Aplikasi untuk Kompres Video di Android

Photo by Bruno Cervera from Pexels

Apakah Anda mempunyai video dengan resolusi yang besar? Ingin upload video ke media sosial tapi terhambat karena ukuran? Memori handphone banyak yang terkuras habis karena file berbentuk video? Maka, kompres video adalah jawaban untuk berbagai masalah Anda.

Kompres video merupakan sebuah proses untuk mengurangi atau menurunkan ukuran dari file video yang dimiliki. Tujuan mengurangi ukuran file video ini ada bermacam-macam. Biasanya ketika ada kendala saat mengunggah video, hal ini disebabkan oleh ukuran video yang terlalu besar.

Ukuran video yang besar, bisa membuat proses upload cenderung lebih lama, memakan lebih banyak memori, serta untuk proses upload sendiri juga akan memakan kuota lebih besar. Sehingga, Anda perlu melakukan proses kompresi terlebih dahulu untuk file video Anda sebelum dibagikan.

Anda tak perlu risau, karena saat ini Anda sudah bisa melakukan proses kompres video dengan mudah di manapun dan kapanpun. Hanya perlu install beberapa aplikasi ini dan ukuran video Anda akan berubah menjadi lebih kecil. Inilah beberapa aplikasi di smartphone android yang bisa Anda gunakan.

VidCompact

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kompres video dari smartphone android yaitu VidCompact. Aplikasi dari tim VideoShow ini memang ditujukan untuk memangkas ukuran video agar lebih kecil dari ukuran awal. Walau ukuran video dipangkas, kualitas video tetap dipertahankan dengan kualitas terbaik.

Aplikasi ini selain bisa memangkas ukuran video menjadi lebih kecil, juga bisa mengubah bentuk atau format video ke jenis yang lain. Beberapa format file yang tersedia untuk penyimpanan lain dari video yang Anda miliki di antaranya yaitu AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, MOV dan format lainnya. Tersedia pilihan untuk Anda memilih jenis resolusi serta durasi hasil output video.

Fitur lain yang juga disediakan oleh aplikasi ini di antaranya yaitu pemangkasan video dan pemotongan klip. Bahkan, Anda juga bisa mengirimkan hasil video yang sudah jadi kepada orang lain secara langsung ataupun melalui media sosial seperti WhatsApp, Youtube, Twitter, Instagram dan Facebook. Aplikasi ini cukup sederhana dan sangat mudah untuk digunakan.

VidCompact tersedia dalam versi gratis dan versi pro untuk para pelanggan yang berlangganan. Berbagai fitur dasar dapat diakses secara gratis. Akan tetapi jika ingin menikmati seluruh fitur yang tersedia, maka harus mengaktifkan versi berbayarnya. [Download VidCompact]

Panda Video Compressor

Panda Video Compressor merupakan aplikasi tepat yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi ukuran video yang terlalu besar. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan kompres video dalam waktu singkat dan dengan cara yang sangat mudah. Kualitas video hasil kompres juga tidak memiliki perubahan secara drastis.

Anda juga bisa mengubah format penyimpanan video yang telah dibuat. Beberapa format video yang bisa Anda pilih di antaranya yaitu mp4, avi, flv, mkv, mpeg, 3gp dan berbagai jenis format yang lainnya. Selanjutnnya, Anda bisa membagikan video yang sudah dibuat ke berbagai macam platform seperti WhatsApp, Youtube dan saluran-saluran yang lainnya. Aplikasi ini juga sangat hemat data seluler. Meski sinyal internet Anda sedang kurang maksimal, kompresi video tetap bisa berjalan dengan lancar.

Aplikasi ini memungkinkan penyimpanan ke berbagai macam jenis penyimpanan. Salah satunya yaitu ke cloud. Anda bisa membebaskan memori handphone Anda dari isi yang semakin banyak dan penuh dengan melakukan kompresi video yang tersimpan. Selain itu, jika biasanya Anda mengalami masalah saat membagikan video melalui e-mail, maka dengan aplikasi ini Anda bisa mengirimkan video melalui email secara bebas.

Panda Video Compressor merupakan salah satu aplikasi komprehensif untuk mengubah ukuran dan mengurangi ukuran video dan film yang Anda miliki. Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 1000.000 kali oleh para pengguna, serta memiliki rating sebesar 4.7. Aplikasi ini kompatibel dengan android versi 4.4 ke atas dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yaitu sebesar 33M. [Download Panda Video Compressor]

Video Compressor

Aplikasi Video Compressor adalah aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan kompresi video pada smartphone android. Aplikasi dari MobileIdea Studio ini bisa digunakan untuk mengurangi ukuran video dan gambar yang Anda miliki dengan cepat dan mudah. Anda bisa mengosongkan sebagian tempat penyimpanan yang Anda miliki dengan cara ini.

Saat melakukan kompresi video, Anda bisa memilih untuk membuat kualitas video yang tinggi, sedang atau rendah. Setiap kualitas video memiliki ukuran hasil yang berbeda-beda. Dengan kualitas video yang paling rendah maka akan menghasilkan video dengan ukuran yang tidak terlalu besar juga.

Anda juga bisa memotong video atau mempercepat durasi video yang dimiliki dengan menggunakan aplikasi ini. Sebuah file video yang memiliki suara juga bisa diekstrak ke dalam bentuk MP3. Proses kompresi video juga tidak akan memakan waktu yang lama.

Video Compressor adalah aplikasi gratis dan sangat mudah untuk digunakan. Meski tersedia versi gratis, juga tersedia versi berbayar yang bisa Anda aktifkan jika ingin menikmati seluruh fitur yang tersedia serta menghilangkan iklan yang sering bermunculan dalam aplikasi ini. Ukuran aplikasi tidak terlalu besar, yaitu hanya 6.5 M serta kompatibel dengan android versi 6.0 ke atas. [Download Video Compressor]

Video Dieter 2

Video Dieter 2 adalah aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untu kompres video. Seperti namanya, aplikasi ini seakan-akan sebuah sistem yang bisa mengecilkan video dengan cara diet. Anda bisa mengubah ukuran video yang dimiliki menjadi lebih kecil dan bisa dibagikan ke berbagai platform dengan cara yang mudah.

Dengan menggunakan Video Dieter 2 ini, Anda bisa menyimpan kualitas video seperti kualitas awal hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil. Anda tak perlu mengorbankan kualitas video yang berkurang hanya untuk mengurangi ukuran video. Video tetap bisa dilihat dengan jelas walau telah melalui proses kompresi.

Fitur tambahan yang tersedia dalam aplikasi Video Dieter 2 ini, di antaranya yaitu Anda bisa memotong bagian video yang tidak diinginkan, menambah background music, menentukan resolusi dan kualitas video yang diinginkan, membuat video dipercepat dan berbagai macam fitur lainnya. Video Dieter 2 memiliki ukuran yang cukup kecil hanya sebesar 2.4M serta kompatibel dengan android versi 4.3 ke atas. Aplikasi ini telah diinstall sebanyak lebih dari 1000.000 pengguna serta memiliki rating sebesar 4.5. [Download Video Dieter 2]

Itulah tadi beberapa aplikasi yang tersedia di PlayStore untuk melakukan kompres video dengan menggunakan perangkat smartphone android yang Anda miliki. Kosongkan memori telfon Anda tanpa mengurangi berbagai macam item yang terdapat di dalamnya dengan melakukan kompres video. Anda juga bisa dengan mudah membagikan seluruh video Anda dengan kuota yang lebih hemat serta sesuai dengan berbagai macam platform dan media sosial yang Anda inginkan. (AF)