Belajar Lebih Praktis dengan 9 Aplikasi Untuk Podcast di Android

Siapa sih yang tidak kenal dengan podcast? Nama podcast saat ini semakin populer karena banyaknya informasi yang bisa didapat dari sosial media ini. Bahkan banyak orang sudah punya podcast-nya sendiri untuk mengembangkan karirnya.

Layaknya sosial media lainnya, Anda bisa mengakses podcast di mana saja bahkan di smartphone sekalipun. Ada pula beberapa aplikasi yang memang dirancang untuk podcast, bagi yang hanya untuk mendengarkan ataupun mengembangkan channel podcast-nya.

Nah berikut adalah aplikasi untuk podcast di Android terbaik yang bisa Anda coba:

DoggCatcher Podcast Player

DoggCatcher adalah aplikasi podcast yang menawarkan lebih dari seribu channel podcast di seluruh dunia yang bisa Anda dengarkan kapan saja. Melalui DoggCatcher, Anda bisa mengunduh episode podcast favorit lalu mendengarkannya kapan saja secara online maupun offline.

Mencari podcast melalui DoggCatcher pun terbilang mudah karena chanel podcastnya yang sudah dikategorikan masing-masing. Ukuran DoggCatcher pun cukup kecil sehingga Anda tidak usa khawatir jika memori smartphone akan penuh karenanya.

Menariknya lagi, Anda bisa memilih tema light atau dark sesuai dengan suasana hati. Untuk bisa mengakses semua episode podcast, Anda perlu membayar sekitar Rp.45 ribu tiap bulannya.

DoggCatcher bisa diunduh kapan saja  di sini.

Spotify

Dikenal sebagai salah satu aplikasi musik terbesar, Spotify juga tidak mau ketinggalan menyediakan layanan podcast sejak tahun 2016 kemarin. Meskipun channel podcastnya yang belum terlalu banyak, kebanyakan orang cenderung memilih Spotify karena tampilannya yang mudah dipahami dan bisa diakses kapan saja secara online maupun offline.

Selain bisa diakses melalui aplikasi, Spotify juga bisa diakses melalui laptop, playstation, TV, ataupun disambungkan dengan speakers yang memang sudah dilengkapi koneksi bluetooth. Spotify juga selalu memberikan episode terbaru podcast sehingga Anda akan selalu update dengan informasi terbaru.

Untuk mengakses fitur premium Spotify, Anda perlu membayar sekitar Rp.150 ribu tiap bulannya. Anda bisa mengunduh Spotify di sini.

Anchor

Anchor adalah aplikasi yang berada di bawah naungan Spotify yang memudahkan Anda untuk membuat channel podcast dari nol. Keunggulan Anchor tentulah pada tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis, tanpa masa percobaan ataupun biaya bulanan. 

Melalui Anchor, Anda bisa merekam podcast di mana saja lalu mengeditnya dengan berbagai tools yang ditawarkan. Misalnya saja Anda bisa menambahkan musik, transisi, ataupun efek suara tertentu yang disediakan oleh Anchor ataupun dari file Anda sendiri.

Selain itu, Anchor juga siap membagikan rekaman podcast Anda di berbagai platforms, baik Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan masih banyak lagi. Bahkan Anda bisa mendapatkan bayaran dari jumlah orang yang mendengarkan podcast Anda!

Anchor bisa diunduh di sini.

Tune In

Tune In adalah aplikasi terbaik untuk Anda yang ingin selalu update tentang berita terkini dari seluruh negara. Tune In menawarkan berbagai berita dari channel yang memang terpercaya, seperti CNN, FOX, CNBC, dan masih banyak lagi.

Kevalidan data dari Tune In pun tidak perlu diragukan lagi mengingat aplikasi ini sudah menyediakan lebih dari 5,7 channel podcast dan lebih dari 100,000 channel radio yang tersebar di seluruh dunia. Selain podcast, Anda juga bisa mendengarkan musik dari artis favorit kapan saja, meskipun koneksi internet sedang kurang memadai.

