7 Aplikasi untuk Edit Poster di Android

Photo by Retha Ferguson from Pexels

Poster merupakan salah satu kebutuhan desain yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Pada umumnya, poster banyak digunakan untuk mengiklankan suatu produk atau mempromosikan suatu acara. Dengan adanya poster, orang dapat mempromosikan suatu acara atau produk dengan lebih menarik.

Kalau pembuatan poster terbatas pada desktop atau PC, pastinya akan sulit dan membutuhkan banyak langkah ya sekedar untuk membuat poster saja. Selain harus menyiapkan bahan promosi seperti teks dan gambarnya, kita juga harus memindahkan poster dari desktop atau PC ke smartphone kita. Untuk menyiasati kendala yang satu ini, sudah banyak pengembang aplikasi yang membuat aplikasi pembuat poster pada smartphone. Akan tetapi, aplikasi mana sajakah yang menjadi aplikasi terbaik untuk membuat poster di android? Yuk, simak ulasan 7 aplikasi di bawah ini!

1.      Canva

(Sumber: Google Play Store)

Aplikasi yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kamu yang sering membuat desain menggunakan smartphone. Canva memang memiliki segudang template yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Tidak hanya untuk poster, aplikasi ini juga menyediakan template untuk banner, flyer, header, bahkan untuk post di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Template yang tersedia pun dapat dikustomisasi sebebas-bebasnya sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kustomisasi yang dapat dilakukan meliputi penggantian teks, font, warna, serta penambahan atau pengurangan elemen desain.

Selain template, Canva juga menyediakan ribuan clip art, font, dan background image yang dapat digunakan jika ingin membuat desain baru dari nol. Canva juga menyediakan opsi pengeditan secara berkolaborasi, sehingga satu desain dapat dikerjakan oleh beberapa orang, yakni mencapai 10 orang. Untuk masalah penyimpanan, Canva menyediakan penyimpanan sebesar 1GB untuk menyimpan desain yang telah dibuat serta assets yang digunakan.

Canva memang dapat diakses secara gratis. Akan tetapi, dengan in-app purchases untuk meng-upgrade akun menjadi premium, akan ada segudang fitur, template, serta assets yang dapat diakses. [Download di sini]

2.      Adobe Spark

(Sumber: Google Play Store)

Aplikasi untuk membuat poster yang satu ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Adobe, pengembang aplikasi yang sangat dikenal di kalangan orang-orang yang gemar membuat desain atau video. Selain membuat poster, aplikasi Adobe Spark juga dapat membuat video. Dengan begitu, aplikasi yang satu ini memungkinkan kita untuk membuat poster dalam bentuk video.

Dilihat dari segi tampilan dan fitur yang ditawarkan, Adobe Spark menghadirkan fitur dan tools yang cukup memadai untuk pengeditan profesional. Akan tetapi, user interface atau tampilan aplikasinya tetap dibuat sesederhana mungkin, sehingga pengguna dapat dengan mudah beradaptasi. Adobe Spark juga menawarkan variasi font yang terlihat classy dan profesional. Salah satu keuntungan menggunakan Adobe Spark adalah banyaknya pilihan sumber yang dapat digunakan untuk memilih foto. Selain menggunakan foto dari smartphone, foto juga dapat diambil dari Adobe CC, Lightroom CC, Dropbox, serta Google Photos.

Sejauh ini, Adobe Spark sudah banyak digunakan untuk membuat berbagai macam desain di Instagram, mulai dari post pada feeds, stories, bahkan ads. [Download di sini]

3.      Crello

(Sumber: Google Play Store)

Aplikasi pembuat poster yang dibesut oleh Depositphotos ini memiliki kemampuan menyerupai Adobe Spark, yaitu memungkinkan para penggunanya untuk membuat poster dalam bentuk video. Untuk masalah resource, aplikasi yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Crello menyediakan lebih dari 10.500 elemen desain dan lebih dari 12.000 template desain yang dapat digunakan. Template desain yang disediakan pun dapat diubah dan dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai aplikasi yang memungkinkan pembuatan video, animasi yang dibuat di Crello dapat disesuaikan dengan ukuran desain pada platform yang dituju. Untuk membantu para penggunaanya dalam membuat animasi, Crello juga menyediakan beragam objek animasi dan background berupa video. Salah satu fitur yang patut diapresiasi dari Crello adalah tidak adanya watermark atau logo sama sekali pada video yang dibuat dengan Crello. [Download di sini]

4.      PosterLabs

(Sumber: posterlabs.com)

Layaknya aplikasi pembuat poster lainnya, PosterLabs juga menyediakan template desain yang dapat dikustomisasi. PosterLabs membagi template yang disediakannya menjadi 3 kategori, yaitu Classic, Stylish, dan Minimal. Aplikasi yang satu ini diklaim mampu membantu kita membuat poster yang terlihat profesional, seperti poster film atau poster yang dipublikasikan di majalah.

