Ragam Contoh Teks Deskriptif Menggunakan Bahasa Inggris

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, ada kalanya teman-teman diminta untuk menulis atau membuat suatu tulisan berdasarkan jenis atau tulisan tertentu. Ada banyak jenis tulisan dalam Bahasa Inggris, dan salah satunya adalah teks deskriptif.

Teks deskriptif (descriptive text) adalah teks atau paragraf dimana kita menggambarkan suatu obyek kepada para pembaca. Obyek dalam tulisan deskriptif kita bisa berupa seseorang, benda, tempat wisata, atau hal-hal lainnya yang pernah kita jumpai atau ada di sekitar kita.

Biasanya, struktur umum (generic structure) dari teks deskriptif terbagi atas 2 bagian, yaitu:

  • Identifikasi obyek (object identification)

Bagian ini biasanya berada di bagian awal atau pembukaan teks deskriptif. Tujuannya adalah untuk memberi tahu pembaca tentang obyek yang akan kita deskripsikan dalam teks.

  • Deskripsi obyek (object description)

Bagian ini berada di tengah dan akhir atau penutupan dari teks deskriptif. Bagian ini berisikan gambaran rinci dan jelas dari obyek yang menjadi tema tulisan kita, seperti nama benda, bentuknya, warnanya, dan lain-lain.

Contoh-Contoh Teks Deskriptif dalam Bahasa Inggris (Examples of Descriptive Texts in English)

Nah, teman-teman, setelah mengetahui apa makna dari teks deskriptif dan bagian-bagiannya, sekarang kita akan mempelajari beberapa contoh teks deskriptif dalam Bahasa Inggris yang telah disiapkan di bawah ini.

Contoh Teks Deskriptif 1:

This is a description of a pet that I love and cherish very much.

My pet is a 10 month old male golden retriever dog named Brent. His body is a little short, but that is what makes him look cute. Both of his eyes and muzzle are black.

Brent’s fur is golden and short, because he is a puppy still. When he stands under the sunlight, the fur will look lighter and I love seeing it. Later, his fur will look more beautiful and long as he grows.

Brent is a lively puppy and his favorite game is hide and seek. What is unique about him is that he loves to play with other animals. One of which is my elderly family cat, Cheshire.

If you are asking if I am going to keep loving him until he grows old, the answer is definitely ‘yes’.

(Ini adalah deskripsi tentang hewan peliharaan yang sangat kucintai dan kusayangi.

Hewan peliharaanku adalah seekor anjing golden retriever jantan berumur 10 bulan bernama Brent. Tubuhnya sedikit pendek, tapi itulah yang membuatnya terlihat imut. Kedua mata dan moncongnya berwarna hitam.

Bulu-bulu Brent berwarna keemasan dan pendek, itu karena dia masih seekor anak anjing. Ketika dia berdiri di bawah sinar matahari, bulu-bulunya akan terlihat lebih terang dan aku suka melihatnya. Kelak, bulu-bulunya akan terlihat lebih indah dan panjang selagi dia bertumbuh.

Brent adalah anak anjing yang lincah dan permainan yang disukainya adalah petak umpet. Yang unik tentangnya adalah dia senang bermain dengan hewan-hewan lain. Salah satunya adalah kucing tua milik keluargaku, Cheshire.

Kalau kamu bertanya apakah aku akan tetap menyayanginya ketika dia menua, jawabannya tentu saja adalah ‘ya’.)

Contoh Teks Deskriptif 2:

Among all the personal things that I own, there is one particular thing that I find most valuable: a doll I bought with my savings during my elementary school days.

The doll takes the form of a bear, with thick and brown-colored fur. When that doll and I stand together, its height reaches my calves. What I like about the doll is its big belly, because I can hug it as much as I want.

The doll was the first thing I bought by myself after years of saving and I will never throw it away.

(Di antara semua benda-benda pribadi yang kumiliki, ada satu benda tertentu yang menurutku sangat berharga: sebuah boneka yang kubeli dengan uang tabunganku saat aku masih SD.

