6 Aplikasi Untuk Membuat Jadwal Harian 

Membuat jadwal harian terdengar mudah namun tetap terasa sulit untuk sebagian orang, terutama Anda yang jarang melakukan beberapa kegiatan secara terorganisir. Faktanya, adanya jadwal harian akan membantu Anda untuk mengelompokkan kegiatan yang memang penting dan kurang penting supaya tidak ada kegiatan yang terbengkalai di penghujung hari.

Kabar baiknya, saat ini membuat jadwal harian lebih mudah karena banyak aplikasi untuk membuat jadwal harian yang bisa dipasang di smartphone. Bahkan Anda bisa membagikan jadwal harian tersebut bersama teman sehingga mereka pun tahu betapa sibuknya agenda Anda dalam sehari. 

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk membuat jadwal harian yang bisa Anda coba:

Remember The Milk

Seperti slogannya, Remember The Milk adalah aplikasi untuk membuat jadwal harian yang cocok bagi Anda yang kesulitan mengatur jadwal karena banyaknya agenda yang harus diselesaikan dalam sehari. Aplikasi ini siap mengingatkan Anda tentang berbagai agenda yang penting melalui email, SMS, maupun berbagai sosial media seperti Twitter. 

Melalui Remember The Milk, Anda bisa membuat daftar kegiatan yang penting beserta deadline-nya, ataupun mengatur reminder. Ada pula fitur List and Tag yang memudahkan Anda untuk mencari berbagai kegiatan berdasarkan kategori tertentu. Menariknya lagi, data yang tersimpan pada Remember The Milk akan ter-backup secara otomatis sehingga Anda tidak usah khawatir akan hilangnya data sewaktu-waktu. 

Selain menawarkan berbagai fitur gratis, Remember The Milk juga menawarkan beragam fitur premium yang tidak kalah canggihnya seperti Subtask, Unlimited Sharing, Color Your Tags, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunduh Remember The Milk kapan saja secara gratis hanya di sini.

Trello: Organize Anything with Anyone, Anywhere!

Trello adalah aplikasi untuk membuat jadwal harian terbaik selanjutnya yang sudah diandalkan lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia. Menyusun jadwal harian bersama Trello terasa lebih mudah karena adanya fitur Tackle To-Do List, di mana Anda hanya perlu menyusun kartu dan menatanya pada papan untuk membuat tampilannya terlihat lebih menarik. 

Selain itu, Trello juga dilengkapi fitur Power-Ups yang menyerupai kalender yang memudahkan Anda untuk mengingat tentang deadlines ataupun lokasi dari agenda yang akan datang. Trello secara otomatis akan menandai agenda yang sudah Anda selesaikan melalui fitur Stay in The Know.

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan Trello bisa diakses secara gratis tanpa syarat ataupun terbatas waktu. Anda bisa mengunduh Trello kapan saja secara gratis hanya di sini.

Rescue Time: Time Management and Digital Wellness

Salah satu keunggulan Rescue Time adalah bisa digunakan di berbagai perangkat sekaligus, baik tablet ataupun website sehingga memudahkan Anda untuk mencatat berbagai agenda penting. Rescue Time sudah dilengkapi dengan fitur Focus Time yang membantu Anda untuk memblokir berbagai website di laptop sehingga Anda bisa lebih fokus ketika bekerja. 

Selain itu, Rescue Time sudah dilengkapi dengan fitur Real-Time Alerts yang akan memberitahukan Anda berapa banyak waktu yang terbuang ketika membuka beberapa website. Bahkan Rescue Time bisa mendeteksi aktivitas di smartphone secara offline sehingga Anda tetap tahu seberapa banyak waktu yang terbuang ketika bermain smartphone. 

Menariknya lagi, hampir semua fitur yang ditawarkan oleh Rescue Time bisa Anda akses secara gratis tanpa terbatas waktu ataupun syarat apapun sehingga bisa menekan pengeluaran bulanan. Anda bisa mengunduh Rescue Time kapan saja secara gratis dan menikmati berbagai fiturnya hanya di sini.

