Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Ragam Perbendaharaan Kata dalam Bahasa Inggris Mengenai Bank

Vocabulary, Writing,

Kita semua pasti sudah sangat akrab dengan bank. Bank merupakan sebuah badan yang bergerak di bidang finansial atau ekonomi yang menghimpun atau mengumpulkan dana (uang) dari masyarakat yang ingin bertransaksi menyimpan atau menyalurkan uangnya dengan tujuan meningkatkan taraf kehidupan.

Istilah bank sendiri diadopsi dari Bahasa Italia “banco” yang memiliki arti bangku. Bangku di sini sendiri merujuk pada meja dan kursi kerja yang digunakan oleh orang-orang di bank (nasabah dan petugas bank) yang melakukan kegiatan operasional, seperti menyimpan uang atau membuka tabungan.

Bank sebagai badan yang menjalankan kegiatan perekonomian memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Sebagai tempat masyarakat melakukan transaksi keuangan (contoh: membuka rekening tabungan, baik milik pribadi atau milik instansinya).
  • Sebagai tempat masyarakat meminjam uang ketika masyarakat membutuhkannya untuk suatu hal.
  • Badan atau lembaga yang mencetak dan/atau mengedarkan uang kepada masyarakat.
  • Lembaga yang menyalurkan atau memberikan produk kredit kepada masyarakat.
  • Badan yang tugasnya, melalui berbagai transaksi keuangan, berfungsi memperbagus atau meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
Picture by Dmitry Demidko on Unsplash

A. Perbendaharaan Kata dalam Bahasa Inggris tentang Bank (English Vocabularies Related to Banking)

Di bagian A dalam artikel kali ini kita akan mempelajari berbagai macam kosa kata dalam Bahasa Inggris yang ada hubungannya dengan dunia perbankan. Kosa kata di bawah ini sangat baik untuk kita ketahui, mengingat pasti kita melakukan transaksi di bank atau kalau kita bekerja sebagai karyawan bank, istilah atau perbendaharaan kata perbankan haruslah kita kenali dan kuasai.

  1. Account: akun rekening bank

Rekaman data sejumlah uang yang dimiliki rekening seseorang pada bank yang menjadi pilihannya.

  1. Account number: nomor rekening

Barisan nomor-nomor unik yang dimiliki nasabah pada kartunya sebagai identifikasi.

  1. Advisor: penasihat bank

Merupakan karyawan bank yang bertugas membantu para nasabah dengan transaksi mereka.

  1. ATM (Automatic Teller Machine)/cash machine: anjungan tunai mandiri/ mesin uang

Alat yang umumnya tersedia baik di pelataran bank atau di tempat-tempat lain di luar kawasan bank, yang membantu masyarakat menarik uang dari rekeningnya dengan memasukkan kartu khusus yang dimiliki tanpa perlu lagi pergi ke bank.

  1. Balance: saldo

Sejumlah uang yang ada di dalam rekening atau tabungan nasabah. Saldo bisa saja bertambah dan bisa saja berkurang, tergantung dari transaksi dan/atau biaya administrasi yang dibebankan bank pada nasabahnya.

  1. Bank card: kartu bank

Sebuah kartu berbentuk persegi yang terbuat dari plastik. Kartu bank merupakan fasilitas yang diberikan bank kepada nasabahnya agar nasabah dapat menggunakan kartu itu untuk bertransaksi (contoh: mengambil sejumlah uang dari mesin ATM atau melakukan transfer uang kepada nasabah lain).

  1. Bank charges: biaya administrasi

Merupakan biaya yang dibebankan bank kepada setiap nasabahnya atas layanan bank yang dipergunakan. Biaya administrasi juga bisa menjadi denda jika sewaktu-waktu nasabah melakukan pelanggaran.

  1. Bank manager: manajer/pengelola bank

Seseorang yang diangkat oleh bank pusat sebagai pengelola umum dari cabang suatu bank di suatu area untuk mengawasi segala kegiatan operasional di dalam bank yang menjadi tanggung jawabnya.

  1. Bank services: produk-produk bank

Merupakan segala jenis produk pelayanan yang ditawarkan bank kepada nasabah dan sebagai salah satu daya tarik agar para nasabah mau melakukan kegiatan keuangan di bank tersebut.

  1. Bank statement: catatan tabungan

Buku yang diberikan oleh bank kepada setiap nasabah sebagai rekaman catatan atau laporan transaksi keuangan yang dilakukan nasabah (contoh: jumlah uang yang ditarik dari rekening atau jumlah uang yang masuk ke dalam rekening).

  1. Borrower: peminjam uang

Nasabah yang melakukan transaksi peminjaman uang kepada bank dikarenakan uang yang dimiliki kurang atau tidak mencukupi kebutuhan yang harus dipenuhinya. Nasabah yang melakukan transaksi peminjaman uang nantinya harus mengembalikan lagi uang pinjaman tersebut kepada bank (biasanya ada jangka waktu tertentu sesuai perjanjian).

