Menghafal Lagu Lebih Mudah dengan 6 Aplikasi Lirik Lagu di Android Ini

Siapa di antara Anda yang hobi menyanyi? Menyanyi bukan hanya menjadi hobi untuk orang yang berbakat menyanyi, bahkan untuk orang yang suaranya pas-pasan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari manfaat musik yang luar biasa untuk manusia, salah satunya untuk melepas stres. 

Sayangnya, terkadang orang tidak tahu betul tentang lirik suatu lagu yang membuatnya bernyanyi secara asal-asalan. Meskipun terdengar sepele, namun hal ini bisa menjadi hal memalukan ketika Anda pergi karaoke bersama teman namun tidak bisa mengikuti lirik lagunya.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada beberapa aplikasi lirik lagu di Android yang siap membantu Anda untuk mengikuti tiap lagu dengan mengikuti tiap liriknya. Nah berikut adalah aplikasi lirik lagu di Android yang bisa dicoba: 

Shazam

Siapa sih yang tidak kenal dengan Shazam? Aplikasi besutan Apple ini sudah menjadi andalan jutaan orang di dunia karena bisa menampilkan judul lagu beserta liriknya hanya dalam hitungan detik. Shazam juga bisa terhubung dengan aplikasi lain seperti Spotify sehingga Anda tidak perlu repot lagi menambahkan lagu di playlist Spotify setelah selesai mendengarkannya di Shazam.

Selain menampilkan lirik lagu, Anda juga bisa menyaksikan video terbaru dari artis kesayangan yang baru saja diunggah ke Youtube. Fitur Shazam juga selalu update dari waktu ke waktu, di mana fitur terbarunya adalah Dark Theme yang membuat Anda lebih nyaman untuk mengakses Shazam di malam hari sekalipun karena temanya yang bernuansa gelap. 

Menariknya lagi, Anda tetap bisa menggunakan Shazam secara offline sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan lirik ketika mendengarkan musik yang sedang diputar di radio ataupun tempat umum lainnya. Shazam juga menawarkan fitur yang bisa mendeteksi setiap lagu yang terdengar melalui smartphone meskipun Anda  tidak mengaktifkan aplikasi ini.

Kabar baiknya, hampir semua fitur yang ditawarkan Shazam bisa Anda akses secara gratis lho! Anda juga bisa mengunduh Shazam secara gratis di sini.

Lyrics Mania – Music Player 

Lyrics Mania adalah aplikasi berikutnya yang siap menampilkan berbagai lirik dari musik yang dimainkan dari aplikasi musik lainnya seperti Google Play Music, Spotify, dan masih banyak lagi. Lyrics Mania juga akan menampilkan lirik lagu yang Anda dengarkan secara streaming. 

Kecanggihan Lyrics Mania tidak afdol ketika Anda belum mencoba fitur Postcard yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan lirik yang disukainya dan membuatnya menjadi quote. Lyrics Mania juga akan menampilkan lagu-lagu terbaru sesuai dengan selera musik Anda yang pastinya tidak akan membuat bosan ataupun ketinggalan jaman. 

Kabar baiknya, seluruh fitur yang ditawarkan Lyrics Mania juga bisa Anda akses secara gratis lho! Anda bisa mengunduh Lyrics Mania kapan saja secara gratis hanya di sini.

Genius – Song Lyrics & More

Mau tahu tentang ide di balik suatu lagu? Tandanya Anda harus coba Genius nih! Bukan hanya menampilkan lirik lagu secara akurat, Genius juga menampilkan makna dari setiap bait lagu berdasarkan cerita para musisinya sendiri. Selain itu, Genius juga menampilkan lirik dari musisi yang namanya belum terlalu terkenal lho!

Sayangnya, Genius belum kompatibel dengan aplikasi lainnya dan berarti Anda harus mengaktifkan browser dan aplikasi streaming musik secara bersamaan.  Namun Anda dijamin puas dengan kualitas Genius karena menyediakan lebih dari 1,7 juta lirik dari seluruh lagu di dunia dengan bahasa yang beragam pula!

