Tata Cara Melakukan Eksfoliasi untuk Wajah yang Lebih Sehat

Memiliki wajah yang sehat dan bersih dari segala macam permasalahan kulit adalah dambaan semua orang. Untuk itu, terciptalah suatu rutinitas yang dikenal dengan rutinitas perawatan kulit wajah (skincare routine) menggunakan langkah-langkah dan produk-produk tertentu.

Langkah-langkah perawatan kulit wajah berperan penting dalam membantu kita mendapatkan kulit wajah yang sehat. Salah satu langkah merawat kulit wajah yang perannya cukup besar untuk kesehatan kulit wajah adalah eksfoliasi.

A. Definisi Eskfoliasi, Jenisnya, dan Manfaatnya Bagi Wajah Kita

Eksfoliasi merupakan proses dimana kita mengelupas atau mengikis kotoran serta sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan atau lapisan terluar kulit wajah kita.

Tujuan dari eksfoliasi selain untuk mengangkat sel kulit mati adalah untuk meregenerasi sel kulit atau merangsang pertumbuhan sel-sel kulit wajah yang baru. Eksfoliasi dapat dilakukan 1 s/d 2 kali dalam seminggu.

Eksfoliasi wajah sendiri terbagi atas 2 jenis, yaitu:

  • Eksfoliasi secara fisik, yang dilakukan secara manual dengan mengikis atau menggosok permukaan wajah. Eksfoliasi secara fisik dapat dilakukan menggunakan scrub, spons, batu apung, atau sikat khusus.
  • Eksfoliasi secara kimia, yang dilakukan dengan bantuan zat aktif untuk mengelupas sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Zat-zat aktif yang dipergunakan antara lain: retinol, retinoid, asam alfa hidroksi (AHA), dan asam beta hidroksi (BHA).

Eksfoliasi wajah, apabila dilakukan dengan rutin, akan membawa manfaat yang baik untuk kulit wajah kita. Manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan eksfoliasi antara lain:

  • Kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori kulit akan terangkat.
  • Eksfoliasi dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah.
  • Eksfoliasi membantu meratakan warna kulit dan menghindarkan kulit wajah dari kekusaman.
  • Eksofilasi dapat menstimulasi kolagen untuk wajah yang lebih awet muda serta kenyal.
  • Eksfoliasi dapat membantu mengendalikan dan mengurangi produksi minyak wajah yang berlebihan.

B. Langkah-Langkah Melakukan Eksfoliasi dengan Tepat untuk Kulit Wajah yang Jauh Lebih Sehat

Setelah kita mengetahui apa itu eksfoliasi, jenis-jenis eksfoliasi, dan manfaat yang bisa didapatkan kulit wajah melalui eksfoliasi, di bawah ini akan dijabarkan langkah-langkah melakukan eksfoliasi wajah dengan tepat.

Gambar oleh No Revisions di Unsplash
  1. Kenali Terlebih Dahulu Jenis Kulit Kita

Sebelum kita mengeksfoliasi kulit, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah terlebih dahulu mengenali jenis kulit kita.

Pada umumnya, jenis kulit wajah manusia bisa berupa kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi (berminyak di area tertentu dan kering di area lainnya), dan kulit sensitif.

Dengan mengenal jenis kulit, kita akan bisa menentukan produk eksfoliator mana yang cocok dengan kulit wajah kita.

  1. Singkapkan atau Sibakkan Rambut ke Belakang

Nah, setelah kita mengetahui jenis kulit dan jenis eksfoliasi apa yang cocok dengan jenis kulit wajah kita, berikutnya adalah sibakkan atau singkapkan rambut ke bagian belakang kepala, terutama apabila kita memiliki poni.

Akan lebih baik lagi apabila kita mengikat rambut atau memakai bandana untuk menutup poni. Hal ini bertujuan agar poni dan rambut tidak menghalangi wajah dan mengganggu proses eksfoliasi.

  1. Membersihkan Wajah dengan Pembersih Wajah

Langkah ketiga untuk eksfoliasi yang dilakukan dengan benar dan tepat adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah sebelum eksfoliasi.