Untuk mengakses semua fitur premium Tune In, Anda perlu membayar sekitar Rp.150 ribu tiap bulannya. Anda bisa mengunduh Tune In di sini.

Google Podcast

Belum lengkap rasanya jika membahas aplikasi podcast tanpa membahas Google Podcast. Aplikasi podcast milik Google ini menawarkan ribuan podcast yang bisa Anda dengarkan kapan saja tanpa dikenai biaya sepeser pun. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih sendiri episode mana yang ingin didengarkan sehingga informasi yang didapat dari podcast pun semakin banyak. Google Podcast juga bisa diakses melalui laptop, baik melalui websitenya ataupun aplikasi yang Anda unduh.

Google Podcast bisa diunduh kapan saja di sini.

Podcast Player & Podcast App – Castbox

Castbox adalah aplikasi podcast terbaik yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan lebih dari 2 juta episode yang diunduh oleh para penggunanya. Melalui Castbox, Anda bisa mencari channel podcast favorit lalu mengunduhnya sehingga bisa didengarkan kapan saja. 

Channel podcast yang ditawarkan Castbox pun sudah jutaan, baik podcast seputar musik, game, olahraga, teknologi, bisnis, ataupun sekedar talkshow. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan podcast dari aplikasi lainnya seperti Google Podcast, iHeart Radio, Spotify, Tunein, dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.30 ribu saja lho untuk mengakses semua fitur yang ditawarkan Castbox! Castbox bisa diunduh di sini

Podcast Addict

Seperti namanya, Podcast Addict adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk Anda yang sudah kecanduan dengan podcast. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 700 ribu podcast, 120 ribu radio, serta 20 ribu audiobooks yang bisa Anda dengarkan kapan saja secara gratis.

Podcast Addict ini juga menyediakan podcast dalam berbagai bahasa, seperti bahasa Cina, Perancis, Jerman, serta Italia. Melalui aplikasi inilah Anda bisa mendengarkan podcast dari aplikasi podcast lainnya seperti Soundcloud, iTunes, Apple Podcast, dan masih banyak lagi. 

Podcast Addict bisa diunduh di sini

Podcast Go

Podcast Go adalah aplikasi yang bisa didengarkan kapan dan di mana saja baik secara online maupun offline. Sampai saat ini, Podcast Go sudah menyediakan lebih dari 800,000 episode yang terbagi menjadi beberapa kategori baik komedi, musik, games, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Melalui Podcast Go, Anda bisa membuat sendiri playlist dari berbagai channel podcast favorit. Anda juga bisa mengunduh beberapa episode podcast dan menyimpannya di kartu memori sehingga memori smartphone tidak cepat penuh.

Untuk mengakses semua fitur dari Podcast Go, Anda perlu membayar sekitar Rp.30 ribu tiap bulannya. Anda bisa mengunduh Podcast Go di sini.

Pocket Casts – Podcast Player

Berbeda dengan aplikasi podcast lainnya, Pocket Casts adalah aplikasi yang menawarkan berbagai tema yang bisa Anda ganti kapan saja. Selain diakses melalui aplikasi, Pocket Casts juga bisa diakses melalui browser sehingga memudahkan Anda untuk mendengarkannya di setiap waktu.

Bukan hanya itu, Pocket Cast menawarkan fitur “Powerful Playback” sehingga Anda bisa mendengarkan kembali episode podcast yang sudah pernah didengarkan sebelumnya. Ada juga fitur  “Sleep Timer”, di mana Anda bisa mengatur sendiri durasi mendengarkan podcast sebelum tidur tanpa perlu khawatir smartphone akan kehabisan baterai keesokan harinya. 

Pocket Cast juga akan memberitahu tiap kali ada episode baru dari channel podcast favorit Anda ataupun channel podcast lain yang serupa, lho! Untuk bisa mengakses semua channel podcast yang disediakan Pocket Cast, Anda perlu membayar sekitar Rp.150 ribu tiap bulannya.

Pocket Cast bisa diunduh dengan mudah di sini.

Menarik kan aplikasi podcast untuk Android yang disebutkan barusan? So, tunggu apalagi untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dari podcast favorit?