Menyusun Jadwal Harian Lebih Mudah dengan 6 Aplikasi Membuat Jurnal Berikut

Setiap orang pasti ingin segala rencananya bisa berjalan dengan lancar sehingga tidak ada kegiatan yang terbengkalai dan harus dikerjakan keesokan harinya. Meskipun kelihatannya mudah, Anda perlu merencanakan apa saja yang ingin dilakukan dalam sehari supaya tidak ada tugas yang terlewat dan hanya akan mengecewakan atasan ataupun rekan kerja.

Oleh sebab itulah Anda perlu membuat jurnal untuk memudahkan mengingat kegiatan apa saja yang penting ataupun ingin diselesaikan dalam sehari. Kabar baiknya, untuk membuat jurnal pun semakin mudah karena Anda bisa menggunakan aplikasi membuat jurnal yang bisa diunduh di smartphone. 

Nah berikut adalah aplikasi membuat jurnal terbaik di Android yang bisa dicoba: 

Daybook – Diary, Journal, Note

Daybook adalah salah satu aplikasi membuat jurnal terbaik yang siap membantu Anda untuk mencatat berbagai kegiatan, ide, ataupun berbagai kejadian yang dialami dalam sehari. Melalui Daybook lah Anda bisa tahu apa saja yang menjadi distraksi yang menyebabkan Anda terlalu lama dalam menyelesaikan suatu kegiatan. 

Menggunakan Daybook terbilang lebih mudah daripada aplikasi lainnya sehingga Daybook cocok digunakan untuk anak kecil hingga orang dewasa. Daya pribadi Anda pun terjamin kerahasiaannya sehingga tidak usah khawatir jika ada pihak yang tidak bertanggungjawab yang akan membobol data Anda.

Menariknya lagi, tiap data yang tersimpan di Daybook bisa diakses melalui aplikasi lainnya sehingga Anda bisa melanjutkan jurnal kapan dan di mana saja. Data pun akan rentan hilang karena Daybook secara otomatis akan melakukan backup data dalam kurun waktu tertentu. 

Untuk menggunakan fitur premium Daybook, Anda perlu membayar sekitar Rp.60 ribu tiap bulannya. Ada pula opsi membayar setahun sejumlah Rp.450 ribu dan pastinya jauh lebih hemat daripada membayar biaya bulanan.

Anda bisa mengunduh Daybook kapan saja secara gratis hanya di sini.

Daylio

Butuh aplikasi membuat jurnal dengan biaya yang murah? Tenang saja, Anda bisa menggunakan Daylio yang hanya menawarkan fitur premiumnya sekitar Rp.60 ribu saja.

Aplikasi yang sudah dikenalkan sejak tahun 2015 ini sudah digunakan lebih dari 10 juta orang dan angka penggunanya terus bertambah karena berbagai fiturnya yang mudah dipahami. Daylio bukan hanya berfungsi sebagai jurnal, namun juga sahabat Anda yang akan memberitahu perubahaan mood bahkan bisa juga untuk mengingatkan jadwal meditasi maupun makan. 

Segala mood serta aktivitas pun akan tercatat di kalender dan bisa Anda review kembali  dalam bentuk statistik. Statistik inilah yang membantu Anda untuk tetap bisa produktif sepanjang minggu dan bisa merealisasikan berbagai tujuan jangka pendek maupun panjang.

Selain itu, tampilan Daylio yang berwarna-warni membuatnya terlihat atraktif dan Anda pun tidak akan bosan ketika menggunakannya. Data Anda akan tersimpan secara otomatis di Cloud sehingga bisa diakses kapan saja dan bisa melalui aplikasi lainnya.

Menariknya lagi, hasil statistik Anda di Daylio bisa dicetak dalam bentuk PDF sehingga Anda akan terus termotivasi untuk melakukan berbagai kegiatan yang membantu tetap produktif. Anda bisa mengunduh Daylio kapan saja secara gratis hanya di sini.

Diary with Lock

Mau data Anda tetap terjaga rahasianya ketika membuat jurnal? Nah berarti Anda harus mencoba Diary With Lock yang menawarkan berbagai fitur premiumnya sekitar Rp.20 ribu saja.

Selain melindungi jurnal Anda, Diary with Lock juga dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Intruder Destruction. Melalui fitur ini, Anda bisa tahu siapa saja yang berusaha membuka aplikasi tanpa sepengetahuan Anda dengan memasukkan password yang keliru. Ada pula fitur Graph yang membantu Anda untuk memantau perubahan mood dari waktu ke waktu.

