8 Aplikasi Buat GIF di Android 

Bagi Anda yang sering chatting dengan teman,  pastilah sudah tidak asing lagi dengan istilah GIF. GIF adalah salah satu animasi sederhana yang bisa digunakan untuk beragam keperluan, baik untuk sekedar seru-seruan bersama teman bahkan untuk promosi bisnis sekalipun.

Saat ini banyak content creator yang menggunakan GIF untuk memasarkan bisnisnya karena bentuk dari GIF yang menarik dan mudah diingat orang. Membuat GIF pun tidak sesulit yang dibayangkan karena saat ini Anda bisa membuatnya melalui smartphone, lho!

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi buat GIF di Android yang bisa Anda coba: 

Tumblr 

Meskipun termasuk sosial media, bukan berarti Anda tidak bisa seru-seruan bermain GIF ketika mengunduh Tumblr lho! Justru Tumblr adalah tempat yang tepat untuk Anda pecinta GIF, di mana Anda bisa berbagi GIF kapan sja bersama teman tanpa batasan waktu maupun gambar.

Selain bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, melalui Tumblr lah Anda bisa bertemu dengan orang baru dan berbagi GIF ataupun belajar lebih lanjut tentang cara membuat GIF yang menarik. Bisa juga Anda berbagi cerita tentang hobi maupun hal lainnya yang menjadi kesukaan Anda bersama teman.

Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan oleh Tumblr bisa Anda akses secara gratis tanpa syarat apapun lho! Anda bisa mengunduh Tumblr kapan saja di sini

GIF Cam for Messenger

GIF Cam for Messenger adalah aplikasi buat GIF di Android selanjutnya yang penggunanya sudah mencapai angka ribuan karena fiturnya yang mudah untuk dioperasikan. Selain menggunakan GIF yang tersedia di aplikasi, Anda juga bisa membuat GIF sendiri dari gambar yang tersimpan di galeri, lho!

Satu hal yang membedakan GIF Cam for Messenger dengan aplikasi buat GIF di Android adalah Anda bisa membagikan GIF kreasi sendiri langsung di Messenger tanpa syarat apapun. Ukuran aplikasinya pun terbilang cukup kecil sehingga Anda tidak perlu khawatir jika memori smartphone akan penuh hanya karena mengunduh aplikasi ini.

Anda bia mengunduh GIF Cam for Messenger kapan saja di sini

Camera MX

Camera MX adalah salah satu aplikasi buat GIF di Android yang sudah diunduh lebih dari 20 juta kali di dunia. Melalui Camera MX, Anda bisa memilih sendiri format dari GIF sehingga tidak memenuhi memori smartphone.

Selama Anda mengubah foto menjadi GIF, Anda bisa menentukan sendiri berapa detik saja animasi yang diinginkan sehingga hasilnya tidak berlebihan ataupun kurang. Anda juga bisa menggunakan fitur kamera dari Camera MX yang hasilnya lebih mengesankan daripada kamera bawaan smartphone. 

Meskipun bisa diunduh secara gratis, untuk mengakses semua fitur dari Camera FX Anda perlu membayar sekitar Rp.30 ribu. Anda bisa mengunduh Camera MX kapan saja di sini.

 GIF Maker – GIF Editor 

Dari namanya saja sudah kelihatan jika GIF Maker adalah apliksi yang memang dirancang khusus untuk membantu Anda membuat GIF kapan saja yang dimau. Melalui aplikasi ini, Anda bisa memotong video dan membuatnya menjadi GIF agar ukurannya lebih kecil.

GIF Maker menyediakan lebih dari 100 sticker yang bisa Anda gunakan sehingga hasil akhir GIF pun terlihat lebih mengesankan daripada Anda menggunakan aplikasi lainnya. Anda pun bisa membagikan GIF kapan saja melalui sosial media hanya dengan sekali klik.

Melalui GIF Maker pula, Anda bisa tahu GIF apa saja yang sedang populer sehingga Anda tidak akan kehabisan ide ketika membuat GIF. Anda juga bisa mengubah ataupun menghapus background dari gambar yang akan dibuat menjadi GIF sehingga hasilnya memuaskan.

