8 Aplikasi Untuk Belajar Hiragana dan Katakana

Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang paling digemari oleh banyak orang di dunia, termasuk orang Indonesia. Tidak heran jika banyak remaja maupun orang dewasa yang rela menghabiskan banyak uang untuk belajar bahasa unik satu ini. 

Mempelajari Bahasa Jepang pastinya tidak terlepas dari Hiragana dan Katakana yang merupakan kosakata asli Jepang. Butuh banyak latihan supaya Anda bisa paham betul tentang kedua kosakata ini yang berbeda.

Kabar baiknya, saat ini banyak aplikasi untuk belajar Hiragana dan Katakana yang memudahkan Anda untuk belajar Bahasa Jepang di mana saja karena aplikasi yang bisa dipasang di smartphone. Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk belajar Hiragana dan Katakana yang perlu Anda tahu:

Japanese Kanji Study

Masih bingung belajar Hiragana dan Katakana secara praktis? Tandanya Anda perlu mencoba Japanese Kanji Study yang memang menawarkan beragam fitur untuk memudahkan penggunanya memahami kosakata dan huruf Jepang. Tampilan Japanese Kanji Study terbilang interaktif sehingga membuat proses pembelajaran terasa semakin menyenangkan.

Banyak fitur gratis yang ditawarkan Japanese Kanji Study, misalnya saja ada Quick Kanji Lookup yang memudahkan Anda untuk mencari 6,000 huruf Kanji yang diinginkan. Aplikasi ini juga menginformasikan satu huruf Hiragana dan Katakana secara detail sehingga Anda tidak akan keliru lagi di kemudian hari. Tentunya Anda juga bisa tahu makna dari suatu Hiragana dan Katakana yang tidak tersedia di aplikasi lainnya.

Ada pula fitur Flashcard Study yang menampilkan animasi berupa kata apa saja yang pernah Anda cari. Anda pun bisa belajar menuliskan Hiragana dan Katakana melalui fitur ini. Jangan lupa untuk belajar melalui fitur Multi-Choice Quizzes yang menampilkan Hiragana dan Katakana dalam bentuk kalimat ataupun suatu cerita. 

Menariknya lagi, Anda bisa mengecek seberapa fasih vokal dalam berbicara Bahasa Jepang melalui fitur text-to-speech audio support, lho! Japanese Kanji Study bisa diunduh kapan saja secara gratis hanya di sini.

Obenkyo

Obenkyo adalah aplikasi untuk belajar Hiragana dan Katakana yang menyediakan lebih dari 2,300 Kanji dan terbagi menjadi 5 level. Selain itu, aplikasi ini menyediakan lebih dari 14,000 kosakata Jepang sehingga memudahkan Anda untuk memahami bahasa Jepang dengan durasi yang lebih cepat. 

Selain bisa belajar melalui flash card, Anda bisa belajar menuliskan huruf Hiragana dan Katakana lalu mendapatkan feedback langsung dari orang Jepang asli lho! Anda bisa mengunduh Obenkyo kapan saja scara gratis hanya di sini.

Kanji Study

Belajar Hiragana dan Katakana dengan Kanji Study merupakan pilihan yang tepat mengingat aplikasi ini menyediakan lebih dari 1,200 Kanji beserta terjemahannya dalam bahasa Cina dan Jepang. Materi yang tersedia di Kanji Study pun mudah dipahami karena aplikasi ini memang didesain untuk anak SD ataupun pemula yang belum pernah belajar Bahasa Jepang sama sekali.

Selain banyak kosakata yang tersedia, Anda bisa mengatur aplikasi untuk mengingatkan belajar Hiragana dan Katakana supaya hasilnya bisa terlihat dalam waktu singkat. Tentunya aplikasi ini juga siap mengoreksi pelafalan Bahasa Jepang Anda melalui fitur Text to Speech. Bahkan beberapa materi sudah dilengkapi dengan animasi sehingga membuat pembelajaran terasa semakin menyenangkan!

Anda bisa mengunduh Kanji Study kapan saja secara gratis hanya di sini.

