Ragam Contoh Teks Cerita Liburan dalam Bahasa Inggris

Berlibur adalah sebuah aktivitas meluangkan waktu dimana kita bebas dari pekerjaan atau urusan sekolah kita. Liburan dapat dilakukan di mana saja, dan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang-orang adalah mengunjungi tempat-tempat atau negara-negara tertentu untuk bertamasya.

Banyak yang bisa terjadi ketika kita berlibur, beberapa di antaranya mungkin tidak akan pernah bisa kita lupakan. Agar dapat selalu mengingat liburan dan saat-saat yang tidak terlupakan itu, orang-orang biasanya menuangkan pengalaman liburannya ke dalam tulisan.

Tulisan tentang liburan dalam Bahasa Inggris termasuk ke dalam jenis recount text, yaitu teks yang menceritakan tentang suatu pengalaman, laporan, atau kejadian.

Karena termasuk ke dalam recount text, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika kita akan membuat teks yang menceritakan pengalaman liburan kita, antara lain:

  • Kita harus menggunakan kalimat lampau atau past tense, karena cerita liburan adalah pengalaman yang telah terjadi di waktu lampau dan telah kita alami.
  • Menggunakan kata kerja aksi dalam bentuk lampau (past action verbs). Contoh kata kerja aksi bentuk lampau antara lain: took (mengambil), played (bermain), spent (menghabiskan), dan bought (membeli).
  • Menggunakan kata keterangan (adverbs) seperti keterangan tempat dan waktu.
  • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi (conjunctions) untuk menghubungkan kata-kata dan kalimat-kalimat dalam tulisan liburan.
  • Tulisan liburan sebaiknya memiliki urutan sebagai berikut: bagian perkenalan (introduction atau orientation) di paragraf pertama, rentetan kejadian (events) di paragraf kedua, ketiga, dan/atau keempat, serta bagian penutup (re-orientation atau closing) di paragraf terakhir.
  • Dibagi ke dalam beberapa paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat. Hal ini dilakukan agar tulisan kita terlihat rapi dan untuk menghindari para pembaca tidak memahami tulisan kita apabila kita menulis hanya dalam satu paragraf panjang.
Picture by Stijn Dijkstra on Pexels

Contoh Tulisan-Tulisan Tentang Liburan Menggunakan Bahasa Inggris (Holiday Texts Examples Using English)

Baiklah, teman-teman, sekarang kita akan mempelajari contoh teks liburan dalam Bahasa Inggris melalui beberapa teks di bawah ini.

Contoh Teks Liburan 1

2 years ago I was given the opportunity to go on a vacation in the Netherlands. This opportunity was given by my older sister who has settled permanently and has her own little family there. I spent my holiday there for 1 month.

After a few days touring the capital city of Amsterdam, my sister and her husband took me to visit one of the world heritage sites in the Netherlands. It was called Kinderdijk Village, which was located in Molenlanden, South Holland Province.

At first I thought there would be nothing interesting in this village, but I was wrong. The title “world heritage site” that is attached to this village was very fitting. Because I finally saw what I had always dreamed of: seeing Dutch windmills in person in its home country.

What surprised me even more was sister’s husband’s explanation that all the windmills here had been operating since the 18th century. I swore they really know how to take care of ancestral relics for the next generations to see!

I was very happy to be able to go on a vacation in the Netherlands and especially to Kinderdijk Village. I gained new knowledge as well as time to relax before my university student days began.

(2 tahun yang lalu aku diberikan kesempatan untuk pergi berlibur ke Belanda. Kesempatan ini diberikan oleh kakak perempuanku yang telah menetap secara permanen dan memiliki keluarga kecilnya sendiri di sana.

Setelah beberapa hari mengelilingi ibu kota Amsterdam, kakakku dan suaminya membawaku mengunjungi salah satu tempat yang menjadi situs warisan dunia di Belanda. Namanya adalah Desa Kinderdijk, yang lokasinya berada di Molenlanden, Provinsi Belanda Selatan.

Awalnya aku mengira tidak ada apapun yang menarik di desa ini, tapi aku salah. Julukan “situs warisan dunia” yang disematkan pada desa ini sangat sesuai. Karena akhirnya aku melihat apa yang menjadi impianku selama ini: melihat kincir angin Belanda secara langsung di negara asalnya.

