Aplikasi Buat Hack WiFi di Android

Image by vicky gharat from Pixabay

Wifi atau Wireless Fidelity merupakan sebuah sistem yang mana bisa menghubungkan suatu perangkat ke internet tanpa melalui kabel. Biasanya jaringan WiFi akan diamankan dengan berbagai macam sistem seperti penggunaan kata sandi, login menggunakan username dan password dan berbagai cara yang lainnya. Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang diizinkan oleh sang pemilik agar bisa mengakses jaringan tersebut.

Dalam dunia hacking, perilaku hacker paling sederhana mungkin melakukan hack jaringan WiFi. Siapa sih yang tidak mau mendapatkan koneksi internet bagus secara cuma-cuma? Jawaban paling umum pasti setiap orang menginginkan hal tersebut.

Bagi anda yang juga menginginkan untuk mendapat koneksi WiFi gratis, berikut ini ada beberapa aplikasi android yang bisa anda gunakan untuk hack WiFi.

WIFI WPS WPA Tester

Aplikasi pertama yang paling populer di Play Store untuk melakukan hack WiFi melalui smartphone android yaitu WIFI WPS WPA Tester. Aplikasi ini dikembangkan oleh Saniorgl SRL. Tujuan utama pembentukan aplikasi ini yaitu untuk menguji keamanan jaringan WiFi yang telah dibuat.

WIFI WPS WPA Tester biasanya digunakan untuk propes penetration testing dalam sebuah jaringan. Aplikasi ini akan menguji koneksi ke Access Point menggunakan PIN WPS. Beberapa algoritma yang digunakan untuk menguji koneksi ini di antaranya yaitu TrendNet, Dlink, Zhao, Dlink+1, FTE-xxx, Airocon Realtek, EasyBox, Arris, Arcadyan dan lain-lain.

Aplikasi WIFI WPS WPA Tester ini bisa digunakan untuk perangkat android dengan versi android 5.0 (Lollipop) atau yang berada di atasnya. Hal ini disebabkan karena versi android yang lebih rendah tidak bisa membaca WPS tanpa adanya izin dari root. Perlu diingat bahwa aplikasi ini bisa membuat anda terhubung ke WiFi yang dituju, tetapi anda tidak bisa mengetahui kata kunci atau sandi dari WiFi tersebut. [Download WIFI WPS WPA Tester]

WiFi Inspector

WiFi Inspector adalah aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk hack WiFi. Sebenarnya aplikasi ini ditujukan untuk memonitor jaringan WiFi. Bahkan aplikasi ini lebih khususnya ditujukan kepada para professional yang pakar di bidang keamanan WiFi. Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses aplikasi ini dan yang memiliki izin untuk mengendalikan jaringan.

Secara garis besar WiFi Inspector merupakan aplikasi untuk mengaudit keamanan WiFi dan bukan aplikasi peretasan . Untuk menggunakan aplikasi ini, izin akses root adalah sebuah keharusan. WiFi Inspect ini mirip dengan aplikasi lain seperti WiFi Kill dan NetCut akan tetapi dengan tampilan user interface (antarmuka pengguna) yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa banyak orang yang terhubung ke jaringan. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa IP mereka serta pada perangkat apa yang mereka gunakan. Jika anda merasa tidak berkenan dengan koneksi yang dibuat, anda bisa memblokir pengguna jaringan tidak berizin langsung melalui aplikasi Anda.

Hanya dalam hitungan detik dijamin Anda bisa mendapatkan daftar lengkap seluruh pengguna yang terhubung ke jaringan. Seluruh fungsi aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dipengaruhi oleh desain yang tak terlalu rumit.

WiFi Inspector tersedia dalam berbagai bahasa. Versi android paling lama juga masih bisa menggunakan aplikasi ini. Blokir semua jaringan yang tidak Anda inginkan. Jangan samapi orang lain menikmati hasil jerih payah anda tanpa sepengetahuan anda. [Download WiFi Inspector]

Fing

Fing merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menganalisis lebih banyak dalam jaringan yang anda miliki. Apabila anda memiliki masalah jaringan yang mulai lambat, jaringan yang mulai tidak aman, deteksi kamera tersembunyi di penginapan tempat anda menginap dan juga masalah kecepatan layanan internet, maka Fing adalah aplikasi yang bisa menjawab segala macam masalah anda.

