7 Aplikasi Untuk Record Screen di Android

Apakah Anda pernah butuh menunjukkan bukti ke orang lain tentang data di smartphone? Saat ini, hampir semua aktivitas bisa dilakukan di smartphone termasuk menyimpan data penting. Smartphone tidak hanya memudahkan Anda untuk mengirimkan dokumen namun juga untuk menunjukkan bukti percakapan, pembayaran, dan masih banyak lagi.

Bukti inilah yang dikenal dengan screenshot alias tangkapan layar. Memang screenshot merupakan bawaan dari smartphone, namun saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk record screen.

Konsep dari record screen dan screenshot pun hampir sama, yaitu untuk mengumpulkan bukti ataupun momen tertentu. Hanya saja, record screen berupa video sedangkan screenshot berupa gambar.

Nah berikut adalah aplikasi untuk record screen di Android terbaik yang bisa Anda coba:

AZ Screen Recorder – Video Recorder, Livestream 

AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi record screen terbaik yang siap membantu Anda untuk merekam layar smartphone kapan saja. Melalui aplikasi ini, Anda bisa merekam berbagai video, baik video tutorial, video calls, bermain game, ataupun video lain yang tidak bisa diunduh.

Aplikasi ini juga bisa merekam suara yang memang bawaan asli dari aplikasi tanpa terganggu notifikasi lain yang menyebabkan rekaman kurang jelas. Anda juga bisa memilih sendiri kualitas dari videonya, baik 1080p, 60FPS, ataupun 12 Mbps. Adanya pilihan ini menjadi keuntungan sendiri untuk Anda karena bisa menghemat memori smartphone. 

Bukan hanya itu, AZ Screen Recorder juga menawarkan fitur Facecam, di mana wajah Anda akan muncul sebagai ikon kecil ketika merekam layar. Setelah Anda selesai merekam layar, videonya pun bisa dipotong sesuai keinginan baik memotong bagian tengahnya ataupun mengubah formatnya menjadi GIF.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan AZ Screen Recorder untuk berbagi layar dengan pengguna lainnya melalui aplikasi Youtube, Facebook, ataupun Twitch. Bahkan Anda bisa menambahkan teks maupun gambar untuk membuat video terlihat semakin unik!

Selain bisa diunduh secara gratis, Anda bisa mengakses fitur premium dari AZ Screen Recorder dengan membayar sekitar Rp.45 ribu tiap bulannya.AZ Screen Recorder bisa diunduh kapan saja di sini.

Google Play Games

Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika aplikasi ini berfungsi untuk record screen ketika Anda bermain game. Bahkan Anda bisa membagikan momen bermain game kapan saja melalui sosial media sehingga teman akan tertarik untuk memainkan game tersebut.

Google Play Games juga menawarkan fitur menarik lainnya, seperti “Instant Play” yang berarti Anda tidak usah mengunduh beberapa game bawaan google seperti Solitaire, Minesweeper,Pac-Man, Snake, dan masih banyak lagi.

Melalui Google Play Games pula Anda bisa menyimpan game kapan saja ke Cloud sehingga game tersebut bisa diakses kapan saja melalui perangkat lain. Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan oleh Google Play Games ini gratis, lho!

Anda bisa mengunduh Google Play Games kapan saja di sini.

RecMe Screen Recorder

RecMe Screen Recorder adalah aplikasi berikutnya yang menawarkan fitur record screen tanpa batasan waktu, watermark, dengan kualitas video HD sehingga hasilnya pun terlihat lebih jelas. Anda juga bisa menggunakan kamera depan ataupun belakang ketika merekam layar.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan foto ataupun gambar pada rekaman layar tersebut untuk membuatnya lebih unik daripada aplikasi lainnya. Adanya fitur “Pause” pada aplikasi ini pun memudahkan Anda untuk berhenti merekam layar kapan saja sehingga durasinya tidak terlalu panjang.

Anda pun bisa menghemat pengeluaran mengingat semua fitur yang ditawarkan RecMe Free Screen Recorder ini bisa diakses secara gratis. Anda bisa mengunduhnya di sini

Vysor – Android Control on PC

Konsep Vysor memang lebih unik daripada aplikasi record screen di Android lainnya, di mana Anda bisa mengoperasikan berbagai aplikasi smartphon melalui kompoter. Melalui Vysor, Anda bisa mengakses berbagai aplikasi bahkan bermain game hanya dengan bantuan mouse serta keyboard.

Tidak heran jika banyak orang menggunakan Vysor untuk aplikasi karena pengoperasiannya yang jauh lebih sederhana daripada aplikasi lain. Bukan hanya itu, Anda juga bisa record screen maupun berbagi layar dengan teman hanya dalam hitungan detik, lho!

Untuk bisa mengakses semua fitur premium yang ditawarkan Vysor, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.30 ribu saja tiap bulannya, kok. Anda bisa mengunduh Vysor kapan saja di sini.

Screen Recorder – No Ads

Salah satu masalah yang sering ditemui ketika record screen adalah banyaknya iklan yang hanya mengganggu gambar utama. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi tentang hal ini karena developer Kimcy929 mengenalkan aplikasi record screen di Android tanpa iklan sama sekali.

Keunggulan Screen Recorder ini tentu saja tidak berhenti sampai di situ, di mana salah satunya Anda bisa memilih akan menyimpan hasil record screen di memori internal ataupun eksternal. Anda juga bisa menggunakan fitur Magic Button yang berfungsi untuk menghentikan ataupun memberi jeda pada rekaman sesuai kebutuhan

Setelahnya, Anda bisa mengedit hasil record screen dengan berbagai tools yang tersedia, baik untuk memotong video, menambahkan suara, logo, tulisan, gambar, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, namun untuk menggunakan fitur premium, Anda perlu membayar sekitar Rp.300 ribu.

Screen Recorder bisa Anda unduh di sini.

ScreenCam Screen Recorder

ScreenCam Screen Recorder adalah aplikasi terbaik untuk Anda yang ingin merekam layar tanpa gangguan iklan sama sekali. Selain itu, aplikasi ini juga berukuran kecil sehingga tidak akan menghabiskan memori smartphone.

Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh ScreenCam Screen Recorder, antara lain Anda bisa menentukan sendiri kecepatan videonya sehingga durasinya tidak terlalu lama dan mudah untuk dibagikan ke orang lain. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menentukan resolusi dari hasil rekaman layarnya, yang tentu saja semakin bagus resolusinya maka semakin besar pula ukuran dari video tersebut.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan semua fitur dari ScreenCam Screen Recorder ini secara gratis, lho! ScreenCam Screen Recorder bisa Anda unduh kapan saja di sini.

Twitch: Livestream Multiplayer Games & Esports

Belum lengkap rasanya kalau membicarakan aplikasi record screen terbaik tanpa kehadiran Twitch. Melalui Twitch, Anda bisa membagikan momen bermain game ataupun tips-tips game tertentu ke berbagai perangkat sekaligus, seperti Xbox One, Nintendo Switch, PS4, ataupun PC.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan langsung permainan dari gamers lainnya baik dari game PUBG, FIFA, LOL, Fortnite, dan masih banyak lagi. Bahkan Twitch juga sering menghadirkan acara bergengsi seperti live event dari berbagai kompetisi eSport ataupun konser musik yang membawa Anda seolah berada di lokasi tersebut.

Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan oleh Twitch ini bisa Anda akses secara gratis, lho! Twitch bisa Anda unduh di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan record screen setelah tahu aplikasi barusan? So, tunggu apalagi untuk mengunduh aplikasi record screen untuk kebutuhan di kemudian hari?