8 Aplikasi Browser di Android

Kebutuhan internet sehari-hari memang bisa dibilang tidak bisa terlepas dari siapa saja, baik oleh anak muda hingga orang dewasa. Tidak bisa dipungkiri pula jika internet banyak membantu Anda untuk beraktivitas, termasuk berkomunikasi, melakukan transaksi online, maupun belajar banyak hal yang bisa diakses secara gratis maupun berbayar.

Mengakses internet pun tentunya tidak terlepas dari browser, di mana setiap smartphone sudah dilengkapi dengan browser-nya sendiri. Namun kadang browser bawaan pun mengalami kendala sehingga Anda pun perlu mengunduh browser lainnya supaya mengakses internet bisa berjalan lancar.

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi browser di Android terbaik yang bisa Anda coba:

UC Browser Turbo – Fast Download, Secure, Ad Block

UC Browser Turbo adalah aplikasi yang tepat untuk Anda yang butuh mengunduh video dengan cepat. Aplikasi ini juga terhubung langsung dengan Cloud sehingga Anda bisa menyimpan berbagai file yang sudah diunduh langsung ke Cloud tanpa perlu khawatir file akan hilang karena beragam alasan.

Selain itu, UC Browser Turbo juga menawarkan fitur Data Saving sehingga Anda bisa lebih menghemat kuota internet daripada menggunakan aplikasi browser lainnya. Ada juga fitur Private Space, di mana file yang Anda unduh akan dilindungi dengan password sehingga orang lain pun tidak bisa membuka tanpa ijin pemiliknya.

Menariknya lagi, bacground aplikasi pun bisa diubah sewaktu-waktu sehingga Anda pun tidak akan bosan menggunakannya. Menariknya lagi, Anda bisa menonton video secara offline juga, lho!

Anda bisa mengunduh UC Browser Turbo di sini

Brave Private Browser: Fast, Safe Web Browser

Sama seperti namanya, Brave Software menawarkan aplikasi browser di Android dengan keunggulan mampu mengakses berbagai informasi dengan cepat. Aplikasi ini juga menjamin keamanan data Anda tanpa adanya popups yang sering kali mengganggu ketika Anda membuka website tertentu.

Selain bisa mengakses website secara cepat, pemakaian Brave juga lebih hemat daya baterai sebanyak 2 hingga 4 kali daripada aplikasi browser lainnya maupun bawaan. Tentunya Anda juga bisa mengaktifkan fitur private browsing history sehingga orang lain tidak mengetahui websites apa saja yang pernah dibuka dan privasi Anda pun lebih terjaga. 

Anda bisa mengunduh Brave Private Browser di sini.

Browser 4G

Sama seperti namanya, aplikasi browser di Android ini didesain khusus untuk Anda yang ingin browsing dengan kecepatan 4G. Anda pun tidak usah khawatir internet akan lemot lagi karena browser ini bisa mengakses beragam websites berukuran besar hanya dalam hitungan detik.

Meskipun belum sepopuler aplikasi browser di Android lainnya, Browser 4G ini sudah bisa diakses lebih dari 139 negara yang berarti sudah terjamin keamanannya. Beragam fiturnya pun bisa Anda gunakan secara gratis dan tidak akan membuat pengeluaran bertambah.

Anda bisa mengunduh Browser 4G di sini.

Firefox Browser

Membicarakan aplikasi browser di Android tentunya tidak lengkap tanpa kehadiran Firefox Browser yang sudah diunduh lebih dari 3 juta kali. Aplikasi buatan Mozilla ini menawarkan privasi tiap penggunanya, di mana aplikasi ini secara otomatis memblokir 2,000 online tracker yang bisa menyalahgunakan data pribadi Anda.

Tentunya Anda juga bisa menggunakan fitur Private Browsing Mode yang langsung menghapus riwayat browsing sehingga tidak ada yang tahu apa saja yang Anda cari menggunakan internet. Anda pun bisa dengan mudah menyimpan berbagai website yang sering digunakan hanya dalam hitungan detik.