  1. Bounce: cek yang tak dapat dicairkan

Adalah cek yang, ketika transaksi keuangan dilakukan, tidak bisa diterima oleh bank karena kurangnya jumlah uang dalam rekening nasabah yang melakukan transaksi.

  1. Branch: kantor cabang

Merupakan kantor suatu bank yang didirikan di suatu area atau daerah agar masyarakat sekitar tidak perlu jauh-jauh lagi bertransaksi ke bank pusat yang, biasanya, ada di ibu kota provinsi. Kantor cabang bank juga biasanya sudah memiliki mesin ATM di pelatarannya untuk proses penarikan uang.

  1. Cash: uang

Uang yang diterbitkan dan diedarkan bank dalam bentuk uang kertas dan juga uang koin/logam.

  1. Cash a check: pencairan cek

Satu proses keuangan di mana nasabah meminta pada bank untuk mencairkan cek yang dimilikinya menjadi sejumlah uang tunai yang diperlukan.

  1. Check (USA)/ cheque (UK): cek

Cetakan keuangan yang fungsinya membayar sesuatu dari rekening bank yang dimiliki nasabah (mencairkan uang atau mentransfer kepada seseorang yang menjadi tujuan nasabah).

  1. Checkbook (USA)/ chequebook (UK): buku cek

Buku cek dengan nama nasabah yang bersangkutan tertera di dalamnya. Fungsinya adalah untuk mencairkan uang di bank tempatnya bertransaksi.

  1. Close an account: menutup rekening

Transaksi keuangan di mana nasabah mengosongkan sisa uang yang masih ada di dalam rekening, dan kemudian meminta bank menutupnya karena nasabah tidak akan lagi menggunakan rekening tersebut.

  1. Counter: konter

Area di dalam suatu bank tempat para pegawai bank (kasir atau teller dalam Bahasa Inggris) bekerja melakukan transaksi langsung dengan nasabah.

  1. Credit: kredit

Cara lain nasabah membayar barang atau jasa yang pada umumnya dikenakan bunga dalam transaksinya.

  1. Credit card: kartu kredit

Kartu yang dikeluarkan oleh bank kepada nasabah agar nasabah dapat melakukan pinjaman menggunakan kartu tersebut dengan jangka waktu yang telah ditentukan dan harus dibayarkan sebelum masanya habis (jatuh tempo).

  1. Current/ checking account: akun yang sedang dipegang

Rekening bank nasabah yang fungsinya untuk transaksi keuangan harian seperti mengambil uang kapanpun nasabah mau. Biasanya dengan bunga yang sedikit atau tak ada sama sekali.

  1. Debt: hutang

Sejumlah uang (biasanya pinjaman) yang harus dibayarkan nasabah kepada bank sesuai nominal yang dipinjam.

  1. Debit card: kartu debit

Kartu yang diberikan bank kepada nasabah yang fungsinya untuk membayar barang-barang yang nasabah beli tanpa perlu membayar dengan uang tunai.

  1. Deposit: pemasukan uang

Transaksi keuangan di mana nasabah memberikan sejumlah uang pada bank untuk kemudian dimasukkan bank ke dalam rekening nasabah.

  1. Direct debit: debit langsung

Pembayaran yang bersifat elektronik yang dibuat dari rekening bank secara langsung pada tanggal yang sudah ditetapkan.

  1. Expense: pengeluaran

Uang yang dikeluarkan nasabah untuk digunakan pada suatu hal.

  1. Guard: penjaga/satpam bank

Orang yang bekerja di bank untuk mengamankan bank dari segala bentuk kejahatan. Terkadang, seorang satpam juga merangkap melayani pertanyaan umum yang diberikan nasabah tentang bank tersebut atau mengarahkan nasabah sesuai keperluan transaksi.

  1. Head/main office: kantor pusat

Kantor utama dari sebuah bank di mana semua informasi dan kegiatan operasional bank terkonsentrasi.

  1. Identification: identifikasi

Proses yang dilakukan bank untuk memastikan bahwa kita adalah benar nasabah pemilik kartu dan buku rekening yang kita pegang. Identifikasi biasanya dilakukan dengan mengecek kartu identitas, seperti KTP dan SIM.

  1. Insurance: asuransi

Produk kerja sama antara bank dengan kantor asuransi yang memberi perlindungan kepada nasabah (contoh: asuransi jiwa, asuransi pensiun) dan investasi untuk kebutuhan finansial apabila nasabah ingin melakukannya.

  1. Interest: bunga bank

Bonus yang diberikan bank kepada nasabah atas transaksi yang dilakukan, terutama ketika nasabah meningkatkan jumlah uang tabungannya.

  1. Loan: pinjaman

Sejumlah uang yang dipinjam dari bank dengan nominal tertentu. Uang yang dipinjam harus segera dibayarkan kembali dalam jangka waktu tertentu (misalnya bulanan) dengan penambahan bunga bank.

  1. NSF (Non Sufficient Fund)/ overdraft: dana tidak cukup

Sebuah pemberitahuan pada nasabah bahwa jumlah uang yang ada dalam rekening mereka kurang atau tidak cukup.

