Ragam Contoh Percakapan di Rumah Sakit dalam Bahasa Inggris

Percakapan dapat terjadi di mana saja dan kepada siapa saja, termasuk di tempat-tempat publik. Salah satu tempat publik yang memungkinkan sebuah percakapan terjadi adalah rumah sakit.

Rumah sakit sendiri merupakan lembaga pelayanan yang menyelenggarakan atau memberikan pelayanan kesehatan. Sebuah bangunan rumah sakit memiliki ruangan-ruangan dan kamar-kamar yang digunakan untuk merawat pasien-pasien.

Di rumah sakit juga tentunya ada dokter, perawat, petugas kebersihan, petugas administrasi seperti resepsionis, serta pasien, keluarga, dan orang-orang yang hendak membesuk, dan pihak-pihak lainnya di sekitar bangunan rumah sakit.

Lalu, percakapan seperti apa, sih, yang mungkin terjadi di rumah sakit? Terlebih lagi, percakapan seperti apa yang mungkin terjadi di rumah sakit apabila kita menggunakan bahasa Inggris?

Gambar oleh RODNAE Productions di Pexels

Untuk menjawab dua pertanyaan di atas, di bawah ini telah dihadirkan beberapa contoh percakapan dalam bahasa Inggris yang mengambil tempat di rumah sakit.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Rumah Sakit 1

Doctor: Good afternoon, Miss. I’m Dr. Lynch and please have a seat.

Patient: Hello, Dr. Lynch. My names is Gladys Kerr and I have a problem with my throat.

Doctor: Since when did this problem with your throat appear and what exactly do you feel?

Patient: my throat has been in this condition since 3 days ago and what I feel is difficulty swallowing, dry cough, itching in the throat, and a headache sometimes, Doc.

Doctor: All right, based on the symptoms you mentioned, you have inflammation in your throat. However, you don’t need to worry as this inflammation is still relatively mild. I will prescribe some types of medicine for you to drink. Please drink all the medicine and if after you finish the medicine, but the symptoms still appear, you can come back to see me.

Patient: Thank you so much, Dr. Lynch. I hope I will feel better after consuming the medicine from you.

Doctor: Yes, and I also hope you will feel better soon. Don’t forget to take a rest, Miss Kerr.

(Dokter: Selamat siang, Nona. Saya Dr. Lynch dan silahkan duduk.

Pasien: Halo, Dr. Lynch. Nama saya Gladys Kerr dan saya memiliki masalah dengan tenggorokan saya.

Dokter: Sejak kapan masalah pada tenggorokan Anda ini muncul dan apa yang tepatnya Anda rasakan?

Pasien: Tenggorokan saya sudah seperti ini sejak 3 hari yang lalu dan yang saya rasakan adalah kesulitan menelan, batuk kering, rasa gatal di tenggorokan, dan kadang-kadang sakit kepala, Dok.

Dokter: Baik, berdasarkan gejala-gejala yang Anda sebutkan, Anda memiliki radang pada tenggorokan Anda. Tetapi, Anda tidak perlu cemas karena radang tersebut masih tergolong ringan. Saya akan meresepkan beberapa jenis obat untuk Anda minum. Habiskan semua obatnya dan apabila setelah Anda menghabiskan obat, namun gejala-gejala tersebut masih muncul, Anda bisa menemui saya lagi.

Patient: Terima kasih banyak, Dr. Lynch. Saya harap saya segera baikan setelah mengonsumsi obat-obatan dari Anda.

Dokter: Ya, dan saya juga berharap agar Anda segera sembuh. Jangan lupa untuk beristirahat, Nona Kerr.)

Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Rumah Sakit 2

Nurse: Good morning, Mr. Abdi. How are you feeling today, Sir?

Patient: Good morning, Nurse Vina. I still feel quite weak today.

Nurse: Alright, after this I will check your condition. Now, I will replace your IV needle first. Please hold on for a while, Sir.

(Perawat: Selamat pagi, Pak Abdi. Bagaimana perasaan Anda hari ini, Pak?

Pasien: Selamat pagi, perawat Vina. Saya masih merasa lumayan lemas hari ini.

Perawat: Baik, setelah ini saya akan memeriksa kondisi Anda. Sekarang saya akan terlebih dahulu mengganti jarum infus Anda. Tolong tahan sebentar, ya Pak.)

Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Rumah Sakit 3

Hospital receptionist: Hello and good afternoon, Ma’am. Is there something I can help you about?

Client: Hello, my name is Irina Tan and I need to make an appointment for my sick daughter.

Hospital receptionist: Very well, Ma’am. First, I need your daughter’s personal data and what kind of illness or symptoms that she has.

Client: My daughter’s name is Isabella Tan, 11 years old. Her stomach has been hurting since last night and within a few hours, her stomach pain is getting worse. We need to see a doctor as soon as possible.

Hospital receptionist: Ma’am, it just so happens that Dr. Chen is currently out of patients and you can see him in 15 minutes. Does your daughter come with you?

Client: Yes, she does come with me and I will go fetch her in the car right now. Where can we wait for Dr. Chen?

Hospital receptionist: Please meet me again here after you fetch your daughter from the car, Ma’am. While you wait, you have to fill in the administration sheets.

Client: Understood, Miss. Please wait for me while I go fetch my daughter.

(Resepsionis rumah sakit: Halo dan selamat siang, Nyonya. Apakah ada sesuatu yang bisa saya bantu?

Klien: Halo, nama saya Irina Tan dan saya ingin membuat janji periksa untuk putri saya yang sedang sakit.

Resepsionis rumah sakit: Baiklah, kalau begitu, Nyonya. Pertama-tama saya memerlukan data pribadi putri Anda dan penyakit atau gejala apa yang dia miliki.

Klien: Nama putri saya adalah Isabella Tan, umur 11 tahun. Perutnya sudah sakit sejak semalam dan dalam beberapa jam, sakit perutnya semakin bertambah parah. Kami perlu bertemu dengan dokter secepatnya.

Resepsionis rumah sakit: Nyonya, kebetulan saat ini Dr. Chen sedang tidak menangani pasien dan Anda bisa menemui beliau dalam 15 menit lagi. Apakah putri Anda ikut bersama Anda?

Klien: Ya, dia ikut bersama saya dan saya akan menjemputnya di mobil sekarang. Di mana kami bisa menunggui Dr. Chen?

Resepsionis rumah sakit: Silahkan temui saya lagi di sini setelah Anda menjemput anak Anda dari dalam mobil, Nyonya. Sementara Anda menunggu, Anda harus mengisi lembaran administrasi.

Klien: Dimengerti, Nona. Tolong tunggu saya selagi saya menjemput putri saya.)

Demikian, teman-teman, 3 contoh percakapan dalam bahasa Inggris yang terjadi di rumah sakit.