Evernote – Notes Organizer & Daily Planner

Membicarakan aplikasi untuk membuat jadwal harian tentunya tidak afdol tanpa kehadiran Evernote. Aplikasi satu ini siap membantu Anda untuk mengingatkan tentang berbagai agenda yang penting dan berbagai aktivitas lainnya yang harus segera diselesaikan. 

Evernote mudah digunakan di mana saja karena bisa diakses melalui tablet ataupun laptop dengan menggunakan akun yang sama. Anda pun bisa membagikan jadwal harian bersama teman melalui email ataupun sosial media yang diinginkan.

Tentunya masih banyak fitur canggih lainnya yang ditawarkan Evernote, seperti Anda bisa scan dokumen apapun dan mengirimkannya melalui email. Anda juga bisa menyimpan berbagai dokumen ataupun artikel yang sewaktu-waktu bisa dibaca melalui aplikasi yang sama pula.

Selain menawarkan banyak fitur gratis, Evernote juga menawarkan berbagai fitur premium yang bisa Anda dapatkan dengan membayar sekitar Rp.120 ribu tiap bulannya. Anda bisa membayar Evernote secara tahunan dengan biaya sekitar Rp.1 juta saja.

Anda bisa mengunduh Evernote kapan saja secara gratis hanya di sini.

Sectograph: Planner & Time Manager on Clock Widget

Sectograph adalah aplikasi yang siap membantu Anda untuk menyusun jadwal harian dalam bentuk grafik sehingga mudah untuk dipahami siapa saja. Anda bisa memasukkan berbagai agenda, meeting, ataupun acara penting dan Sectograph pun siap mengingatkan tentang jadwal penting tersebut supaya tidak ada lagi yang terlewat.

Selain itu, Sectograph sudah dilengkapi dengan fitur Timer Trips yang cocok bagi Anda yang sering berpergian. Melalui fitur ini, Anda bisa tahu waktu setempat di suatu negara ataupun waktu keberangkatan dan kedatangan pesawat sehingga Anda tidak akan ketinggalan penerbangan yang hanya merugikan diri sendiri.

Bukan hanya itu, Sectograph akan melaporkan pada Anda tentang berapa banyak kegiatan yang berhasil diselesaikan dan seberapa produktif Anda dalam rentang waktu tertentu. Menariknya lagi, Anda juga bisa menggunakan Sectograph pada smart watch kesayangan sehingga jadwal harian pun menjadi lebih terkontrol.

Anda bisa mengunduh Sectograph kapan saja secara gratis hanya di sini.

Time Tune – Optimize Your Time, Productivity & Life

Time Tune adalah aplikasi yang siap membantu Anda untuk mengatur waktu dengan berbagai fiturnya yang canggih dan mudah dipahami. Melalui Time Tune, Anda bisa membuat jadwal agenda secara harian ataupun mingguan sehingga tidak ada lagi agenda penting yang terlewat.

Selain itu, Time Tune sudah terhubung langsung dengan Google Calendar dan Anda bisa mengatur sendiri settingan dari remindernya. Aplikasi ini juga memperlihatkan data statistik tentang berbagai kegiatan yang dilakukan sehingga Anda tahu betul berapa banyak waktu yang terbuang dan mampu memanajemen waktu dengan lebih baik lagi

Tentunya masih banyak fitur Time Tune lainnya yang siap membantu Anda untuk mengatur jadwal harian termasuk menyetel reminder tentang deadline tugas ataupun agenda penting bersama teman. Dijamin produktivitas Anda akan meningkat dalam waktu singkat ketika mulai menggunakan Time Tune untuk mencatat kegiatan sehari-hari.

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan Time Tune bisa diakses secara gratis kapan saja tanpa syarat apapun lho! Anda bisa mengunduh Time Tune kapan saja secara gratis hanya di sini

Pastinya sudah tidak bingung lagi membuat jadwal harian setelah tahu aplikasi barusan kan? So, tunggu apalagi untuk membuat hari-hari Anda menjadi lebih terorganisir dengan jadwal harian yang sudah dibuat di smartphone?