  1. Open an account: membuka rekening

Proses transaksi di mana nasabah, dibantu oleh petugas bank, membuka rekening baru.

  1. Overdrawn: kelebihan penarikan

Transaksi perbankan di mana nasabah melakukan penarikan atau cek melampaui jumlah simpanan yang ada dalam rekeningnya.

  1. Payee: orang yang dibayar

Seseorang yang menerima sejumlah uang dibayarkan kepadanya oleh pembayar (payer).

  1. Paying-in-slip: dokumen laporan keuangan

Selembar kertas dokumen yang harus diisi ketika nasabah memasukkan uang ke dalam rekeningnya.

  1. PIN (Personal Identification Number): nomor identifikasi rahasia

Nomor unik yang digunakan nasabah untuk mengakses mesin ATM bank lewat kartu kredit/kartu debit. Di Indonesia, umumnya nomor identifikasi ini berjumlah 6 angka/digit.

  1. Savings account/deposit account: rekening tabungan

Rekening yang dimiliki nasabah di mana menabung dalam jangka panjang dan, terkadang, menerima bunga.

  1. Standing order/standing account: perintah pemberian ke rekening lain

Merupakan suatu perintah dari bank agar membayar sejumlah uang pada satu atau beberapa rekening lain secara berkala.

  1. Tax: pajak

Sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada pemerintah melalui bank berdasarkan pemasukan.

  1. Teller: petugas kasir pada bank

Beberapa petugas dalam suatu bank yang bertugas menerima uang dari nasabah dan memberikan uang pada nasabah atas permintaan mereka pada sebuah konter.

  1. Transaction: transaksi

Situasi atau aktivitas di mana pertugas bank dan nasabah menerima dan menyetor uang untuk dimasukkan ke dalam rekening, menarik sejumlah uang dari rekening, atau aktivitas perbankan yang lain.

  1. Traveler’s check: cek pelancong/wisatawan

Cek yang digunakan turis untuk menukar mata uang negaranya ke mata uang lain sesuai negara yang dikunjunginya.

  1. Virtual account: rekening maya

Nomor identifikasi nasabah yang dibuka oleh bank atas permintaan suatu perusahaan yang berfungsi sebagai nomor rekening tujuan penerimaan uang dari pelanggan kepada perusahaan tersebut.

  1. Withdrawal: tarik tunai

Nasabah mengambil uang dari rekeningnya pada bank tempatnya menabung.

B. Contoh Kalimat yang Menggunakan Kosa Kata Perbankan (Sentence Examples Using Banking Terms)

Pada bagian B artikel ini kita akan mempelajari penggunaan kosa kata perbankan dalam kalimat-kalimat berbahasa Inggris.

  1. Tess is a Dutch citizen. When she visits Indonesia, she first has to use her traveler’s check to exchange money from euro to rupiah.

(Tess adalah warga negara Belanda. Ketika dia mengunjungi Indonesia, pertama-tama dia harus menggunakan cek pelancong miliknya untuk menukar uang dari euro ke rupiah.)

  1. Due to the growing needs in the month of Ramadan, Inka decides to make a withdrawal at the bank where she keeps most of her money.

(Karena kebutuhan yang mulai banyak di bulan Ramadan, Inka memutuskan untuk melakukan tarik tunai di bank di mana dia menyimpan sebagian besar uangnya.)

  1. Due to incorrectly entering the PIN number for three times, Tasya’s debit card was blocked. She has to rush to the bank tomorrow to fix this problem.

(Karena salah memasukkan nomor identifikasi rahasia sebanyak 3 kali, kartu debit Tasya terblokir. Dia harus bergegas ke bank esok harinya untuk memperbaiki masalah ini.)

  1. Because Remi wants to move to another bank recommended by her uncle, she decides to close the account she currently has at the bank where she saves the money.

(Karena Remi ingin berpindah ke bank lain yang direkomendasikan pamannya, dia memutuskan untuk menutup rekening yang sekarang dia miliki di bank tempatnya menyimpan uangnya.)

  1. Avan has worked for three years at the head office of VCBJ Bank as its general manager.

(Avan telah bekerja selama tiga tahun di kantor pusat Bank VCBJ sebagai manajer umum.)

  1. When Norma was about to take a large amount of money from her account, turned out the balance she had was not enough.

(Ketika Norma akan mengambil sejumlah besar uang dari rekeningnya, ternyata saldo yang dia miliki tidak cukup.)

  1. Vera is eager to open a beauty shop. Therefore, she applies for a loan from the bank with hope that she can start her business as soon as possible.

(Vera sangat ingin membuka toko kecantikan. Karenanya, dia mengajukan pinjaman kepada bank dengan harapan dia bisa memulai usahanya sesegera mungkin.)

Picture by Yunming Wang on Unsplash

Demikian artikel kita tentang kosa kata atau perbendaharaan kata dalam Bahasa Inggris yang berhubungan dengan dunia perbankan, serta contoh kalimat-kalimat penggunaannya.