Aplikasi untuk Screenshot di Handphone Android

Image by mohamed Hassan from Pixabay

Screenshot adalah aktivitas membuat tangkapan layar di handphone. Hasil tangkapan layar handphone ini seringkali digunakan untuk membuat bukti percakapan, tangkapan momen sebuah aplikasi atau juga ingin membagikan kisah dengan orang lain. Pasti anda juga sudah sering menjumpai teman yang membagikan hasil screenshot dan juga membuat insta story dengan menggunakan hasil screenshot juga.

Aktivitas ini merupakan salah satu aktivitas yang ingin dilakukan sewaktu-waktu. Sehingga, pasti setiap orang ingin dapat dengan mudahnmelakukannya. Hasilnya sudah bisa langsung diproses dan anda tak perlu repot lagi untuk mengolahnya dalam waktu lama.

Nah, untuk melakukan hal ini ternyata tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu untuk menggunakan beberapa cara ini untuk mengatasi hal tersebut.

Menggunakan tombol di handphone

Pada beberapa smartphone, kini sudah memiliki kemudahan untuk mengambil tangkapan layar menggunakan kombinasi tombol yang ada di handphone. Cara melakukannya cukup sederhana. Namun, cara ini tentu dipengaruhi oleh merk, jenis dan tipe smartphone.
Kombinasi tombol yang bisa dilakukan, di antaranya seperti.

  1. Kombinasi tombol volume dan tombol power

Kebanyakan HP android biasanya melakukan aktivitas screenshot dengan menggunakan tombol yang sebenarnya sudah tersedia di perangkat smartphone. Caranya cukup mudah,  hanya perlu memencet tombol volume dan kunci secara bersamaan.

  1. Kombinasi tiga jari

Disebut kombinasi 3 jari karena memang cara ini menggunakan ketiga jari tangan untuk membuat gambar tangkapan layar.  hanya perlu menggunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis kemudian usapkan secara bersamaan ke layar yang ingin ditangkap gambarnya. Maka, selanjutnya tangkapan layar yang  inginkan sudah tersimpan.

  1. Kombinasi tombol power dan home

Cara ini hampir sama dengan cara yang pertama. Hanya saja tombol volume diganti dengan tombol home.  hanya perlu menekannya secara bersamaan untuk mendapatkan hasil tangkapan layar.

Hasil tangkapan layar seperti ini memang cukup cepat, murah dan mudah.  tak perlu membebani handphone dengan aplikasi lainnya. Namun, kekurangan dari metode ini yaitu  tidak bisa mengedit gambar layar yang telah  tangkap.

Screenshot X

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menangkap layar (screenshot) yaitu Screenshot X. Screenshot X adalah salah satu aplikasi tangkapan layar termudah untuk Android yang ditemukan. Tidak ada fitur pengeditan yang keren, tetapi kesederhanaan dan berbagi otomatis membuat aplikasi kecil ini mendapat tempat dalam daftar.

Screenshot X menempatkan tombol mengambang di layar. Ketuk untuk mengambil tangkapan layar dan tunggu perangkat  bergetar. Untuk mematikan Screenshot X, geser ke bawah dari atas layar  dan ketuk pemberitahuan Screenshot X.

Aplikasi ini dapat diakses dengan gratis. Hasil tangkapan layar yang sudah diperoleh bisa langsung dibagikan ke teman-teman secara langsung. Media penyimpanan yang disediakan juga cukup beragam. Mulai dari Google Drive, Cloud dan lan-lain. [Download Screenshot X]

Screenshot Crop & Share

Saat  membutuhkan aplikasi tangkapan layar yang akan mengambil tangkapan layar layar penuh  atau aplikasi yang akan memotong bagian layar tertentu, cobalah Screenshot Crop & Share. Aplikasi Screenshot Crop & Share ini bisa digunakan untuk menangkap gambar layar sekaligus melakukan pengolahan lanjutan untuk gambar hasil tangkapan. Juga terdapat fasilitas untuk berbagai ke teman, filter bila dibutuhkan dan fitur-fitur menarik lainnya.

Untuk pembelian dalam aplikasi sebesar $ 1,50. Aplikasi Screenshot Crop & Share juga akan menangkap bagian halaman web atau konten gulir lainnya yang tidak terlihat di layar. Anda bisa mendapatkan akses sepenuhnya terhadap aplikasi ini dengan menjadi pelanggan berbayar.

