Aplikasi untuk Kasir di Android

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Dewasa ini semakin banyak bermunculan franchise dan penggiat bisnis kuliner. Dengan menggeliatnya berbagai macam sector bisnis, membuat berbagai macam keperluan untuk menjalankan bisnis juga menjadi incaran. Tak terkecuali untuk mencatat hasil belanja dan juga total pembayaran yang biasa dilakukan oleh kasir.

Mesin kasir tentu saja bisa dianggap sebagai salah satu alat yang memudahkan proses tersebut. Mesin kasir yang sesungguhnya biasanya memiliki harga yang cukup tinggi. Sehingga, untuk para usahawan yang baru saja memulai bisnis agaknya memperhatikan modal yang harus dikeluarkan lebih besar jika harus menggunakan mesin kasir yang sesungguhnya.

Selain itu, mungkin anda juga sering mengalami masalah ketika keuntungan dan kerugian tidak sepadan. Rencana keuangan yang kacau atau pegawai yang kurang transparan. Hingga akhirnya anda hanya memperoleh kerugian semata.

Ada cara lain yang bisa menjadi alternatif solusi untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone android yang anda miliki. Dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini, anda bisa membuat kasir sendiri di smartphone android anda.

Woogigs POS

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk kasir di smartphone yaitu Woogigs POS. Aplikasi ini bisa mnecatat segala macam pengeluaran dan pemasukan dari tempat usaha anda. Segala macam bentuk harga dari produk yang anda jajakan, bisa disimpan dengan mudah menggunakan aplikasi Woogigs POS ini.

Woogigs POS dapat digunakan secara offline maupun online. Setiap data penjualan bisa anda akses menggunakan smartphone android ataupun versi website. Tak hanya itu saja, aplikasi ini bisa digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus. Sehingga sangat cocok bagi anda yang memiliki franchise dengan banyak cabang di berbagai tempat.

Anda bisa mengecek secara berkala inventaris yang masih tersisa, serta apa-apa saja yang harus disiapkan kembali stocknya. Pembayaran secara digital juga sudah tersedia di aplikasi Woogigs POS ini. Segala jenis usaha bisa dilayani menggunakan aplikasi ini. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa menghasilkan invoice, hasil pembayaran dan lain-lain.

Harga yang ditawarkan untuk berlangganganan Woogigs cukup terjangkau, bahkan bisa digunakan oleh pelaku bisnis usaha menengah. Anda juga bisa menikmati fitur percobaan selama 7 hari secara gratis. Woogigs POS sudah didownload lebih dari 1000 kali serta mendapat rate sebesar 4,8. Ukurannya hanya sebesar 10 M dan kompatibel dengan perangkat android versi 5.0 ke atas. [Download Woogigs POS]

Kipa POS

Kipa POS adalah aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan sebagai kasir melalui smartphone android. Aplikasi ini bisa diintegrasikan ke berbagai media menggunakan Bluetooth. Termasuk untuk media printing hasil belanja.

Anda bisa memasukkan segala macam harga barang yang anda jual, stok barang serta hasil transaksi menggunakan Kipa POS ini. Aplikasi Kipa POS sangat cocok untuk berbagai macam retail, F&B, salon, barbershop, dan macam-macam jenis yang lainnya. Anda juga bisa membuat lebih dari 18 jenis laporan keuangan menggunakan aplikasi ini dengan mudah dan cepat.

Kipa POS menerima segalam macam bentuk pembayaran dengan para customer. Aplikasi ini memiliki penyimpanan berbasis cloud, sehingga rekaman transaksi bisa lebih aman serta tidak memberatkan perangkat yang anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara bersamaan di beberapa outlet.

Aplikasi Kipa POS telah terinstall lebih dari 1000 pengguna dengan rating sebesar 4,6. Sangat mudah digunakan dan menggunakan Bahasa Indonesia. Kompatibel dengan android versi 5.0 ke atas serta memiliki ukuran sebesar 13M. [Download Kipa POS]

Olsera POS

Olsera POS merupakan aplikasi kasir dengan fitur terlengkap yang ada di Indonesia. Aplikasi ini akan memudahkan anda untuk mencatat setiap harga dan barang yang tersedia dalam bisnis anda. Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan adanya barcode scanner untuk bisnis toko ritel ataupun minimarket.