Untuk bisa mengakses semua fitur dari GIF Maker, Anda perlu membayar sekitar Rp.30 ribu saja kok! Anda bisa mengunduh GIF Maker kapan saja di sini.

Giphy: GIF & Sticker Keyboard & Maker

Giphy adalah aplikasi terbaik untuk Anda yang ingin mengirimkan ratusan GIF ke teman tanpa dikenai biaya apapun. Melalui Giphy, Anda juga bisa mengubah video berdurasi pendek dengan ukuran yang kecil sehingga memori smartphone pun tidak cepat penuh.

Selain membuat GIF, Anda juga bisa menggunakan berbagai emoji untuk chatting bersama teman. Menariknya lagi, Anda bisa mengubah foto selfie menjadi GIF personal hanya dalam hitungan detik, lho!

Anda bisa mengunduh Giphy kapan saja secara gratis di sini

Motion Stills

Apabila Anda belum puas dengan aplikasi buat GIF di Android yang disebutkan barusan, maka Anda perlu mencoba Motion Stills. Banyak orang yang mengandalkan Motion Stills untuk membuat GIF mengingat aplikasi buatan Google ini menawarkan ratusan fitur gratis yang siap memudahkan Anda untuk membuat GIF kapan saja.

Melalui Motion Stills, Anda bisa membuat GIF hanya dalam hitungan detik dengan mengunggah sendiri gambar yang diinginkan dari galeri. Bahkan Anda bisa menggabungkan beberapa GIF sekaligus untuk membuat suatu GIF terlihat lebih menarik, lho!

Tentunya Anda bisa membagikan hasil GIF ini kapan saja dengan mudah melalui berbagai sosial media yang diinginkan. Motion Stills bisa Anda unduh kapan saja di sini.

Pixel Animator: GIF Maker

Berbeda dengan aplikasi buat GIF di Android lainnya, Pixel Animator adalah aplikasi yang siap membantu Anda membuat GIF dalam bentuk pixels. Tentunya GIF pun akan terlihat lebih menarik karena sampai sekarang masih terbilang cukup jarang content creator yang membuat GIF berdasarkan pixel.

Meskipun terbilang jarang, membuat GIF melalui Pixel Animator juga tidak kalah mudahnya lho! Anda hanya perlu menggunakan Shape Tool yang berfungsi untuk mengubah format gambar menjadi GIF. Setelah GIF sudah jadi, Anda bisa membagikannya ke teman melalui sosial media ataupun aplikasi chatting yang diinginkan.

Selain itu, Anda bisa menggambar di aplikasi ini lalu mengubahnya menjadi GIF, lho! Anda pun bisa memilih akan menggunakan akun gratis atau berbayar, di mana Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.60 ribu untuk menikmati segala fiturnya tanpa batas.

Anda bisa mengunduh Pixel Animator di sini

GIF Me! Camera – GIF Maker

Satu lagi aplikasi buat GIF di Android yang tidak boleh dilewatkan adalah GIF Me! yang juga bisa diunduh secara gratis. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat GIF langsung dari foto yang diambil melalui kamera bawaan smartphone.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah video menjadi GIF dengan menentukan sendiri durasi dari GIF tersebut. Anda pun bisa membagikan GIF tersebut ke sosial media hanya dengan sekali klik maupun menyimpannya ke Google Drive supaya tidak mudah hilang.

Selain membuat GIF, Anda bisa membuat Stop Motion Video, Looped Videos, ataupun Wiggle tanpa dikenakan biaya sama sekali. Menariknya lagi, Anda bisa mengaplikasikan filter pada video ataupun foto yang diedit untuk membuatnya lebih menarik.

Anda bisa mengunduh GIF Me! kapan saja di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan membuat GIF setelah tahu aplikasi barusan? Yuk salurkan kreativitas Anda dengan membuat GIF melalui smartphone kesayangan!