Ragam Kalimat Bahasa Inggris Menggunakan Kata Effort

Upaya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki makna ‘usaha dalam suatu kegiatan yang menuntut kita mengerahkan tenaga serta pikiran kita agar suatu kita dapat meraih semua tujuan yang kita ingin laksanakan’ atau ‘ikhtiar dan akal yang kita kerahkan untuk mencapai suatu tujuan, maksud, serta memecahkan suatu persoalan’.

Dikutip dari kamus Bahasa Inggris Merriam-Webster, upaya (effort) memiliki arti ‘a serious or extensive attempt and hard work to make something work (usaha yang serius dan ekstensif serta kerja keras untuk membuat sesuatu bekerja)’ atau ‘a total attempt and work that is done to achieve something or to solve something (usaha dan pekerjaan total yang dilakukan untuk meraih atau memecahkan sesuatu)’.

Picture by Benjamin Davies on Unsplash

Contoh-Contoh Kalimat dengan Kata ‘Effort’ (Sentences Examples Containing the Word ‘Effort’) dalam Bahasa Inggris

Kali ini kita akan mempelajari beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang menggunakan kata ‘effort’ di dalamnya.

  1. It took a lot of effort that Chelsea put in for the bakery to be as successful as it is now.

(Butuh banyak usaha yang dikerahkan oleh Chelsea agar toko rotinya bisa sesukses sekarang.)

  1. In order for me to achieve my dreams, I must exert all my efforts and energy because achieving dreams is not only about time.

(Agar aku dapat menggapai semua mimpiku, aku harus mengerahkan semua usaha dan tenaga karena menggapai mimpi bukan hanya tentang waktu.)

  1. I really admire my father because he is a person who does not hesitate to put forth effort in his work, so that his wife and children can have and enjoy a good life.

(Aku sangat mengagumi ayahku karena beliau adalah orang yang tidak sungkan mengerahkan usaha dalam pekerjaannya, agar istri dan anak-anaknya bisa memiliki dan menikmati hidup yang baik.)

  1. Hani is eager to go to Kazakhstan. That is why she puts a lot of effort into learning Kazakh language so that she, at least, does not have problems communicating with people who live there.

(Hani sangat ingin bisa pergi ke Kazakhstan. Itulah mengapa dia sangat berusaha keras mempelajari Bahasa Kazakhstan agar dia, setidaknya, tidak memiliki masalah berkomunikasi dengan orang-orang yang tinggal di sana.)

  1. Jemima made her best effort to hide her disappointment when her boyfriend canceled their date when their date that day arrived.

(Jemima mengerahkan usaha terbaiknya untuk menyembunyikan kekecewaannya saat pacarnya membatalkan janji kencan mereka ketika kencan mereka hari itu tiba.)

  1. There is nothing wrong with putting in the effort so that you can make up with your mother. After all, she is your mother and when you are wrong, you should lower your pride and apologize to her.

(Tidak ada salahnya mengerahkan upaya agar kau bisa berbaikan dengan ibumu. Bagaimanapun juga, beliau adalah ibumu dan ketika kau salah, kau harus menurunkan gengsimu dan minta maaf pada ibumu.)

  1. None of the efforts Brian put in his education. He also never listened to the advice given by his parents. As a result, Brian was dismissed as a student by his campus board.

(Tidak ada usaha yang dikerahkan Brian dalam pendidikannya. Dia juga tidak pernah mendengar saran yang diberikan oleh orang tuanya. Sebagai akibatnya, Brian diberhentikan sebagai mahasiswa oleh dewan kampusnya.)

  1. That night Riri cried while she was praying because she felt that her effort in getting her dream job was not yet perfect. In her prayer, Riri asked God for help to open a way so she could get the job of her dream: becoming a book editor at a large publishing company.

(Malam itu Riri menangis di saat dia sedang berdoa karena dia merasanya usahanya dalam mendapatkan pekerjaan impiannya belumlah sempurna. Dalam doanya, Riri meminta pada Tuhan agar dibukakan jalan supaya dia bisa mendapatkan pekerjaan yang menjadi mimpinya: menjadi editor buku di perusahaan penerbitan besar.)

  1. Edwin put the effort and energy he had in managing the Minahasa food stall that was originally run by his mother. Edwin did this so that his mother, who had just been discharged from the hospital, could rest until she completely cured.

(Edwin mengerahkan usaha dan tenaga yang dia punya dalam mengelola warung makanan Minahasa yang pada awalnya dijalankan oleh ibunya. Edwin melakukan ini agar ibunya, yang baru saja keluar dari rumah sakit, bisa beristirahat hingga beliau benar-benar sembuh.)

  1. Maybe at first the boutique managed by Ulfa has not shown any progress. But, Ulfa believes that effort coupled with prayer and hard work will give the best results.

(Mungkin pada awalnya butik yang dikelola oleh Ulfa belum menunjukkan perkembangan. Tapi, Ulfa percaya bahwa usaha yang dibarengi dengan doa dan kerja keras akan memberikan hasil yang terbaik.)

  1. Even though the effort has been put into it, seems like it is not the right time for us to become successful people.

(Walaupun usaha telah dikerahkan, sepertinya memang ini bukan waktu yang tepat bagi kita menjadi orang-orang sukses.)

  1. Patricia and her family’s continuous efforts to regain their rights to the inheritance given by Patricia’s late grandfather finally paid off. That day, their attorney informed them that the court had accepted the lawsuit filed by Patricia’s family and would immediately process the inheritance they were entitled to.

(Usaha yang terus menerus dikerahkan Patricia dan keluarganya agar bisa mendapatkan kembali hak mereka atas warisan yang diberikan oleh mendiang kakek Patricia akhirnya membuahkan hasil yang manis. Hari itu, pengacara mereka memberitahu mereka bahwa pengadilan mengabulkan gugatan yang diajukan keluarga Patricia dan akan segera memproses warisan yang menjadi hak mereka.)

  1. It took 1 and a half years and hard effort for Farah to be able to get rid of the skin care cream provided by her regular beauty clinic.

(Butuh waktu 1 setengah tahun dan usaha yang keras bagi Farah agar bisa lepas dari krim perawatan kulit yang diberikan oleh klinik kecantikan langganannya.)

Demikian 13 contoh kalimat Bahasa Inggris dengan kata ‘effort’ di dalamnya.