9 Aplikasi Belajar Anak Balita Terbaik di Android

Sumber: Andrea Piacquadio @Pexels

Masa balita menjadi momen yang ditunggu oleh banyak orang tua untuk mengajarkan proses belajar secara menyenangkan bagi anak mereka. Dengan bantuan teknologi informasi yang semakin maju, kini proses belajar atraktif dan asyik dapat dilakukan melalui aplikasi digital.

Kehadiran aplikasi untuk belajar bagi balita dapat ditemukan pada perangkat Android. Dari Google Play Store, setiap orang dapat langsung mengunduh aplikasi secara mudah. Android juga tergolong praktis karena mudah dibawa kemana-mana. Untuk balita, Anda dapat memilih aplikasi dengan label usia 5 tahun ke bawah.

Untuk mengetahui beragam aplikasi Andoid terbaik untuk belajar bagi balita, Anda dapat menyimak penjelasan aplikasi beserta fitur unggulannya sebagai berikut.

Baby Pandas’s Town: Life
Gambar Screenshot
Baby Panda’s Town: Life (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi Baby Panda’s Town: Life merupakan salah satu dari banyak jenis aplikasi belajar anak dengan tokoh utama seorang bayi panda ciptaan BabyBus. Aplikasi ini mengangkat konsep role-playing untuk anak dalam beragam aktivitas sesuai pekerjaan atau profesi. Di dalam aplikasi, anak bebas memilih gim sesuai peran yang diinginkan, misalnya mengatur toko makanan untuk koki, mengelola peternakan untuk peternak, dan masih banyak lagi.

Puluhan gim dan profesi ditampilkan dalam nuansa atau tema yang berbeda-beda. Anda bebas memilih satu dari belasan tema sehingga anak balita dapat mulai membayangkan keinginan pekerjaan mereka secara rinci. Selain melatih respon, anak balita juga dapat belajar mengenali bangunan atau lingkungan yang mungkin belum pernah dikunjungi secara langsung.

[Download aplikasi disini]

 

Kids Games Shapes for Toddlers
Screenshot Image
Kids Games Shapes for Toddlers (Sumber: Google Play Store)

Untuk mengenalkan berbagai jenis bentuk benda, Anda dapat mencoba aplikasi Kids Games Shapes for Toddlers. Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 5 juta kali ini menampilkan benda secara nyata dalam bentuk lingkaran, segitiga, oval, persegi, persegi panjang, dan belah ketupat.

Aplikasi ini terkenal dengan tampilan sederhana tetapi tetap mampu membuat anak senang belajar karena tidak terlalu banyak mengusung stimulus angka, huruf, serta audio. Anak balita pun akan cepat mengenali bentuk objek di sekitarnya setelah terbiasa belajar dari aplikasi ini.

[Download aplikasi disini]

 

Baby Games for 2,3,4 Years Old Toddlers
Screenshot Image
Baby Games for 2,3,4 Years Old Toddlers (Sumber: Google Play Store)

Jika ingin mengenalkan berbagai pelajaran dalam satu aplikasi yang terintegrasi, Anda disarankan untuk mengunduh Baby Games for 2,3,4 Years Old Toddlers. Dari aplikasi ini, anak balita dapat mempelajari warna dan bentuk serta melatih kemampuan motorik maupun kognitif lewat intruksi pada belasan permaianan yang bebas dipilih.

Aplikasi gratis dan bebas iklan ini hanya membolehkan orang dengan cukup umur untuk menyetel pengaturan permainan dan tautan eksternal. Artinya, aplikasi tetap menjaga keamanan balita selama bermain. Tidak hanya itu, aplikasi akan menunjukkan hint supaya anak tidak tersesat atau bingung ketika menjalankan permainan.

[Download aplikasi disini]

 

Kids Toddlers Learning Games – Babies first School
Gambar Screenshot
Kids Toddlers Learning Games (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi Kids Toddlers Learning Games menyajikan simulasi proses belajar di sekolah bagi balita. Di dalamnya, terdapat berbagai permainan mudah dimana beberapa objek ditampilkan dalam bentuk huruf dan angka sebagai pengenalan bentuk saja. Adapun permainan mudah yang dimaksud adalah membuat pola garis, menggeser objek, atau mengusap objek sesuai petunjuk.

Dengan aplikasi ini, balita akan belajar berbagai hal mulai dari konsentrasi, pengembangan memori, persepsi visual, koordinasi mata dan tangan, hingga pengetahuan dasar musik khususnya piano. Permainan di dalam aplikasi juga tidak menampilkan kalah atau menang melainkan pencapaian jumlah poin untuk memperoleh stiker sebanyak mungkin.

