7 Aplikasi Untuk Bayi Baru Lahir Terbaik Untuk Memantau Perkembangan Buah Hati 

Kehadiran anak adalah momen yang ditunggu oleh orang tua manapun, terlebih jika orang tua tersebut sempat menunggu kehadiran anak sampai bertahun-tahun. Orang tua pun siap memberikan yang terbaik untuk perkembangan buah hatinya. 

Sayangnya, masih banyak orang tua yang belum paham betul bagaimana cara merawat bayi baru lahir yang nantinya bisa berpengaruh terhadap perkembangan mereka. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi tentang hal ini karena sekarang sudah banyak aplikasi untuk bayi baru lahir yang siap membantu memantau perkembangan anak dari hari pertamanya lahir ke dunia.

Nah berikut adalah aplikasi untuk bayi baru lahir terbaik yang bisa dipasang di smartphone Anda:

Cloud Baby Monitor

Ada tugas dadakan dari kantor menyebabkan Anda tidak bisa tidur bersama dengan buah hati? Tenang saja, Anda bisa mengandalkan Cloud Baby Monitor yang siap memantau pergerakan buah hati selama 24 jam penuh. Anda pun bisa berbicara langsung dengan anak melalui fitur video call sehingga anak tidak rewel ketika ditinggal bersama orang lain di rumah.

Adanya fitur Super Sensitive Audio memudahkan Anda untuk memantau anak bahkan sampai ke bunyi nafasnya. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Soothing Scenes yang secara otomatis akan membuat kamar anak nyaman dengan memutar berbagai lagu berirama lambat sehingga buah hati pun tidurnya bisa lebih nyenyak. 

Bukan hanya itu, Anda bisa tahu kapan buah hati menangis ataupun terbangun dari tidurnya melalui fitur Noise and Motion Alerts yang siap menangkap tiap pergerakan dan suara anak. Bahkan Anda bisa mengaktifkan fitur Multi Camera Mode sehingga bisa mengawasi anak dari banyak ruangan sekaligus.

Untuk mengakses semua fitur Cloud Baby Monitor, Anda perlu membayar sekitar Rp.70 ribu tiap bulannya. Anda bisa mengakses Cloud Baby Monitor secara gratis hanya di sini.

Baby Time: Parenting, Track, & Analysis

Menggunakan Baby Time sebagai aplikasi andalan untuk memantau perkembangan anak merupakan pilihan tepat mengingat banyaknya fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Salah satu fitur utamanya adalah untuk memantau perubahan fisik buah hati, mulai dari berat badan, panjang, serta besarnya kepala.

Anda pun bisa mengunggah foto buah hati sebanyak apapun yang dimau untuk mengingat omen spesialnya dari waktu ke waktu. Adanya fitur Musicbox pun memudahkan Anda untuk menidurkan anak di berbagai kesempatan tanpa anak rewel sama sekali.

Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan Baby Time bisa diakses secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Baby Time kapan saja hanya di sini

Sound Sleeper – White Noise

Anak susah tidur padahal sudah tengah malam? Tenang saja, ada Sound Sleeper yang punya banyak koleksi melodi yang siap membuat tidur anak semakin nyenyak kok! Sound Sleeper punya 3 fitur utama, yaitu Play Mode, Listen Mode, dan Tracking Mode dengan fungsi yang berbeda-beda.

Misalnya saja Anda bisa menggunakan fitur Play Mode untuk membuat buah hati semakin tenang ketika mulai tidur. Ada pula fitur Listen Mode yang siap memantau anak selama jam tidurnya, sehingga Anda tahu kapan anak mulai terbangun ataupun mulai menangis. Sedangkan fitur Sleep Tracking Mode akan memberitahu apakah jam tidur buah hati sudah tercukup atau belum. 

Kabar baiknya, semua fitur Sound Sleeper bisa diakses secara gratis tanpa terikat syarat apapun lho! Anda bisa mengunduh Sound Sleeper kapan saja secara gratis hanya di sini.

