Ragam Ungkapan atau Frasa Memberikan Pendapat dalam Bahasa Inggris

Memberikan pendapat atau beropini (giving opinion or idea) merupakan aktivitas di mana seseorang memberikan pandangan atau ide pikirannya kepada orang lain tentang suatu hal yang bersifat subyektif berdasarkan nilai interpretasi, keyakinan, pengalaman, dan sudut pandang seseorang.

Sebuah opini dapat berasal dari diri kita sendiri (personal opinion or point of view) dan opini atau pendapat yang sifatnya umum (general point of view or opinion).

Picture by fauxels on Pexels

Kumpulan Contoh Frasa Memberikan Pendapat (Phrases for Giving Opinion, Idea, or Point of View) dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Artikel kali ini akan merangkum beberapa contoh frasa serta penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris apabila kita ingin memberikan pendapat kita terhadap suatu atau hal atau masalah.

  1. Personally, I think you should stick to what your father said and apply to the university of his choice.

(Secara pribadi, kupikir kau harus tetap mengikuti apa kata ayahmu dan mendaftar ke universitas pilihan beliau).

  1. In my opinion, it would be better for you if you start working part-time and save your money little by little.

(Menurut pendapatku, akan lebih baik bagimu apabila kau mulai bekerja paruh waktu dan menyimpan uangmu sedikit demi sedikit).

  1. In my view, Mrs. Baker’s action of firing her cashier staff was appropriate. He is a dishonest person and had dared to steal from his boss.

(Dalam pandanganku, tindakan Nyonya Baker memecat petugas kasirnya sudah tepat. Dia orang yang tidak jujur dan telah berani mencuri dari atasannya).

  1. I think that pastel green dress suits you the most. You look fresh wearing that.

(Kupikir gaun hijau pastel itu yang paling cocok denganmu. Kau terlihat segar mengenakannya).

  1. To my mind, getting married or not getting married is someone’s choice and we cannot force our will if they do not want to.

(Dalam hemat saya, menikah atau tidak menikah adalah pilihan seseorang dan kita tidak bisa memaksakan kehendak kita bila mereka tidak mau).

  1. I suppose it would be great for you and your daughter if you would sit down together with her and hear her opinion on what she wants to do after graduating high school.

(Saya rasa sangat bagus bagi Anda dan putri Anda apabila Anda mau duduk bersamanya dan mendengarkan pendapatnya tentang apa yang ingin putri Anda lakukan setelah lulus SMA).

  1. I really think that by giving her a little freedom to follow the extracurricular of her choice, Puspita will be happier and will love you even more.

(Saya sungguh berpikir bahwa dengan memberinya sedikit kebebasan untuk mengikuti ekstrakurikuler pilihannya, Puspita akan lebih berbahagia dan akan semakin sayang dengan Anda).

  1. From my perspective, buying a few acres of land will be a good investment for you and your wife in the future.

(Dari sudut pandang saya, membeli beberapa hektar tanah akan menjadi investasi yang bagus untuk Anda dan istri Anda di masa depan).

  1. Some people say that the current deputy mayor is actually better suited to be mayor.

(Beberapa orang mengatakan bahwa wakil walikota yang sekarang sebenarnya lebih cocok menjadi walikota).

  1. It goes without saying that yesterday’s demonstration was fruitless. Our aspirations will not be heard even in the slightest.

(Tak perlu dikatakan lagi bahwa demonstrasi yang diadakan kemarin itu takkan membuahkan hasil. Aspirasi kita takkan didengarkan barang sedikitpun).

  1. As far as I know, as a guidance and counseling teacher, Ms. Marina is a good teacher and she will listen to us patiently.

(Sejauh yang kuketahui, sebagai seorang guru bimbingan dan konseling, Ibu Marina adalah guru yang baik dan beliau akan mendengarkan kita dengan sabar).

  1. It is generally accepted that people’s main purpose for working is to fulfill their daily needs.

(Dapat diterima secara umum bahwa tujuan utama orang-orang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari).

  1. Frankly speaking, I am a little less amenable with your decision to send your child to boarding school.

(Terus terang saja, aku sedikit kurang setuju dengan keputusanmu mengirim anakmu ke sekolah asrama).

  1. I dare say that in 2 years, he will definitely object to the amount of work he has to do and will complain to our manager.

(Aku berani mengatakan bahwa dalam 2 tahun lagi, dia pasti akan keberatan dengan jumlah pekerjaan yang harus dia kerjakan dan akan mengadu kepada manajer kita).

  1. From what I see, the guilty parties in this matter are the aunt and the uncle of that child.

(Dari yang saya lihat, pihak yang bersalah dalam masalah ini adalah bibi dan paman dari anak tersebut).

  1. As for me, it would be better for us to gather all the people first and hold a vote on our issue.

(Kalau menurut saya, akan lebih baik bagi kita untuk mengumpulkan semua warga terlebih dahulu dan mengadakan pemungutan suara terkait permasalahan kita ini).

  1. I am no expert on this matter, but reflecting on the attitude of my parents, you should wait a while to let your wife’s anger fade.

(Aku bukan ahlinya dalam masalah ini, tapi berkaca dari sikap kedua orang tuaku, kau sebaiknya menunggu beberapa saat untuk membiarkan amarah istrimu meredup).

  1. I think it is reasonable to say that online shopping has become something intoxicating for some people out there.

(Kupikir beralasan mengatakan bahwa belanja daring telah menjadi sesuatu yang memabukkan bagi beberapa orang di luar sana).

  1. Not everyone will agree with me, but we should wait until tomorrow to work on this project, because it looks like the weather will not be good today.

(Tidak semuanya akan setuju denganku, tapi kita harus menunggu hingga besok untuk mengerjakan proyek ini, karena sepertinya cuaca akan menjadi tidak bagus hari ini).

  1. Know what I think? I think we should stand on her side because she is the innocent one in this case.

(Tahu apa yang kupikirkan? Kupikir kita harus berdiri di sisinya karena dialah pihak yang tidak bersalah dalam kasus ini).

Demikian 20 contoh frasa dan kalimat mengemukakan pendapat dalam Bahasa Inggris.