Yang membuatku semakin terkejut adalah penjelasan suami kakakku yang mengatakan bahwa semua kincir angin di sini telah beroperasi sejak abad ke-18. Aku bersumpah mereka benar-benar tahu bagaimana merawat peninggalan leluhur agar bisa dilihat oleh generasi-generasi selanjutnya!

Aku sangat senang bisa pergi berlibur ke Belanda dan khususnya ke Desa Kinderdijk. Aku mendapat pengetahuan baru serta waktu untuk bersantai sebelum hari-hariku sebagai mahasiswa dimulai.)

Contoh Teks Liburan 2

At the end of 2019, when the school holidays started, I spent it visiting my father’s family in Maluku. I remember they greeted me warmly and praised me for growing into such a beautiful girl.

Well, what I will tell here was my experience when they took me to visit Ora Beach. The 4 hour journey from the capital city of Ambon to Seram Island, where the Ora Beach is located, was indeed tiring. But, everything paid off when I saw the beach with its very beautiful white sand.

While I was admiring the beauty of Ora Beach, one of my aunts told me that this beach is directly facing the Pacific Ocean, which of course made my eyes widen in awe. It was not everyday that you found a beach that facing an ocean!

It was a pleasant experience to be able to gather with my father’s big family and enjoy one of the iconic tourist destinations of Maluku.

(Di akhir tahun 2019, ketika liburan sekolah dimulai, aku menghabiskannya dengan mengunjungi keluarga ayahku di Maluku. Aku ingat mereka menyambutku dengan hangat dan memujiku yang telah tumbuh menjadi gadis yang cantik.

Nah, yang akan kuceritakan di sini adalah pengalamanku ketika mereka membawaku mengunjungi Pantai Ora. Perjalanan selama 4 jam dari ibu kota Ambon ke Pulau Seram, di mana Pantai Ora berada, memang melelahkan. Tapi, semuanya terbayarkan ketika aku melihat pantai dengan pasir putihnya yang sangat indah.

Saat aku sedang mengagumi keindahan Pantai Ora, salah satu bibiku berkata padaku bahwa pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, yang tentu saja membuat kedua mataku terbelalak kagum. Tidak setiap hari kau bisa menemukan pantai yang berhadapan dengan samudera!

Suatu pengalaman yang menyenangkan bisa berkumpul bersama keluarga besar ayahku dan menikmati salah satu destinasi wisata yang ikonik di Maluku.)

Contoh Teks Liburan 3

Every year when the school holidays started, my school always held a tour. One of the tours that I took that is so etched in my memory was a trip to Mount Bromo in the Province of East Java.

In the Mount Bromo area, there were several kinds of activities that the visitors could do. The first activity I chose was to watch the sunrise at one of the famous sunrise viewing locations, Pananjakan. Although people say that the place was no longer fun to see the sunrise, I did not want to hear it. Because when I saw the sunrise for myself with such a magnificent view, it felt very different from what other people had said.

The second activity I did was to see firsthand the life of the Tengger Tribe, which is an indigenous tribe who inhabits the Mount Bromo area. They were a tribe who work as farmers. As someone who was born and grew up in an urban area, seeing their simple and peaceful life really amazed me.

Actually, I still have a lot to do on my 2-week school vacation trip to Mount Bromo, but I could not tell you in this writing. The thing was I really enjoyed this trip and I hope to go here again someday.

(Setiap tahun ketika liburan sekolah dimulai, sekolahku selalu mengadakan perjalanan wisata. Salah satu perjalanan wisata yang kuikuti yang begitu terpatri dalam ingatanku adalah perjalanan ke Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur.

Di kawasan Gunung Bromo, ada beberapa macam aktivitas yang boleh dilakukan para pengunjung. Aktivitas pertama yang kupilih adalah melihat matahari terbit di salah satu lokasi melihat matahari terbit yang terkenal, Pananjakan. Walaupun kata orang-orang tempat itu tidak lagi mengasyikkan untuk melihat matahari terbit, aku tidak mau mendengarkannya. Karena saat aku melihat sendiri matahari terbit dengan pemandangannya yang megah itu, rasanya sangat berbeda dari apa yang telah dikatakan orang lain.