Boneka itu mengambil bentuk seekor beruang, dengan bulu-bulu yang tebal dan berwarna cokelat. Ketika boneka itu dan aku berdiri bersama, tinggi boneka itu menyamai betisku. Yang kusukai dari boneka itu adalah bagian perutnya yang buncit, karena aku bisa memeluknya sebanyak yang aku suka.

Boneka itu adalah benda pertama yang kubeli sendiri setelah bertahun-tahun menabung dan tidak akan pernah kubuang.)

Contoh Teks Deskriptif 3:

My favorite fruit in this whole world is watermelon.

An unsliced watermelon is round and fairly large, about the size of a basketball. Watermelon has stripes with light and dark green around its outer skin.

When sliced, the watermelon will be shaped like a crescent moon. The flesh itself is red with black, or sometimes white, seeds. Watermelon tastes juicy and sweet when eaten.

(Buah kesukaanku di seluruh dunia ini adalah semangka.

Sebuah semangka yang belum dibelah bentuknya bulat dan cukup besar, kurang lebih seukuran sebuah bola basket. Semangka memiliki garis-garis dengan warna hijau muda dan tua di sekeliling kulit luarnya.

Ketika sudah dibelah, semangka akan berbentuk seperti bulan sabit. Daging buahnya sendiri berwarna merah dengan biji-bijian yang berwarna hitam, atau terkadang putih. Semangka rasanya berair dan manis ketika dimakan.)

Picture by ThisIsEngineering on Pexels

Contoh Teks Deskriptif 4:

Through this paragraph, I want to describe my little sister. My little sister is named Maya, and she is 4 year old.

Maya has beautiful curly black hair and her eyes are dark brown, just like our father’s. Because she is still small, Maya’s body is a little chubby but that is what makes her so adorable. Like me, my little sister has a slightly tanned skin.

When she smiles, I can see the dimple on her right cheek clearly. She also has a funny laugh, which is why I love making her laugh when we are playing together.

Maya is the sweetest sister I have and I love her so much.

(Melalui paragraf ini, aku ingin mendeskripsikan adik perempuanku. Adik perempuanku bernama Maya, dan dia berusia 4 tahun.

Maya memiliki rambut keriting berwarna hitam yang cantik dan matanya berwarna cokelat gelap, seperti warna mata ayah kami. Karena dia masih kecil, tubuh Maya sedikit gemuk, namun itulah yang membuatnya terlihat menggemaskan. Sepertiku, adikku memiliki warna kulit yang sedikit kecokelatan.

Ketika dia tersenyum, aku bisa melihat lesung pipi di pipi kanannya dengan jelas. Dia juga memiliki tawa yang lucu, yang menjadi alasan mengapa aku senang membuatnya tertawa ketika kami sedang bermain bersama.

Maya adalah adik termanis yang kumiliki dan aku sangat sayang padanya.)

Contoh Teks Deskriptif 5:

My grandparents’ house in Wonosobo is one of the most comfortable houses to live in.

Their house adopts the structure of the Joglo house, the traditional house from the Province of Central Java which has 4 main pillars in the front porch. The shape of the roof is quite unique: the top of the roof is tapered, while the bottom is more sloping and wide.

Their house is built of strong wood and it gives a cool impression. Their yard is very wide and that is why they can build a house that is quite big and spacious.

(Rumah kakek dan nenekku di Wonosobo adalah salah satu dari rumah ternyaman untuk ditinggali.

Rumah mereka mengadopsi struktur dari Rumah Joglo, rumah tradisional Provinsi Jawa Tengah yang memiliki 4 tiang utama di teras depannya. Bentuk atapnya cukup unik: bagian atas atapnya meruncing, sementara di bagian bawah lebih melandai dan lebar.

Rumah mereka dibangun dari kayu yang kuat dan memberikan kesan sejuk. Halaman mereka sangat besar dan itulah mengapa mereka bisa membangun rumah yang cukup besar dan luas.)

Contoh Teks Deskriptif 6:

One of the animals that I like and is very helpful in the agricultural sector is a buffalo.

A buffalo is a four-legged herbivorous animal that has a large and short body, just like cows. Sometimes, the outer skin’s color is white or albino, mottled, light gray, dark grey, to black. Buffalo’s horns are long and tend to curve backwards or upwards.

