the next person to enter the court room and he was already feeling stifled by the presence of many people sitting and looking at him, waiting for him to testify.

(Jordan adalah orang berikutnya yang memasuki ruang sidang dan dia sudah merasa sesak dengan kehadiran banyak orang yang duduk dan memandang ke arahnya, menantinya memberikan kesaksiannya.)

  1. After all solid evidence was presented, Ray could no longer evade accusations and he finally confessed to the crime he had committed.

(Setelah semua bukti kuat dihadirkan, Ray tidak bisa lagi mengelak dari tuduhan dan dia akhirnya mengakui kejahatan yang telah dilakukannya.)

  1. Mrs. Andrews is a well-known lawyer with cases that make people in my city excited, because sometimes the final verdict in cases she handles is very controversial.

(Ny. Andrews adalah seorang pengacara terkenal dengan kasus-kasus yang membuat orang-orang di kotaku heboh, karena terkadang putusan akhir yang dijatuhkan dalam kasus-kasus yang ditanganinya sangat kontroversial.)

  1. Dissatisfied with the judge’s decision, Herman and his lawyer decided to appeal in order to get a better decision.

(Tidak puas dengan keputusan hakim, Herman dan pengacaranya memutuskan untuk naik banding untuk mendapatkan keputusan yang lebih baik.)

  1. No one in the city where I live, including myself, can believe that a judge like Mr. Calvin can commit a heinous crime against his own family.

(Tidak ada satupun orang di kota tempatku tinggal, termasuk aku sendiri, yang bisa percaya bahwa seorang hakim seperti Tn. Calvin dapat melakukan tindak kejahatan yang keji terhadap keluarganya sendiri.)

  1. In the end, the final decision of this trial rests with the jury. Don can only hope that their decision can lighten his son’s prison sentence.

(Pada akhirnya, keputusan akhir dari persidangan ini ada di tangan para juri. Don hanya dapat berharap bahwa keputusan mereka dapat meringankan hukuman penjara putranya.)

  1. Because the case that is being faced by his client is a high case and requires more in-depth treatment, Mr. Marsh decides to ask for a guidance from Mr. Hernandez as a barrister.

(Karena kasus yang dihadapi kliennya termasuk kasus yang tinggi dan membutuhkan penanganan yang lebih mendalam, Tn. Marsh memutuskan untuk meminta pendampingan Tn. Hernandez sebagai seorang pengacara ahli.)

  1. As someone who works in China, my brother told me that the death penalty is the punishment most people fear, especially for people who are indicated to be corrupt.

(Sebagai seseorang yang bekerja di Cina, abangku memberitahuku bahwa hukuman mati adalah hukuman yang paling ditakuti orang-orang di sana, terutama bagi orang-orang yang terindikasi melakukan korupsi.)

  1. The lawyer considers that the charge against his client is very unreasonable and just nonsense.

(Pengacara itu menilai bahwa tuduhan yang dijatuhkan terhadap kliennya sangat tidak masuk akal dan hanya omong kosong belaka.)

  1. For the plagiarism that the new author has done to his book, Jean will sue her and take this case to the court.

(Atas tindakan plagiarisme yang telah dilakukan oleh penulis baru itu terhadap bukunya, Jean akan menuntutnya dan membawa kasus ini ke pengadilan.)

  1. Because Sharon is an important witness in this case, some people think that the accident that happened to the girl last week was a sly attempt to keep Sharon from testifying.

(Karena Sharon merupakan saksi penting dalam kasus ini, beberapa orang menganggap bahwa kecelakaan yang dialami gadis itu minggu lalu merupakan usaha licik agar Sharon tidak bisa memberikan kesaksiannya.)

  1. Even though he has been declared a suspect, Harold remains calm as if his life is not on the line due to his crime.

(Walaupun telah dinyatakan sebagai tersangka, Harold tetap bersikap kalem seolah-olah hidupnya sedang tidak berada di ujung tanduk akibat kejahatannya.)

 

Demikian beberapa contoh kalimat yang mengandung istilah-istilah yang berhubungan dengan dunia hukum dalam Bahasa Inggris.