10 Aplikasi Untuk Freelancer di Android

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Apakah Anda seorang freelancer? Berbeda dengan pekerja kantoran, jadwal kerja freelancer biasanya berubah sesuai permintaan klien. Bahkan tidak jarang freelancer harus bergadang karena banyaknya deadline yang harus diselesaikan!

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak aplikasi smartphone yang memang dirancang khusus untuk freelancer. Dijamin bekerja sebagai freelancer pun akan terasa lebih mudah setelah Anda tahu aplikasi yang menjadi andalan banyak freelancer di seluruh dunia.

Nah berikut adalah aplikasi untuk freelancer di Android yang bisa Anda coba:

Dropbox: Cloud Storage to Backup, Sync, File Share 

Berbagai pekerjaan yang sudah diselesaikan adalah harta yang berharga untuk freelancer. Pekerjaan tersebut bisa menjadi bukti jika Anda memang berpengalaman dalam menyelesaikan berbagai projects yang pernah diberikan klien.

Selain mengandalkan flashdisk, Anda juga perlu untuk menyimpan file tersebut ke Dropbox. Melalui Dropbox, Anda bisa mengakses file yang diperlukan kapan saja bahkan ketika flashdisk ketinggalan.

File di Dropbox juga aman dari virus sehingga Anda tidak usah khawatir lagi jika file akan hilang karena alasan ini. Anda bisa mengunduh Dropbox di sini.

Tomo Wallet

Layaknya pekerja kantoran, freelancer juga perlu data keuangannya sehingga lebih bisa mengontrol keuangan. Tidak ada yang mau kan jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, terlebih jika masih banyak kebutuhan yang harus dibeli bulan depan?

Nah jangan khawatir karena ada Tomo Wallet yang siap membantu Anda untuk mencatat berbagai pengeluaran sehari-hari. Selain itu, Tomo Wallet juga akan menginformasikan tiap kali ada klien yang membayarkan fee sesuai perjanjian.

Privasi Anda pun terjaga dengan Tomo Wallet karena adanya fitur keamanan berupa Face ID serta sidik jari. Menariknya lagi, Tomo Wallet sudah tersedia dalam berbagai bahasa lho seperti bahasa Vietnam, Perancis, Jepang, dan Cina.

Anda bisa mengunduh Tomo Wallet di sini.

Springpad 

Springpad adalah salah satu aplikasi terbaik yang membantu Anda untuk mengingat hal penting yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Anda pun bisa mencatat buku favorit di aplikasi ini dan Springpad pun akan memberitahu jika ada diskon untuk buku tersebut.

Selain itu, Springpad juga akan mengingatkan Anda untuk beberapa janji yang sudah pernah dicatat sebelumnya. Hingga saat ini, pengguna Springpad sudah mencapai angka 10,000 lebih pengguna di dunia lho!

Anda bisa mengunduh Springpad di sini.

Proposify

Sebagai seorang freelancer, pastilah tidak terlepas dari mengirim proposal ketika melamar untuk klien baru. Menulis proposal pun bisa menjadi melelahkan terutama bagi Anda yang pengalaman freelancenya masih terbilang sedikit.

Namun tenang saja karena ada Proposify yang siap membuat proposal Anda terlihat lebih profesional daripada file mentahnya. Proposify akan membuat proposal menjadi lebih baru dengan grafik, serta beberapa point yang menjelaskan pengalaman serta kelebihan Anda.

Setelah proposal selesai dibuat Proposify, Anda bisa menyimpannya ke Google Drive supaya bisa diakses kapan saja dan tidak hilang. Anda juga bisa menggunakan Proposify untuk membuat proposal bersama rekan kerja lho!

Anda bisa mengunduh Proposify kapan saja di sini.

Gmail

Siapa sih yang tidak kenal dengan Gmail? Bisa dibilang Gmail adalah aplikasi wajib untuk siapapun karena memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain sekaligus mengirimkan pekerjaan.

Anda pun bisa menggunakan Google Drive untuk menyimpan ribuan file pekerjaan supaya tidak ada lagi file yang hilang karena alasan komputer maupun flashdisk rusak. Tentunya Anda juga bisa menggunakan Google Docs, Google Spreadsheets, ataupun Google Slides untuk membuat pekerjaan cepat selesai.

