Aplikasi untuk Monitor Pertumbuhan Anak di Android

Image by RitaE from Pixabay

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap pasangan. Mereka mengemban tugas penting untuk menjadi orang tua yang mampu membimbing putra dan putri titipan sang Ilahi. Segala hal yang terbaik pun dilakukan agar setiap anak tumbuh menjadi seseorang yang sesuai harapan orang tua.

Setiap orang tua pasti ingin memantau perkembangan putra dan putri mereka. Mulai dari pola makan, kesehatan hingga kebahagiaan mereka menjadi hal-hal yang harus selalu dipastikan oleh para orang tua. Kini telah hadir aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau pertumbuhan anak. Dengan adanya aplikasi ini di smartphone android anda, memungkinkan setiap orang tua untuk selalu memonitor pertumbuhan anak setiap harinya. Inilah beberapa aplikasi android yang bisa anda gunakan.

Child Growth Tracker

Child Growth Tracker adalah aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk monitor pertumbuhan anak. Dengan menggunakan Child Growth Tracker, para orang tua bisa memasukkan informasi berupa tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala. Tak hanya satu anak saja yang bisa dipantau menggunakan aplikasi ini, melainkan lebih dari satu anak pun bisa dimasukkan asal berusia kurang dari 20 tahun.

Aplikasi ini tersedia dalam beberapa bahasa seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, India dan Cina. Orang tua bisa membandingkan pertumbuhan putra dan putrinya dengan anak-anak lain yang seumuran. Sehingga, orang tua dapat menyimpulkan secara tidak langsung apakah anak ini cenderung memiliki pertumbuhan yang lambat atau bahkan lebih cepat dibandingkan anak yang lain.

Child Growth Tracker juga menyediakan informasi ringkas dari anak anda dalam bentuk grafik sehingga lebih mudah dipahami. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store. Namun, Play Store juga menyediakan aplikasi versi berbayar dengan harga Rp. 42.000. [Download Child Growth Tracker]

Growth Book : Growth Chart, Development, Milestone & Vaccination

Growth Book merupakan aplikasi yang menyediakan fasilitas untuk memantau pertumbuhan anak secara rinci. Aplikasi yang tersedia dalam Bahasa Inggris dan India ini telah bekerjasama dengan asosiasi dokter anak. Sehingga, berbagai informasi dan berita yang diberikan sudah terjamin kebenarannya.

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini yaitu pemantau pertumbuhan anak, pemantau makanan, jadwal vaksin, tips kesehatan dan grup percakapan. Grafik pertumbuhan anak juga telah didukung oleh WHO sehingga telah sesuai dengan standart internasional. Growth Book memang ditujukan untuk mengedukasi para orang tua dalam memantau pertumbuhan anak dengan informasi yang akurat, dapat dipercaya serta selalu diperbarui secara berkala.

Growth Book memiliki tampilan antar-muka yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami oleh siapapun. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk anak berusia 0 hingga 5 tahun. Growth Book dapat diunduh secara gratis di Play Store. [Download Growth Book]

Baby Care

Baby Care adalah aplikasi selanjutnya yang cocok digunakan untuk monitor pertumbuhan anak oleh orang tua yang sibuk. Di dalam aplikasi ini tersedia beragam fasilitas seperti monitor makanan bayi, waktu tidur bayi, buang air (BAB/BAK) bayi, dan berbagai macam pengingat untuk orang tua. Aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa bayi sekaligus sehingga anda tidak memerlukan aplikasi lain bila anak anda lebih dari satu.

Tersedia fitur pengingat untuk waktu makan, vaksin, pumping ASI dan beberapa fitur pengingat lainnya. Sehingga, para orang tua tidak khawatir dengan jadwal yang terlewatkan. Terlebih lagi, grafik kesehatan anak sudah sesuai dengan panduan dari WHO sehingga sesuai juga dengan standart internasional. Terdapat buku harian yang bisa digunakan untuk mencatat berbagai perkembangan anak setiap harinya. Serta para orang tua juga bisa membagikan berbagai foto momen-momen bersama anak dengan teman-teman anda lainnya melalui aplikasi ini.