Saat pertama kali memulai Screenshot Crop & Share,  Anda akan dibawa ke pengaturan utama aplikasi. Apabila Anda  tidak terlalu suka menekan tombol perangkat  untuk mengambil tangkapan layar, aktifkan Gelembung Mengambang. [Download Screenshot Crop & Share]

Screenshot Capture Recorder

Screenshot Capture Recorder merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menangkap layar dan menentukan editing terbaik untuk tangkapan layar yang telah dibuat. Walau nama aplikasi ini adalah ‘recorder’, bukan berarti aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam video yang sedang ditayangkan di layar HP.

Screenshot Capture Recorder memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dengan cara Anda. Aplikasi ini memberi Anda pilihan untuk menekan tombol perangkat Anda, mengguncang perangkat, atau menggunakan tombol overlay yang ditambahkan untuk mengambil gambar Anda. Dan, dengan kemampuan mengedit, Anda dapat memotong tangkapan layar, menggambar di atasnya, atau menambahkan teks.

Saat Anda membuka Screenshot Capture Recorder, atur aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah ukuran tombol mengambang, mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan perangkat Anda, bahkan anda juga bisa mematikan notifikasi. [Download Screenshot Capture Recorder]

Super Screen Recorder

Super Screen Recorder adalah aplikasi tepat bagi Anda yang ingin membuat tangkapan layar ataupun merekam layar smartphone android. Anda bisa membuat tangkapan layar tanpa adanya watermark dari aplikasi. Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan root. Sehingga Anda juga tetap bisa merekam game dengan kualitas tinggi.

Untuk rekaman video yang tersedia dalam aplikasi ini, Anda bisa membuat video tanpa adanya batasan durasi waktu. Berbagai varian resolusi rekaman video juga tersedia mulai dari 2K, 12Mbps, 60FP dan lain-lain. Anda bisa merekam dengan leluasa tanpa khawatir ruang penyimpanan akan penuh.

Selain itu, di dalam aplikasi Super Screen Recorder ini, anda juga bisa menyunting video yang telah direkam. Beberapa fitur penyuntingan yang tersedia di antaranya yaitu video stitching, pemotongan video, penambahan suara atau backsound, mengubah video ke GIF dan lain-lain. Anda juga bisa melakukan kompresi terhadap video yang dimiliki apabila ukuran dari file video tersebut terlalu besar. Selanjutnya, hasil akhir video maupun tangkapan layar yang telah dibuat bisa langsung dibagikan melalui berbagai media.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5.000.000 pengguna. Ukuran aplikasi ini yaitu sebesar 28M dan kompatibel dengan perangkat android versi 5.1 ke atas. [Download Super Screen Recorder]

 

Screenshot Touch

Screenshot Touch adalah aplikasi tangkap layar yang bisa mengambil gambar layar hanya dengan satu kali touch (sentuh). Terdapat berbagai macam fitur dasar penangkapan layar dalam aplikasi ini di antaranya yaitu menangkap layar saat discroll, sehingga seluruh layar bisa ditangkap dengan mudah, memotong gambar hingga merekam video dengan pilihan mp4.

Aplikasi ini memberikan fasilitas kepada Anda untuk mengedit gambar yang telah ditangkap dengan berbagai macam format. Tampilan dari aplikasi ini juga cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Screenshot Touch sangat cocok untuk digunakan menangkap gambar layar saat sedang bermain game.

Anda bisa menyimpan file yang sudah dibuat ke berbagai macam media penyimpanan. Bahkan aplikasi ini juga mengizinkan Anda untuk melakukan penyimpanan ke beberapa media sekaligus. Sehingga anda bisa melakukan backup file tanpa takut hilang.

Screenshot Touch memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yaitu 6.3 M serta kompatibel dengan berbagai perangkat android versi 5.0 ke atas. Aplikasi ini telah dipercaya oleh 5.000.000 pengguna lebih. Jika ingin menghilangkan iklan dan mengakses keseluruhan fitur yang tersedia, Anda bisa mengaktifkan versi berbayar.[Download Screenshot Touch]

Itulah tadi beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan screenshot layar HP android Anda dalam bentuk foto maupun video. Selamat mencoba! (AF)