Aplikasi untuk Menulis di Android

Seseorang bisa mencurahkan ide dan pemikiran melalui beragam cara. Salah satu cara yang banyak digandrungi yaitu melalui tulisan. Para penulis bisa mencurahkan ide, fantasi dan harapan dalam rangkaian kata.

Beragam karya seperti puisi, novel, artikel, lirik, blog dan jenis-jenis tulisan lainnya merupakan hasil dari hati dan pikiran para penulis. Ide yang muncul dari para penulis ini seringkali tidak mengenal waktu atau tempat. Sehingga membutuhkan media yang bisa diakses setiap saat.

Image by Free-Photos from Pixabay

Kini, teknologi smartphone yang semakin canggih dapat menunjang hal tersebut. Tak perlu lagi mencari-cari kertas dan pensil untuk mencurahkan segala ide yang terlintas. Para penulis hanya perlu untuk menginstall beberapa aplikasi ini pada smartphone android mereka.

Bila anda harus segera menyelesaikan paper penelitian, artikel, jurnal dan berbagai pekerjaan yang membutuhkan dokumentasi dalam bentuk untaian kata, anda tak hanya bisa mengerjakannya melalui desktop PC saja, anda bisa memakai smartphone yang lebih praktis. Lantas, aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk menulis di android? Let’s check this out.

Microsoft Word

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk menulis yaitu Microsoft Word. Aplikasi ini berfokus pada pengolahan kata yang diciptakan oleh Microsoft. Versi desktopnya pasti sudah banyak digunakan oleh mayoritas orang. Kini, anda bisa menginstall Microsoft Word di smartphone android anda.

Dalam versi android, fasilitas yang diberikan cukup lengkap sebagaimana yang tersedia di versi desktop. Berbagai fitur pengolahan kata sederhana sudah tersedia dan menunjang proses penulisan anda. Microsoft Word memudahkan anda untuk menyimpan ide dalam tulisan yang nantinya juga bisa diakses melalui desktop.

Microsoft sebenarnya menyediakan paket bundle yang mengizinkan anda untuk mengakses seluruh bentuk pengolahan dokumen seperti word, excel dan powerpoint. Namun, apabila anda hanya membutuhkan aplikasi pengolah kata saja serta tak ingin membebani HP dengan install aplikasi yang terlalu berat, anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word yang tersedia secara terpisah. [Download Microsoft Word]

Character Story Planner 2

Character Story Planner 2 adalah aplikasi tepat bagi anda yang memiliki imajinasi cukup tinggi. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa membentuk berbagai macam karakter dalam cerita anda dengan kekuatan super, kastil, tongkat ajaib atau berbagai macam atribut yang lainnya. Anda bisa menciptakan background cerita yang luar biasa dengan menggunakan aplikasi ini.

Memang sekilas karakter yang tercipta dari aplikasi ini adalah karakter-karakter yang biasa kita jumpai di games peperangan. Akan tetapi bagi para novelis yang menyukai genre fiksi atau fiksi ilmiah bisa menggunakannya sebagai sumber ide. Anda bisa menciptakan dunia anda sendiri dengan Anda sebagai pengatur utama di dunia tersebut.

Sebagai tambahan, anda juga bisa membuat alur cerita, skenario dan berbagai macam kejadian dalam satu kemasan cerita yang apik. Aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis disertai dengan iklan yang hadir. Bagi para penulis low budget, aplikasi ini bisa menambah ataupun menjadi media yang tepat untuk menuangkan segala fantasi anda. [Download Character Story Planner 2]

Grammarly Keyboard

Grammarly adalah aplikasi yang bisa mengoreksi tata Bahasa Inggris dengan baik. Kini, juga telah hadir Grammarly Keyboard yang bisa anda gunakan sebagai keyboard sekaligus media untuk membenahi grammar dari tulisan anda jika ada yang kurang tepat. Dua fungsi dalam satu aplikasi yang sangat praktis.

Grammarly Keyboard cocok untuk digunakan pada esay, paper atau berbagai macam penelitian dalam Bahasa Inggris. Sehingga, anda bisa membuat tulisan tanpa ada kesalahan pada grammar meskipun kemampuan Bahasa Inggris belum cukup maksimal. Aplikasi ini bisa membenahi berbagai macam hal dasar kesalahan pada penulisan seperti koreksi tulisan yang salah ketik, pengejaan yang salah, pilihan kata yang salah pada grammar kalimat yang dituliskan dan sebagainya.

