10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris di Android

David Jakab @ Pexels

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam berbahasa Inggris? Meskipun Bahasa Inggris sudah diberikan sejak di bangku Sekolah Dasar, ternyata masih banyak yang kesulitan untuk menguasai bahasa internasional ini lho!

Saat ini Bahasa Inggris sudah menjadi suatu hal yang menjadi kebutuhan sehari-hari, terlebih jika Anda bekerja di perusahaan internasional.

Selain itu, Bahasa Inggris juga menjadi bekal utama bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Tidak ada salahnya untuk belajar bahasa Inggris dari sekarang yang akan menjadi bekal Anda untuk menjadi lebih unggul daripada orang lain, kan?

Kabar baiknya, saat ini belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan di mana dan kapan saja melalui aplikasi berikut:

Busuu

Mau belajar bahasa langsung dengan native speaker? Busuu jawabannya! Kualitas Busuu pun tidak perlu diragukan lagi mengingat sudah ada 50 juta orang yang sudah menjadi anggotanya.

Fokus utama dari Busuu adalah mengajak para anggotanya untuk belajar membaca, menulis, mendengar, serta berdialog langsung dengan para native speakers. Berbeda dengan aplikasi lain, Busuu menawarkan pembelajaran langsung dari native speakers sehingga Anda lebih cepat untuk menguasai suatu bahasa.

Meskipun Anda bisa mengunduh secara gratis, banyak fitur berbayar lainnya yang ditawarkan Bussu dan bisa didapatkan dengan membayar sekitar Rp.1 juta tiap tahunnya. Kapan lagi sih mendapatkan feedback langsung dari native speakers sekaligus menambah banyak koneksi di negara lainnya kalau bukan dari Busuu? [Download di sini]

Hello English

Hello English adalah salah satu aplikasi yang menjadi favorit banyak orang karena metode belajarnya yang unik, seperti berita sehari-hari, video clips, rekaman suara, bahkan ada e-book juga. Selain itu, masih banyak fitur premium yang menarik untuk dicoba seperti 475 materi dan 10,000 kosakata yang bisa diakses kapan saja secara offline.

Untuk mengakses berbagai fitur premiumnya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.135 ribu tiap bulannya. Tentunya Anda akan jauh lebih hemat apabila membayar dalam jangka waktu setahun sekaligus, yaitu sekitar Rp.450 ribu saja.

Hello English juga menawarkan 22 bahasa lainnya yang menarik untuk dipelajari lho! [Download di sini]

Learn English Phrases

Keunggulan dari aplikasi satu ini adalah tampilannya yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh orang yang gaptek sekalipun. Melalui aplikasi ini pula Anda bisa paham tentang perbedaan antara British dan American English yang sering kali membingungkan para non-native English speakers.

Selain menyediakan ribuan kosakata, aplikasi ini juga menawarkan fitur merekam suara sehingga Anda tahu apakah pengucapan kosatakatanya sudah benar. Anda pun hanya perlu membayar sekitar Rp.75 ribu saja tiap bulannya untuk bisa mengakses semua fitur aplikasi tanpa ada batasannya. [Download di sini]

Duolingo

Aplikasi yang identik dengan burung hantu berwarna hijau ini siap menemani Anda belajar Bahasa Inggris dalam bentuk permainan yang seru. Melalui Duolingo, Anda bisa belajar berbagai hal basic dalam Bahasa Inggris, seperti kata kerja, kata benda, kalimat sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Belajar Bahasa Inggris lewat Duolingo pun terbilang mudah karena Anda bisa mengunduhnya secara gratis. Duolingo juga akan rutin mengirim Anda email sebagai pengingat untuk terus semangat belajar Bahasa Inggris! Menariknya lagi, Duolingo masih punya banyak stok bahasa lainnya yang bisa Anda pelajari sewaktu-waktu. [Download di sini]

BBC Learning English


Dikenal sebagai salah satu channel berita terpercaya, BBC mengepakkan sayapnya untuk mengajarkan Bahasa Inggris untuk non-native English speakers. Tutornya pun bukan sembarang orang, tepatnya langsung dari presenter BBC yang tidak usah Anda ragukan lagi kemampuan Bahasa Inggris-nya.

