Ragam Frasa atau Ekspresi Kalimat yang Digunakan dalam Surat Elektronik Berbahasa Inggris

Surat elektronik atau surel (electronic mail or e-mail dalam Bahasa Inggris) merupakan salah satu sarana surat-menyurat digital yang sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita, terutama ketika kita bekerja.

Dibandingkan dengan surat biasa di mana kita terlebih dahulu harus menulis isi surat, membeli amplop serta perangkonya, surat elektronik memakan waktu yang cukup singkat karena kita menuliskan surat dengan diketik langsung di badan surat lalu dikirimkan ke alamat surel orang yang kita tuju dengan sambungan internet. Memang, surat elektronik ada untuk membuat proses berkirim surat menjadi lebih cepat dan mudah.

Kumpulan Contoh Frasa atau Ekspresi Surat Elektronik (Electronic Mail Phrases or Expressions) dalam Bahasa Inggris dan Pengertiannya

Picture by Skylar Kang on Pexels

Kita akan membahas berbagai ekspresi atau frasa yang berhubungan dengan surat elektronik dalam Bahasa Inggris. Mengetahui serta mempelajari frasa-frasa surat elektronik dalam Bahasa Inggris akan berguna memperkaya kosakata Bahasa Inggris yang teman-teman miliki, atau bagi teman-teman yang baru saja mulai belajar Bahasa Inggris.

A. Frasa-Frasa Ucapan Salam

  1. “Dear Sir…” or “Dear Madam…”

(“Yang terhormat Tuan…” atau “Yang terhormat Nyonya…”).

  1. “Hello, … (name)” or “Hi, … (name)” (this can be considered as an informal way of greeting and you already know each other, so using someone’s first name is acceptable)

(“Halo, … (nama)” atau “Hai, … (nama)” (sapaan ini bisa dikategorikan sebagai sapaan informal dan kita telah saling mengenal, maka menggunakan nama pertama/nama kecil dari orang yang kita tuju dapat diterima)).

B. Frasa-Frasa dalam Memulai atau Alasan Kita Menulis Surat Elektronik

  1. Together with this letter, I would like to congratulate you on your graduation from the university with very satisfactory scores.

(Bersama dengan surat ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas kelulusan Anda dari universitas dengan nilai-nilai yang sangat memuaskan).

  1. Firstly, I want to thank you for your willingness when I asked you if I could send this letter to you at an inter-company meeting last week.

(Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesediaan Anda ketika saya menanyakan apakah saya bisa mengirimkan surat ini kepada Anda di pertemuan antar perusahaan minggu lalu).

  1. I sent this e-mail because I want to confirm the cooperation between your magazine and one of my models, Skylar Choi.

(Saya mengirimkan surel ini dikarenakan saya ingin mengonfirmasi kerja sama antara majalah Anda dengan salah satu model saya, Skylar Choi).

  1. I sincerely apologize for my delay in responding this e-mail you sent yesterday afternoon, regarding the book cover design cooperation between your publishing office and me.

(Saya sungguh meminta maaf atas keterlambatan saya merespon surel ini yang Anda kirimkan kemarin siang, tentang kerja sama desain sampul buku antara kantor penerbitan Anda dan saya).

  1. I am writing to remind you about the design of the building for our new company building, which you promised would be completed in 3 weeks.

(Saya menulis untuk mengingatkan Anda tentang rancangan bangunan untuk gedung perusahaan kita yang baru, yang Anda janjikan akan selesai dalam 3 minggu).

C. Frasa-Frasa Mengenai Konten atau Isi dari Surat Elektronik

  1. I have read the job application along with the documents you sent days before your graduation ceremony. Considering you have previously interned at our office, I am interested to know you more as a potential worker. Therefore, I invite you to a job interview session at our office.

(Saya telah membaca surat lamaran kerja dan dokumen-dokumen yang telah Anda kirimkan berhari-hari sebelum upacara kelulusan Anda. Mengingat bahwa sebelumnya Anda pernah magang di kantor kami, saya tertarik untuk mengenal Anda lebih jauh sebagai pekerja potensial. Karenanya, saya mengundang Anda untuk sesi wawancara kerja di kantor kami).

  1. Previously, you said that the design of the building you made will be completed within 1 week. However, you asked for an extension up to 3 weeks due to your wife who has just given birth, which we can accept. 3 weeks have passed but we still not have received the building design that we need.

(Sebelumnya, Anda mengatakan bahwa desain bangunan yang Anda buat akan selesai dalam waktu 1 minggu. Namun, Anda meminta perpanjangan waktu hingga 3 minggu dikarenakan istri Anda yang baru saja melahirkan, yang alasannya bisa kami terima. 3 minggu telah berlalu namun kami masih belum menerima desain bangunan yang kami butuhkan).

  1. I would like to inform you that I agreed to work on the book cover and will soon send you an example of the cover design. I also would like to request 1 week and 10 days as a time to complete the sample cover, if you do not mind.

(Saya ingin memberitahukan kepada Anda bahwa saya setuju untuk mengerjakan sampul buku tersebut dan akan segera mengirimkan contoh desain sampul kepada Anda. Saya juga ingin meminta 1 minggu 10 hari sebagai waktu untuk menyelesaikan contoh sampulnya, jika Anda tak keberatan).

D. Frasa-Frasa Kalimat dan Salam Penutup Surat Elektronik

  1. We hope you can reply to this letter as soon as possible so that we can arrange an appointment. Good morning and may your day be a good day. Best regards, Emilya Janssens.

(Kami harap Anda bisa secepatnya membalas surat ini agar kita bisa mengatur janji temu. Selamat pagi dan semoga hari Anda menjadi hari yang baik. Salam hangat, Emilya Janssens).

  1. I hope you can reply to this letter soon, so we can get a satisfactory answer and perhaps re-negotiate the project. Thank you in advance and good afternoon, Mr. Baharian.

(Saya harap Anda bisa segera membalas surat ini, agar kami bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan dan mungkin melakukan negosiasi ulang mengenai proyek ini. Terima kasih sebelumnya dan selamat siang, Tn. Baharian).

Demikian frasa-frasa atau ungkapan-ungkapan mengenai surat elektronik dalam Bahasa Inggris.