Bukan hanya itu, Firefox Browser juga siap membantu Anda untuk membagikan link tertentu sehingga pekerjaan maupun komunikasi tidak akan terhambat lagi. Aplikasi ini juga memblokir tiap iklan sehingga Anda lebih nyaman ketika browsing kapan dan di mana saja.

Anda bisa mengunduh Firefox Browser di sini.

Microsoft Edge

Tentunya perusahaan besar Microsoft pun tidak mau ketinggalan mengenalkan aplikasi browser di Android yang juga bisa diunduh secara gratis, yaitu Microsoft Edge. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menggunakan fitur Browse InPrivate sehingga data pribadi lebih terjaga dari pihak ketiga yang bisa melakukan kejahatan kapan saja.

Anda pun tidak akan terganggu dengan berbagai iklan mengingat aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur AdBlock Plus. Anda bisa mengunduh Microsoft Edge di sini.

DuckDuckGo Privacy Browser

Aplikasi browser yang sudah diunduh lebih dari 500,000 kali ini menjadi andalan banyak orang karena data pribadi yang terjamin rahasianya. DuckDuckGo menawarkan banyak fitur keamanan yang tidak ditemukan di aplikasi browser di Android lainnya, seperti Fire Button yang siap menghapus jejak browsing Anda hanya dalam hitungan detik.

Adanya fitur Escape Online Tracking berfungsi untuk memblokir pihak ketiga yang bisa menyalahgunakan data pribadi Anda ataupun menyebar virus di smartphone yang digunakan. Tentunya privasi Anda pun akan lebih terjaga ketika mengaktifkan fitur Search Privately yang juga merupakan menu utama aplikasi.

Selain itu, DuckDuckGo juga dilengkapi dengan fitur Decode Privacy yang akan memberitahu Anda tingkat keamanan dari suatu website sehingga Anda lebih yakin jika website tersebut memang benar-benar aman. Menariknya lagi, hampir semua yang ditawarkan DuckDuckGo ini bisa Anda akses secara gratis, lho!

Anda bisa mengunduh DuckDuckGo Private Browser di sini.

Opera Browser

Siapa sih yang tidak kenal dengan Opera? Aplikasi browser di Android satu ini sudah menjadi andalan banyak orang sejak puluhan tahun lalu karena menunya yang mudah dipahami. Menggunakan Opera pun tidak menyebabkan memori smartphone penuh karena ukuran aplikasi yang kecil dan Opera menghapus cookies secara otomatis setelah Anda selesai mengakses suatu website.

Tentunya banyak fitur canggih yang ditawarkan Opera, seperti adanya VPN yang berarti Anda bisa membuka berbagai website yang diblokir hanya dalam hitungan detik. Opera juga menampilkan beragam websites berita yang sering Anda akses pada menu utama sehingga Anda bisa membaca berita terbaru hanya dalam hitungan detik. 

Anda pun bisa mengunduh berbagai file melalui Opera, baik berupa lagu, dokumen, maupun buku tanpa menambah ukuran dari aplikasi. Dijamin Anda semakin nyaman membaca menggunakan Opera karena adanya fitur Night Mode yang membuat tampilan layar tidak terlalu terang.

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan Opera ini bisa Anda gunakan secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Opera Browser di sini.

Tor Browser

Satu lagi aplikasi browser di Android yang tidak boleh dilewatkan adalah Tor Browser. Banyak keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini, salah satunya Anda bisa mengakses websites yang diblokir pada suatu negara hanya dalam hitungan detik, lho!

Salah satu fitur unggulan dari Tor Browser adalah Resist Fingerprinting, di mana browser hanya akan terbuka setelah membaca sidik jari yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Block Trackers sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika ada pihak ketiga yag akan menyalahgunakan data pribadi Anda.

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan oleh Tor Browser bisa Anda gunakan secara gratis kapan saja, lho! Anda bisa mengunduh Tor Browser di sini

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan memilih aplikasi browser di Android yang siap memudahkan Anda untuk browsing kapan saja? Yuk gunakan internet dengan bijak melalui aplikasi browser di Android terbaik barusan!