Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Ragam Frasa dalam Bahasa Inggris Tentang Pemakaman

General, Writing,

Ketika kita mengetahui ada seseorang yang telah meninggalkan dunia ini, hal terbaik yang dapat kita berikan adalah memberi dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan serta mendoakan almarhum/almarhumah agar dosa dan kesalahan mereka semasa di dunia diampuni dan ruh mereka diberikan tempat terbaik di sisi Sang Pencipta Alam Raya.

Picture by Rhodi Lopez on Unsplash

A. Frasa atau Kalimat yang Berhubungan dengan Pemakaman (Phrases or Sentences Related to Funeral) dalam Bahasa Inggris

Pada bagian A ini akan membahas beberapa contoh frasa atau kalimat dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan pemakaman atau melayat orang yang meninggal dunia, yang dapat berupa kalimat bela sungkawa (phrases of condolences) dan dukungan bagi keluarga yang sedang berduka cita (phrases of sympathy).

  1. I am terribly sorry for the passing of your father. Your father was a very generous and humble man and the community will always love and respect him.

(Aku benar-benar turut berduka cita atas kepergian ayahmu. Beliau adalah pria yang baik dan rendah hati dan komunitas kita akan selalu menyayangi serta menghormati beliau.)

  1. I am sorry for your loss, Ma’am. He was a great teacher and was loved by all of his students. He was also respected by all his fellow teachers.

(Saya turut berduka cita, Bu. Bapak adalah guru yang hebat dan dicintai oleh semua muridnya. Bapak juga sangat dihormati oleh semua rekan guru lainnya.)

  1. Today, we have all lost a grandmother who was so kind and loving and taught us so many things. Grandma will always be there inside our hearts and minds.

(Hari ini, kita telah kehilangan seorang nenek yang sangat baik dan penyayang serta telah mengajarkan kita banyak hal. Nenek akan selalu ada dalam hati dan pikiran kita semua.)

  1. I really, really do not know what to say because I feel lost, too. However, I want you to know that I will pray for your brother so that he can be at the best place by the side of God.

(Aku sungguh, sungguh tak tahu apa yang harus kuucapkan karena aku juga merasa kehilangan. Namun, aku ingin kau tahu bahwa aku akan berdoa agar adikmu mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.)

  1. Today we gather here to deliver the body of our beloved son, grandson, nephew, and friend who has returned to the house of God, to his place to rest forever. Let us all pray for his soul to be at peace by God’s side and for all his and mistakes to be forgiven.

(Hari ini kita berkumpul di sini untuk mengantarkan jenazah dari putra, cucu, keponakan, dan teman kita yang tersayang yang telah berpulang ke rumah Tuhan, ke tempatnya beristirahat untuk selamanya. Mari kita semua berdoa agar jiwanya tenang di sisi Tuhan dan agar semua dosa dan kesalahannya diampuni.)

  1. I am deeply sorry for your loss and I will pray for your parents, hope that they can gain peace in their final resting place. When you have calmed down and want to find someone to chat with, you can call me whenever you can.

(Aku sangat berduka cita atas kehilangan yang kau alami dan aku akan mendoakan kedua orang tuamu, berharap mereka bisa meraih kedamaian di tempat peristirahatan mereka yang terakhir. Ketika kau sudah tenang dan ingin mencari seseorang untuk mengobrol, kau bisa menghubungiku kapan saja kau sempat.)

B. Frasa atau Kalimat yang Sebaiknya Kita Hindari untuk Diucapkan Ketika di Pemakaman atau Melayat (Phrases or Sentences We Better Avoid to Say at a Funeral)

Setelah kita mengetahui frasa atau kalimat yang dapat diucapkan ketika melayat atau saat berada di pemakaman, dalam bagian B ini kita akan mempelajari frasa atau kalimat apa saja yang sebaiknya kita hindari atau jangan diucapkan ketika di pemakaman atau melayat ke rumah seseorang yang meninggal dunia.

Mengapa dilakukan hal demikian? Ketika seseorang ditinggalkan selama-lamanya oleh orang-orang yang dicintai, perasaan orang tersebut sedang sensitif dan terluka. Agar tidak menambah luka tersebut, kita harus memerhatikan dan menjaga lidah kita.

  1. Your wife is in a better place now. You have to start getting up and rebuild your life.

(Istrimu sekarang sudah ada di tempat yang lebih baik. Kau harus mulai bangkit dan tata kembali hidupmu.)

  1. There is no need to cry over someone who will not come back to life. Besides, you are better off without him, so do not waste your tears.

(Tidak perlu menangisi seseorang yang takkan hidup kembali. Lagipula kau lebih baik tanpa dirinya, jadi tak perlu menyia-nyiakan air matamu.)

  1. I do not get why you have to cry over your son’s death. You will be able to have another child though this child of yours has left you.

(Aku tak mengerti mengapa kau harus menangisi kepergian anakmu. Kau akan bisa punya anak lagi walaupun anakmu yang ini telah meninggalkanmu.)

  1. Now that your aunt is no longer in this world, you can spare a little time for yourself after several years of troubles looking after her who was sick at that time.

(Sekarang setelah bibimu tak ada lagi di dunia ini, kau bisa sedikit meluangkan waktu untuk dirimu sendiri setelah beberapa tahun kerepotan mengurusi bibimu yang sedang sakit kala itu.)

  1. It is not good for a healthy man like you to stay single after the death of your wife. I understand that you love your late wife so much, but think about the possibility of re-married to another woman.

(Tidaklah baik bagi seorang lelaki yang sehat sepertimu untuk tetap melajang setelah kematian istrimu. Aku paham kau amat mencintai mendiang istrimu, namun pikirkanlah tentang kemungkinan menikah lagi dengan wanita lain.)

Demikian frasa dan kalimat Bahasa Inggris yang baik diucapkan di pemakaman dan frasa Bahasa Inggris di pemakaman atau ketika melayat yang sebaiknya kita hindari.