Tinybeans Family Photo Album & Baby Milestones App

Mau mengabadikan momen si kecil di berbagai kesempatan? Nah berarti Anda harus segera mengunduh Tinybeans, nih! Anda bisa mengunggah ratusan foto ataupun video buah hati ke Tinybeans yang nantinya bisa dibagikan ke berbagai sosial media ataupun aplikasi lainnya seperti yang diinginkan.

Tinybeans secara otomatis akan membuat Baby Journal sehingga Anda bisa memantau betul perkembangan anak dari waktu ke waktu. anda pun bisa menambahkan berbagai stiker, filter, ataupun teks di Family Photo Album untuk membuat album foto terlihat lebih menarik sekaligus anak.

Selain itu, Tinybeans sudah menjamin keamanan data sehingga foto anak ataupun keluarga Anda tidak akan disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Anda bisa mengunduh Tinybeans kapan saja secara gratis hanya di sini.

Baby Daybook – Newborn Tracker, Breastfeeding Log

Sama seperti namanya, Baby Daybook adalah aplikasi yang siap membantu Anda untuk memantau perkembangan bayi yang baru lahir – alias mulai dari usia 1 hari. Banyak fitur canggih yang ditawarkan Baby Daybook, misalnya saja Anda bisa mengetahui jam tidur anak melalui fitur Baby Sleep Tracker.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengetahui perubahan tubuh buah hati dari waktu ke waktu melalui fitur Baby Growth Tracker. Anda pun bisa menggunakan sticky notes untuk mencatat makanan apa saja yang sebaiknya diberikan untuk buah hati ataupun makanan apa yang disukai oleh mereka. 

Selain itu, Baby Daybook sudah dilengkapi dengan Reminder sehingga Anda tidak lupa mengganti popok anak ataupun memberinya makan. Menariknya lagi, semua fitur Baby Daybook bisa diakses secara gratis kapan saja tanpa syarat apapun, lho!

Anda bisa mengunduh Baby Daybook kapan saja hanya di sini.

Baby Gogo Parenting – Baby Care & Pregnancy Tips

Masih bingung apa saja yang harus diamati selama perkembangan anak? Tenang saja, ada Baby Gogo Parenting yang memberikan panduan lengkap tentang perkembangan anak dari lahir sampai usia sekolah kok!

Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan komunitasnya dan menanyakan apa saja berbagai permasalahan yang bisa dialami oleh anak seusianya. Selain itu, Baby Gogo Parenting juga menyediakan ratusan artikel yang membahas perkembangan anak mulai dari toilet training, MPASI, jadwal tidur anak yang ideal, dan masih banyak lagi. 

Menariknya lagi, Anda bisa mendapatkan berbagai artikel seputar kehamilan juga seperti berbagai mitos, tips traveling selama hamil, menghitung HPL, dan tentunya tips bermanfaat lainnya. Segala fitur yang ditawarkan Baby Gogo Parenting ini gratis, lho!

Anda bisa mengunduh Baby Gogo Parenting kapan saja hanya di sini.

Baby+ – Your Baby Tracker

Satu lagi aplikasi untuk bayi baru lahir yang tidak boleh terlewatkan adalah Baby+. Aplikasi ini menyediakan ratusan artikel yang siap membantu Anda untuk memahami perkembangan anak dari waktu ke waktu. Ada pula artikel serta video tentang cara menjadi orang tua yang ideal untuk perkembangan anak. 

Selain itu, Baby+ juga menyediakan fitur album foto sehingga memudahkan Anda untuk mengabadikan momen berharga anak dari bulan ke bulan. Anda juga bisa membuat Timelapse Video berdasarkan foto anak yang sudah diunggah ke aplikasi lalu membagikannya ke sosial media yang diinginkan.

Menariknya lagi, Baby+ juga bisa digunakan lebih dari 1 anak dalams ekali waktu lho! Anda bisa mengunduh Baby+ secara gratis kapan saja hanya di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan merawat buah hati yang baru lahir setelah penjelasan barusan? Semoga aplikasi untuk bayi baru lahir tersebut bisa membantu Anda untuk memantau perkembangan buah hati setiap saat, ya!