Ragam Contoh Teks Laporan Menggunakan Bahasa Inggris

Dalam mempelajari bahasa Inggris, kita akan diperkenalkan dengan berbagai macam jenis teks. Jenis-jenis teks ini pada umumnya dikenalkan juga untuk membantu peningkatan kemampuan menulis berbahasa Inggris kita.

Dalam artikel kita kali ini, kita akan belajar tentang teks laporan atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama “report text”. Teks laporan adalah suatu teks yang dibuat atau ditulis dengan tujuan menyampaikan atau melaporkan suatu informasi mengenai suatu hal kepada para pembacanya.

Pada umumnya, yang dilaporkan dalam teks ini adalah hal-hal umum dari suatu hal, seperti benda, hewan, fenomena atau kejadian alam, bidang sosial dan budaya, serta hal-hal lainnya. Teks laporan dibuat berdasarkan analisa dan pengamatan yang sistematis oleh penulisnya.

Ciri-ciri khusus dari sebuah teks laporan dalam bahasa Inggris itu sendiri antara lain:

  • Penggunaan kata benda umum atau “general nouns”.
  • Menggunakan “present tense” atau kata kerja masa sekarang.
  • Menggunakan istilah-istilah teknis.
  • Terkadang menggunakan beberapa “passive voice” atau kalimat pasif untuk menjelaskan sesuatu.

Beberapa Contoh Teks Laporan dalam Bahasa Inggris (Some Examples of Report Text in English)

Gambar oleh Lum3n di Pexels

Setelah kita mengetahui apa itu teks laporan dan ciri-ciri khususnya, sekarang waktunya kita belajar bagaimana membuat sebuah teks laporan dalam bahasa Inggris melalui beberapa contoh yang telah disiapkan di bawah ini, yang disertai dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Contoh Teks Laporan Berbahasa Inggris 1 – Benua (Continent)

Continents are collection of areas on land with a very wide size and are separated by water areas. However, in reality, some of the continents are also connected by land borders that can be many miles away.

A continent is determined through research, where researchers learn and include all the parts and islands that surround the area that will be agreed upon as a continent.

From the largest to the smallest by area, there are 7 continents in this world that have been recognized: the Continent of Asia, the Continent of Africa, the Continent of North America, the Continent of South America, the Continent of Antarctica, the Continent of Europe, and the Continent of Australia.

(Benua merupakan beberapa kumpulan wilayah di bagian darat dengan ukuran yang sangat luas dan dipisahkan oleh wilayah air. Namun, pada kenyataannya, beberapa benua juga dihubungkan oleh perbatasan-perbatasan daratan yang luasnya bisa bermil-mil jauhnya.

Sebuah benua ditentukan melalui penelitian, di mana para peneliti mempelajari dan mengikutsertakan semua bagian-bagian dan pulau-pulau yang mengelilingi area yang akan disepakati sebagai sebuah benua.

Dari yang terbesar hingga yang terkecil berdasarkan luasnya, ada 7 benua di dunia ini yang telah diakui: Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika Utara, Benua Amerika Selatan, Benua Antarktika, Benua Eropa, dan Benua Australia.)

Contoh Teks Laporan Berbahasa Inggris 2 – Pakaian Adat atau Pakaian Tradisional (Traditional Clothes)

Traditional clothing is a type of clothing or costumes that come from various regions in a country.

Traditional clothing is worn to express the identity and characteristics of an area based on the geographical area and the period or time in history. Traditional clothing is also worn to express social status, religion, and marriage.

In certain events such as state ceremonies, traditional ceremonies, traditional festivals, and events related to cultural traditions and heritage, traditional clothing is mandatory to be worn.

(Pakaian tradisional adalah suatu jenis pakaian atau kostum yang datang dari berbagai daerah di suatu negara.

Pakaian tradisional dikenakan untuk mengekspresikan identitas dan ciri khas dari suatu daerah berdasarkan wilayah geografis dan periode atau waktu dalam sejarah. Pakaian tradisional juga dikenakan untuk mengekspresikan status sosial, agama, dan pernikahan.

Dalam acara-acara tertentu seperti upacara kenegaraan, upacara adat, festival tradisional, dan acara-acara yang berhubungan dengan tradisi budaya dan warisan, pakaian tradisional wajib untuk dikenakan.)

Contoh Teks Laporan Berbahasa Inggris 3 – Universitas (University)

A university is an institution of higher education as well as research, which grants academic degrees to people in various fields of expertise. A university provides undergraduate education as well as postgraduate education.

The word “university” was adopted from the Latin “universitas magistrorum et scholarium”, which means “a community of teachers and academics.” Higher education systems have existed for a long time on the Asian and African continents, but the modern university system began to be known in the Middle Ages on the European continent.

(Universitas merupakan suatu institusi pendidikan tinggi dan juga penelitian, yang memberikan gelar akademis kepada orang-orang dalam berbagai bidang yang ditekuni. Suatu universitas menyediakan pendidikan sarjana dan juga pendidikan pascasarjana.

Kata “universitas” diadopsi dari bahasa Latin “universitas magistrorum et scholarium” yang memiliki makna “komunitas para guru dan akademisi.” Sistem pendidikan tinggi telah ada untuk waktu yang lama di Benua Asia dan Benua Afrika, namun sistem universits modern mulai dikenal pada Abad Pertengahan di Benua Eropa.)

Contoh Teks Laporan Berbahasa Inggris 4 – Angin Topan (Hurricane)

A hurricane is a term for a mature tropical cyclone vortex that forms between the 100th Eastern Meridian and the 180th Eastern Meridian in the Northern Hemisphere.

The main characteristic of a hurricane is strong winds that blow at a speed of 120 km/hour and are more common in equatorial regions. The cause of the formation of a hurricane is the difference in pressure in the weather system with a distance of at least 500 km from the equator.

A hurricane occurs at the turn of the summer to autumn.

(Angin topan adalah suatu istilah untuk menyebut pusaran siklon tropis dewasa yang terbentuk di antara Meridian Timur ke-100 dan Meridian Timur ke-180 di Bumi Belahan Utara.

Ciri utama dari angin topan adalah angin yang kencang yang bertiup dengan kecepatan 120 km/jam dan lebih sering terjadi di daerah khatulistiwa. Penyebab terbentuknya angin topan adalah perbedaan tekanan dalam sistem cuaca dengan jarak dari garis khatulistiwa sepanjang minimal 500 km.

Angin topan terjadi pada saat pergantian dari musim panas ke musim gugur.)

Itulah 4 contoh teks laporan tentang beberapa topik menggunakan bahasa Inggris.