Anda bisa mengidentifikasi perangkat apapun yang terhubung ke jaringan WiFi anda. Fing telah membuat paten untuk setiap teknologi dan produk router yang digunakan. Aplikasi ini membutuhkan akses root ke perangkat Android anda sebelum digunakan.

Hanya dalam hitungan detik anda bisa mengetahui penyebab jaringan internet yang mulai lemot. Meski ditujukan untuk para professional, aplikasi Fing sangat mudah digunakan oleh para analis keamanan. Tampilan antarmuka Fing cukup sederhana, intuitif dan lancar. Aplikasi ini mengizinkan anda untuk memblokir siapapun yang berusaha melakukan peretasan terhadap jaringan anda. [Download Fing]

WPS Connect

WPS Connect adalah aplikasi hack WiFi populer untuk smartphone Android yang dapat Anda instal. Dengan menginstall aplikasi ini di perangkat smartphone anda, anda bisa mulai bermain-main dengan jaringan yang berada di sekotar anda. Prinsip kerja dari WPS Connect ini yaitu menyerang router yang mengaktifkan protocol WPS.

Selain itu, Anda dapat fokus pada router Anda & memeriksa bahwa router yang anda miliki rentan terhadap serangan jahat atau tidak. Aplikasi peretasan WiFi ini membantu untuk meretas kata sandi WiFi tanpa root serta di sisi lain juga  memperkuat jaringan WiFi Anda. Aplikasi hacking WiFi WPS Connect ini sebenarnya menargetkan jaringan-jaringan yang mudah diserang dan cukup rentan dengan menggunakan beberapa kombo PIN default.

Setelah Anda mengidentifikasi jaringan yang kira-kira dapat diakses karena kondisinya cukup lemah, Anda bisa dengan cepat mendapatkan kata sandi dari jaringan WiFi tersebut dan mulai menggunakan koneksi internet melalui jaringan tersebut tanpa kesulitan. WPS Connect  menggunakan beberapa macam algoritma, di antaranya  seperti Zhao dan easyboxPIN.

Cukup disayangkan bahwa tidak semua handphone bisa kompatibel dengan aplikasi ini. Akan tetapi telah dilakukan percobaan pada beberapa perangkat android seperti seri Galaxy, Nexus dan lain-lain. [Download WPS Connect]

Reaver

Reaver for Android atau yang juga sering disebut sebagai RfA merupakan aplikasi hacking WiFi yang mudah digunakan oleh para pengguna smartphone android. RfA menyediakan Reaver GUI yang cukup sederhana untuk tampilan pada perangkat Android.

Reaver WiFi bekerja dengan cara melakukan pengiriman data. Pengiriman dengan dukungan mode monitor dapat diaktifkan atau dinonaktifkan kapan saja. Aplikasi Reaver WiFi Hacking memiliki kemampuan untuk mendeteksi router nirkabel yang diaktifkan oleh WPS sendiri. Segala macam pengaturan tersedia pada GUI Reaver.

Aplikasi peretas wifi ini meluncurkan serangan brute force terhadap PIN registrasi WPS dan memulihkan frasa sandi WPA / WPA2. Reaver telah diuji pada berbagai perangkat dan hasilnya Reaver dapat memperoleh frasa sandi WPA / WPA2 pada teks sasaran AP dalam 2-5 jam. Last but not least, Reaver untuk Android juga mendukung skrip eksternal jika ingin memberikan tambahan skrip. [Download Reaver]

Demikian tadi beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan hacking pada WiFi. Selalu ingat bahwa setiap aktifitas hacking biasanya memiliki tujuan khusus seperti untuk menguji ketahanan suatu sistem terhadap serangan. Akan lebih baik jika aktifitas hacking ini dilakukan untuk tujuan yang positif serta tidak digunakan untuk merugikan orang lain apalagi dalam kepentingan orang banyak. (AF)