Ragam Kalimat Bahasa Inggris Menggunakan Kata “Earthquake”

Di manapun kita berada dan tinggal, musibah bisa saja menimpa kita kapan saja, walaupun kita sama sekali tidak menghendakinya. Musibah bisa berupa apa saja dan salah satunya adalah bencana alam. Salah satu bencana alam yang sering sekali terjadi adalah gempa bumi.

Gempa bumi (dalam Bahasa Inggris dikenal dengan kata earthquake) merupakan getaran kerak bumi yang terjadi akibat adanya pelepasan energi secara mendadak dari dalam yang menyebabkan terciptanya gelombang. Frekuensi atau waktu terjadinya gempa bumi dapat berbeda-beda di tiap tempat.

Karena merupakan salah satu musibah atau bencana alam, gempa bumi membawa banyak dampak yang bisa ditinjau dari beragam aspek. Selain kerugian materi, kesedihan dan kehilangan yang dirasakan karena dampak gempa bumi juga sama besarnya.

Picture by Sunyu Kim on Unsplash

Contoh-Contoh Kalimat Berbahasa Inggris yang Mengandung Kata “Gempa Bumi” (English Sentence Examples Containing the Word “Earthquake”)

Dalam artikel kita kali ini kita akan melihat dan mempelajari kalimat-kalimat yang memuat kata “gempa bumi (earthquake)” dalam Bahasa Inggris.

  1. Last night, the city where I live was rocked by a strong earthquake. But, oddly enough, my mom did not feel it at all.

(Semalam, kota tempatku tinggal diguncang gempa bumi yang cukup kuat. Namun, anehnya, ibuku tidak merasakannya sama sekali).

  1. One of my good friends is studying in Japan and from her I know that she often feels earthquakes there.

(Salah satu teman baikku sedang belajar di Jepang dan dari dirinya aku mengetahui bahwa ia sering merasakan gempa bumi di sana).

  1. An earthquake is one of the natural disasters that causes a lot of trauma for those who experience it firsthand.

(Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang banyak menimbulkan trauma kepada mereka yang mengalaminya secara langsung).

  1. One of the most traumatic memories that haunts me until now is seeing with my own eyes when my father was crushed by the wall of my house when an earthquake rocked my city nearly 10 years ago.

(Salah satu kenangan paling traumatis yang menghantuiku hingga kini adalah melihat dengan mataku sendiri ketika ayahku ditindih oleh dinding rumahku ketika gempa bumi mengguncang kotaku hampir 10 tahun yang lalu).

  1. We cannot guess when an earthquake occurs. Natural disasters are God’s secret, so are earthquakes.

(Kita tidak dapat menebak kapan gempa bumi terjadi. Bencana alam adalah rahasia Tuhan, demikian halnya dengan gempa bumi).

  1. Finding out that her hometown was shaken by an earthquake, Sari, who is a successful singer, takes the initiative to raise funds by join a charity performance.

(Mengetahui bahwa kampung halamannya diguncang gempa bumi, Sari, yang adalah seorang penyanyi sukses, berinisiatif untuk menggalang dana dengan bergabung dalam pertunjukan amal).

  1. They said my city would not be shaken by an earthquake, but what happened? Almost 3 years ago my city was hit by an earthquake, tsunami, and land liquefaction at the same time.

(Mereka bilang kotaku tidak akan diguncang oleh gempa bumi, namun apa yang terjadi? Hampir 3 tahun lalu kotaku diguncang gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi tanah secara bersamaan).

  1. After seeing the news about the earthquake which was continuously broadcast on television, Andri immediately registers himself to become a medical volunteer and fly to the location of the earthquake.

(Setelah melihat berita tentang gempa bumi yang terus menerus disiarkan di televisi, Andri segera mendaftarkan dirinya untuk menjadi sukarelawan medis dan terbang menuju lokasi gempa bumi).

  1. Kendra and some of her psychologist friends built a trauma center in the refugee camp to help the earthquake survivors recover their psychological condition.

(Kendra dan beberapa teman psikolognya membangun sebuah pusat trauma di kamp pengungsian untuk membantu para korban gempa bumi yang selamat memulihkan kondisi psikis mereka).

  1. All the earthquake victims want is to see what had been their homes and pray there.

(Yang diinginkan para korban gempa bumi itu adalah melihat apa yang dulunya adalah rumah mereka dan berdoa di sana).

  1. I do not know if you are going to believe this or not, but actually the signs that an earthquake will occur have been there since a few days ago.

(Aku tak tahu apakah kau akan memercayai ini atau tidak, namun sebenarnya tanda-tanda bahwa akan terjadi gempa bumi sudah ada sejak beberapa hari yang lalu).

  1. The presence of the governor and several religious figures in their refugee camps made some of the elderly earthquake victims burst into tears.

(Kehadiran gubernur dan beberapa tokoh agama ke tenda-tenda pengungsian mereka membuat beberapa korban gempa bumi yang sudah berusia lanjut menangis tersedu-sedu).

  1. The governor and the mayor of the earthquake-affected town have stated that the funds for the earthquake victims are being processed and they will take a firm action if any of their subordinates corrupt the funds.

(Gubernur dan walikota dari kota yang terdampak gempa bumi telah menyatakan bahwa dana untuk para korban gempa bumi sedang diproses dan mereka akan menindak tegas apabila ada bawahan mereka yang mengorupsi dana tersebut).

  1. When many houses were destroyed in the earthquake, the largest mosque and church in my city were not destroyed at all. We immediately sought refuge there.

(Ketika banyak rumah yang hancur akibat gempa bumi, masjid dan gereja terbesar yang ada di kotaku tidak hancur sama sekali. Kami pun segera mencari perlindungan di sana).

  1. It may be true when people say that there are unreasonable things happen when an earthquake occurs.

(Mungkin benar kata orang bahwa ada hal-hal di luar nalar yang terjadi ketika gempa bumi menyerang).

  1. Some people, despite the earthquake, have the malicious intention to rob the temporarily abandoned houses when their owners seek shelters.

(Beberapa orang, walaupun ada gempa bumi, memiliki niat jahat untuk merampok rumah-rumah yang ditinggalkan sementara ketika para pemiliknya mencari perlindungan).

Demikian 16 contoh kalimat Bahasa Inggris dengan kata “earthquake” terkandung di dalamnya. Semoga kita semua selalu aman dan dijauhkan dari segala macam bencana.