Tetapi, beberapa tahun belakangan ini tren pembersihan wajah ganda (double cleansing) sangat digandrungi dan diklaim memberikan manfaat lebih.

Kita bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan wajah menggunakan susu pembersih (milk cleanser) atau air misel (micellar water), yang kemudian diikuti dengan sabun wajah.

  1. Sesuaikan Jenis Eksfoliasi yang Cocok dengan Jenis Kulit Wajah

Langkah keempat melakukan eksfoliasi wajah dengan tepat adalah dengan menyesuaikan jenis kulit kita dengan jenis eksfoliasi yang sekiranya cocok. Untuk pemilik kulit normal, eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimiawi aman untuk diaplikasikan.

Untuk para pemilik kulit kering dan kulit sensitif, eksfoliasi yang disarankan adalah eksfoliasi kimia menggunakan zat-zat eksfoliator aktif. Untuk para pemilik kulit berminyak, eksfoliasi yang disarankan adalah eksfoliasi secara fisik menggunakan spons atau scrub.

Sementara itu, para pemilik kulit kombinasi dapat menggabungkan eksfoliasi fisik dan kimia sesuai dengan permasalahan kulit yang ada.

  1. Aplikasikan Produk Eksfoliator ke Wajah dengan Lembut

Setelah mengetahui dan menemukan produk eksfoliator yang cocok dengan kulit wajah dan sesuai dengan permasalahan kulit, langkah berikutnya adalah ambil produk eksfoliator secukupnya dan aplikasikan ke wajah dengan lembut.

Produk eksfoliator, terutama yang mengandung scrub, tidaklah lepas dari bahan kimia. Oleh karena itu, usapkanlah produk eksfoliator secara memutar dengan lembut ke seluruh bagian wajah kita.

Setelah eksfoliasi selesai, cucilah wajah dengan air. Jangan lupa untuk kembali meraba kulit wajah kita untuk memastikan tidak ada produk eksfoliator yang tersisa di wajah.

  1. Keringkan Wajah dengan Handuk atau Kain Usai Eksfoliasi

Setelah proses eksfoliasi selesai, langkah berikutnya yang kita lakukan adalah membersihkan wajah dengan handuk atau kain.

Ketika membersihkan wajah menggunakan handuk atau kain, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

  • Pastikan bahwa handuk atau kain yang akan kita gunakan untuk membersihkan wajah setelah eksfoliasi adalah handuk atau kain yang bersih.
  • Pastikan bahwa ketika membersihkan wajah yang sudah dieksfoliasi, permukaan handuk atau kain haruslah lembut dan tidak kasar.
  1. Gunakan Pelembab Wajah Setelah Eksfoliasi

Langkah ketujuh dalam mengeksfoliasi wajah dengan tepat dan benar adalah menggunakan pelembab wajah setelah eksfoliasi selesai dilakukan.

Beberapa produk eksfoliasi wajah memiliki bahan-bahan yang bisa membuat kulit kering setelah proses eksfoliasi selesai. Nah, dengan menggunakan pelembab, wajah akan kembali lembab dan ternutrisi.

  1. Menggunakan Tabir Surya Jika Eksfoliasi Dilakukan di Pagi Hari

Eksfoliasi merupakan perawatan yang dapat dilakukan baik saat pagi atau malam hari. Apabila eksfoliasi dilakukan di pagi hari, jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya setelahnya.

Hal ini karena tabir surya membantu mengatasi kulit wajah yang kemerahan akibat eksfoliasi.

  1. Jangan Mengaplikasikan Krim Anti Penuaan Ketika Selesai Eksfoliasi

Untuk mencegah terjadinya efek eksfoliasi ganda pada wajah, untuk sementara hentikan penggunaan krim anti penuaan pada wajah.

Selain untuk mencegah efek eksfoliasi ganda, hal ini juga bertujuan agar kulit pulih lebih cepat dan sel-sel kulit yang baru dapat tumbuh dengan maksimal.

 

Demikian langkah-langkah mengeksfoliasi kulit wajah dengan benar dan tepat.