Olsera POS bisa berjalan dengan baik dengan atau tanpa adanya jaringan internet. Sehingga bisa digunakan secara online ataupun offline. Aplikasi ini mengizinkan anda untuk menggunakan beberapa toko ritel secara bersamaan serta mengelolanya dalam satu aplikasi ini. Anda bisa menggunakan dukungan beberapa perangkat printer secara bersamaan.

Tak hanya itu saja, berbagai metode pembayaran seperti menggunakan Go Pay, Ovo, kartu debit, kartu kredit dan lain-lain sudah bisa digunakan dengan aplikasi Olsera POS ini. Anda bisa membuat pembukuan hasil keuangan usaha anda dengan cara yang mudah. Bahkan jika memang terdapat fitur pengiriman pada usaha anda, aplikasi ini bisa menghitung secara otomatis beserta ongkos pengiriman.

Jika anda memiliki perangkat lain selain android, aplikasi ini bisa diintegrasikan antara versi android, iOS dan versi website. Hal ini memungkinkan anda untuk bisa memantau laporan termutakhir di mana saja dan kapan saja. Setiap transaksi yang anda busat akan termuat secara otomatis dalam aplikasi ini.

Olsera POS telah diinstall lebih dari 10.000 orang, dengan rating sebesar 4,8. Aplikasi ini tersedia dalam versi Bahasa Indonesia serta sangat mudah untuk digunakan. Kompatibel dengan perangkat android versi 4.1 ke atas denga besar  ukuran 35M. [Download Olsera POS]

HelloBill POS FnB

HelloBill POS FnB dapat mengubah bisnis anda menjadi lebih modern. Aplikasi ini dapat memantau setiap penjualan yang anda lakukan serta ketersediaan stock dari bisnis yang anda jalankan. Hanya dengan menggunakan perangkat kecil seperti smartphone dan tablet, maka anda sudah bisa menjalankan bisnis dengan mudah, cepat dan tepat.

Berbagai macam bisnis bisa anda jalankan dengan baik menggunakan aplikasi HelloBill POS FnB ini. Macam-macam bisnis, mulai dari restoran, fine dining, bar, food truck hingga barbershop bisa mengandalkan aplikasi HelloBill POS FnB. Anda juga bisa menyediakan menu kepada para pelanggan dengan mudah.

Aplikasi ini menyediakan berbagai hasil penjualan secara online, laporan keuntungan dan kerugian serta memudahkan pengecekan bahan baku atau stok barang. Jika pelanggan tak ingin mendapatkan hasil pembelian melalui bentuk cetak, maka anda juga bisa mengirimkannya melalui e-mail. Juga terdapat fitur absensi untuk setiap staff sehingga bisa memudahkan pemantauan melalui satu aplikasi saja. Terlebih lagi, anda juga bisa memberikan pengaturan diskon.

HelloBill POS FnB telah diinstall lebih dari 5000 pengguna serta memperoleh rating sebesar 4,8. Ukuran aplikasi ini sebesar 24M dan kompatibel dengan perangkat android versi 4.0 atau lebih. Fitur lengkap dari aplikasi ini bisa diakses dengan berlangganan. Namun, jika anda ingin mencobanya terlebih dahulu, versi trial juga tersedia secara gratis sehingga anda bisa menguji kemampuan aplikasi ini terlebih dahulu sebelum berlangganan. [Download HelloBill POS FnB]

Nah, demikian tadi beberapa aplikasi di smartphone android yang bisa digunakan sebagai kasir. Anda tak perlu lagi kesulitan mencatat segala macam hasil transaksi, menu ataupun membuat laporan keuangan. Mulailah beralih dari cara pembayaran yang konvensional serta membuat susunan keuangan yang lebih terstruktur untuk berbagai macam bisnis yang sedang anda jalankan menggunakan aplikasi di smartphone android anda. Selamat berbisnis! (af)