10 Aplikasi Grid Foto Terbaik di Android

Sumber: Kerde Severin @pexels

Dalam dunia digital, keberadaan foto berperan sebagai daya tarik visual baik sebagai konten maupun kenangan yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Proses editing foto, termasuk salah satu yang sering dilakukan adalah grid foto, menjadi kebutuhan penting bagi berbagai kalangan, mulai desainer, kreator, bahkan orang awam yang sekedar ingin mengedit foto.

Dari tuntutan kebutuhan grid foto tersebut, hadirlah berbagai aplikasi untuk memudahkan grid foto. Berbagai aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store serta memiliki beragam fitur unggul yang khas. Hingga saat ini, jumlah aplikasi edit foto bahkan mencapai ratusan buah dan diprediksi akan terus meningkat!

Nah, berikut ini merupakan penjelasan tentang 10 aplikasi android terbaik untuk melakukan grid foto.

LAYOUT FROM INSTAGRAM

Layout from Instagram (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi yang seinduk dengan Instagram ini terkenal dengan kemudahan penggunaan, sederhana, namun tetap menghasilkan grid foto yang elegan. Karena ukuran memori yang kecil yaitu tidak melebihi 5MB, maka tidak mengherankan bahwa aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna!

Selain itu, fitur yang memang tersedia hanya berfokus pada layout atau grid foto sehingga aplikasi Layout from Instagram digunakan dengan tiga langkah saja: pilih foto, pilih layout, edit layout, dan simpan. Tentunya aplikasi yang dapat diunduh dari tautan ini juga dapat langsung dibagikan melalui Instagram, Facebook, dan berbagai media sosial lain.

FOTOR PHOTO EDITOR

Fotor (Sumber: Google Play Store)

Sesuai dengan namanya, Fotor merupakan aplikasi editor foto yang lengkap dimana salah satu fiturnya adalah membuat grid foto. Uniknya, layout grid yang ditawarkan pada aplikasi ini bisa didesain sesuka hati khususnya pada lebar border atau batas, bentuk ujung atau corner, hingga penambahan tulisan.

Ditunjang dengan fitur edit lain yang lebih beragam serta lebih dari 300 efek, Fotor pun dapat mewujudkan mimpi Anda untuk memperoleh penghasilan. Hal ini memungkinkan karena Fotor menyediakan platform penjualan foto. Adapun sarana untuk mengunduh aplikasi terdapat pada tautan ini.

PHOTO EDITOR BY BeFunky

BeFunky (Sumber: Google Play Store)

Telah rilis sejak tahun 2011, aplikasi besutan BeFunky INC ini telah menetap di hati banyak orang di seluruh penjuru dunia. Untuk fitur grid foto, aplikasi Photo Editor by BeFunky mampu menampung 9 foto dengan pilihan hiasan backgroud, stiker, dan ratusan font tersedia.

Hal menarik selama penggunaan aplikasi ini adalah suguhan tampilan yang menyejukkan pengguna berupa latar selaras dari foto yang sedang diedit namun hanya versi blur. Fitur editing foto yang ditawarkan pun terbilang sederhana namun unik. Untuk mengunduh aplikasi, Anda dapat memeriksa tautan ini.

RIBBET PHOTO EDITING SUITE

Ribbet (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi Ribbet merupakan salah satu aplikasi editing foto secara ciamik. Bagaimana tidak, aplikasi ini memiliki banyak fitur editor dimana terkenal dengan hasil estetik misalnya untuk mozaik, kolase, dan penumpukan berbagai foto yang berbeda khas menjadi satu secara padu.

Untuk fitur grid sendiri, aplikasi Ribbet memiliki keunggulan detail pada adjustments atau penyesuaian kecerahan antar foto. Aplikasi pun menyediakan keanggotaan Pro dengan manfaat lebih pada fitur clone dan curves. Untuk menjajal aplikasi, Anda dapat membuka tautan ini.

COLLAGE MAKER

Collage Maker (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi Collage Maker mengusung fitur khusus pembuatan grid foto dengan konsep brand berlatar warna solid tunggal. Meskipun pada awalnya dirasa memiliki tampilan sederhana, namun Collage Maker menawarkan fitur penunjang yang beragam. Misalnya ratusan background warna dan pattern, ratusan koleksi frame atau bingkai, hingga berbagai layout untuk grid.

