8 Aplikasi Buat Video (Video Maker) Terbaik di Android

Sumber: mchiroque @Pixabay

Pada zaman digital ini, video menjadi sarana penting untuk penyampaian informasi, media promosi, memori tersimpan, dan masih banyak lagi. Untuk membuat video, Anda perlu melakukan editing video terhadap video atau gambar mentah melalui aplikasi yang sudah banyak muncul di pasaran. Beragam aplikasi video maker telah tersedia pada berbagai perangkat, termasuk Android.

Dengan Android, Anda bebas memanfaatkan aplikasi untuk menciptakan video. Selain karena Android mudah dibawa kemanapun, aplikasi dapat diunduh dengan mudah baik secara gratis maupun berbayar. Setiap aplikasi pun memiliki keunggulan berdasarkan fitur dan ciri khas masing-masing.

Supaya dapat mengetahui aplikasi mana yang paling cocok dengan Anda, simak penjelasan mengenai aplikasi video maker terbaik di bawah ini.

Quik – Free Video Editor for Photos, Clips, Music
Gambar Screenshot
Quik (Sumber: Google Play Store)

Quik merupakan aplikasi keluaran GoPro untuk membuat video dari galeri perangkat Android secara otomatis. Artinya, Quik mampu memilih foto-foto yang memuat momen tepat untuk digabung menjadi 1 video. Bahkan aplikasi akan menambahkan suara latar dari galeri musik pengguna pada video yang dihasilkan.

Keunggulan Quik terletak pada fitur Flashback dan Quikstories. Fitur Flashback memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video dari footage atau jepretan selama 24 jam terakhir. Hal ini mirip dengan fitur Quikstories dimana mengambil sumber media untuk waktu lebih lama yaitu 72 jam terakhir.

Tidak hanya dari galeri smartphone, Quik juga dapat mengambil sumber bahan video dari Google Photos, Dropbox, GoPro Quik Key, dan Motion Photos. Selama berkreasi dengan Quik, pengguna akan bebas untuk mengurutkan, memangkas, dan memutar gambar maupun klip video. Terdapat pula elemen penunjang seperti tema, teks, format ukuran, kecepatan, dan durasi yang dapat diatur sebebas mungkin.

[Download Quik disini]

 

VivaVideo: Video Editor & Video Maker
Gambar Screenshot
VivaVideo (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda ingin mencoba aplikasi dengan beragam fitur unik dan kekinian, maka Anda wajib mengunduh VivaVideo. Di dalamnya, pembuatan video akan dilakukan dengan mudah berkat pilihan tema berkualitas, pengaturan klip video secara independen, penambahan banyak audio, serta pengelolaan banyak gambar lewat multi layer.

Uniknya, VivaVideo tidak hanya dapat membuat video biasa. Aplikasi ini mampu melakukan pembuatan video dengan frame khusus untuk konten media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Tik Tok. Terdapat pula fitur efek yang biasa digunakan oleh pembuat video profesional seperti efek Glitch, efek transisi, serta filter untuk gaya umum video.

[Download VivaVideo disini]

 

VidTrim – Video Editor
Gambar Screenshot
VidTrim (Sumber: Google Play Store)

VidTrim ialah aplikasi pengelolaan dan editor video. Meskipun terbilang memiliki tampilan sederhana, VidTrim tetap menawarkan fitur langka dan bermanfaat. Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali ini juga memiliki versi Pro berbayar untuk fitur yang lebih canggih.

Dengan VidTrim, pengguna dapat memangkas video dari perangkat seefisien mungkin serta menggabung berbagai klip video. Aplikasi juga menawarkan fitur unggulan seperti konversi audio dari video ke dalam format MP3 serta fitur Frame grabber atau penyimpanan gambar penyusun suatu video pada waktu tertentu.

[Download VidTrim disini]

 

Funimate: Video Editor & Music Clip Star Effects
Gambar Screenshot
Funimate (Sumber: Google Play Store)

Di dalam video hiburan, peran musik tergolong penting sebagai penarik minat penonton maupun pembentuk suasana dalam video. Untuk membuat video dengan efek musik yang menarik, Anda dapat mencoba aplikasi Funimate. Aplikasi ini dapat membuat klip video musikal, lip-sync, dan slow motion sesuai kreativitas dari tambahan teks, emoji, dan efek.