Jangan lupa jika masih ada Google Hangout yang memudahkan Anda untuk meeting dengan teman kantor kapan saja ya! Anda bisa mengunduh Gmail di sini.

Doodle

Kesulitan membagi waktu karena bekerja sebagai freelancer? Tenang saja, ada Doodle yang siap membantu Anda membagi waktu kok!

Doodle juga bisa digunakan untuk digunakan bersama banyak orang sekaligus sehingga akan memudahkan Anda untuk mengatur meeting ataupun janji liburan di kemudian hari. Bahkan Doodle siap menyarankan beberapa kegiatan yang cocok untuk dilakukan bersama teman lho!

Menariknya lagi, Doodle juga bisa diakses melalui website sehingga memudahkan Anda untuk mengaksesnya kapan dan di mana saja. Anda bisa mengunduh Doodle di sini

Wave

Wave adalah aplikasi tepat untuk Anda yang masih kesulitan untuk mengorganisir invoice dari klien. Melalui Wave, Anda bisa mendapatkan data tentang penerimaan invoice tanpa perlu lagi bertanya ke klien tentang invoice yang akan dikirim.

Selain itu, Waves juga bisa melacak pembayaran dan pengeluaran Anda pada bank tertentu sehingga pengeluaran serta pemasukan lebih seimbang. Data Anda pun dijamin aman karena tersimpan langsung di internet tanpa siapapun bisa mengaksesnya tanpa seijin pemilik.

Anda bisa mengunduh Wave di sini.

Pocket: Save. Read. Grow

Bagi Anda yang sering lupa untuk membaca artikel yang terlihat menarik, Pocket adalah aplikasi yang tepat. Pocket membantu Anda untuk menyimpan ribuan link artikel dari website apapun sehingga bisa Anda baca di lain waktu.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan Pocket untuk menyimpan link penting yang bisa menjadi bukti ilmiah untuk artikel Anda kelak lho! Menariknya lagi, Anda bisa mengunduh Pocket secara gratis dengan banyak fitur yang bermanfaat.

Anda bisa mengunduh Pocket di sini.

Freedom

Salah satu masalah yang sering dialami oleh freelancer adalah sering terganggu oleh berbagai distraksi sehingga membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan pekerjaan. Akibatnya, pola tidur pun jadi berantakan sehingga Anda cepat lelah untuk bekerja pada keesokan harinya.

Kehadiran Freedom di sini akan membantu Anda untuk meminimalisir yang datang dari smartphone, baik notifikasi sosial media ataupun chat dari teman. Anda juga bisa menggunakan Freedom di laptop lho!

Melalui Freedom, Anda bisa lebih fokus tentang apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu sehingga punya waktu lebih untuk bersantai. Freedom pun menyarankan Anda untuk menyisihkan waktu setidaknya 2,5 jam untuk fokus pada pekerjaan dengan memblokir distraksi dari teknologi.

Untuk mengakses semua fitur dari Freedom, Anda perlu membayar sekitar Rp.450 ribu. Anda bisa mengunduh Freedom di sini.

Evernote

Evernote adalah aplikasi terbaik yang siap mengingatkan Anda untuk meeting ataupun jani lainnya bersama klien. Dijamin klien akan terkesima dengan kedisiplinan Waktu Anda!

Anda juga bisa menggunakan Evernote untuk mencatat hal penting terkait pekerjaan ataupun hal-hal yang dibenci dan disuka klien sehingga hasil kerja pun lebih memuaskan. Bahkan Anda bisa menambahkan foto ataupun video tertentu pada catatan yang dibuat sebelumnya lho!

Bukan hanya itu, Anda bisa menggunakan Evernote untuk mengorganisir pengeluaran sehingga lebih terkontrol. Evernote bisa diunduh di sini.

Menarik kan aplikasi untuk freelancer di Android yang disebutkan barusan? So, tunggu apalagi untuk memulai kehidupan baru sebagai freelancer dan mendapatkan gaji yang cukup tiap bulan?