Aplikasi Android Untuk Feed Instagram Lebih Menarik

Instagram merupakan salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna yang cukup banyak. Dilansir dari Hoot Suite bahwa pengguna instagram telah mencapai jumlah 1 Miliar lebih di seluruh dunia. Berbagai aktivitas dan kreasi dibagikan oleh banyak pihak mulai dari kehidupan pribadi, tips dan trik untuk hingga lahan berbisnis.

Merapikan Feed Instagram

Instagram yang berfokus pada fitur membagikan foto dan video ini, memang tidak menyediakan fasilitas untuk mengubah foto atau video yang sudah diunggah. Konten yang lebih dulu diunggah akan berada pada posisi paling bawah dari feed instagram. Tak jarang, banyak orang yang merapikan instagram mereka agar lebih tertata atau juga bisa terlihat lebih menarik.

Apalagi bagi para perfeksionis pasti ingin feed instagram milik mereka terlihat eye catching dan tidak berantakan.
Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat feed instagram rapi menjadi lebih mudah. Bahkan, ada juga yang bisa mengunggah secara otomatis pada jam-jam tertentu. Berikut ini beberapa aplikasi android yang bisa memudahkan anda untuk merapikan feed instagram.

Planoly

Aplikasi android ini bisa digunakan untuk mengatur dan merencanakan waktu pengunggahan konten sesuai dengan keinginan. Planoly dapat digunakan mengunggah foto dan video secara langsung dari memori HP, Google Drive, komputer, maupun Dropbox. Aplikasi yang juga bisa digunakan pada Pinterest ini, dapat mengatur feed instagram hanya dengan tarik dan geser foto dengan mudah.


Untuk bisa menggunakan Planoly, hanya perlu memastikan bahwa akun instagram yang digunakan adalah akun bisnis. Anda bisa mengunggah 30 foto per bulan untuk akun gratis. Selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk memantau aktivitas instastory yang diunggah. Jadi, anda dapat melihat traffic akun anda dari unggahan tersebut.


Untuk versi berbayar, tentu terdapat beberapa kelebihan. Di antaranya yaitu, dapat digunakan untuk mengatur beberapa akun secara bersamaan, terdapat fitur edit foto serta unggah foto lebih banyak dalam waktu satu bulan. Bila tertarik menggunakan versi ini, tarif yang diberikan sebesar $7 per bulan. [Download Planoly]

Preview

Aplikasi pihak ketiga lainnya yang bisa digunakan untuk merapikan feed instagram yaitu Preview. Tampilan antar-muka yang cukup sederhana membuat aplikasi ini lebih mudah digunakan. Preview tak hanya dapat diakses dengan perangkat Android anda, melainkan juga melalui desktop komputer.


Walau masih menggunakan akun gratis, anda sudah bisa menikmati fitur edit foto yang tersedia di dalamnya. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga didukung dengan berbagai tutorial editing. Dibandingkan aplikasi lain yang biasanya membatasi hanya bisa mengunggah 30 foto dalam waktu satu bulan, aplikasi ini mengizinkan anda untuk mengunggah foto dan video dalam jumlah yang tidak terbatas.


Untuk bisa menggunakan aplikasi ini dari 2 akun atau lebih, perlu menggunakan versi premium. Versi berbayarnya dipatok dengan tarif $8 tiap bulan. Sayagnya, aplikasi instagram planner ini tidak menyediakan fitur post instastory, analisis beranda hanya selama 7 hari terakhir, serta sekali anda menghapus secara manual post yang telah diunggah, maka aplikasi ini akan menghapus grid anda. [Download Preview]

Plann

Aplikasi yang pihak ketiga yang satu ini dapat memudahakan pengaturan akun anda. Tampilannya yang cukup sederhana, dapat memudahkan anda mengedit foto maupun video tanpa perlu menyaksikan tutotial terlebih dahulu. Apabila mrnginginkan foto lebih menarik, bisa mengintegrasikan Plann dengan Canva.
Versi gratis dari aplikasi ini berlaku selama 15 hari. Untuk berlangganan, Plann mengenakan biaya sebeasar $4 setiap bulan. [Download Plann]

UNUM

UNUM merupakan aplikasi tertua dibandingkan beberapa aplikasi edit feed instagram yang lainnya. Setelah mengunduh aplikasi ini, anda harus membuatnya terhubung dengan akun instagram anda. UNUM menyediakan 18 grid yang bisa menjadi referensi pengaturan feed instagram anda. Tersedia beberapa pilihan sumber data yang ingin diunggah, di antaranya yaitu memori HP, Pexels, Unsplash, Google Drive dan DropBox.


