6 Aplikasi Edit Foto Hitam Putih 

Fotografi adalah suatu bidang yang selalu berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Bisa dibilang setiap orang berhak dan bisa menjadi fotografer asalkan memiliki kamera yang mampu memotret berbagai objek di berbagai kesempatan. Harga kamera pun lebih beragam sehingga Anda bisa memilihnya sesuai budget.

Sebagian besar fotografer akan mengedit dulu fotonya sebelum diunggah ke sosial media agar warnanya lebih menarik daripada warna aslinya. Mengedit foto sekarang jauh lebih mudah karena bisa dilakukan di berbagai aplikasi smartphone, contohnya saja ada aplikasi edit foto hitam putih. 

Menariknya lagi, sebagian besar aplikasi edit foto hitam putih ini ditawarkan secara gratis sehingga Anda tidak usah memusingkan lagi biaya untuk edit foto lho! Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi edit foto hitam putih terbaik yang bisa Anda coba:

Black & White Photo Editor

Aplikasi satu ini sudah digunakan jutaan pengguna Android karena banyaknya fitur yang bisa digunakan untuk membuat foto hitam putih menjadi lebih menarik. Anda akan mendapatkan background hitam putih untuk setiap foto yang diunggah dan Anda bisa menentukan sendiri berapa banyak bagian foto yang akan diubah menjadi warna monokrom. 

Selain itu, Anda bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan maupun kontras foto sehingga Anda bisa lebih menyalurkan kreativitas dan tidak tergantung pada template yang ada. Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur editing lainnya berupa sticker ataupun berbagai jenis font yang bisa digunakan kapan saja secara gratis. 

Tentunya Anda bisa membagikan hasil foto yang sudah diedit di berbagai sosial media yang dimau ataupun sekedar mengirimkannya melalui email. Semua fitur yang ditawarkan pun bisa Anda akses secara gratis tanpa terbatas waktu maupun syarat apapun lho!

Anda bisa mengunduh Black & White Photo Editor kapan saja secara gratis hanya di sini.

Dramatic Black & White

Dramatic Black & White adalah salah satu aplikasi edit foto hitam putih terbaik yang menyediakan 3 jenis filter sekaligus, yaitu black & white classic, infrared photo modern, serta dramatic black & white high definition. Selain bisa menggunakan filter tersebut, Anda juga bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan ataupun kontrasnya sehingga membuat foto terlihat semakin menarik.

Tentunya Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya seperti spotlight ataupun grain and vignette untuk membuat foto dengan efek black and white ini semakin hidup. Resolusi foto pun sudah hadir dalam bentuk high resolution sehingga hasilnya tidak akan pecah ketika Anda unggah ke sosial media.

Menariknya lagi, Dramatic Black & White ini menawarkan berbagai fitur editing foto seperti undo/ redo, randomize button, quick presets, quick preview, cropping, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mengakses semua fitur aplikasi, Anda perlu membayar sekitar Rp.28 ribu saja kok!

Anda bisa mengunduh Dramatic Black & White secara gratis hanya di sini.

Hypocam

Hypocam bukan hanya membantu Anda untuk mengedit foto menjadi hitam putih, namun juga banyak fitur editing lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu fitur utama dari Hypocam adalah Shoot, di mana Anda bisa mengatur sendiri warna hitam dan putihnya sesuai keinginan.

Apabila Anda merasa warna hitam dan putihnya kurang kontras, Anda bisa kembali mengeditnya dengan fitur Edit sampai mendapatkan warna yang diinginkan. Ada pula fitur Be Inspired, di mana Anda bisa melihat foto hitam putih karya orang lain yang akan membuat Anda terus terinspirasi.

Untuk membagikan hasil foto yang sudah diedit pun terbilang mudah karena Anda hanya perlu memilih fitur Share. Pastikan jika Anda juga menyertakan #hypocam ketika mengunggah fotonya ke sosial media supaya bisa bertemu dengan fotografer lain yang tertarik dengan foto hitam putih. 

Kabar baiknya, hampir semua fitur yang ditawarkan Hypocam bisa Anda akses secara gratis tanpa syarat apapun lho! Anda bisa mengunduh Hypocam secara gratis kapan saja hanya di sini.

Black Cam – Black & White Camera

Dari namanya saja sudah kelihatan jika Black Cam adalah aplikasi yang akan membantu Anda untuk mengubah suatu foto menjadi hitam putih. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Black Cam, seperti tersedia banyak filter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain menggunakan filter, Anda bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan maupun kontrasnya untuk membuat foto semakin menarik. Anda juga bisa menambahkan efek film grain yang menambah kesan classy pada foto namun membuatnya terlihat lebih elegan daripada file mentahnya.

Foto yang sudah selesai diedit bisa Anda bagikan dengan mudah ke berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter ataupun sekedar dibagikan ke teman melalui email.  Black Cam menawarkan semua fiturnya secara gratis sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang biaya.

Anda bisa mengunduh Black Cam kapan saja secara gratis hanya di sini.

Black & White Camera

Aplikasi besutan Designveloper ini menarik perhatian banyak orang karena berbagai fiturnya yang mudah dipahami. Aplikasi ini menyediakan 4 filter bertema monochrome yang bisa Anda pilih sesuai keinginan ataupun objek foto yang diambil.

Setelah menggunakan filter yang ada, Anda bisa mengatur sendiri tingkat kontras serta kecerahannya sehingga hasil foto tidak terlalu gelap dan orang lain bisa melihatnya dengan jelas ketika foto tersebut diunggah ke sosial media. Tentunya aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur undo/redo sehingga Anda bisa mengembalikan kondisi foto seperti semula apabila hasilnya tidak sesuai yang diinginkan.

Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan Black & White Camera ini bisa Anda akses secara gratis dan hasilnya pun bisa dibagikan dalam hitungan detik ke berbagai sosial media yang diinginkan. Anda bisa mengunduh Black & White Camera kapan saja secara gratis hanya di sini

Arto: Black & White Photo

Satu lagi aplikasi edit foto hitam putih yang tidak boleh dilewatkan adalah Arto yang juga menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan Anda menyulap foto kesayangan menjadi hitam putih. Melalui Arto, Anda tidak usah repot lagi mengatur tingkat kecerahan maupun kontras foto karena Arto menyesuaikan filter black & whitenya berdasarkan foto yang diunggah ke aplikasi, dengan kata lain hasilnya pun lebih akurat.

Anda tidak perlu meragukan kualitas dari Arto karena aplikasi ini dikerjakan langsung oleh fotografer yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dan pastinya mengutamakan kualitas foto. Menariknya lagi, Anda bisa memilih resolusi dari foto yang sudah diedit seperti ukuran basic yang berkisar antara 800p, 1024p, ataupun 1280 p. Bisa juga Anda memilih ukuran original yang resolusinya cenderung lebih jelas daripada resolusi foto lainnya. 

Untuk bisa mengakses semua fitur dari Arto, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.29 ribu saja lho! Anda bisa mengunduh Arto kapan saja secara gratis hanya di sini

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan bagaimana caranya mengubah foto favorit menjadi hitam putih setelah tahu aplikasi barusan? Yuk salurkan kreativitas Anda melalui aplikasi edit foto hitam putih di smartphone kesayangan!