Selain itu, Anda juga bisa belajar Bahasa Inggris dari berbagai dialog yang membuat Anda lebih mudah memahami percakapan sehari-hari. Tentunya Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang grammar sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam menyusun kalimat di kemudian hari. [Download di sini]

Memrise

Aplikasi yang menyediakan lebih dari 30,000 kata dalam Bahasa Inggris yang berbentuk video ini akan membuat Anda berbahasa Inggris dalam waktu singkat, terlebih jika berlatih setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengobrol dengan chatbot yang akan menjawab berbagai hal yang tidak dimengerti.

Hampir sama dengan Duolingo, Anda juga bisa berlatih bahasa lainnya setelah fasih berbahasa Inggris lho! Beberapa bahasa yang menjadi favorit di Memrise adalah Bahasa Korea, Bahasa Perancis, Bahasa Mandarin, Bahasa Italia, serta Bahasa Spanyol. [Download di sini]

HelloTalk

Berbeda dengan berbagai aplikasi yang disebutkan sebelumnya, HelloTalk mengajak Anda untuk belajar Bahasa Inggris dalam bentuk media sosial. Melalui HelloTalk, Anda tidak hanya belajar langsung dari native speaker namun juga bisa chatting kapan saja, video call, voice call, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengakses semua fiturnya pun Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.15 ribu tiap bulannya lho! Selain Bahasa Inggris, Anda juga bisa belajar 100 bahasa lainnya yang akan membuat Anda lebih mahir dalam berbahasa asing. [Download di sini]

Google Translate

Budget terbatas untuk belajar Bahasa Inggris? Tenang saja, masih ada Google Translate yang bisa Anda akses kapan saja secara gratis kok! Google Translate pun tidak akan memenuhi memori smartphone karena Anda bisa juga mengakses melalui websitenya.

Google Translate merupakan aplikasi yang berkembang setiap waktu dan hingga sekarang sudah bisa menerjemahkan lebih dari 103 bahasa secara online dan 59 bahasa secara offline. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan Google Translate ketika berpergian ke luar negeri karena aplikasi ini bisa menerjemahkan bahasa asing yang tertangkap kamera hanya dalam hitungan detik! [Download di sini]

Drops: Learn English

Masih bingung perbedaan antara British-English dan American-English? Tenang saja, ada Drops yang siap membantu Anda! Aplikasi ini lebih fokus pada kosakata daripada menyusun grammar, sehingga cocok untuk Anda yang ingin cepat berbahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari.

Drops menawarkan pembelajaran dalam bentuk yang menyenangkan, baik berupa video ataupun game yang membuat Anda lupa waktu. Untuk bisa menikmati berbagai fitur dari Drops, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.100 ribu tiap bulannya.

Apabila ingin lebih hemat, Anda bisa memilih untuk membayar sekitar Rp.1,7 juta dan keanggotaannya pun berlaku seumur hidup! [Download di sini]

Tandem

Hampir sama dengan HelloTalk, Tandem mengajak Anda berlatih Bahasa Inggris langsung dari native speaker dengan berbagai fitur seperti sosial media. Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh Tandem adalah Anda bisa belajar dari tutor profesional yang sudah berpengalaman bertahun-tahun mengajar dan pastinya akan sabar ketika mengajari Anda untuk bisa menguasai suatu bahasa.

Untuk menjadi anggota Tandem, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.105 ribu tiap bulannya dan Rp.525 rbu untuk anggota selama setahun. Selain Bahasa Inggris, Anda juga bisa belajar 150 bahasa lainnya melalui Tandem lho! [Download di sini]

Menarik kan aplikasi Bahasa Inggris yang disebutkan barusan? Perlu diingat jika ingin fasih berbahasa Inggris pun memerlukan kerja keras, baik dalam segi waktu maupun ketekunan.

Fasih berbahasa Inggris tidak hanya menguntungkan Anda dalam pendidikan, namun juga bisa menjadi penghasilan tambahan seperti penerjemah, penulis, ataupun guru Bahasa Inggris.

So, tunggu apalagi untuk belajar Bahasa Inggris mulai dari sekarang?