Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Ragam Tips dan Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Efektif dan Mengasyikkan

General,

Mempelajari sebuah bahasa baru memanglah sangat menyenangkan. Rasanya seperti mendapat ilmu baru dari negara penuturnya ketika mempelajari bahasa yang ingin kita kuasai tersebut. Salah satunya adalah mempelajari Bahasa Inggris, yang merupakan bahasa internasional dan digunakan di lebih dari sepertiga bagian dunia ini.

Banyak cara yang dapat kita tempuh ketika ingin mempelajari Bahasa Inggris, salah satunya dengan mengambil kursus berbahasa Inggris. Namun, ada kalanya mengambil kelas atau kursus Bahasa Inggris akan bertabrakan dengan rutinitas kita sehari-hari, terutama bagi mereka yang telah bekerja.

Ketika hal ini terjadi, maka ada langkah lainnya yang bisa kita tempuh atau ambil, yaitu dengan mempelajari sendiri Bahasa Inggris di rumah atau secara otodidak di lingkungan sekitar kita. Bagaimana memulai belajar Bahasa Inggris secara efektif ketika kita harus belajar sendiri dari rumah?

Picture by Oladimeji Ajegbile on Pexels

8 Tips dan Trik Mempelajari Bahasa Inggris Sendiri/Otodidak di Rumah yang Efektif dan Menyenangkan

Berikut artikel ini akan memberikan tips serta trik bagaimana belajar Bahasa Inggris, terutama ketika kita belajar di rumah, dengan efektif serta mengasyikkan.

  1. Mengenal dan Membuat Daftar Kosakata Bahasa Inggris

Ketika kita baru akan memulai mempelajari Bahasa Inggris, yang pertama-tama harus kita ketahui adalah kosakata (vocabularies) dalam Bahasa Inggris.

Contoh kosakata antara lain adalah kata-kata benda (nouns), kata-kata kerja (verbs), kata-kata sifat (adjectives), dan kata-kata keterangan (adverbs). Akan lebih baik lagi apabila kita menyediakan buku catatan khusus untuk memuat kosakata yang kita temukan, agar kita dapat selalu berlatih menggunakan buku catatan kita tersebut.

  1. Mempelajari Bentuk Kata (Tenses) dalam Bahasa Inggris

Pernahkah teman-teman memerhatikan kalau di dalam kebanyakan buku cetak Bahasa Inggris di sekolah, “tenses” selalu muncul di bab-bab awal?

Karena itulah yang terlebih dahulu harus kita ketahui ketika ingin mulai mempelajari Bahasa Inggris.

“Tenses” adalah bentuk kata kerja dalam tata Bahasa Inggris (English grammar) yang berfungsi menunjukkan situasi, kondisi, dan waktu ketika suatu peristiwa terjadi. Waktu yang dimaksud di sini adalah apakah kejadian tersebut terjadi di masa lalu (past), masa kini (present), ataukah di masa depan (future).

Ada 16 bentuk kata kerja dalam Bahasa Inggris yang harus kita kenal dan pelajari satu per satu. Jika berhasil menguasai bentuk-bentuk kata kerja ini, dapat dikatakan bahwa kita sudah menguasai hampir 65% dari Bahasa Inggris itu sendiri.

  1. Membuat Kalimat-Kalimat Sederhana dalam Bahasa Inggris

Setelah kita mengenal dan mengetahui kosakata dan bentuk-bentuk kata dalam Bahasa Inggris, kita dapat memulai membuat kalimat dalam Bahasa Inggris.

Untuk awalnya, kita tidak harus langsung membuat kalimat-kalimat Bahasa Inggris yang rumit. Mulailah dari membuat kalimat-kalimat pendek dan sederhana, seperti “Huriye goes to school from Monday to Friday (Huriye pergi ke sekolah dari hari Senin hingga hari Jum’at)” dan sebagainya.

Membuat beraneka macam kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris sedikit demi sedikit akan memperlancar kemampuan kita, yang nantinya kita bisa membuat kalimat-kalimat Bahasa Inggris yang lebih kompleks.