Aplikasi ini mampu mengunggah 500 foto per bulan disertai dengan fasilitas penggunaan 3 akun yang berbeda. Fitur edit foto juga telah tersedia dalam versi gratis. Anda dapat melihat bentuk feed instagram setelah mengunggah satu foto baru ataupun setelah menghapus salah satu foto dalam feed anda. Berbagai template instagram story yang tersedia juga cukup bagus dan layak untuk dipertimbangkan.


Namun, cukup disayangkan pada versi terbaru aplikasi ini terdapat banyak bug dan kecepatan sistem yang berkurang. Anda memerlukan aplikasi tambahan jika ingin melakukan unggah foto dan video secara otomatis. [Download UNUM]

Later

Later bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi dengan fitur terlengkap. Hanya dengan satu aplikasi ini, anda bisa merencanakan bentuk feed instagram yang diinginkan beserta jadwal untuk mengunggah konten tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas post instagram story yang memudahkan pengguna.


Foto dan video yang akan diunggah bisa berasal dari berbagai platform penyimpanan seperti memori HP, kamera, DropBox, Google Drive, Website maupun instagram. Fitur tambahan dari aplikasi ini yaitu adanya hashtag yang secara langsung bisa tertulis pada komentar pertama. Akun gratis memperoleh fasilitas unggah 30 konten setiap bulan. [Download Later]

Garny

Garny bisa disebut sebagai ‘Preview feed Instagram’, karena bentuk tampilannya yang tidak jauh beda dengan feed instagram aslinya. Bagi anda yang tidak terlalu suka dengan aplikasi yang memiliki banyak ‘hiasan’ pada tampilannya, Garny sangat cocok untuk anda. Aplikasi ini memberikan pilihan untuk terhubung ke akun instagram anda atau tidak.

Jika ingin melihat postingan anda yang terdahulu, maka perlu dihubungkan ke akun tersebut. Sebaliknya, jika menghubungkan ke akun instagram dinilai terlalu ribet maka langsung saja gunakan aplikasi tersebut tanpa login terlebih dahulu.


Aplikasi ini memiliki fitur untuk repost konten dari akun instagram lain disertai dengan kredit secara otomatis. Hanya perlu copy paste URL konten yang ingin diunggah ulang dan selanjutnya anda bisa menampilkan konten tersebut pada feed instagram anda. Selain itu, Garny adalah aplikasi gratis dan tidak berbayar sama sekali. [Download Garny]

Mengedit Foto dan Video

Selain feed instagram yang rapi, foto dan video yang menarik juga ikut menunjang estetika dari akun instagram anda. Terutama bagi para content creator dan pelaku bisnis yang membutuhkan peningkatan ketertarikan pengguna instagram lainnya untuk mengunjungi akun milik mereka. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto dan video.

VSCO

VSCO merupakan salah satu aplikasi edit foto yang cukup terkenal. Dengan aplikasi ini anda bisa mengubah tingkat kecerahan, kontras hingga ketajaman warna gambar secara custom. Aplikasi gratis ini juga menyediakan banyak filter yang membuat gambar lebih berkualitas. Tak hanya itu saja, VSCO juga menyediakan platform berbagi foto seperti instagram. [Download VSCO]

Snapseed

Sanpseed memiliki fitur yang cukup berbeda dibanding dengan aplikasi edit foto yang lainnya. Jika biasanya ketika kecerahan atau kontras foto diubah, maka keseluruhan warna foto juga ikut berubah. Dengan Snapseed, anda bisa mengubah bagian-bagian tertentu sesuai dengan keinginan. Selain itu objek yang tidak diinginkan dalam foto juga bisa dihilangkan dengan aplikasi gratis ini. [Download Snapseed]

Pixlr

Pixlr memungkinkan anda untuk membuat filter sendiri dan menyimpannya dalam daftar filter buatan anda. Sehingga, di lain waktu anda bisa menggunakan filter yang anda buat sendiri. Fitur yang tersedia juga cukup banyak, seperti pengaturan kecerahan dan kontras pada bagian tertentu, red eye fixer, dan sebagainya. [Download Pixlr]

Aplikasi Tambahan Lainnya

Bagi para pengguna instagram, juga terdapat beberapa aplikasi lain yang mampu menunjang konten anda. Instagram tidak menyediakan fasilitas untuk memantau akun anda secara rinci. Beberapa aplikasi ini dapat digunakan untuk menganalisa ketertarikan pengguna lain serta meningkatkan jumlah follower maupun like pada konten anda.

Photo by Cristian Dina from Pexels

1. Followers for Instagram
2. InstaTag
3. Get Instant Likes and Hashtags
4. Instagram Insights
5. Hootsuite Analytics
6. Iconosquare
7. Squarelovin
8. Union Metrics
Itulah tadi beberapa aplikasi yang tersedia di Android untuk membuat feed instagram semakin menarik. Selamat mencoba!