Desain yang dibuat dengan PosterLabs pun dapat langsung dipublikasikan ke berbagai platform media sosial. Kekurangan aplikasi yang satu ini terletak pada opsi pengeditan yang terbatas bagi para penggunanya. Pasalnya, ada beberapa elemen teks yang tidak dapat diubah oleh para penggunanya. [Download di sini]

5.      Poster Maker & Poster Designer

(Sumber: Google Play Store)

Poster Maker & Poster Designer menawarkan banyak opsi untuk pengeditan foto dan desain dalam aplikasinya. Seperti aplikasi untuk membuat poster pada umumnya, Poster Maker & Poster Designer memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto dan poster dari galeri. Foto yang digunakan pun dapat diubah ukurannya menjadi lebih besar atau lebih kecil, sesuai dengan kebutuhan poster.

Untuk mempercantik foto dan poster, Poster Maker & Poster Designer menyediakan banyak background dan frame yang dapat digunakan. Berkat fitur-fitur tersebut, Poster Maker & Poster Designer ini terkenal dengan kemampuannya untuk mengedit foto dan membuat poster secara detail. [Download di sini]

6.      Desygner

(Sumber: Google Play Store)

Desygner merupakan salah satu aplikasi untuk membuat video yang memiliki fitur-fitur mirip dengan Canva. Aplikasi yang satu ini menawarkan segudang pilihan template yang dapat digunakan. Template yang ditawarkan pun memiliki beragam ukuran, seperti ukuran banner, header, flyer, dan sebagainya. Desygner juga memungkinkan kita untuk mengatur ulang ukuran gambar sesuai kebutuhan, serta menyimpan history pengeditan gambar. Selain digunakan untuk membuat atau mengedit poster, aplikasi yang satu ini juga dapat digunakan untuk membuat logo.

Desygner sendiri merupakan aplikasi yang dapat diakses secara gratis dengan in-app purchases di dalamnya. Dengan menjadi pengguna premium melalui in-app purchases, akan ada lebih banyak template yang dapat diakses dan digunakan. Salah satu kelemahan kecil dari aplikasi yang satu ini adalah performanya yang lebih lambat dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Akan tetapi, segudang fitur dan kelebihan lainnya tetap membuat aplikasi ini direkomendasikan sebagai salah satu aplikasi pembuat poster di android. [Download di sini]

7.      Poster Maker, Flyer Designer, Ads Page Designer

(Sumber: Google Play Store)

Seperti namanya, aplikasi pembuat poster yang satu ini memang tergolong multifungsi. Selain membuat atau mengedit poster, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendesain flyer dan ads. Meskipun aplikasi ini menyediakan template yang dapat dikustomisasi, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat desain dari nol. Template yang tersedia pun dapat diubah font, warna, serta background-nya.

Selain menyediakan template, Poster Maker, Flyer Designer, Ads Page Designer juga menyediakan beberapa contoh poster yang dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu Free Design, Sales, dan Sports. Untuk para pengguna yang memulai desain dari nol, aplikasi ini menyediakan banyak pilihan background untuk mempercantik desain atau poster yang dibuat. Pilihan background yang ditawarkan mencakup warna solid, tekstur, serta sample background. Selain itu, ada juga stiker yang dapat digunakan pengguna untuk menghias desain, seperti stiker sales, penawaran, dekorasi, dan sebagainya. Meskipun template yang ditawarkan oleh aplikasi ini tidak terlalu banyak, pengguna masih dapat membuat desain poster yang menarik dengan berbagai elemen desain yang disediakan. [Download di sini]

Itu dia tujuh aplikasi untuk membuat poster di android yang patut dicoba. Seperti ulasan yang telah dijabarkan di atas, masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan spesialisasinya sendiri. Ada aplikasi yang menawarkan kemudahan, ada aplikasi yang menawarkan kelengkapan. Semoga ulasan ini dapat membantu kamu memilih aplikasi untuk membuat poster yang sesuai dengan kebutuhanmu ya!