Ragam Contoh Kalimat Penutup dalam Pidato Bahasa Inggris

Di dalam kehidupan sehari-hari, teman-teman pasti sudah sangat akrab apabila mendengar kata “pidato”. Kita sering mendengarkan pidato, baik secara langsung maupun melalui pesawat televisi dan video yang disiarkan di internet.

Bahkan, mungkin ada di antara teman-teman yang pernah memberikan pidato dalam suatu kegiatan? Lalu, kemudian apakah teman-teman telah mengetahui apa pidato itu sendiri?

Pidato (dalam Bahasa Inggris dikenal dengan kata speech) adalah kegiatan yang dilakukan ketika kita berbicara di depan umum, yang tujuannya adalah untuk menyampaikan pendapat, gambaran, dan pemikiran kita akan suatu hal.

Pidato kebanyakan dibawakan pada kesempatan atau acara yang sifatnya formal dan, terkadang, penting.

Sebelum pidato disampaikan, biasanya kita telah menyiapkan terlebih dahulu teks pidato yang akan kita bacakan sesuai dengan tema yang diangkat atau kegiatannya (contoh: pidato untuk Hari Ibu) sendiri.

Kemudian, sebuah pidato umumnya terdiri atas 3 bagian utama, yaitu:

  • Pembuka pidato, yang biasanya membuat salam, sapa, serta ucapan syukur dari pembicara atau pembawa pidato. Salam pembuka juga biasanya diisi dengan pengantar sebelum kita masuk ke isi pidato.
  • Isi pidato, yang memuat pendapat atau hal-hal yang hendak kita sampaikan sesuai dengan tema pidato.
  • Penutup pidato, yang memuat kesimpulan dari pidato yang telah kita sampaikan dan permintaan maaf apabila kita melakukan kesalahan dalam penyampaian pidato. Bagian penutup pidato juga memuat salam penutup untuk mengakhiri pidato.

Contoh Kalimat-Kalimat Penutup yang Digunakan dalam Pidato Berbahasa Inggris (Examples of Closing Sentences/Lines in English Speech)

Baiklah, teman-teman sekalian, sekarang kita akan membahas contoh-contoh kalimat penutup yang biasa digunakan dalam berbagai macam pidato yang menggunakan Bahasa Inggris. Di bawah ini telah disajikan beberapa contoh kalimat penutup pidato menggunakan Bahasa Inggris.

Picture by Matheus Bertelli on Pexels
  1. That is the speech that I can deliver today, I hope the audience can take something useful from my speech. I say many thanks to all of you in this room.

(Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada hari ini, saya harap hadirin sekalian dapat memetik sesuatu yang bermanfaat dari pidato saya. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada hadirin sekalian yang ada di dalam ruangan ini.)

  1. I am very grateful for the audience’s great attention to my speech. I apologize if in my speech there are delivery or words that feel inappropriate in the hearts of the audience. I wish you a good morning and hope we all have a glorious day today.

(Saya sangat berterima kasih atas perhatian para hadirin yang begitu besar terhadap pidato saya. Saya meminta maaf apabila dalam pidato saya ada penyampaian atau kata-kata yang terasa kurang pantas dalam hati para hadirin. Saya ucapkan selamat pagi dan semoga kita semua memiliki hari yang gemilang.)

  1. Finally, before I bid farewell, I hope that through my speech we can all reflect on what might happen if we do not accompany our children in their learning process. Therefore, us parents must more active in finding out all kinds of things about the world of children. Alright, I end my speech on this sunny afternoon.

(Akhir kata, sebelum saya mengucapkan salam perpisahan, saya harap melalui pidato saya kita semua dapat merenungkan apa saja yang mungkin dapat terjadi apabila kita tidak mendampingi anak-anak kita dalam proses belajar mereka. Maka dari itu, kita orang tua harus lebih aktif mencari tahu segala hal tentang dunia anak-anak. Baiklah, saya akhiri pidato saya di siang hari yang cerah ini.)

  1. That is my speech at today’s debate competition. Thank you to all the attendees who have taken their time to listen to my speech. To all the participants of today’s competition, I wish you good luck and compete with sportsmanship and integrity.

(Demikianlah pidato saya pada kompetisi debat hari ini. Terima kasih pada semua hadirin yang telah menyempatkan waktunya mendengarkan pidato saya. Kepada semua peserta kompetisi hari ini, saya ucapkan semoga beruntung dan berkompetisilah dengan sportif dan integritas.)

  1. All right, ladies and gentlemen and also all the students, the time has come for me to end this year’s National Education Day commemoration speech. I really hope the education in Indonesia will continue to experience significant development, so that education in Indonesia may stand on a par with other countries. Thank you, ladies and gentlemen, for your attention and good morning.

(Baiklah, bapak dan ibu juga para siswa sekalian, telah tiba waktunya bagi saya untuk mengakhiri pidato peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini. Saya benar-benar berharap bahwa pendidikan di Indonesia akan terus mengalami perkembangan yang signifikan, agar pendidikan di Indonesia boleh berdiri sejajar dengan negara-negara lain. Terima kasih, para hadirin, atas atensi Anda sekalian dan selamat pagi.)

  1. That is my speech this morning in commemoration of Hero’s Day. May we all always appreciate our heroes and apply their patriotism in each of us, in our daily life. Thank you very much and I invite the presenter to continue the agenda for today’s event.

(Demikian pidato saya pada pagi hari ini dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan. Semoga kita semua selalu menghargai para pahlawan kita dan menerapkan sikap patriotisme mereka ke dalam diri kita masing-masing, dalam kehidupan kita sehari-hari. Terima kasih banyak dan saya persilakan kepada pembawa acara untuk melanjutkan agenda pada acara hari ini.)