Menariknya lagi, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas Genius untuk berkenalan dengan orang lain yang memiliki selera musik yang sama atau ikut berkontribusi untuk menambahkan lirik di Genius. Anda bisa mengunduh Genius secara gratis di sini

Quick Lyric – Instant Lyrics

Mau karaoke di rumah hanya dengan bermodalkan smartphone? Tentu saja bisa! Anda bisa mengandalkan Quick Lyric yang menampilkan jutaan lirik lagu yang bisa diakses kapan saja secara gratis.

Sama seperti namanya, Quick Lyric akan menampilkan lirik dari lagu yang sedang dimainkan di smartphone ataupun di sekitar Anda hanya dalam hitungan detik. Tentunya hal ini membantu Anda untuk menyanyikan sisa lagu dengan lirik yang tepat sehingga akan membuat orang lain terkesima karenanya. 

Selain itu, Quick Lyric juga akan menampilkan lirik lagu dari berbagai aplikasi musik lainnya seperti Apple Music, Napster, Youtube, Google Play Music, dan tak lupa ada Spotify. Salah satu keuntungan menggunakan Quick Lyric adalah mampu menampilkan lyric secara offline tanpa dikenai biaya apapun!

Menariknya lagi, Anda bisa mengunduh lirik dari suatu lagu sehingga Anda bisa membacanya kapan saja tanpa terbatas waktu. Quick Lyric juga punya customer service yang tanggap dan siap menjawab pertanyaan Anda tentang  musik kapan pun yang diinginkan.

Quick Lyric juga punya berbagai tema premium yang menarik dan membuat Anda semakin betah untuk membaca lirik lagu kapan saja. Anda bisa mengunduh Quick Lyric kapan saja secara gratis hanya di sini.

Lyrics Library

Belum puas dengan aplikasi lirik lagu di Android yang disebutkan barusan? Tenang saja, masih ada Lyrics Library yang siap menemani hari-hari Anda supaya tidak bosan. Lyrics Library punya banyak fitur unik yang membuat Anda semakin betah untuk membaca lirik lagu seharian. 

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Anda bisa menyimpan suatu lirik lagu bahkan mengeditnya dengan fitur yang tersedia di Lyrics Library. Bahkan Anda bisa menambahkan chord lagu dari sebuah lyric untuk memudahkan Anda memainkan lagu tersebut dengan berbagai instrumen alat musik yang diinginkan.

Anda pun tidak usah cemas jika lirik lagu yang sudah pernah dicari akan hilang karena ada fitur Backup yang siap menyimpan data sewaktu-waktu. Anda bisa mengunduh Lyrics Library kapans aja secara gratis hanya di sini.

Musixmatch – Lyrics for Your Music

Satu lagi aplikasi lirik lagu di Android yang tidak boleh dilupakan adalah Musixmatch, yang juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Hampir sama dengan aplikasi lirik lainnya, Musixmatch juga akan menampilkan lirik dari berbagai aplikasi musik yang dimainkan seperti Spotify, Youtube, Apple Music, Google Play Music, ataupun Pandora.

Banyak fitur canggih yang ditawarkan Musixmatch, contohnya saja Anda bisa melewatkan suatu lagu melalui lock screen apabila sedang tidak sesuai mood. Musixmatch akan memberitahu Anda setiap kali ada lagu baru dari artis favorit. Anda pun bisa membagikan lirik lagu yang disukai hanya dalam hitungan detik ke berbagai sosial media yang diinginkan.

Selain itu, Musixmatch juga menawarkan beberapa fitur premium seperti mampu menampilkan lirik secara offline, tidak ada iklan sama sekali, ataupun fitur Party Mode yang akan menampilkan lirik dengan background yang unik pula. Anda juga bisa memainkan Musixmatch di perangkat Android lainnya, baik di tablet ataupun smartwatch sekalipun.

Anda bisa mengunduh Musixmatch kapan saja secara gratis hanya di sini.

Nah pastinya sudah kesusahan lagi mengikuti lirik lagu setelah tahu aplikasi lirik lagu di Android barusan kan? Yuk segera latih kemampuan vokal Anda dengan menghafal lirik lagu!