Baby Care tersedia dalam versi gratis. Bila anda terganggu dengan berbagai macam iklan yang berseliweran, anda bisa mengaktifkan versi berbayarnya. [Download Baby Care]

Baby Growth Tracker

Baby Growth Tracker adalah aplikasi yang cocok untuk anak yang baru lahir. Para orang tua bisa mendapatkan berbagai macam informasi pertumbuhan bayi hanya dengan beberapa kali sentuhan pada aplikasi ini. Terdapat fasilitas untuk mencatat pertumbuhan anak seperti tinggi, berat, lingkar kepala dan aplikasi Baby Growth Tracker akan memberikan tampilan grafik pada anda agar lebih mudah dipahami serta pertumbuhan anak dapat terpantau dengan lebih jelas.

Baby Growth Tracker juga menyediakan fasilitas untuk menyimpan riwayat kesehatan anak dan daftar alergen(zat yang membuat alergi) pada anak. Sehingga, aplikasi ini bisa menjadi pengingat jika akan alergi yang diderita anak. Baby Growth Tracker bisa disinkronasi ke dalam beberapa perangkat milik anda. Sehingga, anda bisa memonitor anak anda di manapun dan kapanpun.

Aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis di Play Store. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini mengandung iklan. [Download Baby Growth Tracker]

Child Growth Tracker – Waterfall

Child Growth Tracker merupakan aplikasi lain yang bisa anda gunakan untuk monitor pertumbuhan anak. Aplikasi ini bisa digunakan untuk anak yang berusia 0 hingga 6 tahun. Anda juga bisa memasukkan data beberapa anak sekaligus untuk memudahkan pemantauan putra dan putri anda hanya melalui satu aplikasi saja.

Aplikasi ini telah menyesuaikan grafik statistik yang ada dengan standart internasional yang dibuat oleh WHO. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan akurasi data yang ditampilkan. Dalam aplikasi ini juga tersedia fitur yang mana anda bisa melihat pertumbuhan putra dan putri anda dibandingkan dengan anak-anak lain yang seumuran. Apakah mereka normal, terlalu lambat atau bahkan terlalu cepat. Persentase yang ditampilkan aplikasi ini bisa memudahkan anda untuk mencari solusi terbaik bagi anak. [Download Child Growth Tracker]

Baby Tracker

Baby Tracker adalah aplikasi yang cocok untuk anak yang baru lahir. Dalam aplikasi ini tersedia berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan untuk memantau tumbuh kembang si kecil sejak hari pertama lahir. Anda bisa memasukkan riwayat minum susu, tidur, pipis, buang air besar dan lain-lain dalam aplikasi ini.

Dengan memasukkan berbagai informasi tersebut, anda bisa memperoleh saran selanjutnya dan anda juga bisa mengetahui apakah anak anda sedang baik-baik saja atu muncul keanehan dari kebiasaan yang ditunjukkan sehari-hari. Untuk memudahkan anda, terdapat fasilitas grafik yang sangat mudah dipahami diserta icon-icon menarik. [Download Baby Tracker]

Baby +

Baby + adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk monitor pertumbuhan anak sejak baru lahir. Para orang tua bisa mendokumentasikan berbagai macam momen dan tumbuh kembang si kecil melalui aplikasi yang satu ini. Tersedia fasilitas untuk memantau pertumbuhan anak dalam bentuk grafik yang telah sesuai dengan standart WHO.

Tak hanya itu saja, orang tua juga bisa membagikan berbagai macam foto hingga kegiatan sehari-hari dengan pengguna lain di dalam aplikasi Baby +. Baby + mampu menunjang lebih dari 1 anak disertai dengan rutinitas masing-masing anak setiap harinya. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan pertolongan pertama sebelum ke dokter apabila terjadi masalah kesehatan pada sang anak. [Download Baby+]