Anda pun bisa menentukan akan menggunakan password angka ataupun pola untuk membuat jurnal lebih aman dari jangkauan siapapun. Data Anda juga akan di-backup secara otomatis sehingga tidak usah khawatir jika data akan hilang sewaktu-waktu tanpa sepengetahuan. 

Tampilan dari Diary with Lock juga cukup atraktif sehingga Anda tidak akan bosan untuk membuat jurnal setiap harinya. Anda bisa mengunduh Diary with Lock kapan saja secara gratis hanya di sini.

Five Minute Journal

Seperti namanya, aplikasi ini siap memudahkan Anda untuk membuat jurnal hanya dalam waktu singkat – tepatnya hanya dalam kurun waktu 5 menit. Tidak heran jika aplikasi ini sudah jutaan kal diunduh karena cocok untuk digunakan oleh orang yang sibuk bekerja ataupun masih duduk di bangku sekolah. 

Five Minutes Journal Sudah dilengkapi dengan fitur Reminder yang siap mengingatkan Anda untuk selalu mengisi jurnal agar lebih mudah untuk memantau perkembangan diri dalam kurun waktu tertentu. Data Anda pun terjamin keamanannya karena ada fitur Passcode Protection, di mana Anda bisa mengatur password berupa pola tertentu maupun angka. 

Menariknya lagi, Anda bisa menambahkan banyak foto di jurnal sehingga tidak akan lupa tentang kenangan indah bersama seseorang. Untuk mengakses semua fitur dari Five Minutes Journal, Anda perlu membayar sekitar Rp.75 ribu.

Anda bisa mengunduh Five Minutes Journal kapan saja di sini

Diary Book – Journal with Lock Photos, Times

Diary Book besutan Lucidity Labs ini juga menjadi pilihan banyak orang karena beragam fiturnya yang mudah dipahami dan mudah untuk digunakan di berbagai kesempatan. Adanya fitur Rich Text membuat jurnal Anda semakin bervariasi karena bisa mengubah ukuran maupun warna huruf, memilih jenis tulisan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan 15 tema yang unik dan bisa Anda ganti kapan saja sesuai keinginan. Adanya fitur Night Mode pun membuat Anda lebih nyaman untuk menggunakan aplikasi ini kapan saja, terutama saat malam hari.

Selain itu, adanya fitur Calendar View memudahkan Anda untuk mereview kembali kegiatan serta perubahan mood dalam sebulan sehingga Anda bisa tahu apa saja yang menjadi distraksi ataupun motivasi. Ada juga fitur Daily Reminder yang siap mengingatkan Anda untuk selalu menulis agar lebih mudah untuk memantau perkembangan diri di kemudian hari.

Untuk bisa mengakses semua fitur Diary Book, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.75 ribu saja kok! Anda bisa mengunduh Diary Book kapan saja secara gratis hanya di sini

Diaro – Diary, Journal, Notes, Mood Tracker, Memoir

Satu lagi aplikasi membuat jurnal yang tidak boleh dilewatkan adalah Diaro. Melalui Diaro, Anda bisa memantau perubahan mood dalam sehari melalui statistik yang ada.

Selain data Anda yang terlindungi rahasianya, Diaro juga tersedia dalam 30 bahasa yang memudahkan penggunanya untuk menggunakan aplikasi ini di berbagai kesempatan. Diaro juga menyediakan beragam tema yang bisa Anda ganti kapans aja supaya tidak cepat bosan.

Data yang tersimpan pada Diaro pun akan di-backup secara otomatis sehingga Anda tidak usah khawatir jika data akan hilang sekalipun lupa untuk menyimpannya. Anda juga bisa membagikan jurnal pribadi kepada orang lain melalui sosial media maupun aplikasi lainnya sesuai kebutuhan.

Tentunya Diaro juga menawarkan berbagai fitur premium yang bisa Anda akses kapan saja secara bebas setelah membayar sekitar Rp.75 ribu. Anda bisa mengunduh Diaro kapan saja secara gratis hanya di sini

Pastinya sudah tidak ada alasan untuk kesulitan membuat jurnal setelah tahu aplikasi barusan kan? So, tunggu apalagi untuk menggunakan aplikasi pilihan Anda dan membuat jadwal harian lebih teratur?