Besides being used to work with humans in the fields, milk from buffalo is also widely used by humans. In some cultures, such as in Toraja culture, buffalo is considered a sacred animal. Buffalo is associated with prosperity and as a ride for the spirits of the dead to the afterlife.

(Salah satu hewan yang aku sukai dan sangat berguna dalam sektor pertanian adalah kerbau.

Seekor kerbau adalah hewan herbivora berkaki empat yang memiliki tubuh yang besar dan pendek, sama seperti sapi. Terkadang, kulit luarnya berwarna putih atau albino, berwarna belang-belang, abu-abu muda, abu-abu tua, hingga hitam. Tanduk kerbau panjang dan cenderung melengkung ke belakang atau ke atas.

Selain digunakan untuk bekerja bersama manusia di sawah, susu kerbau juga banyak digunakan oleh manusia. Dalam beberapa kebudayaan, seperti kebudayaan Suku Toraja, kerbau dianggap sebagai hewan keramat. Kerbau diasosiasikan dengan kesejahteraan dan sebagai tunggangan bagi arwah orang-orang yang sudah meninggal menuju akhirat.)

Contoh Teks Deskriptif 7:

Komodo Island, perhaps, is the most amazing island I have ever been to in the 20 years I have lived.

Komodo Island is located in the Province of East Nusa Tenggara and is also a part of Komodo Island National Park. Komodo Island is the home to approximately 1.300 Komodo dragons, various types of coral reefs, and an amazing variety of marine animals (dolphins, whales, green turtles, sharks, and stingrays).

If we are lucky, we can see Komodo dragons doing their activities with our own eyes. However, we must remain careful and stay close to the tour guide, because the Komodo dragon is still a wild animal and can be vicious.

Because this island is so extraordinary, Komodo Island is included in the list of 7 wonders of the world and also a world heritage site by UNESCO, which makes a lot of Indonesians, including me, very proud.

(Pulau Komodo, barangkali, adalah pulau paling menakjubkan yang pernah kudatangi selama 20 tahun aku hidup.

Pulau Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan juga merupakan bagian dari Taman Nasional Pulau Komodo. Pulau Komodo adalah rumah bagi kurang lebih 1.300 ekor komodo, berbagai jenis terumbu karang, dan berbagai jenis hewan-hewan laut yang menakjubkan (lumba-lumba, paus, kura-kura hijau, ikan hiu, dan ikan pari).

Jika kita beruntung, kita bisa bisa melihat komodo melakukan aktivitas mereka dengan kedua mata kita sendiri. Namun, kita harus tetap berhati-hati dan berada dekat dengan pemandu wisata, karena komodo tetaplah hewan liar dan bisa menjadi ganas.

Karena pulau ini begitu luar biasa, Pulau Komodo dimasukkan ke dalam daftar 7 keajaiban dunia dan juga situs warisan dunia oleh UNESCO, yang membuat banyak orang-orang Indonesia, termasuk aku, sangat bangga .)

Contoh Teks Deksriptif 8:

Lipstick is one of the most popular cosmetics, liked especially by women. The main function of a lipstick is to give color to the lips.

The inside of a lipstick tube is solid and made of wax, color pigments, oils, fragrances, and has a tapered tip. The outside is tubular or adopts the shape of a bullet, which the bottom part can be rotated so that the inside pops out and the top is the cover of the lipstick itself.

(Lipstik adalah salah satu kosmetik paling populer, disukai terutama oleh para wanita. Fungsi utama dari sebuah lipstik adalah untuk memberikan warna pada bibir.

Bagian dalam dari sebuah tabung lipstik padat dan terbuat dari lilin, pigmen warna, minyak, wewangian, dan memiliki ujung yang runcing. Bagian luarnya berbentuk tabung atau mengadopsi bentuk sebuah peluru, yang bagian bawahnya dapat diputar sehingga bagian dalamnya keluar dan bagian atasnya adalah tutup dari lipstik itu sendiri.)

Picture by Vanessa Garcia on Pexels

Demikianlah, teman-teman, 8 contoh teks deskriptif dalam Bahasa Inggris yang, semoga saja, bisa membantu teman-teman menyusun kerangka paragraf deskriptif yang teman-teman ingin buat.