Japanese Kanji Mnemonics

Berbeda dengan aplikasi untuk belajar Hiragana dan Katakana sebelumnya, Japanese Kanji Mnemonics hadir dengan ikon Dr.Moku yang siap menemani Anda belajar kapan saja. Aplikasi ini punya lebih dari 30 Kanji utama dan 75 Kanji tambahan yang sering ditemukan di berita ataupun cerita berbahasa Jepang.

Adanya fitur Hide and Flip memudahkan Anda untuk belajar Hiragana dan Katakana dengan beragam kuisnya. Bahkan beberapa Kanji hadir dalam bentuk animasi sehingga belajar Anda terasa lebih menyenangkan. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa Anda akses secara offline juga lho!

Tentunya semakin lama Anda belajar melalui Japanese Kanji Mnemonics maka semakin cepat pula Anda menguasai Bahasa Jepang. Anda bisa mengunduh Japanese Kanji Mnemonics secara gratis kapan saja hanya di sini.

Kana (Hiragana & Katakana)

Dari namanya saja sudah terbaca jika Kana adalah aplikasi yang berfokus pada pembelajaran Hiragana dan Katakana. Berbagai fiturnya pun memudahkan Anda untuk belajar bahasa Jepang, misalnya saja ada kuis dan flashcards. Kana pun secara berkala akan mengirimkan diagram yang merupakan hasil proses pembelajaran sehingga Anda bisa tahu progress beljar dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil tes kapan saja untuk mengetes pemahaman Hiragana dan Katakana yang membutuhkan banyak latihan. Tesnya pun terdiri dari 5 jenis sehingga tidak membuat Anda bosan ketika mengikutinya.

Semua fitur yang ada di Kana bisa Anda akses secara gratis kapan saja tanpa syarat apapun, lho anda bisa mengunduh Kana kapan saja hanya di sini.

Kanji Memory Hint 1 [English]

Mau belajar Hiragana dan Katakana sekaligus bermain game? Tandanya Anda harus memasang Kanji Memory Hint 1 di smartphone kesayangan nih! Banyak fitur unik yang ditawarkan aplikasi ini, misalnya saja berbagai huruf Kanji dan Katakana dalam bentuk gambar, suara, ataupun animasi sehingga memudahkan Anda untuk mengingat kosakata dan perbedaannya.

Menariknya lagi, Kanji Memory Hint 1 sudah dilengkapi dengan game sehingga membuat Anda tidak terasa belajar sama sekali karena gamenya yang interaktif. Anda pun akan lebih mudah memahami berbagai Hiragana dan Katakana karena adanya penjelasan singkat dari aplikais yang bisa diakses kapan saja. 

Kabar baiknya, semua fitur aplikais bisa Anda akses kapan saja secara gratis tanpa syarat apapun, lho! Anda bisa mengunduh Kanji Memory Hint 1 kapan saja hanya di sini.

Kana LS (Hiragana & Katakana)

Belum puas dengan aplikasi untuk belajar Hiragana dan Katakana yang disebutkan barusan? Tenang saja, masih ada Kana LS yang menawarkan berbagai fitur canggih dan membantu Anda untuk menguasai Bahasa Jepang dalam waktu singkat. 

Selain menyediakan ribuan kosakata Hiragana dan Katakana, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai tes sehingga Anda bisa tahu sejauh mana pemahaman tentang kedua kosakata ini. Menariknya lagi, aplikasi ini sudah tersedia dalam beberapa bahsa seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Perancis sehingga lebih mudah dipahami. 

Anda bisa mengunduh Kana LS kapan saja secara gratis hanya di sini.

Kana Town: Learn Japanese, Hiragana, & Katakana

Satu lagi aplikasi untuk belajar Hiragana dan Katakana yang tidak boleh dilewatkan adalah Kana Town. Dijamin belajar Bahasa Jepang lebih mudah dengan Kana Town karena Hiragana dan Katakana yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Ada pula kuis pilihan ganda yang mengetes pemahaman Anda tentang bahasa Jepang.

Menariknya lagi, Kana Town sudah dilengkapi dengan reminder sehingga Anda tetap ingat untuk belajar Bahasa Jepang setiap hari. Anda bisa mengunduh Kana Town kapan saja secara gratis hanya di sini 

Menarik kan aplikasi untuk belajar Hiragana dan Katakana yang disebutkan barusan? Yuk belajar Bahasa Jepang mulai dari sekarang!