Ragam Kosakata Pakaian Wanita dalam Bahasa Inggris

Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer atau utama yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sejak kita mulai mengenalnya. Selain untuk menutupi bagian-bagian tubuh agar tidak terlihat, pakaian melindungi kita dari rasa panas dan dingin. Pakaian juga diciptakan untuk membuat nyaman para pemakainya.

Pakaian wanita merupakan salah satu jenis pakaian yang perkembangannya sangat luas. Setiap beberapa tahun sekali, akan ada saja aspek yang berkembang dari pakaian wanita. Oleh karenanya, mengetahui kosakata yang berhubungan dengan pakaian wanita akan berguna bagi kita.

Picture by Keira Burton on Pexels

30 Kosakata Jenis-Jenis Pakaian Wanita (Women’s Clothes) dan Akesoris Wanita dalam Bahasa Inggris

Teman-teman semua, dalam artikel ini kita akan mempelajari kosakata mengenai jenis-jenis pakaian wanita serta aksesoris pelengkap dalam Bahasa Inggris.

  1. Ballet flats (sepatu balet). Sepatu ini didesain seperti sepatu yang dipakai para balerina: berhak rendah atau tidak memiliki hak sama sekali.
  2. Bag (tas). Salah satu aksesori wanita yang juga berfungsi menyimpan barang bawaan ketika kita sedang berada di luar rumah.
  3. Bathrobe (mantel atau jubah mandi). Mantel mandi ini digunakan sebelum kita keluar dari dalam kamar mandi.
  4. Belt (ikat pinggang). Ban pinggang juga dikenakan wanita untuk mengencangkan pakaian, serta sebagai aksesoris pelengkap agar tampilan terlihat lebih rapi.
  5. Blouse (blus). Pada umumnya, baju ini memiliki model longgar. Blus didesain memiliki lengan panjang atau lengan pendek.
  6. Boots or women’s boots (sepatu bot khusus wanita). Umumnya, sepatu bot wanita panjangnya ada yang hingga mata kaki dan ada yang mencapai lutut. Sepatu ini kadang memiliki hak tinggi atau hak rendah.
  7. Bra (beha (B.H.) atau kutang). Fungsi dari pakaian dalam yang satu ini adalah untuk menopang serta menutupi bagian payudara wanita sebelum mengenakan baju luar.
  8. Bracelet (gelang). Aksesoris yang digunakan wanita di sekitar pergelangan tangan.
  9. Cape (salah satu tipe mantel). Biasanya, mantel ini tidak memiliki lengan, terhubung ke bagian leher, dan menutupi bagian punggung, lengan, serta dada kita ketika mengenakannya.
  10. Cardigan (kardigan). Pakaian luar yang berbentuk seperti mantel atau rompi yang, rata-rata, dibuat dengan cara dirajut menggunakan benang khusus, biasanya benang wol.
  11. Coat (mantel bergaya Eropa). Mantel ini bergaya formal yang memiliki lengan panjang dan digunakan di luar atau setelah kemeja. Di negara-negara yang memiliki 4 musim, mantel ini sangat sering terlihat dipakai ketika musim gugur dan musim dingin.
  12. Dress (gaun). Merupakan pakaian formal wanita berbentuk terusan blus dan juga rok yang digunakan ketika ada acara resmi, seperti pesta pernikahan.
  13. Earrings (anting-anting). Aksesori yang dipakai di telinga wanita yang, umumnya, bertujuan memperindah tampilan telinga.
  14. Flip-flops (sandal jepit atau dikenal juga dengan sandal Jepang). Merupakan alas kaki yang terbuat dari karet sintetis dan talinya berbentuk “V” yang menghubungkan bagian depan dan belakang sandal.
  15. Gloves (sarung tangan). Pakaian pelengkap wanita yang terbuat dari benang rajut atau kain untuk menutupi dan menghangatkan tangan dari cuaca dingin.
  16. Hat (topi). Topi berfungsi untuk menutup kepala agar terlindung dari panas matahari dan juga cuaca dingin.
  17. High-heeled shoes (sepatu berhak/bertumit tinggi). Tipe sepatu ini memiliki hak (tumit; insoles dalam Bahasa Inggris) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan bagian jari kaki. Sepatu ini banyak digunakan wanita baik saat di kantor maupun ketika menghadiri acara yang sifatnya resmi dan tidak resmi.
  18. Jacket (jaket). Tipe baju hangat yang memiliki penutup kepala (kupluk) dan resleting. Jaket digunakan untuk melindungi pemakai dari udara panas dan dingin.
  19. Jeans (celana jins atau jengki). Celana jins ini terbuat dari kain berbahan keras dan kuat yang disebut denim. Awalnya didesain untuk para pekerja tambang emas di Amerika, dewasa ini celana jins dapat dikenakan di segala kesempatan.
  20. Jumper (UK) or sweater (US) (baju hangat). Didesain memiliki penutup kepala dan, tidak seperti jaket, tanpa resleting (dikenakan dengan memasukkan kepala ke dalam lubang di bagian leher dan diteruskan hingga menutupi seluruh tubuh bagian atas) untuk melindungi pemakainya dari udara dingin.
  21. Leather jacket (jaket kulit). Jaket ini, seperti namanya, merupakan jaket yang terbuat dari kulit.
  22. Pajamas (piyama). Jenis pakaian yang digunakan ketika akan tidur di malam hari.
  23. Panties or underwear (celana dalam). Celana dalam digunakan bersama dengan B.H. sebelum kita mengenakan pakaian luar.
  24. Scarf (syal). Syal digunakan sebagai selendang untuk menutupi leher dari cuaca dingin.
  25. Shirt (kemeja). Kemeja adalah jenis pakaian wanita (universal, pada umumnya karena dapat digunakan juga oleh pria) yang memiliki kerah di bagian atasnya. Hadir dalam lengan panjang dan lengan pendek.
  26. Skirt (rok). Rok merupakan salah satu jenis pakaian wanita berbentuk kerucut atau pipa yang dikenakan mulai dari pinggul hingga menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki. Ada dua jenis rok secara umum, yaitu: miniskirt (rok mini) dan long skirt (rok panjang).
  27. Stockings or pantyhose (stoking atau celana ketat). Berbentuk seperti kaki tipis dan panjang yang digunakan wanita sebelum mengenakan rok pendek.
  28. Swimsuit (pakaian renang). Disesuaikan dengan namanya, pakaian renang dirancang ketat dan tidak dapat menyerap air untuk tujuan berenang, baik di pantai maupun di kolam renang.
  29. T-shirt (kaos). Jenis pakaian atasan yang berbentuk seperti huruf T. Desainnya tanpa kancing dan ringan dan berlengan pendek. Cocok digunakan sehari-sehari.
  30. Veil or hijab (kerudung atau jilbab). Digunakan oleh banyak wanita Muslim dan/atau biarawati di bagian kepala untuk menutupi rambut.

Demikian pembahasan kita tentang daftar kosakata pakaian wanita dalam Bahasa Inggris. Jangan lupa juga untuk mencari kosakata baru, karena pasti masih ada banyak kosakata pakaian wanita Bahasa Inggris yang ada!