Aktivitas kedua yang kulakukan adalah melihat secara langsung kehidupan Suku Tengger, yang merupakan suku asli yang menghuni kawasan Gunung Bromo. Mereka adalah suku yang bekerja sebagai petani. Sebagai seseorang yang lahir dan tumbuh di area perkotaan, melihat kehidupan mereka yang sederhana dan damai sangat membuatku kagum.

Sebenarnya masih banyak yang kulakukan dalam perjalanan liburan sekolahku ke Gunung Bromo selama 2 minggu, tetapi aku tak bisa menceritakan semuanya dalam tulisan ini. Intinya adalah aku sangat menikmati perjalanan itu dan aku berharap bisa pergi ke sana lagi suatu hari nanti.)

Contoh Teks Liburan 4

On year-end holiday one year ago, my uncle and his family who live in Indonesia came to visit me and my family in the Philippines. After letting them rest for 2 days, one day my cousin said that he wanted to visit some culinary tourism destinations in the Philippines. I promised him I would take him and his parents to one of the famous culinary tourism spots in the Philippines.

The next day, after telling dad about my cousin’s request, my parents took us all to Pampanga, which was about 2 hours from the capital city of Manila. Pampanga has this nickname “the culinary capital of the Philippines”, which I thought fits my cousin’s request very well.

The first authentic Pampanga dish that my cousin and his parents tried was sisig, which is made of pork face and belly and cooked with typical Pampanga spices. Then, they tried morcon, which was a meat roll filled with sausage, carrots, cheese, egg, and pickles.

For dessert, I recommended that they try halo-halo. Halo-halo was a famous drink throughout the Philippines. This drink was served in a large bowl filled with fruits (such as bananas, coconut, lychee, and jackfruit), sweetened nuts, and evaporated milk, which was then topped with shaved ice and ice cream.

I was extremely happy to be able to enjoy my vacation with my extended family from Indonesia. My cousin even praised and thanked me and my family because our visit to Pampanga was so memorable for him. I also felt that the holiday was very memorable and I will look forward for my cousin to come again to the Philippines.

(Pada liburan akhir tahun satu tahun yang lalu, pamanku dan keluarganya yang tinggal di Indonesia datang mengunjungiku dan keluargaku di Filipina. Setelah membiarkan mereka beristirahat selama 2 hari, suatu hari sepupuku berkata bahwa dia ingin mengunjungi destinasi wisata kuliner di Filipina. Akupun berjanji padanya akan membawanya dan keluarganya ke salah satu titik wisata kuliner yang terkenal di Filipina.

Keesokan harinya, setelah memberitahu ayah tentang permintaan sepupuku, orang tuaku membawa kami semua menuju Pampanga, yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 2 jam dari ibu kota Manila. Pampanga memiliki julukan “ibu kota kuliner Filipina” yang kurasa sangat cocok dengan permintaan sepupuku.

Hidangan asli Pampanga pertama yang dicoba oleh sepupuku dan orang tuanya adalah sisig, yang terbuat dari bagian wajah dan perut babi dan dimasak dengan bumbu-bumbu khas Pampanga. Kemudian, mereka mencoba morcon, yaitu daging gulung dengan isian berupa sosis, wortel, keju, telur, dan acar.

Untuk hidangan penutup, aku merekomendasikan agar mereka mencoba halo-halo. Halo-halo adalah minuman yang terkenal di seluruh Filipina. Minuman ini dihidangkan dalam sebuah mangkok besar dengan isian berupa buah-buahan (seperti pisang, kelapa, leci, dan nangka), kacang manis, dan susu evaporasi, yang kemudian dilapisi dengan es serut dan es krim di atasnya.

Aku sangat senang bisa menikmati liburanku bersama keluargaku dari Indonesia. Sepupuku bahkan memuji dan berterima kasih kepadaku dan keluargaku karena kunjungan kami ke Pampanga sangat berkesan baginya. Aku juga merasa liburan itu sangat berkesan dan aku akan menantikan kedatangan sepupuku lagi ke Filipina.)

Picture by Javier Cruz on Pexels

Itulah 4 contoh teks liburan menggunakan Bahasa Inggris.