Tidak hanya sebagai pengguna, Anda pun dapat tergabung ke dalam komunitas video musik antar pengguna Funimate. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan editing video untuk anggota komunitas karena adanya tantangan pembuatan video yang diberikan oleh aplikasi secara berkala.

[Download Funimate disini]

 

Film Maker Pro – Free Movie Maker & Video Editor
Screenshot Image
Film Maker Pro (Sumber: Google Play Store)

Film Maker Pro merupakan aplikasi pembuat video dengan fitur lengkap serta tampilan yang elegan. Selain menawarkan fitur umum seperti duplikasi, pemangkasan, dan pemisahan video, aplikasi ini juga mampu memperoleh cuplikan audio dari video. Dalam membuat video, Film Maker Pro bahkan menyediakan template desain untuk intro atau pembuka video.

Untuk pengeditan video, aplikasi menyediakan puluhan filter dan transisi, ratusan efek dengan audio berlirik, serta membuat latar blur. Uniknya, aplikasi mampu menghadirkan mode blending yang biasa digunakan oleh pembuat video profesional. Aplikasi pun dapat membuat Picture-in-Picture (PIP) untuk melihat dua layar berupa rancangan video dan foto secara bersamaan.

[Download Film Maker Pro]

 

PicPlayPost Slideshow, Collage Maker, Video Editor
Screenshot Image
PicPlayPost (Sumber: Google Play Store)

Kebanyakan orang tentu sudah mengetahui collage foto yang mudah dibuat oleh berbagai aplikasi. Bagaimana dengan collage video?

Yap, PicPlayPost merupakan salah satu aplikasi pembuat video yang memiliki fitur langka yaitu collage video. Artinya, pengguna dapat memutar lebih dari 1 video secara bersamaan dalam 1 frame. Namun pengguna tetap harus mengatur sendiri volume tiap video sesuai keinginan dan tidak bertabrakan.

Tentunya PicPlayPost tidak kalah unggul untuk membuat video. Di dalam aplikasi terdapat fitur pendukung pembuatan video seperti pemangkasan, tambahan musik latar, serta transformasi video dan foto menjadi presentasi atau slideshow. Menariknya, pengguna yang ingin melihat video melalui video wall dapat menggeser dengan otomatis baik secara vertikal atau horizontal.

[Download PicPlayPost disini]

 

ALIVE Movie Maker: Movie Maker for YouTube & Instagram
Gambar Screenshot
ALIVE Movie Maker (Sumber: Google Play Store)

Dari namanya, aplikasi Movie Maker keluaran ALIVE Inc. ini berfokus pada pembuatan video untuk dua platform ternama YouTube dan Instagram. Pegangan wajib bagi para content creator ini akan mewujudkan konten video pendek yang menarik. Untuk membuat video, aplikasi ini menawarkan teknologi smart camera saat pengambilan gambar atau video. Pengguna juga mudah untuk melakukan editing dengan menggeser layar saja maupun memilih efek dalam 1 klik saja.

Tidak hanya membuat video, aplikasi Movie Maker turut menghubungkan para pengguna lewat komunitas di dalamnya. Setiap pengguna akan memiliki laman profil publik untuk bisa saling mengikuti, membagikan kreasi konten, dan memberikan saran dan pujian kepada konten pengguna lain.

[Download ALIVE Movie Maker disini]

 

WeVideo Video Editor
Gambar Screenshot
WeVideo Video Editor (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda adalah seorang pemula dalam membuat video, aplikasi Video Editor dari WeVideo mungkin akan cocok untuk Anda. Aplikasi ini terkenal dengan tampilan klasik sederhana namun kaya fitur, seperti kebebasan menyusun klip atau memilih tema, musik, suara, emoji, dan format teks yang disediakan oleh aplikasi. Bahkan pengguna dapat memanfaatkan fitur rekam suara atau membuat latar video menjadi blur.

Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang ini hanya berukuran 19MB. Ukuran tersebut jauh lebih kecil daripada kebanyakan aplikasi sehingga cocok untuk orang yang tidak memiliki banyak ruang memori. Untuk kalangan bisnis atau profesional, aplikasi dari WeVideo tetap menyediakan aplikasi serupa dengan fitur lebih luas namun berbayar.

[Download WeVideo Video Editor disini]

 

Delapan aplikasi video maker di atas kian terus mengembangkan fitur untuk menyenangkan Anda selama membuat video. Selamat bereksperimen dan semoga menemukan aplikasi pembuat video terbaik versi Anda, ya!