  1. Allow me to end my speech by quoting what my late mother always said: “women’s fight will be much opposed, even destroyed. However, I believe our fight for equality will result in great success”. Happy Kartini’s Day to Indonesian women, please know that you all are a very precious gem. I wish you a good morning and wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Izinkan saya mengakhiri pidato saya dengan mengutip apa yang mendiang ibu saya selalu katakan: “perjuangan para wanita akan banyak ditentang, bahkan dihancurkan. Tetapi, saya percaya bahwa perjuangan kita demi kesetaraan akan menghasilkan kesuksesan yang besar”. Selamat Hari Kartini untuk semua wanita Indonesia, ketahuilah bahwa kalian semua adalah permata yang sangat berharga. Saya ucapkan selamat pagi dan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.)

  1. Probably that is enough for the speech that I can deliver on this occasion. If there are any mistake, both from my speech or my movements in delivering the speech, I apologize profusely to all of you who have been present in this hall and I really, really thank all of you.

(Barangkali sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada kesalahan, baik dari pidato saya atau gerak-gerik saya dalam menyampaikan pidato, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Anda semua yang sudah sempat hadir di aula ini dan saya sangat, sangat berterima kasih kepada Anda semua.)

  1. Finally, along with this speech I congratulate the winners in the natural science competition, which has been going on for 1 week. These winners have competed with great responsibility and high sportsmanship, as I have stated in my speech, and therefore we must appreciate their efforts. Now, I will close this speech and we will move on to the next event, which is the awarding of trophies and certificates to the winners.

(Akhirnya, bersama dengan pidato ini saya ucapkan selamat kepada para pemenang dalam kompetisi ilmu pengetahuan alam yang telah berlangsung selama 1 minggu ini. Para pemenang ini telah berkompetisi dengan penuh tanggung jawab dan sportifitas yang tinggi, seperti yang telah saya sampaikan dalam pidato saya, dan karena itu kita harus menghargai usaha mereka. Sekarang, saya akan menutup pidato ini dan kita akan berpindah ke acara selanjutnya, yaitu pemberian piala dan piagam kepada para pemenang.)

  1. Finally, to all my friends who graduated from high school with me today, I wish you good luck in continuing your life and in reaching all your dreams. Our adventure is not over yet, because our adventure has just begun right when we step out of high school. May we all be successful and happy people according to our respective standards. Thank you very much for the opportunity that has been given to me as the graduate representative to deliver my speech.

(Akhirnya, kepada teman-teman sekalian yang lulus dari bangku SMA bersama dengan saya hari ini, saya ucapkan semoga beruntung dalam melanjutkan hidup kalian dan dalam menggapai semua impian kalian. Petualangan kita belumlah usai, karena justru petualangan kita baru saja dimulai tepat ketika kita melangkah keluar dari SMA. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang sukses dan bahagia menurut standar kita masing-masing. Terima kasih banyak atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya sebagai perwakilan lulusan untuk menyampaikan pidato saya.)

  1. In the end, it is our own responsibility to be wise internet users and not easily provoked by the news that appears and is shared on the internet. Hopefully we can all use the internet well and be able to filter information more wisely. That is all from me on this happy day.

(Pada akhirnya, sudah menjadi tanggung jawab kita sendiri untuk menjadi pengguna internet yang bijak dan tidak mudah terpancing dengan berita-berita yang bermunculan atau dibagikan di internet. Semoga kita semua bisa menggunakan internet dengan baik dan mampu menyaring informasi dengan lebih bijak. Sekian dari saya di hari yang berbahagia ini.)

  1. That is all about the dangers of drugs to all of us, from the point of view of a former drug user and dealer. I sincerely hope that through my speech and personal experience that I have conveyed on this occasion, we can all understand and will to learn more about the dangers of drugs it used unwisely. Thank you very much for your kindest attention and presence.

(Demikian bahaya narkoba bagi kita semua, dari sudut pandang seorang mantan pengguna dan pengedar narkoba. Saya benar-benar berharap bahwa melalui pidato dan pengalaman pribadi saya yang telah saya sampaikan dalam kesempatan ini, kita semua bisa memahami dan mau belajar lebih banyak tentang bahaya narkoba apabila digunakan dengan tidak bijaksana. Saya haturkan terima kasih banyak atas perhatian dan kehadiran yang sangat baik sekali dari Anda sekalian.)

  1. The time has come for me to close my speech in commemoration of Indonesia’s Independence Day this year, which is of course a little different due to the pandemic situation that has changed everything in our lives. My hope is that we will always develop a deep sense of love and respect for the fight and for all the heroes and people who contributed to the independence of Indonesia, and continue their fight by building Indonesia so that Indonesia can become a better and more advanced country. Finally, I say FREEDOM and good morning to all of us all over Indonesia!

(Tibalah saatnya bagi saya untuk menutup pidato dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini, yang tentu saja sedikit berbeda dikarenakan situasi pandemi yang membuat segalanya dalam hidup kita berubah. Harapan saya adalah bahwa kita akan selalu menumbuhkan rasa cinta dan hormat atas perjuangan dan kepada semua pahlawan dan orang-orang yang turut andil dalam memerdekakan Indonesia, dan melanjutkan perjuangan mereka dengan membangun Indonesia agar Indonesia dapat menjadi negara yang semakin baik dan maju. Akhirnya, saya ucapkan MERDEKA dan selamat pagi kepada kita semua di seluruh penjuru Indonesia!)

Picture by Pavel Danilyuk on Pexels

Itulah, teman-teman, 13 contoh kalimat-kalimat penutup dalam pidato berbahasa Inggris. Semoga contoh-contoh kalimat penutup di atas dapat menjadi referensi apabila teman-teman hendak membuat suatu pidato dan membutuhkan kalimat penutup yang pas untuk pidato teman-teman!