9 Aplikasi Ibu Hamil Untuk Memantau Perkembangan Janin!

Leah Kelley @ Pexels

Kehamilan adalah salah satu momen yang ditunggu oleh setiap pasangan, baik yang sudah bertahun-tahun menikah ataupun baru beberapa bulan. Segala cara pun akan dilakukan untuk menjaga kehamilan, termasuk rutin kontrol ke dokter kandungan tiap bulannya.

Saat ini, memantau perkembangan janin pun jauh lebih mudah karena ada aplikasi smartphone yang memang didesain khusus untuk ibu hamil. Perkembangan janin pun bisa Anda lakukan di mana saja termasuk di rumah ataupun bepergian ke luar kota berkat kecanggihan teknologi.

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi ibu hamil di Android yang bisa diunduh sewaktu-waktu:

Baby Center

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 400 juta ibu hamil ini memang menjadi andalan karena bisa membantu Anda untuk mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL). Selain mendapatkan tips seputar kehamilan dari ahli kesehatan, Anda juga bisa mempelajari kehamilan berdasarkan tahapannya melalui video edukasi.

Melalui Baby Center, Anda akan mendapatkan artikel tentang kehamilan serta resep masakan khusus ibu hamil tiap hari lho! Baby Center juga menginformasikan tentang olahraga apa saja yang aman untuk dilakukan ibu hamil supaya badan Anda tetap fit selama masa kehamilan.

Bukan hanya itu, Baby Center juga siap mengedukasi Anda tentang makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari untuk meminimalisir timbulnya morning sickness. Anda bisa mengakses semua fitur Baby Center secara gratis lho! [Download now]

Glow Nurture: Pregnancy & Baby Tracker

Glow Nurture adalah aplikasi ibu hamil terbaik yang berhasil mendapatkan penghargaan dari The Guardian pada tahun 2014 kemarin. Fitur unggulan Glow Nurture ini adalah komunitas Glow, di mana Anda bisa berinteraksi dengan ibu hamil lainnya dan berbagi tips seputar kehamilan serta saling support.

Tiap minggunya, Glow Nurture akan mengirimkan data seputar kehamilan Anda, seperti perkembangan janin, perubahan berat badan, serta obat yang boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Anda juga bisa memanfaatkan fitur kalender untuk mengingatkan jadwal berkonsultasi dengan dokter di kemudian hari.

Data perkembangan janin yang diberikan oleh Grown Nurture yang berupa diagram ini mudah dipahami oleh siapapun, bahkan oleh teman dekat yang belum berpengalaman tentang kehamilan! [Download now]

HiMommy – Pregnancy Tracker App

HiMommy adalah aplikasi kehamilan terbaik lainnya yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Anda bisa mengetahui seberapa cepat perkembangan janin hanya dalam hitungan detik. Melalui aplikasi inilah Anda bisa tahu apa saja hal yang harus dihindari selama masa kehamilan supaya janin selalu sehat.

HiMommy juga menginformasikan tentang apa saja yang harus dipersiapkan ketika Hari Perkiraan Lahir (HPL) sudah semakin mendekat. Menariknya lagi, HiMommy juga siap membantu Anda untuk mendapatkan berat badan kembali seperti semula sebelum kehamilan! [Download now]

Pregnancy Week by Week

Seperti namanya, aplikasi satu ini berfungsi untuk menginformasikan tentang perkembangan janin Anda setiap minggu. Anda juga bisa mendapatkan Hari Perkiraan Lahir (HPL) dari aplikasi ini sehingga persiapan kelahiran pun bisa disiapkan dengan lebih matang.

Selain itu, Anda juga bisa memantau perubahan berat badan dan berapa banyak tendangan yang dilakukan janin untuk memastikan jika kondisi janin memang sehat. Anda pun bisa menambahkan catatan tertentu selama masa kehamilan seperti perubahan berat badan, morning sickness, hingga jadwal berkonsultasi dengan dokter kandungan. [Download now]

The Bump

The Bump merupakan aplikasi yang siap membantu Anda untuk mengatur jadwal bertemu dokter sekaligus memperlihatkan perkembangan janin dalam 3 dimensi. Aplikasi ini juga menyediakan ratusan artikel tentang fakta maupun mitos kehamilan yang sering beredar di masyarakat.

