10 Aplikasi Diet untuk Berat Badan Ideal!

Natasha Spencer @ Pexels

Apakah Anda pernah menjalani diet? Diet adalah salah satu cara terefektif untuk menurunkan berat badan yang sering dilakukan wanita ataupun pria. Adanya berbagai jenis diet pun sering kali membuat orang bingung untuk memilihnya.

Selain berkonsultasi dengan ahli gizi, sekarang sudah banyak aplikasi diet yang siap membantu Anda untuk mendapatkan berat badan ideal lho! Bahkan ada beberapa aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis sehingga program diet pun terasa lebih mudah karena menghemat biaya.

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi diet terbaik yang bisa Anda unduh di Android:

Carb Manager: Keto Diet Tracker & Macros Counter

Seperti namanya, aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin menjalani diet Keto. Melalui aplikasi inilah Anda bisa tahu berapa banyak air serta olahraga yang dibutuhkan setiap hari untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur menarik lainnya seperti jutaan resep diet Keto yang bisa dicoba setiap hari. Melalui aplikasi inilah Anda bisa lebih mengatur pola makan sehingga karbohidrat yang masuk dalam tubuh pun lebih terkontrol.

Bukan hanya itu, Carb Manager juga menyediakan fitur daftar belanjaan sehingga memudahkan Anda untuk belanja berbagai bahan makanan untuk masak resep diet Keto lho! [Download now]

Lifesum

Bukan hanya menyediakan berbagai program diet, Lifesum juga merencanakan program diet Anda dengan berbagai aktivitas Anda seperti olahraga, pekerjaan, pola makan, dan masih banyak lagi. Selain membantu Anda menjalani program diet populer seperti keto, Lifesum juga punya program dietnya sendiri dengan durasi 3 minggu.

Lifesum juga menawarkan berbagai resep yang sesuai dengan program diet Anda berdasarkan berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi. Selain itu, Anda bisa melihat perkembangan diet melalui fitur “Your Lifescore” yang juga akan menyarankan berapa banyak air ataupun olahraga yang perlu dikonsumsi untuk mendapatkan berat badan ideal.

Hanya dengan membayar Rp.60 ribu, Anda bisa menikmati berbagai fitur premium Lifesum seperti data pribadi yang tersinkronisasi dengan aplikasi kesehatan lainnya baik Fitbit, Google Fit, Apple Health, serta Withings. [Download now]

Paleo (io)

Bagi Anda yang ingin menjalani diet Paleo, maka aplikasi ini adalah jawabannya. Melalui Paleo (io), Anda bisa mendapatkan ribuan resep masakan terbaik yang cocok untuk menjalani diet Paleo.

Selain itu, Paleo (io) juga menginformasikan tentang makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi serta dihindari untuk program diet Paleo. Anda juga bisa membaca banyak artikel informatif tentang manfaat ataupun mitos seputar diet Paleo yang bisa diakses secara gratis kapan saja. [Download now]

Lose It

Desainnya yang sederhana sekaligus interaktif inilah yang membuat Lose It sudah diunduh jutaan orang serta mendapatkan rating 4,6 dari penggunanya. Fokus utama dari Lose It adalah membantu Anda untuk menurunkan berat badan sesuai dengan data pribadi, seperti berat badan, umur, serta gender.

Selain mendapatkan menu diet, Anda juga bisa mencari tahu kandungan nutrisi suatu makanan dengan memasukkan namanya ataupun scan barcode dari makanan tersebut. Lose It juga akan menunjukkan proses diet Anda setiap minggunya sehingga Anda bisa memutuskan akan menambah jumlah kalori yang dikurangi atau tidak. [Download now]

Fooducate

Fooducate adalah aplikasi terbaik untuk Anda yang belum paham betul cara untuk menentukan nutrisi makanan sehingga bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Melalui Fooducate, Anda bisa membaca ribuan artikel yang membahas kandungan nutrisi suatu makanan dan nantinya Anda akan mendapatkan makanan terbaik yang memang pas dengan program diet.

Selain menginformasikan tentang kandungan nutrisi, Fooducate juga membantu Anda untuk menghitung jumlah kalori dari tiap makanan yang dikonsumsi. Tentunya hal ini memudahkan Anda untuk menghindari mengonsumsi kalori secara berlebihan.