Uniknya, aplikasi ini memiliki inovasi pada bentuk foto yang akan digrid. Artinya, foto dapat dicetak dalam shape tertentu kemudian baru dilakukan proses grid bersama foto lain. Penasaran? Lewat tautan ini, Anda dapat langsung mencoba Collage Maker.

ADOBE SPARK POST

Adobe Spark Post (Sumber: Dok. pribadi)

Sesuai dengan visinya, aplikasi Adobe Spark Post berfokus untuk keperluan desain grafis dan template untuk story. Aplikasi yang diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna ini pun diminati karena menyediakan elemen desain berkualitas tinggi, misalnya jutaan ikon serta ribuan template.

Aplikasi ini pun cocok untuk pembuatan grid foto yang orisinil dan diusung untuk branding mandiri. Tidak hanya itu, aplikasi ini terkenal dengan hasil grid foto yang tetap menonjolkan tulisan yang eye-catching. Bahkan aplikasi mampu melakukan resize, recolor, dan pengaturan layout secara otomatis ketika teks ditambahkan pada foto. Jika sudah mengunduh aplikasi ini, Anda dapat segera membuat grid foto yang diinginkan.

PicCollage – FUN PHOTO GRID & TEMPLATE MAKER

PicCollage (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda sangat menyukai kebebasan grid, Anda mungkin akan langsung jatuh cinta pada aplikasi PicCollage. Bagaimana tidak, aplikasi ini menyediakan kanvas kosong untuk diisi dengan foto sebanyak mungkin serta menyediakan fitur doodle, fitur pemotongan foto yang estetik dan unik, hingga ratusan background dan stiker.

Bukti kualitas aplikasi ini pun dapat dilihat dari hasil grid foto yang fleksibel untuk digunakan sebagai kartu ucapan, story, dan masih banyak lagi. Klik tautan ini jika Anda sudah tidak sabar untuk mengirimkan hadiah kartu digital berdesain indah untuk orang terdekat.

PHOTO GRID

Photo Grid (Sumber: Dok. pribadi)

Photo Grid merupakan aplikasi penyedia sarana grid dengan kelebihan khusus untuk fitur pembentuk scrapbook. Untuk penggunaan aplikasi tergolong sangat mudah dimana hanya tinggal memilih bentuk layout, background, border, serta pencahayaan dimana sama seperti mengedit 1 foto.

Tidak hanya itu, seluruh menu yang ada di halaman utama memiliki cara kerja serupa dimana mengarahkan pengguna untuk memilih gambar terlebih dahulu. Karena tampilan editor hampir mirip dengan editor foto bawaan dari kebanyakan ponsel, maka pengguna tidak akan mengalami kesulitan berarti selama membuat grid. Adapun pengunduhan aplikasi terdapat pada tautan ini.

SHAPE COLLAGE

Shape Collage (Sumber: Google Play Store)

Dari namanya, aplikasi ini identik dengan pembentukan grid menjadi suatu bentuk atau shape. Artinya, aplikasi tidak membatasi jumlah foto dan bentuk layout namun justru mengusung bentuk unik sebagai model grid. Terbukti, di dalam aplikasi Shape Collage terdapat berbagai kategori untuk mengelompokkan bentuk hasil akhir yang diinginkan.

Menariknya, grid yang dibentuk tidak terbatas pada foto melainkan bisa berupa kumpulan tulisan. Editan grid ini sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan banyak foto sekaligus dalam frame serta tidak terlalu mementingkan keindahan atau detail setiap foto karena akan terlihat lebih kecil saat digabung. Tertarik untuk mencoba? Jika iya, Anda dapat mengunjungi tautan ini.

MOLDIV

Moldiv (Sumber: Google Play Store)

Moldiv merupakan salah satu aplikasi ternama dengan dua fitur unggulan yaitu editor foto dan kamera selfie. Dibandingkan aplikasi lain, Moldiv memiliki nilai tambah pada fitur grid foto yang mudah diolah menjadi betntuk lain khususnya majalah, poster, hingga album bertema. Saat ini, Moldiv menjadi juara dalam menyediakan 100 pilihan tata letak bergaya majalah populer.

Dikombinasikan dengan kamera kecantikan Pro, pengguna akan menghasilkan grid foto khususnya berisi selfie berkualitas. Untuk bentuk kolase, Moldiv baru mampu menampung maksimal 9 foto. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda disarankan untuk memeriksa tautan ini.

Setelah mengetahui 10 aplikasi android untuk grid foto di atas, Anda diharapkan dapat langsung melakukan editing sesuai dengan kebutuhan dan selera. Selamat mencoba!