[Download aplikasi disini]

 

Baby Games – Piano, Baby Phone, First Words
Baby Games - Piano, Baby Phone, First Words - Apps on Google Play
Baby Games (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi Baby Games merupakan sarana melatih audio sekaligus hiburan lewat musik. Aplikasi ciptaan RV AppStudios ini menyediakan pengucapan berbagai objek dalam tampilan gambar yang menarik. Adapun objek yang dimaksud terbagi menjadi belasan kategori seperti tumbuhan, hewan, transportasi, dan lainnya.

Keunggulan aplikasi ini adalah pengenalan musik lewat simulasi belajar berbagai instrumen, seperti piano, gitar, drum, terompet, dan lain sebagainya. Balita pun dapat membedakan bunyi tangga nada dengan perbedaan warna pada instrumen musik. Selain itu, balita tetap dapat menikmati gim-gim kecil yang melatih koordinasi tangan dan mata.

[Download aplikasi disini]

 

LEGO DUPLO WORLD
LEGO® DUPLO® WORLD - Aplikasi di Google Play
Lego Duplo World (Sumber: Google Play Store)

Jika ingin melatih kreativitas balita, Anda sebaiknya mencoba aplikasi Lego Duplo World. Aplikasi pembelajaran dengan pendapatan kedua terbesar di Google Play ini menyandang kategori ‘Teacher Approved’ dimana direkomendasikan oleh guru dan pakar akademisi.

Lego Duplo World menyediakan permainan menyusun bata tiga dimensi, mempelajari matematika dasar lewat kereta angka, serta mengenal hewan dan tumbuhan lewat permainan berlatar bawah laut, petualangan, dan kebun binatang. Menariknya, aplikasi memiliki fitur Multi-Touch supaya anak dan orang tua bisa bermain bersama.

[Download aplikasi disini]

 

Sago Mini Friends
Sago Mini Friends - Apps on Google Play
Sago Mini Friends (Sumber: Google Play Store)

Untuk melatih rasa persahabatan dan empati pada balita, Anda dapat mencoba aplikasi Sago Mini Friends. Aplikasi ini mengenalkan teman bagi balita untuk melakukan belasan pilihan aktivitas permainan bersama. Teman bermain tersebut ialah lima pilihan karakter animasi yang disediakan oleh aplikasi.

Selain bermain dengan karakter dari aplikasi, permainan dapat dijalankan bersama dengan teman balita lain. Artinya, anak tetap dapat menjalin hubungan sosial sambil mengenali kecanggihan teknologi informasi lewat permainan dalam aplikasi yang tetap bisa dijalankan secara offline.

[Download aplikasi disini]

 

More Trucks by Duck Duck Moose
More Trucks by Duck Duck Moose - Apps on Google Play
More Trucks by Duck Duck Moose (Sumber: Google Play Store)

More Trucks merupakan salah satu aplikasi keluaran Duck Duck Moose, LLC yang mengusung tema truk. Balita dapat bermain sebagai pengendara truk pemadam api, truk balapan monster, truk crane, dan berbagai jenis truk lain. Setiap jenis truk akan dimainkan dalam bentuk permainan berbeda dimana mencantumkan intruksi khusus.

Aplikasi ini telah meraih beragam penghargaan, salah satunya adalah Children’s Technology Review Editor’s Choice Award. Selain itu, More Trucks juga dapat dijalankan secara gratis, bebas iklan, dan bebas program berbayar sehingga semakin diminati para orang tua.

[Download aplikasi disini]

 

Dinosaur Island: Games for Kids and Toddlers ages 3
Dinosaur games for kids and toddlers 2 4 years old APK 1.5.2 ...
Dinosaur Island (Sumber: Google Play Store)

Sesuai dengan namanya, Dinosaur Island merupakan aplikasi belajar dan bermain dengan tema dinosaurus. Aplikasi ini menyediakan permainan yang dapat dijalankan secara offline. Permainan pun terkadang akan sesuai dengan karakteristik asli dinosaurus, misalnya membantu Spinosaurus menangkap ikan sebagai makanannya.

Selain permainan, terdapat informasi atau penjelasan terkait dinosaurus yang dapat diceritakan kepada anak. Dari permainan ini, anak akan belajar untuk fokus, menajamkan daya ingat, serta melatih gerak motorik.

[Download aplikasi disini]

 

Saat ini, metode belajar sambil bermain kian dipilih sebagai cara yang menyenangkan dan tetap bermanfaat bagi balita. Anda pun dapat memilih aplikasi mana yang menyediakan topik belajar yang diinginkan dari rekomendasi 9 aplikasi di atas. Selamat bersenang-senang, ya!