  1. Berlatih Mendengarkan Kata-Kata dalam Bahasa Inggris

Tips serta trik keempat saat kita akan belajar Bahasa Inggris adalah berlatih memasang telinga kita dalam mendengarkan bermacam kata-kata dalam Bahasa Inggris, sekaligus melatih kemampuan mendengar (listening skill) karena mendengar adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai dan senantiasa diasah.

Kita bisa memulai trik ini dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris apapun itu, atau mendengarkan film serta video berbahasa Inggris yang sedang diputar dengan tanpa melihat tampilan terjemahan dalam film atau video yang kita dengarkan. Kita bahkan dapat mendengarkan kata-kata Bahasa Inggris yang kita ucapkan melalui mulut kita sendiri.

Catat kata-kata yang kita dengar, dan apabila kita tak yakin dengan kata-kata yang kita tulis, kita dapat selalu memutar kembali lagu, video, atau film yang kita dengarkan, atau ucapkan kembali kata-kata yang kita rasa masih kurang tepat.

  1. Mengembangkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris

Kemampuan berikutnya yang harus kita ketahui dan asah adalah kemampuan membaca (reading skill) dalam belajar dan menguasai Bahasa Inggris. Untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan ini, kita dapat memulainya dengan membaca buku-buku yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Membaca beraneka ragam buku dalam Bahasa Inggris akan membuat kita paham dan peka akan bentuk serta struktur kata dan kalimat yang terbentuk dalam Bahasa Inggris. Kita juga akan lebih terbiasa dan tidak kaget apabila diminta untuk membaca buku yang ditulis menggunakan Bahasa Inggris.

  1. Melatih Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Kemampuan menulis (writing skill) dalam Bahasa Inggris sebaiknya dilatih agar kita bisa mengetahui dan mengukur sampai sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris yang kita miliki.

Kemampuan apa yang dapat kita ukur melalui kemampuan kita menulis dalam Bahasa Inggris? Kemampuan yang dapat kita asah dan ukur adalah kemampuan kita menuliskan kalimat Bahasa Inggris yang terstruktur dan memiliki kosakata yang baik dan benar.

Ketika kita selalu mengasah kemampuan menulis ini, sedikit demi sedikit kelemahan kita dapat tertutupi dan kemampuan kita akan semakin meningkat.

  1. Mengasah dan Mengembangkan Kemampuan Berbicara

Selanjutnya, kemampuan (skill) dalam belajar Bahasa Inggris yang harus selalu dikembangkan adalah kemampuan berbicara (speaking skill) dan mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.

Kunci dari mengasah kemampuan ini adalah kita terlebih dahulu harus memberi sugesti pada diri sendiri bahwa kita berani dan tidak takut mengucapkan kata dan kalimat Bahasa Inggris yang kita ketahui. Terus latih lidah dan mulut kita mengucapkan serangkaian kata dan kalimat Bahasa Inggris yang kita ketahui dan kenali.

Kunci kedua adalah apabila bertemu dengan penutur asli Bahasa Inggris, janganlah segan atau ragu untuk menyapa dan jangan takut salah. 99% penutur asli Bahasa Inggris akan memaklumi kesalahan kita dan akan mengoreksi dengan baik apabila kita melakukan kekeliruan.

  1. Jangan Pernah Takut Salah

Trik terakhir yang harus selalu kita tanamkan dalam diri ketika belajar Bahasa Inggris adalah: jangan pernah takut salah atau membuat kekeliruan.

Kesalahan atau kekeliruan, sebenarnya, bukanlah sesuatu yang harus dijadikan aib. Sebaliknya, membuat kekeliruan menandakan kita masih ada di jalur yang benar dan bahwa kekeliruan tersebut dapat selalu diperbaiki apabila kita mau terus belajar dan mengembangkan diri.

Demikian trik serta tips bagaimana kita dapat dengan efektif mempelajari Bahasa Inggris. Untuk teman-teman semua, selalu nyalakan semangat belajarnya, ya!