Melalui The Bump, Anda juga bisa menanyakan seputar kehamilan yang belum dimengerti yang akan dijawab langsung oleh dokter kehamilan serta ahli kesehatan lainnya. Keuntungan lainnya menggunakan The Bump adalah adanya fitur album foto di mana Anda bisa menyimpan banyak foto selama masa kehamilan dan melihat perbandingan antara bulan pertama dengan bulan kedua, dan seterusnya.

Aplikasi yang mendapatkan rating 4,7 dari Google ini bisa Anda unduh secara gratis lho! [Download now]

What to Expect

Anda tidak perlu meragukan kevalidan aplikasi ini karena sudah diunduh oleh 15 juta ibu hamil di dunia. Melalui aplikasi ini, Anda bisa memantau kehamilan setiap hari ataupun tiap minggunya sesuai dengan kebutuhan.

Cara menggunakan aplikasi ini juga terbilang mudah, di mana Anda hanya perlu memasukkan Hari Perkiraan Lahir (HPL) dan What to Expect pun akan menampilkan perkembangan bayi Anda saat itu juga. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak masukan dari para ahli kesehatan untuk menjaga kandungan.

Menariknya lagi, Anda bisa bergabung dengan komunitas ibu hamil melalui aplikasi ini untuk memberikan support antara satu sama lain. Anda pun bisa menjawab berbagai pertanyaan yang ditanyakan anggota lain seputar kehamilan. [Download now]

Sprout Center

Sprout Center adalah salah satu aplikasi kehamilan terbaik versi TIMES, di mana aplikasi ini menginformasikan perkembangan janin Anda tiap hari dan seminggu sekali. Melalui Sprout Center, Anda bisa melihat aktivitas janin Anda secara 3D dan merasakan tendangan, gerakan, serta detak jantungnya secara nyata.

Selain itu, Anda juga bisa memantau berat badan dari waktu ke waktu untuk memastikan jika perkembangan janin berjalan normal. Menariknya lagi, Sprout Center menawarkan semua fiturnya secara gratis!

Semua fitur yang ditawarkan What to Expect ini bisa Anda akses secara gratis kok! [Download now]

Pregnancy+

Fitur dari Pregnancy+ sudah tidak perlu Anda ragukan lagi mengingat aplikasi ini sudah diunduh sekitar 30 juta kali oleh seluruh ibu hamil di dunia. Aplikasi ini juga menyediakan fitur “Share It” sehingga Anda bisa membagikan perkembangan janin kapan saja kepada pasangan, keluarga, ataupun teman dekat.

Pregnancy+ juga punya banyak nama yang cocok untuk buah hati. Aplikasi ini juga akan menginformasikan tentang olahraga serta kegiatan apa saja yang aman untuk dilakukan selama masa kehamilan.

Bukan hanya itu, Pregnancy+ juga siap membantu Anda untuk memilih baju hamil terbaik sehingga Anda tetap merasa nyaman saat masa kehamilan serta penampilannya pun tetap menarik. Bahkan Anda bisa mengunggah beberapa foto saat kehamilan untuk melihat perubahan dari waktu ke waktu lho! [Download now]

Ovia Pregnancy Tracker: Baby Due Date Countdown

Ovia adalah aplikasi yang tepat untuk Anda yang belum tahu Hari Perkiraan Lahir (HPL) sang buah hati. Ovia siap membantu Anda untuk menentukan HPL hanya dari tanggal kehamilan.

Tentunya Ovia juga menawarkan banyak fitur menarik lain, seperti memperlihatkan perkembangan janin secara fisik – terutama pada bagian tangan. Olivia juga menyediakan lebih dari 2,000 artikel seputar kehamilan yang cocok dibaca di waktu senggang.

Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan ibu hamil lainnya dan berbagi tips kehamilan. Dijamin memantau perkembangan janin jauh lebih mudah dengan aplikasi canggih ini! [Download now]

Pastinya sudah tidak ada alasan lagi untuk lupa memantau perkembangan janin karena ada aplikasi ibu hamil ini? Yuk manfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu Anda memantau perkembangan janin kapan saja!