Bukan hanya kalori, Fooducate juga siap menginformasikan Anda tentang kandungan lengkap suatu makanan hanya dari barcode makanan tersebut. Fooducate sendiri menggolongkan makanan menjadi 4 jenis dari A sampai D sesuai dengan kandungan gula, lemak, kolesterol, serta vitaminnya. [Download now]

PlateJoy

Salah satu hal yang menjadi kendala banyak orang ketika menjalankan diet adalah menghitung berapa banyak kalori yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari. Kabar baiknya, Anda tidak perlu lagi mencemaskan hal ini karena PlateJoy menyediakan berbagai resep masakan yang disarankan langsung oleh ahli nutrisi serta koki profesional.

Menariknya lagi, PlateJoy menampilkan resep masakan berdasarkan data para penggunanya seperti program diet yang dijalani, makanan favorit, alergi yang Anda punya, dan masih banyak lagi. PlateJoy juga menawarkan ratusan artikel tentang jenis diet sehingga Anda bisa memilih diet yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menggunakan semua fitur dari PlateJoy, Anda perlu membayar sekitar Rp.120 ribu tiap bulan. [Download now]

Fitbit

Bukan hanya membantu Anda memantau kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi, Fitbit juga siap memantau aktivitas fisik yang Anda lakukan dalam sehari. Melalui Fitbit, Anda bisa tahu berapa banyak langkah serta air yang dikonsumsi dalam sehari.

Fitbit akan memberikan penghargaan tiap kali Anda berhasil menyelesaikan tantangan yang ada. Misalnya saja, Anda akan mendapatkan “New Zealand Awards” ketika Anda berhasil berjalan sejauh 990 miles yang luasnya sama dengan keseluruhan pulau New Zealand. [Download now]

SparkPeople

Mengandalkan SparkPeole untuk program diet adalah pilihan yang tepat karena Anda bisa mencari tahu tentang kandungan nutrisi suatu makanan serta seberapa banyak olahraga yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Selain membantu Anda untuk memantau perkembangan dari program diet yang dijalani, SparkPeople juga menginformasikan tentang cara berolahraga yang tepat berbentuk gambar serta video. Anda akan mendapatkan point setiap kali berhasil menyelesaikan tantangan dari SparkPeole yang akan lebih memotivasi Anda untuk menjalankan pola hidup yang sehat.

Kabar baiknya, Anda bisa mengakses semua fitur dari SparkPeople secara gratis kapan pun lho! [Download now]

My Macros+

My Macros+ adalah solusi tepat untuk Anda yang masih kesulitan untuk menghitung kandungan nutrisi tiap makanan yang dikonsumsi setiap hari. Dengan mengandalkan My Macros+, Anda bisa mendapatkan informasi kandungan tiap makanan dari foto, barcode, ataupun jenis makanan tersebut.

Selain itu, My Macros+ juga menyediakan ribuan resep masakan sehat yang cocok untuk berbagai program diet. Anda juga bisa memilih resep masakan berdasarkan suatu bahan makanan serta tahu berapa banyak kalori yang didapatkan untuk lebih mengontrol program diet.

Melalui My Macros+ ini, Anda juga bisa mencari tahu kandungan nutrisi suatu makanan kapan saja baik secara online ataupun offline lho! [Download now]

Calorie Counter by FatSecret

Fokus dari FatSecret adalah membantu para penggunanya untuk menjalankan program diet tanpa merasa terbebani sama sekali. Oleh sebab itulah, FatSecret menyediakan fitur chat dengan komunita sehingga antara satu pengguna dengan lainnya bisa memotivasi satu sama lain.

Salah satu fitur unggulan dari FatSecret adalah “My Professionals”, di mana Anda akan mendapatkan program diet terbaik dari ahli kesehatan berdasarkan makanan yang dikonsumsi setiap hari serta berat badan. [Download now]

Nah pastinya sudah tidak ada alasan lagi untuk malas menjalankan diet setelah tahu ada banyak aplikasi yang siap menemani program diet Anda kan? Yuk segera dapatkan tubuh yang ideal dengan menjalankan diet sehat