Grammarly Keyboard bisa anda unduh secara gratis di smartphone android anda. Saat tidak dibutuhkan, anda bisa menonaktifkan aplikasi Grammarly Keyboard ini. [Download Grammarly Keyboard]

Google Keep

Google Keep adalah aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menuangkan ide tulisan anda. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari Google yang biasanya sudah tersedia di beberapa smartphone android. Namun, jika tidak tersedia anda juga bisa mengunduhnya sendiri di Play Store.

Google Keep sebenarnya adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan catatan. Anda bisa menyimpan catatan dalam bentuk list maupun dalam bentuk kalimat panjang. Terdapat fitur reminder juga dalam aplikasi ini, sehingga anda bisa mengingatkan diri sendiri melalui ponsel jika ada agenda tertentu. Hal ini memungkinkan karena Google Keep telah terintegrasi dengan Google Calendar, Google Drive dan berbagai aplikasi Google lainnya. [Download Google Keep]

Novelist

Novelist adalah aplikasi untuk para novelis, seperti namanya. Aplikasi ini dikatakan sangat cocok untuk para novelis karena terdapat berbagai fasilitas yang menunjang pembentukan cerita yang baik. Anda bisa membentuk plot, alur cerita dan kisah yang runtut menggunakan aplikasi ini.

Google Drive sudah didukung pada aplikasi ini, sehingga anda tak perlu khawatir dengan media penyimpanan yang diberikan. Fasilitas penulisan yang diberikan juga cukup lengkap seperti preview seluruh cerita, serta sudah menyerupai Microsoft Word dengan tambahan fitur spesifik khusus milik Novelist saja.

Secara keseluruhan aplikasi Novelist bisa diakses dengan gratis. Tampilan antarmuka untuk para pengguna juga cukup menarik serta tidak membingungkan bagi para pengguna. [Download Novelist]

Evernote

Evernote adalah aplikasi yang bisa memudahkan berbagai pekerjaan penulis. Evernote menyediakan fasilitas untuk mengubah tulisan tangan menjadi bentuk diketik dengan sangat mudah. Anda bisa membuat berbagai macam artikel, catatan, memo, list dan beragam bentuk catatan yang lain dengan menggunakan Evernote.

Evernote bisa membantu anda untuk membuat pekerjaan lebih terorganisisr dan terkonsep. Sehingga anda bisa lebih mudah mencari atau menyisipkan dokumen maupun catatan lain ke dalam catatan yang sedang anda buat saat ini. Evernote bisa dikatakan sebagai sebuah buku digital baru yang bisa anda akses kapan saja dan di mana saja.

Evernote memiliki fitur reminder guna mengingatkan anda untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang masih tertunda. Beberapa fasilitas lain yang tersedia untuk memudahkan aktivitas sehari-hari anda seperti membuat jadwal berlibur, menyoroti artikel penting untuk penelitian, dan beberapa aktivitas lain bisa ditunjang dengan baik menggunakan aplikasi Evernote ini. [Download Evernote]

Diaro

Diaro adalah aplikasi menulis yang bisa dikatakan menyerupai buku harian (diary). Anda bisa menuliskan berbagai hal, kejadian, peristiwa dalam satu aplikasi ini saja. Diaro memiliki fungsi layaknya sebuah diary namun ditambah dengan berbagai fitur tambahan yang membuat  tampilan bisa lebih menarik.

Di dalam Diaro anda bisa menambahkan foto, grafik statistic dan tanggal dalam catatan anda. Tak hanya itu saja, aplikasi ini bisa melacak mood anda dari hal-hal yang anda tuliskan. Anda tak perlu khawatir atas keamanan data dan privasi yang telah anda tuliskan di dalam Diaro, karena Diaro menjamin keamanan data anda.

Diaro memungkinkan anda untuk mengubah catatan ke dalam bentuk PDF serta mengeskpor data anda ke dalam DropBox. Bila merasa terganggu dengan iklan yang bermunculan, anda bisa mengaktifkan fitur premium. [Download Diaro]

(AF)