Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | 9 Aplikasi Android Terbaik Untuk Arsitek

App, # android app, aplikasi arsitek,
Sumber: Lex Photography @Pexels

Pernahkah Anda mengamati pembangunan gedung yang kokoh, berdesain apik, dan unik di muka bumi ini?

Ya, di balik semua bangunan yang memikat mata tentu terdapat peran arsitek untuk merealisasikan bangunan tersebut. Dengan tugas yang kompleks dan beragam, para arsitek pun akan membutuhkan tools digital untuk mempercepat kerja mereka.

Salah satu solusi untuk para arsitek hadir dalam bentuk aplikasi Android. Tidak hanya mudah dibawa kemana saja, berbagai aplikasi canggih pada Play Store juga memiliki beragam fitur menarik yang meningkatkan performa kerja. Dengan kemudahan untuk mengunduh, para arsitek pun dapat memilih aplikasi sesuka hati dan sesuai kebutuhan kerja.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai 9 aplikasi Android terbaik untuk para arsitek.

iHandy Level Free

iHandy Level Free (Sumber: Google Play Store)

Tidak hanya aktivitas terkait desain dan hitungan, arsitek pun kerap melakukan pengukuran ketinggian pada suatu permukaan. Kebutuhan ini dapat dipenuhi melalui aplikasi iHandy Level Free. Aplikasi ini merupakan salah satu dari lima aplikasi atau toolkit iHandy Carpenter.

Keunggulan iHandy Level Free terletak pada fitur kalibrasi yang beroperasi optimal sehingga dapat melakukan pengukuran secara akurat. Hasil pengukuran ditampilkan secara digital dimana memuat sudut dalam satuan derajat dari posisi horisontal.

[Download iHandy Level Free disini]

 

BIMx – BIM eXplorer

BIMx (Sumber: Google Play Store)

BIMx merupakan aplikasi proyek khusus untuk menghubungkan studio desain dengan situs konstruksi melalui berbagai jenis visualisasi. Hal ini dapat dilakukan melalui fitur konten BIM yang meliputi akses untuk pemodelan 3D, gambar konstruksi, hingga informasi ruang. Untuk navigasi proyek antara bentuk 2D dan 3D, aplikasi sudah menerapkan teknologi hypermodel yang kekinian.

Dengan BIMx, arsitek dapat menyajikan gambar sesuai kebutuhan proyek. Misalnya terdapat fitur untuk memudahkan presentasi gambar untuk kontraktor maupun desainer hanya dengan usapan jari. Selain itu, aplikasi juga kompatibel dengan Google Cardboard VR untuk tampilan proyek supaya lebih nyata.

[Download BIMx disini]

 

magicplan – 2D/3D Floor Plans & AR Measurement

magicplan (Sumber: Google Play Store)

Jika ingin menerapkan teknologi AR di bidang arsitektur, Anda akan menyukai aplikasi magicplan. Bagaimana tidak, hanya dengan mengarahkan kamera pada lantai saja, pengguna akan mendapati blueprint atau model lantai ruangan dalam sekejap. Model ini dilengkapi dengan statistik kondisi ruangan, misalnya jarak, permukaan, dan objek di sekitarnya.

Selain hanya memodelkan, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendesain rancangan lantai serta objek penunjang. Hal ini dapat dilakukan dengan menguggah foto dari perangkat maupun menambahkan catatan terkait objek yang dirancang. Bahkan aplikasi menyediakan daftar harga material untuk memperkirakan biaya proyek.

[Download magicplan disini]

 

Planimeter

Planimeter (Sumber: Google Play Store)

Planimeter merupakan aplikasi penyedia peta beserta tool pengukuran untuk berbagai aspek kebutuhan proyek. Berbagai aspek yang dapat diukur antara lain ialah perimeter, jarak, luas, sudut, bearing, dan lain sebagainya. Hasil pengukuran pun dapat ditampilkan sesuai dengan satuan yang dipilih.

Keunikan aplikasi ini adalah integrasi dengan GPS untuk menunjukkan koordinat lokasi proyek. Pengukuran wilayah pun tetap dapat dilakukan dengan cara berjalan kaki. Untuk menikmati keuntungan tambahan seperti ekspor cepat ke Google Earth dan simpan bookmark Google Map, pengguna akan dikenakan biaya tambahan.

[Download planimeter disini]

 

ArchiSnapper 5

ArchiSnapper 5 (Sumber: Google Play Store)

Laporan lapangan proyek tentu menjadi bagian dari tugas arsitek. Untuk memudahkan pembuatan laporan lapangan proyek, ArchiSnapper 5 hadir untuk menyenangkan hati para arsitek. Di dalamnya terdapat fitur elemen laporan proyek secara umum berupa daftar yang memuat penandaan floor plan sebagai evaluasi proyek, status proyek, status gambar-gambar terkait, hingga kontak pekerja sesuai dengan tugasnya dalam proyek.

ArchiSnapper 5 memiliki keunggulan pada penyediaan format laporan, misalnya form isian objek pada proyek secara lengkap. Misalnya, pada bagian atau section atap terdapat penilaian kondisi saat ini apakah benar atau salah, isian tanggal, isian penerima tugas, isian lokasi, isian deskripsi, unggahan gambar, dan lain sebagainya.

[Download ArchiSnapper 5 disini]

 

Concepts: Sketch, Design, Illustrate

Concepts (Sumber: Google Play Store)

Sesuai dengan namanya, Concepts merupakan aplikasi untuk mendesain proyek, seperti bangunan, jalan, jembatan, dan lain sebagainya. Bentuk desain yang dihasilkan berupa sketsa dari coretan garis disertai warna. Hal ini dilakukan melalui tools digital canggih yang disediakan, seperti pensil, pena, atau brush yang diklaim sangat realistis dengan pemakaian aslinya. Pengguna pun dapat memilih jenis kertas maupuan ratusan warna yang dapat dicoba dengan mudah dari roda warna COPIC.

Karena kualitas aplikasi yang sudah diakui, Concepts pun telah berhasil menggaet sederet prestasi. Beberapa di antaranya ialah Apple Best of 2013, Apple Best of 2016, Google Play Best of 2019, serta Tabby Awards Best Creative App. Bagaimana tidak, untuk memikat hati para arsitek, Concepts terus mengembangkan fitur kekinian misalnya ekspor hasil desain menjadi resolusi standar maupun resolusi tinggi untuk dicetak, dibagikan melalui media sosial, bahkan dikirim kepada klien untuk feedback langsung.

[Download Concepts disini]

 

SketchUp Viewer

SketchUp Viewer (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda ingin menonojolkan tampilan atau view proyek secara optimal dalam bentuk tiga dimensi, maka inilah saatnya Anda mencoba SketchUp Viewer. Aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari sejuta kali ini memungkinkan peninjauan proyek secara fleksible dengan fitur Orbit untuk memutar, Pan untuk menggeser, variasi Zoom untuk memperbesar, mengatur posisi kamer, dan lain sebagainya.

Menariknya, aplikasi ini memungkinkan presentasi secara menarik melalui animasi bergerak maupun model terukur dengan Tape Measure tool. Untuk melihat proyek secara lebih realistis, SketchUp Viewer juga terintegrasi dengan teknologi Augmented Reality (AR). Sumber proyek yang akan dimodelkan pun lebih luas, tidak hanya dari Drobox melainkan juga dari 3D Warehouse dan Trimble Connect.

[Download SketchUp Viewer disini]

 

Sun Seeker – Sunrise Sunset Times Tracker, Compass

Sun Seeker (Sumber: Google Play Store)

Untuk menganalisa situs konstruksi, arsitek akan membutuhkan informasi terkait posisi dan pengaruh keberadaan matahari. Kebutuhan ini dapat dipenuhi melalui aplikasi Sun Seeker. Aplikasi yang berukuran kurang dari 4MB ini merupakan penyedia informasi terkait posisi matahari, lajur tata surya, dan insight mengenai cahaya matahari secara aktual.

Kelebihan Sun Seeker terdapat pada teknologi modern yang digunakan seperti GPS, magnetometer, kompas datar, dan giroskop untuk menghasilkan informasi yang akurat. Aplikasi pun terhubung dengan view 3D dari teknologi Augmented Reality (AR) yang menunjukkan lajur sinar matahari beserta informasi umum seperti sudut azimut dan elevasi pada lingkungan yang diinginkan lewat kamera smartphone.

[Download Sun Seeker disini]

 

AutoCAD – DWG Viewer & Editor

AutoCAD (Sumber: Google Play Store)

Sebagai salah satu aplikasi desain teknik terpopuler di dunia, AutoCAD memiliki fitur berkualitas yang sudah diakui oleh banyak pihak. Dengan AutoCAD, pengguna bebas untuk membuat, mengubah, melihat, serta membagikan hasil gambar secara mudah. Supaya para arsitek dapat bekerja dengan cepat, AutoCAD menyediakan fitur block berupa objek yang dapat langsung digunakan sehingga tidak perlu digambar dari nol.

Fitur unggulan lain dari AutoCAD adalah multilayer untuk meninjau hasil gambar secara lebih detail. Selain itu, pengguna tetap dapat bekerja secara offline namun tetap dapat tersinkronisasi dalam aplikasi ketika bekerja secara online. Untuk menunjukkan fungsionalitas fitur secara penuh, setiap pengguna baru pasti memperoleh coba gratis untuk fitur premium selama 7 hari sejak pendaftaran akun.

[Download AutpCAD disini]

 

Melalui beragam aplikasi di atas, kini arsitek dapat bekerja dengan optimal dan efisien. Orang awam pun tetap dapat menggunakan aplikasi untuk belajar maupun memanfaatkan untuk bidang lain, misalnya desain, melakukan survey lingkungan, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba, ya!

 

8 Aplikasi Untuk Edit Foto Seperti Anak Kecil
5 Aplikasi Android Untuk Jual Rumah
App Untuk Orang Buta di Android
Aplikasi untuk Menulis di Android
Mengedit Video Lebih Mudah dengan 6 Aplikasi Buat Crop Video Berikut
Buat Tulisan Anti Mainstream dengan 7 Aplikasi Buat Tulisan Keren Berikut
Aplikasi Android Untuk Feed Instagram Lebih Menarik
7 Aplikasi Edit Foto Background Merah
7 Aplikasi Untuk Record Screen di Android
8 Aplikasi Buat GIF di Android 
9 Aplikasi Untuk Filter Video di Android, Edit Video Jauh Lebih Mudah!
5 Aplikasi Video Call Terbaik Sesuai Kebutuhanmu
7 Aplikasi Buat Insta Story di Android 
Bermain Game Lebih Seru dengan 7 Aplikasi Buat Rekam Game Terbaik
Aplikasi Buat Jadwal di Android
6 Aplikasi Buat Analisis Wifi di Android
Aplikasi untuk Kompres Video di Android
Aplikasi Buka File XLS di Android
Aplikasi untuk Online Class di Android
Aplikasi untuk Edit Persentasi di Android